Cara Beli Saham Luar Negeri

Cara Beli Saham Luar Negeri
Cara Beli Saham Luar Negeri

Tertarik memiliki saham dari perusahaan global seperti Amazon, Google, atau Apple? Maka kamu perlu tahu cara beli saham luar negeri.

Memperluas investasi dengan memiliki saham dari luar negeri berpeluang memberikan keuntungan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, jika memiliki anggaran yang mencukupi, maka ada baiknya digunakan untuk membeli saham dari perusahaan besar.

Read More

Cara Beli Saham Luar Negeri

Cara Beli Saham Luar Negeri
Cara Beli Saham Luar Negeri

Pembelian saham dari luar negeri memiliki ketentuan yang berbeda dari saham Indonesia. Selain itu, terdapat beberapa tipe investasi pada saham-saham asing yang sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu.

Ada tiga tipe yang bisa kamu pilih, yaitu reksadana atau ETF (exchange Traded Fund), CFD (Contract for Differences), dan saham individual.

Pastikan kamu memahami ketentuan, kelebihan, dan kekurangan dari investasi saham sebelum memutuskan untuk membeli. Nah, setelah itu ikuti tahapan berikut untuk melakukan pembelian:

1. Memilih Broker Internasional

Sekarang untuk mengakses broker internasional bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi pada smartphone. Selanjutnya, kamu perlu membuat akun pada aplikasi tersebut.

Perusahaan sekuritas internasional tidak memiliki ijin OJK. Untuk memilih perusahaan terpercaya dan menghindari penipuan, lihat review dan berita terkait aplikasi yang kamu temukan.

Melansir dari Start Investasi, berikut empat broker yang aman dan baik untuk membeli saham luar negeri:

  • Mitrade
  • Etoro
  • Interactive Broker
  • GoTrade

2. Membuka Akun Trading

Setelah memilih broker, maka langkah selanjutnya adalah membuat akun trading. Akun ini nantinya akan digunakan untuk membeli saham luar negeri yang diinginkan.

Umumnya, untuk membuka akun trading saham internasional kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan seperti:

  • Usia 18 tahun atau lebih
  • Kartu identitas warga negara, seperti KTP, paspor, SIM
  • Alamat email atau nomor telepon yang aktif
  • Rekening bank

Pembuatan rekening saham biasanya perlu melalui pengisian formulir serta verifikasi email. Proses ini dapat membutuhkan waktu beberapa hari kerja.

3. Melakukan Deposit Dana

Selanjutnya, kamu perlu melakukan top up dana ke rekening saham yang telah dibuat. Kamu bisa mentransfer sejumlah dana sebagai deposit awal dalam bentuk dollar AS. Deposit ini nantinya akan kamu gunakan untuk membeli saham.

Biasanya, broker internasional menggunakan layanan virtual account dari bank besar di Indonesia. Broker saham juga menyediakan beberapa opsi metode pembayaran yang bisa kamu pilih sesuai kenyamanan.

4. Memilih Sekuritas yang Tepat

Pemilihan sekuritas yang tepat merupakan salah satu langkah krusial saat membeli saham luar negeri. Untuk memilih, kamu perlu melakukan sejumlah analisa terlebih dahulu, seperti analisis pasar dan finansial.

Tujuan analisa tersebut adalah untuk memprediksi tren harga saham di masa mendatang. Dengan demikian, kamu bisa memilih saham dengan prospek keuntungan yang lebih besar.

5. Memilih Startegi Trading Tipe Order

Langkah selanjutnya yaitu memilih strategi trading yang tepat. Terdapat sejumlah tipe order yang digunakan dalam bisnis trading, di antaranya yaitu market order, limit order, dan stop order. Jika kamu termasuk pemula, maka pastikan untuk mempelajari tipe-tipe order yang ada.

Setiap tipe order merupakan arahan dari trader atau broker untuk mengambil tindakan, seperti melakukan penjualan atau pembelian saham pada harga tertentu. Sebagai contoh, limit order atau market order digunakan sebagai strategi awal dalam trading untuk membuat posisi long dan short.

Itulah cara beli saham luar negeri yang bisa kamu lakukan via gawai. Kini pembelian saham bisa dilakukan dengan mudah, meski begitu jangan lupa untuk memahami strateginya.

Related posts