Cara Raise Hand di Google Meet

Cara Raise Hand di Google Meet
Cara Raise Hand di Google Meet

Malu bertanya, sesat di jalan. Peribahasa satu ini, pas banget untuk menggambarkan kondisi ketika kamu mempraktekan cara raise hand di Google Meet. Meskipun meeting berlangsung secara online, kamu juga kerap dituntut untuk aktif menanyakan berbagai hal yang kurang kamu mengerti setelah presentasi tersebut usai.

Untuk itu, pihak Google Inc melengkapi software Google Meet dengan fitur raise hand. Hal seperti ini, tentu dapat kamu temukan juga ketika sedang mengikuti jalannya suatu rapat atau seminar secara offline. Ketika seseorang hendak mengajukan satu pertanyaan, sebagai salah satu bentuk kesopanan. Maka, dirinya harus mengangkat tangan terlebih dahulu.

Keunggulan Fitur Raise Hand di Google Meet

Oleh sebab itu, fitur dukungan satu ini harus kamu kenali saat menggunakan aplikasi Google Meet. Ya, keunggulan fitur raise hand di Google Meet hanya satu. Yaitu, mengarahkan atensi moderator atau presentator untuk menyadari kehadiran dari salah satu peserta yang hendak melontarkan pertanyaan atau pendapat dari hasil materi yang dipresentasikan. Canggih, kan?

Tapi, kamu juga harus tahu nih. Kalau fitur pendukung di Gmeet tidak hanya raise hand saja. Masih ada tools menarik lainnya yang bisa bikin mood kamu senang selama mengikuti rapat atau pertemuan online tersebut. Benar, background-nya bisa  kamu ubah sesuka hati. Apalagi, saat kamera dalam posisi ON, kamu tidak perlu risau tampilan yang ada di belakangmu.

Cara Raise Hand di Google Meet

Cara Raise Hand di Google Meet
Cara Raise Hand di Google Meet

Cara raise hand di Google Meet tanpa kamu harus mengaktifkan fitur kamera terlebih dahulu saat rapat sedang berlangsung. Begini cara menggunakan fitur tersebut.

  1. Pertama, matikan fitur kamera di Google Meet yang sedang kamu ikuti
  2. Pilih ikon telapak tangan atau Raise Hand
  3. Tunggu sampai lingkarannya menjadi abu-abu
  4. Muncul pemberitahuan dengan bunyi seperti Charlie has raised a hand
  5. Klik kembali ikon Raise Hand untuk menonaktifkan fiturnya

Selain menggunakan perangkat laptop, fitur raise hand ini juga dapat kamu temukan saat join Google Meet lewat HP. Berikut penuturan selengkapnya.

Cara Menampilkan Raise Hand di Google Meet

Dengan mengetahui cara menampilkan raise hand di Google Meet via HP. Kamu jadi bisa bebas berekspresi menunjukkan rasa ketertarikan dirimu terhadap materi yang disampaikan oleh presentator dalam acara tersebut. Tapi sebelum itu, kamu harus tahu dahulu persyaratan apa saja yang perlu dipenuhi agar fitur raise hand dapat digunakan di Gmeet HP.

Syarat Raise Hand di HP

Simak poin-poinnya di bawah ini!

  • HP yang digunakan sudah terpasang sistem operasi 6.0 untuk jenis Android, dan 12 atau lebih terbaru lagi bagi pengguna iPhone
  • Pemilik akun Gmeet merupakan user yang telah tergabung sebagai salah satu pemegang dari Google Workspace
  • Akun pribadi tidak diberikan kewenangan untuk dapat menikmati fitur raise hand via HP
  • Pemegang Google Workspace yang dimaksud, yakni akun yang sudah terhubung dengan Enterprise, Teaching and Learning, G Suite Busines, Bisnis, Education, serta Nonporfits

Cara Raise Hand di Google Meet HP

Kalau kamu merasa sudah memenuhi poin-poin di atas. Langkah selanjutnya, kamu pelajari cara raise hand di Google Meet HP. Berikut instruksi lengkapnya.

  1. Pertama-tama, pilih aplikasi Google Meet
  2. Masuk dengan akun profesional untuk mengikuti suatu rapat
  3. Kemudian, usap layar di HPmu untuk menampilkan beberapa fitur Gmeet
  4. Temukan ikon angkat tangan, lalu klik
  5. Setelah berubah warna, tunggu moderator mempersilahkan kamu bertanya
  6. Apabila sudah selesai, matikan fitur Raise Hand dengan klik ulang ikon tersebut

Namun, terkadang saat rapat berlangsung ada beberapa peserta lainnya yang turut mengklik ikon angkat tangan untuk menunjukkan dirinya ingin menyampaikan pertanyaan atau sekedar saran dari hasil presentasi tersebut.

