Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

Cara Menonatifkan Shopee PayLater
Cara Menonatifkan Shopee PayLater

Cara menonaktifkan Shopee PayLater menjadi solusi terbaik jika memang kamu ingin menghindari tagihan pinjaman membengkak karena keinginan yang ingin membeli semua barang di market place Shopee. PayLater di dalam buku milenial, artinya adalah bayar kemudian yang sebelumnya dikenal dengan sistem pembayaran kartu kredit. Metode pembayaran ini memang diterapkan oleh Shopee untuk memudahkan para penggunanya ketika ingin membeli suatu barang tertentu, namun masih belum punya uang.

Meskipun layanan ini dapat memudahkan para penggunanya, sayangnya tagihan Shopee PayLater ini dapat memberatkan para pengguna jika mereka terlambat membayar atau menunggak. Hal ini terjadi karena tagihan yang seharusnya dibayar dengan jumlah tertentu akan bisa membengkak seiring dengan bertambahnya bunga cicilan.

Apabila kamu tidak ingin terlilit tagihan Shopee PayLater ini, maka kamu bisa menonaktifkan. Namun sebelum melakukannya, kamu harus memastikan bahwa semua cicilan atau hutangmu di Shopee sudah terlunasi semuanya. Untuk bagaimana cara melakukannya, kamu bisa membaca penjelasan pada artikel kali ini.

Risiko Menonaktifkan Shopee PayLater

Perlu digaris bawahi, bahwa tidak semua orang bisa berhasil melakukan penonaktifan Shopee PayLater ini. Aku. Yang tercatat masih belum menyelesaikan pesanan, maka akunya belum bisa dinonaktifkan oleh sistem Shopee. Jadi, pesanan tersebut harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk menonaktifkannya.

Dikutip dari halaman resmi Shopee, terdapat beberapa hal penting yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menonaktifkan Shopee PayLater ini. Terdapat beberapa resikonya, diantara lain adalah sebagai berikut.

  • Koin Shopee yang masih ada di akun Shopee PayLater milikmu akan hangus secara otomatis
  • Data transaksi yang ada di aku. Shopee PayLater mu akan tetap ada dan disimpan oleh pihak Shopee hanya untuk kepentingan audit internal
  • Semua riwayat transaksi di akun Shopee PayLater tidak bisa kamu lihat setelah kamu melakukan penonaktifan akun Shopee PayLater
  • Pihak Shopee berhak menolak pembuatan akun kembali di waktu yang akan mendatang. Selain itu, pendaftaran akun Shopee yang kamu lakukan akan dtokah mentah-mentah jika kamu menggunakan KTP yang sama dengan akun yang sudah berhasil kamu hapus

Semua konsekuensi di atas harus kamu pahami dan terima, jika memang kamu benar-benar memutuskan untuk menonaktifkan akun Shopee PayLater ini.

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

Cara Menonatifkan Shopee PayLater
Cara Menonatifkan Shopee PayLater

Dikarenakan aplikasin Shopee saat ini masih belum menyediakan menu untuk menonaktifkan Shopee PayLater, maka jika kamu ingin berhenti menggunakan layanan pinjaman ini, maka kamu harus siap untuk melakukan penghapusan akun Shopee. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang dapat kamu ikuti.

  1. Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah silahkan kamu membuka aplikasi Shopee terlebih dahulu. Setelah itu, silahkan kamu membuka pilihan saya pada halaman menu aplikasi Shopee. Pilihlah opsi pengaturan akun yang tentunya ada pada menu pengaturan. Kemudian, silahkan kamu memilih ajukan penghapusan akun.

  1. Konfirmasi Proses penghapusan

Apabila kamu sudah mendapatkan pemberitahuan di ponsel yang berisi konfirmasi ulang, maka kamu harus menekan lanjutkan penghapusan jika kamu sudah yakin untuk memberikan konfirmasi. Setelah itu, kamu lanjutkan penghapusan akun dengan cara klik Ok pada pemberitahuan yang muncul.

  1. Bacalah Informasi Penting

Kemudian, silahkan kamu membaca informasi penting yang diberikan oleh pihak Shopee. Jika kamu sudah paham dan memahami Informasi tersebut, maka silahkan kamu tekan lanjut untuk meneruskan ke langkah berikutnya.

