Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi

Cara menonaktifkan talkback Xiaomi bukanlah suatu hal yang rumit untuk kamu lakukan jika kamu tidak sengaja mengaktifkan fitur ini. Memang benar, fitur ini sangat berguna bagi yang mempunyai penglihatan. Namun sayangnya, fitur ini tidak dianggap mengganggu oleh beberapa pengguna sebab mengeluarkan suara ketika mengoperasikan ponselnya.

Selain itu, jika fitur ini aktif maka kamu harus mengetuk dua kali agar bisa mengoperasikan sebuah menua atau aplikasi. Jika kamu penasaran bagaimana cara menonaktifkannya, maka kamu bisa mengikuti semua metode yang pada artikel kali ini.

Alasan  Fitur Talkback Harus Kamu Nonaktifkan

Ketika kamu mempunyai handphone merk Xiaomi dengan kondisi fitur talkback aktif, maka handphone mu akan terus mengeluarkan suara setiap kali kamu menyentuh layarnya. Apapun keadaanya, baik membuka aikasi, membalas sebuah chat, membuka kunci layar, menyalakan handphone dan lain sebagainya, maka suara tersebut akan muncul.

Selain itu, pengoperasian pada layar handphone Xiaomi saat fitur talkback ini aktif juga akan terasa berbeda dari biasanya. Dimana, kamu harus menyentuh layar dengan menggunakan dua cari agar bisa menggeser layar serta mengetuk dua kali agar bisa membuka salah satu menu, fitur, ataupun aplikasi.

Hal inilah yang dapat menyebabkan pengoperasian layar Xiaomi menjadi berbeda, sehingga para penggunanya merasa tidak terbiasa dan memilih untuk segera menonaktifkan fitur talkback tersebut. Talkback ini akan aktif secara tiba-tiba jika kamu menekan kedua tombol volume dalam waktu yang sama secara tidak sengaja atau memang sudah dari sananya ketika kamu membeli Hp Xiaomi second atau bekas.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Mi Cloud Lupa Password

Banyak sekali pengguna Hp Xiaomi yang mengeluh ketika fitur ini aktif, karena mereka tidak bisa membuka kunci layar, pola tidak merespon dan terganggu dengan suara yang selalu dikeluarkan. Hal inilah yang menjadi alasan terbesar mengapa banyak pengguna yang ingin menonaktifkan fitur talkback pada Xiaomi ini.

Namun akan sangat disayangkan jika sebagai pengguna, kamu belum mengetahui bagaimana cara menonaktifkan fitur talkback Xiaomi ini. Jika kamu masih belum mengetahuinya, maka kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut, karena saat ini terdapat beberapa metode yang dapat kamu gunakan untuk menonaktifkannya. Bahkan metode-metode tersebut sangat efektif dan dapat dipraktekkan dalam waktu yang cepat.

Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi

Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi
Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi

Apabila kamu menemukan talkback ini aktif, bukan berarti bahwa Hp Xiaomimu mengalami kerusakan ataupun error pada layar. Namun keadaan ini memang sebuah fitur yang sudah disediakan. Jadi kamu bisa mengetahuinya dengan mudah tanpa terburu-buru untuk memperbaiki layar sentuh di tukang service terdekat.

Cara menonaktifkan talkback Xioami ini dapat kamu lakukan dengan dua metode, yaitu dengan menggunakan menu kombinasi fisik ataupun menggunakan menu pengaturan yang ada di ponsel. Jika kamu penasaran bagaimana cara melakukannya, berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi Menggunakan Tombol Fisik

Metode pertama yang dapat kamu gunakan untuk menonaktifkan talkback Xiaomi ini, yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol volume yang ada di bagian samping handphone. Akan tetapi, metode ini hanya dapat kamu lakukan jika aksebilitas pintasan tombol volume ini sudah kamu aktifkan untuk talkback. Jadi, jika kamu masih belum mengaktifkannya, maka kamu tidak akan bisa menggunakan metode ini.

Menonaktifkan talkback dengan menggunakan kombinasi tombol ini merupakan metode yang paling mudah dan simpel. Adapun langkah-langkah yang dapat kamu ikuti, berikut ini adalah penjelasannya..

