Cara Secret Chat Telegram

Cara Secret Chat Telegram
Cara Secret Chat Telegram

Apakah kamu pengguna aktif Telegram? Pernahkah sebelumnya iajak teman untuk secret chat, namun bingung fungsinya untuk apa? Jika ingin mendalami fitur unik pada Telegram ini, silakan terus mengikuti pembahasannya beserta cara secret chat Telegram dibawah ini!

Secret Chat adalah salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi Telegram yang dapat digunakan untuk saling menukar pesan. Memang sekilas fungsinya sama dengan chat biasa, namun pada secret chat ini pengguna tidak dapat melakukan screenshot maupun meneruskan pesan untuk dibagikan kepada orang lain.

Read More

Pentingnya secret chat yaitu menyediakan opsi penghancur pesan secara otomatis yang diatur langsung oleh penggunanya. Penghancur pesan ini bisa hilang mulai dari 1 detik hingga dalam jangka waktu 1 minggu tergantung pengaturan yang dibuat.

Cara Secret Chat Telegram

Cara Secret Chat Telegram
Cara Secret Chat Telegram

Untuk melakukan secretchat, Kamu bisa melakukan langkah-langkah cara secret chat Telegram berikut ini :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Telegram kamu. Apabila belum di update ke versi terbaru, silakan di update terlebih dahulu untuk performa Telegram yang lebih baik.
  • Selanjutnya pada halaman utama, tap ikon Pensil sebagai langkah awal memulai obrolan baru dengan lawan chatting kamu nantinya.
  • Akan muncul beberapa opsi, silakan pilih New Secret Chat.
  • Pada halaman berikutnya akan muncul beberapa nama yang muncul pada kontak, silakan pilih salah satu kontak yang ingin dihubungi dengan menggunakan secret chat ini.
  • Secara otomatis kamu akan terhubung dengan orang tersebut dengan menggunakan secret chat.
  • Ciri dari secret chat Telegram akan muncul ikon gembok.

Cara Membatalkan Secret Chat

Untuk membatalkan secret chat sama saja dengan membatalkan pesan biasa, caranya bisa dengan langsung menghapus obrolan yang sebelumnya sudah di aktifkan fitur secret chat. Jika kamu tiba-tiba mendapatkan notifikasi Secret Chat Cancelled, itu artinya ruang obrolan rahasia atau secret chat tersebut telah diakhiri.

Pertanyaannya, bagaimana caranya jika kamu yang membatalkan secret chatnya? Untuk lebih jelasnya simak cara-caranya berikut ini :

  • Langkah pertama jika ingin membatalkan secret chat pada aplikasi Telegram yaitu menemukan secret chat di tab Semua atau Pribadi.
  • Apabila sudah menemukan secret chat yang ingin dihapus atau dibatalkan, silakan tekan dan tahan pada secret chat yang dimaksud.
  • Lanjutkan dengan mengetuk ikon tempat sampah yang muncul di sebelah kiri ikon atau pada menu titik tiga.
  • Terakhir tinggal ketuk Hapus Obrolan, maka secret chat di Telegram akan secara otomatis terhapus.
  • Orang lain sebagai lawan secret chat akan mendapatkan notifikasi ‘Secret Chat Cancelled’.

Apakah Secret Chat Aman?

Percakapan secret chat adalah bagian yang di enkripsi secara end to end, artinya chat tersebut tidak dapat dibaca oleh siapapun bahkan oleh pengelola Telegram sendiri. Selanjutnya jika berhubungan dengan data percakapan, secret chat pun tidak di backup ke server dan tidak akan pernah di backup kemanapun sesuai keinginan.

Sebagai contoh, jika kamu mencoba login pada perangkat lain dengan menggunakan akun sendiri, maka perangkat yang baru tersebut tidak akan menampakkan secret chat yang sebelumnya kamu lakukan pada perangkat sebelumnya.

Itulah langkah cara secret chat Telegram sekaligus membatalkannya, yang perlu kamu lakukan adalah agar selektif memilih siapa yang menjadi lawan obrolan melalui secret chat ini. Hal ini dikeranakan secret chat merupakan obrolan yang sifatnya sangat sensitive untuk diketahui oleh orang lain selain lawan bicara pada secret chat.

Related posts