  1. Ambil Kode Verifikasi Shopee Di Pesan Singkat Atau SMS

Tunggulah beberapa saat sampai kamu mendapatkan pesan singkat SMS dari pihak Shopee yang berisi kode verifikasi. Sebelum itu, pastikan bahwa nomor yang kamu gunakan saat membuat akun Shopee masih aktif. Bukalah pesan tersebut dan masukkan kode verifikasi pada kotak yang disediakan. Jika sudah, maka tekan lanjut.

  1. Pilihlah Alasan Penghapus Akun Shopee PayLater

Selanjutnya, silahkan kamu isi dan pilih mengapa kamu ingin menghapus akun Shopee. Aplikasi ini menyediakan pilihan ‘saya ingin mengubah usernam saya’, ‘syaa tidak ingin menggunakan Shopee lagi’, dan ‘lainnya’. Maka silahkan kamu memilih lainnya dan isilah bahwa kamu ingin menonaktifkan Shopee PayLater.

  1. Masukkan Alamat Email Milikmu

Kemudian di halaman selanjutnya, silahkan kamu memasukkan. Alamat emailmu yang masih  aktif dan gunakan. Jika sudah, maka silahkan kamu memberikan tanda centang sebagai bentuk persetujuan pada syarat dan ketentuan penghapusan akun atas penonaktifan tersebut.

  1. Kirim Email

Terakhir, silahkan kamu mengirimkan email tersebut ke pihak Shopee dengan menekan kirimkan. Tunggulah sampai 7 hari kerja untuk proses penghapusan akun Shopee PayLater mu.

Penyebab Limit Shopee PayLater Berkurang

Sebagai informasi tambahan, limit dari Sdopee PayLater ini bisa jad berkurang sewaktu-waktu, bahkan dapat dikurangu menjad 0 sehingga tidak dapat digunakan sama sekali. Hal ini terjadi tentu karena penyebabnya, yaitu kamu sudah melakukan pembayaran yang lebih dari tenggat waktu yang sudah ditentukan oleh pihak Shopee.

Shopee sendiri sudah melakukan kerjasa sama dengan beberapa pihak dalam hal untuk mengevaluasi Kualitas dari kredit yang dilakukan oleh semua penggunanya. Agar limit Shopee PayLater ini bisa kembali layaknya semula, maka kamu harus segera melunasi semua cicilan tagihan yang sudah menunggak.

Setelah kamu melunasi semua cicilan yang ada, maka nantinya secara otomatis limit Shopee PayLater akan kembali seperti semul. Bagi kamu yang merupakan pengguna Shopee baru, mungkin akan merasa kesulitan saat mengaktifkan Shopee Oaater ini karena regulasi dari pihak Shopee itu sendiri.

Shopee memang memiliki.banyak regulasi yang dianggap tidak memberikan kemudahan bagi para pengguna baru untuk memberikan cicilan. Hal ini tentu dikarenakan pengguna baru Shopee pasta umumnyua akan menggunakan semua limit  yang ada di Shopee PayLater.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa setelah menghapus Shopee Paylater sekaligus aku Shopee milikmu, ketika kamu ingin membuat akun baru, maka kamu tidak diperkenankan untuk menggunakan KTP yang sama. Maka dari itu, alangkah baik tua jika kamu berpikir dan mempertimbangkan secara matang-matang sebelum kamu memutuskan untuk menghapus akun Shopee PayLater.

Kesimpulan

Mungkin itu beberapa langkah yang dapat kamu gunakan ketika ingin menonjolkan akun Shopee PayLater. Sebelum itu, kamu harus memastikan bahwa akun Shopee PayLater milikmu tidak sedang ditangguhkan oleh pihak Shopee karena bisa menjadi penghalang ketika penonaktifan akun Shopee PayLater. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa akun milikmu tidak mempunyai tagihan ataupun cicilan yang belum terselesaikan karena dijamin permintaan penghapusan yang kamu kirim akan ditolak mentah-mentah oleh pihak.Shopee.

Selain itu, alangkah baiknya jika kamu juga memastikan bahwa jaringan internet yang kamu miliki sedang dalam kondisi baik, karena memang penonaktifan Shopee PayLater ini dilakukan secara online. Itulah penjelasan terkait bagaimana cara menonaktifkan Shopee PayLater yang dapat kamu pahami dan bisa kamu praktekkan mandiri di rumah. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasanmui serta membantumu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Related posts