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah, silahkan kamu menyalakan Hp Xiaomi mu terlebih dahulu
  • Jika sudah, maka silahkan kamu membuka kunci dengan cara menggeser layar ke atas yang tentunya dengan menggunakan kedua jari. Lalu kamu tinggal memasukkan kata sandi, pola, ataupun Pin yang sudah kamu buat dan pakai untuk keamanan ponselmu
  • Setelah kamu masuk ke layar utama Hp Xiaomi, maka silahkan kamu menekan dan tahan tombol volume atas dengan volume bawah secara bersamaan kurang lebih selama 3 detik
Terkait:  Cara Agar HP Xioami Tidak Lemot

Setelah kamu melakukan langkah-langkah diatas, maka fitur talkback pada Hp Xiaomimu akan langsung nonaktif atau mari secara otomatis dan sistem operasi Hp Xiaomimu akan kembali seperti semula.

Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi Pakai Menu Pengaturan

Metode untuk dapat menonaktifkan talkback Xiaomi yang kedua dapat kamu lakukan, yaitu dengan menonaktifkan aksebilitas melalui menu pengaturan di ponsel. Metode kedua ini dapat kamu jadikan solusi, jika memang metode kedua tidak berhasil kamu lakukan.

Untuk langkah-langkhanya hampir sama pada saat menonaktifkan fitur talkback pada Hp Vivo. Namun untuk lebih lengkapnya, berikut adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama, silahkan menyalakan terlebih dahulu Hp Xiaomi dan kemudian kamu membuka kunci layar dengan menggulir ke atas menggunakan 2 hari, lalu kamu tinggal memasukkan pin, pola, ataupun sandi untuk dapat membuka kunci layar Xiaomimu
  • Setelah itu, pada tampilan menu silahkan kamu memilih menu setelan dengan cara menggeser menggunakan dua jari. Lalu kemudian, kamu harus mengtapnya sebanyak 2 kali juga agar bisa membukanya
  • Silahkan kamu menggulir layar ke atas dan pilih menu setelan tambahan lalu tap 2 kali pada menu tersebut untuk dapat membukanya
  • Pada menu setelan tambahan ini, silahkan kamu klik 2 kali pada menu aksesibilitas agar terbuka. Setelah kamu memilih menu ini dan berhasil terbuka, maka silahkan kamu klik dua kali pada menu di bagian atas
  • Langkah selanjutnya adalah silahkan kamu memilih talkback dan ketuk dua kali untuk membukanya
  • Kemudian, silahkan kamu klik dua kali lagi pada tombol aksebilitas
  • Terakhir, maka akan muncul kotak dialog hentikan talkback, maka kamu harus mengetuknya dua kali pada tombol hentikan, maka fitur talkback Xiaomi ini sudah berhasil kamu nonaktifkan
Terkait:  Cara Cek Spek Hp Xiaomi

Cara Membuka Kunci Ketika Fitur Talkback Aktif

Setelah kamu mengetahui kedua metode beserta langkah-langkahnya yang dapat digunakan untuk menonaktifkan talkback, maka kamu juga harus tahu cara membuka ketika layar terkunci seperti pin, pola, dan sebagainya.

Ya, ketika kamu masih aktif fitur talkback, maka kamu tidak akan bisa membukanya seperti biasanya. Kalau kunci dan kata sandi, kamu masih bisa menerapkan satu kali ketuk lalu ketuk dua kali.

Namun untuk yang menggunakan pola bagaimana? Untuk kondisi seperti ini, kamu bisa membuka kunci layar pola dengan menekan satu kali pada titik awal pola yang kamu buat dan kemudian tahan. Lalu silahkan kamu menggesernya ke pola yang kamu buat. Setiap pola pasti akan berhenti sejenak, jadi lanjutkan ke pola berikutnya.

Kesimpulan

Begitulah panduan terkait bagaimana cara menonaktifkan talkback Xiaomi beserta langkah-langkahnya yang dapat kamu pahami dan prantekkan secara mandiri di rumah. Intinya, kamu jangan panik jika kamu tidak sengaja mengaktifkan fitur ini, sebab ada banyak sekali panduan-panduan untuk bisa mengatasinya.

Silahkan kamu memilih salah satu dari metode yang sudah dijelaskan di atas yang menurutmu paling praktis dan mudah untuk dilakukan. Semoga informasi di atas dapat membantu dan menambah wawasanmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Related posts