Cara Raise Hand di Google Meet Android

Supaya kamu lebih mudah mengetahui siapa saja yang ingin bertanya dalam rapat tersebut, di penjelasan cara raise hand di Google Meet Android sebelumnya, tinggal kamu lanjutkan saja dengan mengikuti instruksi berikut.

  1. Pastikan rapat masih berlangsung
  2. Ketuk nama akun meeting kamu pada bagian atas layar
  3. Beralih ke halaman About This Call
  4. Pada tab tersebut, terlihat People atau peserta yang mengikuti rapat
  5. Lihat di samping nama akun dari peserta yang muncul ikon Angkat Tangan

Penyusunan akun yang mengaktifkan fitur Angkat Tangan, berdasarkan kronologis terkini. Itu artinya, saat kejadian tersebut semua peserta yang hendak mengajukan pertanyaan, berada di urutan teratas. Dengan begitu, kamu tidak perlu scroll sampai ke bawah sekali.

Cara Mute Mikrofon di Google Meet

Fitur keren lainnya selain angkat tangan, yaitu mikrofon. Dimana, alat satu ini berfungsi untuk menjawab pertanyaan, menyampaikan informasi melalui presentasi, atau mengatakan berbagai macam hal lainnya, seperti mengobrol dengan orang-orang yang tergabung di Gmeet. Maka dari itu, kamu juga perlu tahu cara mute mikrofon di Google Meet.

  1. Kondisikan akun Google kamu aktif
  2. Terima undangan untuk bergabung ke rapat online di Gmeet
  3. Klik link undangan via laptop/komputer
  4. Apabila kamu berhasil bergabung ke ruang rapat tersebut, temukan ikon mikrofon
  5. Klik ikon tersebut sampil muncul garis miring di sekitar tanda mikrofon

Warna merah pada ikon mikrofon, menandakan fungsi dari speaker pada perangkatmu untuk bisa berbicara di ruang rapat sedang dinonaktifkan. Untuk mengembalikan ke posisi ON pada mikrofon, tinggal klik kembali ikon tersebut hingga garis miringnya hilang.

Cara Menonaktifkan Kamera di Google Meet

Alat pendukung lainnya yang tidak kalah menarik, ada fitur kamera. Ya, selain kamu dapat mute mikrofon, cara menonaktifkan kamera di Google Meet juga tidak kalah membantumu agar tidak memperlihatkan wajah saat sedang mengikuti rapat. Apalagi, kalau posisi kamu di ruang rapat tersebut hanya sebagai peserta atau pendengar. Lebih baik, matikan kamera saja.

  1. Buka pengaturan Google Chrome
  2. Pilih ikon titik tiga di kanan atas, ketuk opsi Lainnya
  3. Setelah itu, klik submenu Setelan
  4. Lalu, pilih Privasi dan Kemanan, dan klik Setelan Situs
  5. Arahkan kursor ke opsi kategori Perizinan dan pilih Kamera
  6. Klik pilihan yang ingin kamu ubah menjadi Setelan Default
  7. Tentukan nama situs yang kamu perbolehkan gunakan Kamera

Pengguna tinggal melewati situs Google Meet untuk bisa menonaktifkan penggunaan kamera di laptop atau komputer yang kamu pakai ketika mengikuti suatu meeting. Sebaliknya, jika kamu menginginkan fitur kamera secara otomatis dalam posisi ON saat gabung di Gmeet. Ini, tinggal kamu tambahkan saja situs Google Meet pada perizinan Chrome.

Cara Menghentikan Share Screen di Google Meet

Ini dia cara menghentikan share screen di Google Meet:

  1. Join ruang rapat yang kamu terima melalui chat Whatsapp atau email
  2. Klik pilihan tombol paling bawah yang menampilkan tulisan Present Now
  3. Pilih keseluruhan layar. halaman aplikasi, atau Chrome tab saja
  4. Muncul notifikasi Sharing this windows to meet.google.com
  5. Pilih tombol Stop yang memiliki warna biru
  6. Bisa juga hentikan dengan temukan tulisan You are Presenting di paling bawah
  7. Klik opsi terseut agar share screen langsung terhenti

Demikian cara raise hand di Google Meet. Temukan informasi menarik lainnya di cara quote tweet tanpa link. Take your time!

Related posts