Cara Bersihkan Mesin Mobil

Walaupun tampilannya tidak terlihat, namun mesin mobil menyimpan berbagai macam komponen penting terhadap kinerja kendaraanmu. Tak bisa dipungkiri cara bersihkan mesin mobil perlu kalian perhatikan bila kamu punya kendaraan roda empat di rumah saat ini.

Selain itu, siapapun pasti belum tahu bahwa salah satu komponen rusak tentu saja berdampak buruk terhadap performa mesin mobilnya sehingga tidak dapat beroperasi bahkan dikendarai secara normal. Seperti kamu tahu sebagian besar masyarakat, terutama para pemilik kendaraan bermobil pasti kurang peduli bahkan tidak memperhatikan mesin mobil sampai bagian terdalam.

Hal ini dikarenakan mereka hanya sekadar mendatangi showroom untuk mengganti komponen, serta mencuci bagian luar mesin supaya tampilannya bisa seperti baru. Padahal mesin mobil tidak selalu bersih meski disimpan pada bagian dalam lantaran tingkat kelembabannya lebih tinggi.

Kami bakal beritahu kalian tentang beberapa langkah efektif dan signifikan membersihkan mesin mobil apa saja dengan tepat. Selain itu, kami pastikan mesin mobilmu tetap awet dan bisa digunakan lebih lama lantaran mayoritas pemilik kendaraan roda empat sering memakai bahkan menerapkan langkah-langkah tersebut. Oleh karena itu, kamu hanya perlu menyimak dan mengikuti pembahasan ini sampai akhir agar komponen mesin mobilmu dapat bekerja lebih baik.

Cara Bersihkan Mesin Mobil

Cara Bersihkan Mesin Mobil
Cara Bersihkan Mesin Mobil

Jangan pernah berpikir bahwa mesin mobil yang tidak terlihat akan tetap bersih dan bekerja lebih lama. Kamu harus tahu sebagian besar kendaraan roda empat yang rentan rusak biasanya tidak pernah memperhatikan kondisi komponen terdalam akibat tidak pernah dibersihkan secara berkala.

Komponen yang jarang dirawat biasanya cepat mengalami kerusakan sehingga dapat menimbulkan risiko fatal terhadap kalian sebagai pengendara mobilnya. Kami tegaskan siapa saja bisa membersihkan mobil dengan baik dan benar, bahkan secara mandiri dari rumah sekalipun.

Kamu tidak perlu mengunjungi bengkel untuk meminta bantuan tenaga ahli untuk membersihkan semua komponennya. Kalian hanya perlu memperhatikan setiap poin yang bakal kami bahas untuk memastikan semuanya bersih, serta masih layak dipakai dan disambungkan dengan komponen mesin mobil lain yang terhubung satu sama lain.

Cara Bersihkan Mesin Mobil Cepat dan Mudah

Untuk membersihkan mesin mobil biasanya kamu tidak boleh langsung membuka badan kendaraannya. Hal ini dikarenakan setiap sudut mobil tetap terhubung dan bila salah satu komponen tidak tersambung, maka mesin mobilnya sulit dihidupkan. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar karena prosesnya bisa dilakukan sendiri dan di rumah secara langsung. Beberapa langkah membersihkan mobil dengan cepat dan mudah antara lain :

Pilih Lokasi yang Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memilih lokasi untuk membersihkan mesin mobil. Lokasi terbaik biasanya tidak pernah terkena sinar matahari langsung lantaran di dalam mesin mobil terdapat komponen berbahan dasar karet dan plastik. Oleh karena itu, kamu bisa melakukannya di garasi rumah yang ideal untuk bersihkan semua.

Kondisi Mesin Mobil Harus Dingin

Kamu harus memastikan kondisi mesin mobil harus berada dalam keadaan dingin. Hal ini dikarenakan suhu panas yang ditimbulkan setelah pemakaian bakal meningkatkan risiko tersengat aliran listrik. Kalian cukup menunggu selama 30-45 menit supaya bisa meyakinkan mesin mobilnya benar-benar dingin dan dapat diperiksa satu per satu.

Pakai Perlengkapan yang Benar

Untuk membersihkan seluruh komponen pada mesin mobil, maka kamu harus memakai perlengkapan yang benar dan tepat. Secara umum setiap bagian mesin punya fungsi dan sistem pemakaian berbeda. Hal ini dikarenakan salah satu komponen yang tidak dibersihkan dengan alat yang tepat, maka bisa memicu kerusakan jangka panjang.

