Cara Menghidupkan Suara di Zoom

Cara Menghidupkan Suara di Zoom
Cara Menghidupkan Suara di Zoom

Cara menghidupkan suara di Zoom perlu diketahui oleh pengguna aplikasi video conference Zoom meeting.

Hingga saat ini aplikasi Zoom memang sering dipergunakan untuk melakukan video conference baik untuk kegiatan perkuliahan, pekerjaan ataupun event-event lainnya.

Read More

Aplikasi Zoom meeting juga memiliki berbagai fitur seperti video call, panggilan suara, Share screen dan masih banyak lagi yang bermanfaat saat melakukan video conference.

Selain itu aplikasi Zoom juga bisa diakses secara gratis. Oleh karena itu banyak orang yang memilih menggunakan aplikasi video conference Zoom untuk memfasilitasi berbagai event online.

Supaya proses meeting menjadi maksimal kamu perlu mengaktifkan audio atau suara pada saat Zoom Meeting sedang berlangsung.

Kamu bisa mengikuti berbagai metode untuk menghidupkan suara di Zoom baik dengan menggunakan handphone ataupun di laptop pada artikel ini.

Faktor Penyebab Zoom Meeting Tidak Ada Suara

Sebelumnya kamu perlu mengetahui faktor-faktor yang bisa menyebabkan tidak ada suara pada saat Zoom Meeting sedang berlangsung.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang sering terjadi yang menyebabkan audio di Zoom Meeting tidak keluar suaranya.

1. Perangkat Audio Belum Terhubung

Faktor pertama yang bisa menyebabkan suara tidak keluar pada saat menghitung di aplikasi Zoom adalah karena kamu tidak terhubung ke audio seluler jadi kamu tidak akan mendengar suara apapun dari Zoom Meeting yang sedang berlangsung.

2. Silent Mode

Faktor berikutnya adalah karena silent mode atau Mute. Fitur mute sendiri digunakan untuk hubungan suara yang dibuat oleh setiap peserta Zoom Meeting. Dan Unmute sendiri adalah untuk menonaktifkan mute sehingga peserta Zoom Meeting yang lain dapat mendengar semua suara dari pengguna tertentu.

3. Ada Masalah Pada Speaker

Penyebab berikutnya bisa jadi adanya kerusakan atau masalah pada speaker internal di handphone kamu sehingga suara rapat di Zoom tidak terdengar.

4. Penumpukan File Sampah di Aplikasi Zoom Meeting

Seperti halnya aplikasi di handphone jika terdapat terlalu banyak kalau sampah ataupun cache dan akan mempengaruhi kinerja aplikasi.

Maka begitupun juga dengan aplikasi Zoom Meeting penumpukan file sampah bisa menyebabkan suara tidak keluar pada saat meeting sedang berlangsung.

Itulah beberapa faktor penyebab yang membuat suara di Zoom Neeting tidak keluar sama sekali. Jika kamu sudah tahu penyebab suara di Zoom milik kamu tidak keluar ikuti langkah-langkah untuk mengaktifkan suara di Zoom pada artikel ini.

Cara Menghidupkan Suara di Zoom

Cara Menghidupkan Suara di Zoom
Cara Menghidupkan Suara di Zoom

MeskipunĀ  penggunaan aplikasi Zoom cukup mudah digunakan namun terkadang ada berbagai error yang sering terjadi seperti aplikasi tidak bisa mengeluarkan suara yang tentunya hal ini akan mengganggu pada saat meeting berlangsung.

Padahal audio sangat menunjang untuk memaksimalkan kinerja pada saat meeting seperti saat mengajukan pertanyaan ataupun mempresentasikan sesuatu hal.

Jika kamu ingin menghidupkan suara atau audio di aplikasi Zoom Meeting ikuti berbagai cara yang akan dibahas berikut ini, simak penjelasannya !.

1. Cara Menghidupkan Suara di Zoom Menggunakan Handphone

Metode pertama yang akan dibahas adalah mengenai cara menghidupkan suara ataupun audio di aplikasi Zoom Meeting dengan menggunakan perangkat handphone.

