Cara Menutup Rekening Jenius

Cara menutup rekening Jenius menjadi solusi terbaik bagi kamu yang tidak ingin menggunakan kartu rekening ini dengan beberapa alasan yang mendasar. Seperti sudah kita ketahui, bahwa bank BTPN merupakan salah satu bank yang masuk 100 top bank terbaik di Indonesia. Tentu hal ini dikarenakan bank BTPN selalu menyediakan berbagai fasilitas untuk para nasabahnya ketika melakukan transaksi.

Namun sayangnya hal ini, tidak menutup kemungkinan beberapa pengguna ingin menutupnya. Jika kamu adalah salah satunya dan bingung bagaimana cara melakukannya, maka bisa langsung menyimak penjelasan pada artikel kali ini.

Alasan Berhenti Rekening Jenius

Meskipun tabungan atau rekening Jenius mempunyai berbagai fasilitas atau fitur yang menguntungkan, namun hal tersebut tidak.membuat rekening Jenius terlepas dari beberapa kekurangan yang kerap dikeluhkan oleh para nasabahnya. Melalui kekurangan-kekurangan inilah yang dapat menyebabkan beberapa pengguna ingin segera berhenti rekening Jenius. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

  1. Mempunyai Jangkauan Yang Terbatas

Kekurangan yang kerap menjadi alasan nasabah ingin berhenti atau menonaktifkan rekening Jenius mereka yang pertama adalah jangkauan dari rekening Jenius masih terbatas. Di Indonesia sendiri, jenius masih belum bisa menjangkau daerah-daerah tertentu sehingga terkadang dapat menyulitkan para nasabahnya.

Meskipun kamu bisa melakukan transaksi secara online melalui aplikasi Jenius, akan tetapi kamu harus melakukan aktivasi yang mengharuskanmu untuk datang langsung ke gerai atau cabang BTPN. Selain itu, pengiriman kartu fisik rekening juga membutuhkan waktu yang relatif lama.

  1. Jenis Kartu Rekening Kurang Fleksibel

Kekurangan selanjutnya yang dapat menjadi alasan mengapa berhenti rekening Jenius adalah kartu virtual yang disediakan kurang fleksibel. Pembukaan rekening tabungan jenis yang dilakukan secara online dapat dikatakan relatif rumit serta membutuhkan waktu yang lumayan lama. Apalagi jika kamu adalah seorang nasabah yang berasal dari wilayah Jabotabek.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Paket Smartfren

Selain itu terdapat kekurangan lain dari rekening Jenius ini yaitu kamu tidak bisa mengubah nomor yang ada pada kartu jeniusmu. Hal ini memang sedikit mengecewakan bagi banyak nasabah, namun karena transaksi online memang rawan dengan terjadinya penyalahgunaan. Jadi memiliki kartu yang disposable dapat meminimalisir kecurangan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

  1. Aplikasi Yang Lambat

Kekurangan ini merupakan kekurangan yang paling banyak dikeluhkan oleh para nasabah Jenius. Hal ini dikarenakan aplikasi Jenius terasa sangat lambat sehingga memerlukan loading yang dalam dalam membuka dan menjelajah aplikasi. Seharusnya pihak bank melakukan perbaikan terkait hal ini.

Namun meskipun sudah menjadi isi yang lama, pihak Jeniusasiu belum juga memperbaiki aplikasi yang terasa sangat lambat. Padahal kecepatan loading merupakan hal yang paling utama untuk nasabah yang melakukan kegiatan bisnis dan tidak ingin waktunya tersita banyak.

  1. Terdapat Dengan Jika Saldo Pada Virtual Card Tidak Cukup

Memang benar, jika kamu berlangganan pada suatu produk dan mereka menagih sejumlah uang ke virtual card Jenius mu, namun ternyata saldo yang ada tidak cukup maka pihak jenis akan mengurangi sebesar 5000 dari jumlah saldomu.

Mungkin hal ini dianggap sebagai masalah yang kecil, namun cukup mengesalkan karena kamu tidak akan diberikan peringatan terlebih dahulu, melainkan kamu akan langsung dikenakan denda. Denda tersebut bisa berulang setiap kali merchant melakukan percobaan penagihan.