Perhatikan Komponen yang Punya Aliran Listrik

Kami tegaskan membersihkan mesin mobil dengan air rupanya memberikan risiko terhadap dirimu sendiri. Hal ini disebabkan oleh semua komponen pasti punya tegangan listrik yang sangat sensitif bila terkena air. Kamu harus memperhatikan setiap bagian mesin dan bisa membungkusnya dengan bahan anti air, alangkah baiknya pula jika kamu melepas aki mobilnya.

Bersihkan Debu dan Kotoran yang Tersisa

Apabila mesin mobil sudah benar-benar dingin, maka kamu bisa membersihkan sisa debu maupun kotoran yang menempel pada permukaan komponennya. Kalian bisa melakukannya dengan kuas yang tidak hanya menempel pada bagian luar, bahkan bagian dalam yang tak terjangkau sekalipun. Kamu pun tidak perlu pakai air untuk membersihkannya.

Bersihkan Bawah Kap Mesin Mobil

Kamu harus membersihkan bagian bawah kap mesin mobil sebelum melakukan pembersihkan semua komponennya. Kami tegaskan langkah ini sangat penting dan patut dilakukan pertama kali sebelum meneruskan prosedur selanjutnya. Kap mesin mobil biasanya terletak pada bagian atas dan bila dibersihkan terakhir, maka kotoran bisa jatuh ke atas permukaan mesin.

Pakai Steamer

Jika kamu ingin membersihkan mesin mobil, maka kamu bisa fokus terhadap beberapa bagian yang punya permukaan lebih besar dan bisa dijangkau lebih dulu. Kamu bisa memakai steamer untuk memudahkan bagian yang agak sulit dijangkau. Walaupun saat dipakai steamer dengan lubang lebih kecil supaya air tidak bisa menyebar kemana pun.

Keringkan Bagian yang Telah Dibersihkan

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian yang sudah dibersihkan. Tahap ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan agar komponennya dapat tahan lama dan anti karat. Kamu bisa melakukannya dengan memakai lap chamois maupun microfiber. Akan tetapi, kamu harus membilas permukaan mesin yang telah dicuci sebelumnya dan segera membersihkannya.

Periksa Lagi Sisa Sabun yang Menempel

Tidak menutup kemungkinan bila proses membersihkan komponen mesin mobil yang kamu lakukan masih menyisakan sabun. Oleh karena itu, kamu bisa memeriksa bagian masih basah dan terkena sisa sabun. Apabila masih tersisa, maka kamu bisa mengusapnya dengan lap microfiber yang cepat menyerap air dan tidak merusak permukaan mesin agar tetap mulus.

Hidupkan Kembali Mesin

Apabila semua tahapan sudah dilakukan, kamu harus menghidupkan mesin mobil kembali dengan hari-hati. Tujuannya supaya bisa menghangatkan bagian tertentu yang lembab agar kering dengan cepat. Selain itu, kamu harus membuka kap mesin supaya air yang tersisa bisa menguap dengan mudah. Komponen mesin pun bisa bekerja dan mobil bisa dikendarai seperti biasa.

Tips dan Trik Membersihkan Mesin Mobil yang Benar

Demikian ulasan lengkap tentang cara bersihkan mesin mobil yang cepat dan mudah. Kami berikan tips dan trik penting lain soal membersihkan komponen mobil dengan benar. Kamu tidak boleh melakukan pembersihan dengan tangan kosong, alias kedua lenganmu harus memakai pelindung seperti sarung tangan.

Hal ini dikarenakan mesin mobil menyimpan beberapa komponen sensitif yang punya tegangan listrik tinggi, sehingga dapat membahayakan tubuhmu. Kamu juga perlu menggunakan sabun khusus untuk membersihkan permukaan komponen mesin mobil.

Walaupun air mampu membilas mesin mobilnya, namun belum tentu bersih dan semua kotoran terangkat. Kamu bisa menggosok permukaan mesin secara perlahan dengan spons dan sabun supaya bisa menghilangkan sisa debu dan kotoran. Jangan lupa membuka kap dan menutup seluruh komponen mesin yang bertengangan listrik supaya tidak terkena air saat kalian sedang membersihkannya.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...