Untuk kamu yang menggunakan aplikasi Zoom Meeting di handphone saat melakukan Meeting, ikuti langkah-langkah pada cara pertama ini untuk mengaktifkan audio di aplikasi Zoom Meeting. Simak :

  • Pertama-tama Buka aplikasi Zoom yang sudah ada di handphone kamu. Atau kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store jika belum ada aplikasi Zoom meeting yang terinstal.
  • Langkah berikutnya adalah login masuk ke aplikasi Zoom. Jika kamu belum memiliki akun Zoom kamu bisa membuat akun terlebih dahulu menggunakan email yang kamu miliki.
  • Setelah itu akan ada beberapa menu yang bisa kamu pilih di bagian bawah tampilan aplikasi Zoom meeting, pilihlah menu Lainnya.
  • Jika sudah akan ada beberapa opsi yang dapat kamu pilih seperti Papan tulis, Pengaturan dan Lainnya.
  • Untuk mengatur audio kamu bisa memilih opsi pada pengaturan dan ketuk pada opsi rapat atau meeting.
  • Lalu pilih Auto Connect to Audio atau Otomatis Terhubung ke Audio.
  • Setelah itu pilih dan centang Wi-Fi or Celluler Data (Wi-Fi atau Data Seluler).
  • Langkah berikutnya adalah coba join meeting di Zoom.
  • Setelah itu jika kamu sudah join meeting kamu bisa Klik Wi-Fi or Celluler Data pada icon join audio yang terletak di sudut kiri bawah tampilan aplikasi Zoom meeting.
  • Selalu jika terdapat ikon volume di sebelah kiri atas dan ada tanda silang (X) klik tanda tersebut agar suara atau volume aktif.
  • Berikutnya jika ikon mic yang terletak di sebelah sudut kiri bawah memiliki tulisan Unmute, maka klik sampai muncul tulisan Mute supaya microphone pada handphone kamu aktif.
  • Setelah itu naikan volume pada handphone akan agar suara bisa keluar.
  • Selesai.

2. Cara Menghidupkan Suara di Zoom Menggunakan Laptop

Cara kedua adalah untuk kamu yang menggunakan Zoom di laptop ataupun PC. Jika kamu kesulitan untuk mengaktifkan suara di aplikasi Zoom Meeting yang ada di laptop ataupun PC yang kamu miliki maka ikuti metode kedua ini.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan suara di aplikasi Zoom Meeting yang ada di laptop ataupun PC, simak penjelasannya :

  • Langkah pertama buka aplikasi Zoom yang sudah ada di laptop ataupun PC milikmu.
  • Kemudian login ke akun Zoom yang sudah kamu miliki. Jika sebelumnya sudah login maka lanjut ke langkah berikutnya.
  • Lalu pilihlah menu Settings atau Pengaturan.
  • Jika sudah kamu bisa memilih opsi audio untuk mengaktifkan suara.
  • Langkah selanjutnya pada panel yang terletak di sebelah kanan kamu bisa centang di bagian automatically join audio by computer when join a meeting.
  • Setelah itu pada bagian speaker pilihlah speaker pada laptop.
  • Kemudian atur volume yang tinggi setelah itu klik test speaker untuk mengecek suara apakah sudah aktif ataukah belum.
  • Lalu pada bagian mikrophone kamu juga bisa mengaturnya dengan memilih microphone yang ada di laptop atau komputer milikmu.
  • Jika sudah atur volume dan lakukan teknik untuk mengetes mikrophone komputermu aktif atau belum.
  • Jika kamu sudah mengaktifkan microphone dan juga speaker kemudian coba join meeting di Zoom.
  • Setelah kamu berhasil masuk ke meeting apabila pada bagian pojok kiri bawah ada ikonĀ  Unmute maka klik ikon tersebut dan ubah menjadi Mute.
  • Selesai, kamu berhasil menghidupkan audio di Zoom Meeting pada laptop milikmu.

Dengan mengaktifkan audio atau pun suara di aplikasi Zoom Meeting maka nantinya pada saat kamu sudah join meeting pada aplikasi Zoom secara otomatis audio akan aktif.

Jadi kamu tidak perlu bersusah payah mengaktifkan audio secara manual. Jika kamu sedang mengalami permasalahan audio yang tidak keluar suaranya coba ikuti salah satu cara yang telah dijelaskan tersebut.

Demikianlah sedikit informasi seputar cara menghidupkan suara di Zoom yang dapat kamu coba dan ikuti. Selamat mencoba.

Related posts