Cara Refund Shopee

Cara Refund Shopee
Refund Shopee

Cari trik yang menguntungkan buat kantongmu? Langsung saja praktekan cara refund Shopee. Uang kamu dijamin balik 100%. Berlaku untuk produk yang memenuhi syarat & ketentuan.

Bukan sembarang pengembalian dana saja. Karena kamu harus memiliki alasan khusus untuk bisa mengajukan refund ke pihak Shopee. Salah pemilihan produk, atau stok barang habis.

Saldo Refund Shopee Masuk Kemana?

Buat kamu yang telah disetujui permintaan pengembalian dananya oleh pihak Shopee. Maka, tinggal tunggu saja pemberitahuan selanjutnya. Lantas, saldo refund Shopee masuk kemana?

Nah, untuk persoalan satu ini kamu tidak perlu khawatir. Saldo refund Shopee kamu secara otomatis akan masuk ke ShopeePay atau rekening bank yang sudah tercatat di dalam Shopee account.

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Dana/Barang Shopee

Menarik nih, sebelum kamu lebih lanjut membahas bagaimana proses pengembalian dana di aplikasi keranjang oranye. Ada baiknya pelajari dahulu syarat dan ketentuan pengembalian dana atau barangnya. Simak di bawah ini:

  • Disertai alasan yang jelas. Contoh, produk tidak  lengkap atau kosong, pemali mengajukan pengembalian produk, paket tidak sampai atau lainnya
  • Memberikan bukti foto dan video unboxing paket saat pertama kali menerima produk
  • Pengembalian dana akan segera diproses oleh pihak Shopee selama pesananmu masih dalam tahap pengemasan dan disetujui oleh pihak toko
  • Untuk persoalan prngembalian produk, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan admin toko melalui fitur chat di aplikasi Shopee
  • Pesanan yang tidak kunjung sampai, langsung pilih ajukan pengembelian dana pada laman detail pemesanan

Pesanan yang tidak sampai atau terlampau lama dari batas pengiriman produk yang tertera. Coba deh, kamu periksa ulang apakah produknya berstatus PO (Pre Order) yang membutuhkan waktu lama, atau memang kondisi toko sedang mengalami overload pesanan.

Cara Refund Shopee Paylater

Praktek untuk cara refund Shopee Paylater sebenarnya sama saja seperti penjelasan yang ada di bawah. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas persyaratan apa saja yang perlu kamu penuhi untuk bisa mengembalikan barang pesanan ke pihak toko/penjual di aplikasi Shopee.

Persyaratan Refund Barang Shopee Paylater & COD

Simak beberapa poin pentingnya di bawah ini:

1. Kerusakan atau Retur Barang Bukan dari Pihak Konsumen

Apabila paket yang kamu terima sudah dalam kondisi rusak ketika berhasil unboxing, berarti kamu telah memenuhi salah satu persyaratan untuk mengajukan permohonan refund Shopee. Contoh, barang sudah dalam kondisi pecah, isi produk berhamburan, dan lain-lain.

2. Mengunggah Bukti Foto dan Video Unboxing Saat Ajukan Refund

Pastikan selalu menyimpan atau mendokumentasikan foto dan video unboxing sesaat setelah kamu menerima paket. Hal ini, dilakukan untuk mencegah kelalaian dari pihak seller, dan dapat diproses lebih lanjut untuk mengajukan komplain atau pengembalian dana atau barang.

3. Batas Waktu Maksimal Pengembalian Barang adalah 5 Hari

Konsumen atau pembeli memiliki batas waktu refund kurang lebih selama 5 hari. Terhitung sejak pertama kali produk sampai ke alamat tujuan. Segera konfirmasi dan diskusikan dengan pihak seller untuk proses selanjutnya.

4. Alasan Retur Barang Jelas dan Sesuai

Shopee telah menyediakan beberapa alasan paling logis dan sering disampaikan oleh pembeli kepada pihak penjual. Kamu tinggal mengklik salah satu alasan yang tertera atau menulisnya kembali di kolom baru apabila alasan yang tertera di layar tidak ada satupun yang sesuai.

5. Keluhan ke Penjual Dilakukan Lewat Fitur Chat Shopee

Fitur chat di Shopee sangat bermanfaat untuk melakukan proses refund atau sekedar bertanya tentang stok produk yang hendak kamu beli. Diskusi mengenai pengembalian dana atau hal lainnya dapat kamu lakukan lewat chat. Sedangkan untuk proses transaksi tetap via checkout.