Cara Menutup Rekening Jenius

Cara Menutup Rekening Jenius
Cara Menutup Rekening Jenius

Ketika kamu ingin menutup rekening Jenius yang miliki, janganlah khawatir atau bingung ketika ingin melakukannya. Sebab kamu bisa melakukan beberapa cara yang dapat kamu pakai dan praktekkan secara mandiri dengan mudah. Kamu bisa memanggil call center bank BTPN di 1500365 atau bisa saja kamu langsung menuju ke kantor cabang bank BPTN. Jika kamu penasaran bagaimana cara melakukannya, maka bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

Langkah 1: Tarik Semua Isi Rekening Jenius

Sebelum kamu memutuskan untuk menutup akun rekening jeniusmu, maka alangkah baiknya jika kamu sudah mengosongkan semua isi rekening baik dengan cara menarik tunai ataupun mengirimnya ke rekening bank yang lain. Kamu juga harus memastikan bahwa tidak ada tagihan yang berjalan di akun rekening Jeniusmu, seperti tagihan Flexi cash.

Langkah 2: Sediakan Pulsa Untuk Melakukan Panggilan

Selain mengosongkan jumlah saldo yang ada di rekening Jenius, kamu juga harus menyediakan pulsa untuk menelpon pihak call center bank BTPN. Pastikan bahwa pulsa yang kamu miliki sudah mencukupi ketentuan. Dari beberapa artikel yang ada di google untuk tarif pulsa yang akan dikenakan ketika ingin menutup rekening Jenius adalah sebesar 24.000. jadiz alangkah baiknya jika kamu berjaga-jaga dan menyediakan pulsa sebesar 30.000 karena takutnya lama menelpon jauh lebih lama dan panggilan terputus di tengah-tengah percakapan.

Bagi kamu yang menggunakan kartu pascabayar, mungkin akan jauh lebih leluasa tanpa takut pulsa habis di tengah-tengah panggilan. Namun lebih baik jika kamu harus memastikan bahwa pulsa kamu mencukupi.

Langkah 3: Persiapkan Berkas Dan Informasi Pendukung

Jika kamu ingin melakukan penutupan rekening Jenius, maka kamu akan diminta oleh pihak customer service untuk memverifikasi semua datamu terlebih dahulu. Jadi sebelum kamu melakukan panggilan ke pihak call center, maka alangkah baiknya jika kamu menyiapkan data diri seperti KTP dan informasi lainnya seperti di bawah ini.

  • Alasan Menutup rekening Jenius
  • No rekening Jenius
  • Nama sesuai dengan yang ada di KTP
  • Alamat domisi sesuai yang ada di KTP
  • Nama ibu kandung
  • Alamat email dan no limit HP yang terhubung di akun jenius
  • Alamat pengiriman yang terdaftar pada aplikasi Jenius
  • Nomor NPWP apabila kamu menguploadnya di akun rekeningmu
  • Transaksi yang kamu lakukan dalam tiga bulan terakhir
Terkait:  Cara Menonaktifkan COD di Shopee

Jika kamu sudah melengkapi dan menyerahkan semua data di atas dan berhasil ddverifikas, maka pihak customer service akan membuat laporan dan proses penutupan akan segera diproses.

Langkah 4: Proses Penutupan Rekening Jenius

Setelah kamu berhasil menghubungi pihak call center bank BTPN, maka proses penutupan akun rekening membutuhkan waktu sekitar 1×24 jam. Untuk memastikan apakah akun rekeningmu sudah ditutup atau belum, maka silahkan kamu mencoba masuk ke aplikasi Jenius. Jika kamu sudah tidak bisa login, maianberarti rekening jeniusmu sudah berhasil ditutup.

Kesimpulan

Selain informasi di atas, banyak nasabah yang bertanya terkait apakah proses penutupan rekening Jenius ini akan dikenakan biaya atau tidak. Maka jawabannya, jika kamu melakukan secara langsung di bank BTPN maka tidak akan dikenakan biaya. Namun jika kamu melakukannya dengan menelpon call center, maka kamu akan dikenakan pulsa sekitar 24.000.

Jikalau kamu memilih untuk menutup rekening Jenius secara langsung di kantor cabang, maka alangkah baiknya jika kamu membeea beberapa dokumen persyaratan seperti KTP dan ATM Jenius yang ingin kamu tutup sehingga prosesnya bisa berjalan lancar.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara menutup rekening Jenius yang dapat kamu gunakan sewaktu-waktu. Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat membantumu. Selamat mencoba!

Related posts