Cara Nobar Di Google Meet

Cara Nobar Di Google Meet
Cara Nobar Di Google Meet

Cara nobar di Google Meet menjadi solusi terbaik ketika kamu ingin menonton film bersama dengan keluarga ataupun kerabatmu. Selain bisa digunakan untuk melakukan persentasi, aplikasi Google Meet juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan kegiatan ini.

Meskipun demikian, sayangnya masih banyak yang belum tahu tentang bagaimana cara melakukannya. Jika kamu salah satunya, maka kamu bisa pahami dan ikuti semua panduan yang ada pada artikel kali ini.

Mengenal Aplikasi Google Meet

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama tentang bagaimana cara nobar di Google Meet, alangkah baiknya jika kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan aplikasi ini. Jadi, Google Meet ini merupakan sebuah aplikasi video converence yang bisa digunakan untuk memulai percakapan melalui video dan suara secara online.

Aplikasi ini, banyak digunakan saat masa pandemi untuk berbagai kegiatan. Mulai dari persentasi di sekolah atau kuliah, meeting pekerjaan, kegiatan belajar mengajar, hingga menjadi salah satu media hiburan yaitu untuk nobar film.

Selain itu, aplikasi Google Meet juga didukung dengan kemampuannya yang bisa menampung sebanyak 250 orang dalam satu telekonferensi. Selain itu, bisa saat siaran langsung bisa ditonton hingga mencapai 1000 penonton. Tak hanya sampai di situ saja, aplikasi Google Meet tidak hanya bisa diakses melalu PC ataupun laptop, namun juga bisa diakses dengan menggunakan smartphone. Yang perlu kamu lakukan hanyalah tinggal unduh saja di layanan Google Play Store untuk pengguna android dan di app store untuk pengguna ios.

Aplikasi Google Meet ini juga dilengkapi dengan fitur yang bernama share screen yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk membagikan layar ke peserta lainnya dalam satu relekonferensi. Oleh karena itu, tak heran jika banyak yang memanfaatkan aplikasi ini untuk keperluan persentasi ataupun nonton film bareng.

Cara Nobar Di Google Meet

Cara Nobar Di Google Meet
Cara Nobar Di Google Meet

Seperti yang sudah kami singgung pada pembahasan sebelumnya, bahwa aplikasi Google Meet bisa digunakan untuk menonton film bersama. Meskipun hal ini terdengar aneh, namun sudah ada banyak yang mencobanya dan merasakan sensasi berbeda ketika menonton film di aplikasi ini.

Meskipun demikian, masih banyak yang belum tahu tentang bagaimana cara nobar di Google Meet. Untuk hal ini, kamu harus tenang dan tidak bingung. Sebab kami sudah menyiapkan panduan lengkap yang bisa kamu gunakan untuk melakukan hal ini. Tunggu apa lagi, mari simak panduannya berikut ini.

Cara Nobar Di Google Meet Pakai Android

Metode pertama yang bisa kamu gunakan untuk bisa nobar di Google Meet adalah dengan hanya menggunakan android kesayanganmu saja. Ya, memang benar aplikasi Google Meet ini bisa diakses di perangkat manapun termasuk di android. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama,  kamu buka aplikasi Google Meet yang sudah kamu unduh di smarphonemu
  • Apabila kamu ingin memulai acara nobar, maka pilih menu rapat baru
  • Klik rapat instan
  • Salin link atau tautan yang kamu lihat dan bisa mulai membagikannya ke keluarga atau orang yang ingin kamu ajak nobar film
  • Bagikan tautan tersebut dengan klik ikon titik tiga pada laman tersebut
  • Pilih menu bagikan layar ini
  • Silahkan kamu tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan yang berisi informasi tentang pemakaian aplikasi Google Meet
  • Pilih menu mulai berbagi
  • Jika muncul pemberitahuan baru tentang transmisi di Google Meet, maka kamu tinggal pilih mulai sekarang
  • Terakhir, bila muncul mengenai kamu membagikan tautan kepada beberapa orang, maka kamu harus pastikan acara nobar yang kamu buat di Google Meet ini akan langsung dimulai

Cara Nobar Di Google Meet Dengan Menambahkan Domain Workpace

Metode selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk bisa nobar di Google Meet adalah dengan menambahkan domain workpace. Namun sebelum kamu menggunakan metode ini, alangkah baiknya jika kamu berpikir secara mendalam sebelum kamu menambahkan domain Google Workpace sebagai domain yang terpercaya. Kalau kamu menambahkan domain terpercaya, maka semua orang yang ada di domain akan memiliki URL Live Stream sehingga mereka bisa menonton live atau film di room yang kamu buat.

Ketika kamu nonton bareng film melalui aplikasi Google Meet, maka kamu bisa menonton dan mengomentari film dengan temanmu meskipun jarak kalian jauh. Selain menggunakan metode pertama di atas, kamu juga bisa nobar film di Google Meet dengan menggunakan domain workpace. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama,  kamu kunjungi google
  • Setelah itu kamu buka aplikasi tersebut, yaitu aplikasi> google workpace> google meet
  • Setelah itu kamu tekan setelan video Meet
  • Agar bisa kamu menerapkan setelan ke semua peserta, biarkan unit organisasi teratas
  • pilih kalau tidak pilihlah unit organisasi turunan atau grup konfigurasi
  • Kemudian, kamu tekan streaming
  • Lalu centanglah atau hapus kontak isikan pengguna melakukan streaming nobar
  • Kemudian kamu klik dan simpan kalau ada konfigurasi unita, maka kemungkinan terdapat ganti unit organisasi induk.atau disetel untuk grup. Di mana perubahan ini biasanya diterapkan dalam beberapa menit akan tetapi memerlukan waktu 24 jam

Cara Nobar Film Di Google Meet Untuk Video YouTube

YouTube merupakan salah satu platform yang menyediakan berbagai konten baru dan menarik, mulai dari video hiburan, blog, prank, hingga film yang belum pernah kamu tonton. Film-film yang ada di YouTube juga tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga film-film yang berasal dari negara lain dengan dilengkapi subtitle Indonesia.

Jika kamu ingin mendapatkan sensasi berbeda saat menonton film-film yang ada di YouTube, maka kamu bisa mengajak keluarga ataupun kerabat mu untuk nobar melalui aplikasi Google Meet ini. Langkah-langkahnya juga sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan metode-metode sebelumnya. Berikut ini adalah penjelasan yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama,  kamu buka layar untuk membuka kontrol panggilan setelah kamu bergabung ke rapat yang ada di Google Meet
  • Lalu tekan menu titik tiga yang muncul di bagian bawah
  • Pada menu ini pilih activities
  • Ketuk tombol youtube di bagian bawah menu tersebut
  • Temukan video YouTube yang ingin kamu tonton bersama kerabat ataupun keluargamu secara langsung
  • Ketuk video tersebut
  • Tekan tombol start dari menu pop-up yang meminta untuk memulai sesi berbagi langsung
  • Sebagai catatan tambahan, bilang hijau dengan teks anda sedang berbagi langsung di Meet akan muncul di bagian bawah layar setelah berbagi langsung dimulai
  • Hal itulah menunjukkan, semoga orang yang ada di rapatmu dapat menonton video YouTube. Saat video dimulai, maka semua orang di rapat mempunyai hak yang sama

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan yang bisa kamu sampaikan terkait bagaimana cara nobar di Google Meet yang bisa kamu pahami dan ikuti. Semoga informasi di atas dapat membantu dan memudahkanmu ketika ingin menonton film bersama dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi Google Meet. Selamat memahami dan mencoba salah satu metode di atas, ya!

Related posts