Daftar Isi

Cara Refund Shopee

Cara Refund Shopee
Refund Shopee

Setelah itu, yuk kita lanjut ke cara refund Shopee! Langkah awal yang harus kamu perhatikan saat hendak refund dana atau produk yakni, memastikan produk sudah dibayar sampai lunas. Kemudian, tinggal ikuti tahapan di bawah ini:

  1. Buka halaman utama pada aplikasi Shopee
  2. Pilih Saya yang terdapat di tab bawah layar
  3. Klik opsi Pesanan
  4. Klik tombol Ajukan Pengembalian
  5. Klk Status Pengajuan
  6. Tap produk yang hendak kamu kembalikan
  7. Klik pilihan Selanjutnya
  8. Tap salah satu Alasan dari panel yang muncul
  9. Klik opsi Konfirmasi
  10. Lengkapi kolom Deskripsi untuk mengunggah foto dan video sebagai bukti retur, serta tuliskan juga informasi refund pada kolom Keterangan (bila perlu)
  11. Klik tombol Kirim

Sedangkan untuk kasus refund dana, selama produk pilihanmu belum berstatus dikirim atau masih dalam keterangan sedang dikemas. Maka, kamu bisa pilih batalkan. Asalkan, segera ya kamu proses pembatalannya sebelum toko mengirim pesanan kamu.

Cara Refund ShopeePay

Cara refund ShopeePay? Maksud dari pengembalian satu ini, beda konteksnya ya dengan apa yang kamu anggap. Bukan saat kamu sudah terlanjut transfer sejumlah nominal saldo ke satu akun pengguna Shopee lainnya, maka bisa kembali lagi saldo tersebut.

Pengembalian saldo disini, berkaitan erat dengan proses transaksi jual-beli. Dimana, pembeli dapat membatalkan barang pesanannya, dan secara otomatis kalau memilih refund dana maka harga yang sudah dibayarkan untuk produk akan kembali ke e-wallet ShopeePay kamu.

Berikut cara refund Shopee agar dananya bisa secara otomatis masuk ke ShopeePay akunmu.

  1. Cek apakah fitur ShopeePay  kamu sudah aktif
  2. Periksa limit saldo yang dimiliki dalam ShopeePay
  3. Pilih tab Saya > klik Pesanan Saya > Dikirim
  4. Klik produk yang hendak kamu lakukan refund > pilih Rincian Pesanan
  5. Scroll ke bawah, lalu temukan opsi Ajukan Pengembalian > pilih Alasan yang tepat
  6. Isi informasi bukti pengembalian yang dibutuhkan > pilih opsi Solusi > klik Pengembalian Dana Penuh
  7. Klik Kirimkan > tunggu sampai pihak Shopee segera menindaklanjuti proses pengajuan pengembalian dana kamu
  8. Jika disetujui, otomatis kamu akan diarahkan ke pilihan transfer dana. SPayLater,  rekening bank yang tercatat di akun, atau ShopeePay
  9. Lihat perubahan saldo ShopeePay di laman utama

Pengecekan bertambahnya saldo hasil pengajuan pembatalan, dapat kamu lihat juga di menu Notifikasi dengan ikon lonceng. Pada status pesanan, nanti akan muncul informasi kalau refund kmu diterima dan dana akan segera dikembalikan sejumlah pembelian produk dalam rentang waktu 1 hari jam kerja.

Cara Refund Shopee COD

Sebenarnya, cara refund Shopee COD tidak kalah jauh berbeda dengan pengembalian produk yang sudah lunas terlebih dahulu. Hanya saja, ada sedikit perbedaan dari alur prosesnya.

Beginilah tahapan selengkapnya:

  1. Pilih produk yang terpampang di etalase toko pilihan lewat aplikasi Shopee
  2. Lakukan checkout produk, dan pilih metode pembayaran COD
  3. Setelah produk selesai diproses dan masuk ke dalam daftar sedang dikemas, tunggu notifikasi berikutnya
  4. Kemudian, pastikan kamu sudah menerima barang dari kurir
  5. Bayar pesananmu terlebih dahulu, lalu siapkan kamera HP untuk memfoto dan merekam video unboxing paket tersebut
  6. Ambil foto tepat pada detail produk yang ada di dalam kemasan, dan nomor resi paket
  7. Segera huungi pihak penjual atau toko melalui fitur Chat di Shopee
  8. Lakukan konfirmasi ke pihak penjual sambil menyertakan keluhan dan kendala dari paket yang kamu terima
  9. Kalau sudah mendapatkan persetujuan dari pihak toko untuk mengajukan refund, user pilih tab Saya > ketuk menu Dikirim
  10. Klik pesanan yang telah diterima untuk mengajukan retur barang
  11. Buka laman Rincian Pesanan > gulir ke bawah, dan temukan Ajukan Pengembalian
  12. Pilih Pengembalian Barang > tap tanda centang > klik Kirimkan

Tenang, proses ini dapat kamu lakukan maksimal 3 hari setelah paket diantarkan oleh pihak kurir. So, tidak ada lagi drama tidak ada waktu untuk menukar barang yang salah atau rusak.

Sangat mudah bukan cara refund Shopee? Langsung ikuti tahapannya, dan mampir ke cara refund tiket Citilink pada pembahasan berikutnya. Good luck!

Related posts