Cara Menonaktifkan Kredivo

Cara Menonaktifkan Kredivo
Cara Menonaktifkan Kredivo

Bagi kalian yang sering menggunakan paylater dan pinjaman online, tentunya tidak asing lagi dengan Kredivo. Artikel kali ini akan mengulas mengenai cara menonaktifkan Kredivo.

Biasanya pengguna menghapus atau menonaktifkan akun karena tidak ingin menggunakan layanan kredit lagi. Untuk alasan berhenti menggunakan dapat bermacam-macam, mulai dari tidak ingin terjerat pinjaman, tidak puas dengan layanan yang tersedia hingga beralih ke layanan sejenis lainnya.

Sekilas tentang Kredivo

Kredivo adalah aplikasi yang menyediakan layanan pinjaman online. Setelah melakukan pendaftaran dan memiliki akun, pengguna dapat memperoleh pinjaman dalam bentuk cash maupun saldo.

Kredivo menawarkan pinjaman instan untuk melakukan pembelian sekarang dengan bayar nanti dalam 30 hari. Tersedia pula opsi cicilan 3 bulan dengan bunga 0%, serta cicilan 6 bulan dan 12 bulan dengan bunga pinjaman sebesar 2,6% per bulan. Besar bunga dari Kredivo terbilang cukup rendah dibanding kompetitornya.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pinjaman dengan mudah dan cepat. Pemrosesan pinjaman Kredivo hanya perlu beberapa menit. Sementara limit pinjaman yang tersedia mencapai Rp 30 juta.

Layanan pinjaman dari Kredivo telah terdaftar secara resmi dan mendapat ijin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kredivo juga berada dalam pengawasan OJK, sehingga pengguna tidak perlu menkhawatirkan masalah keamanan transaksi. Kredivo merupakan produk pembayaran kredit digital pertama yang terdaftar pada OJK.

Syarat Menonaktifkan Kredivo

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi jika pengguna ingin menonaktifkan Kredivo, yaitu:

  • Tidak Memiliki Pinjaman

Syarat pertama untuk menonaktifkan Kredivo ialah tidak memiliki pinjaman. Pengguna yang memiilki pinjaman yang belum selesai tidak dapat melakukan penonaktifan akun. Oleh karena itu, jika ingin menonaktifkan Kredivo, maka pastikan bahwa kamu sudah selesai membayar kewajiban semua pinjaman.

  • Tidak Memiliki Tunggakan

Kredivo memiliki fitur seperti paylater yang memungkinkan pengguna mengakses dana dan membayarnya nanti. Jika kamu masih memiliki tunggakan karena menggunakan fitur ini, maka sebaiknya melunasi lebih dahulu sebelum menonaktifkan akun.

  • Melunasi Tagihan dan Hutang

Pengguna harus melunasi semua tagihan dan hutang yang dimiliki sebelum melakukan penghapusan akun. Sebaiknya periksa kembali aktivitas transaksi kamu untuk memastikan semua tagihan dan hutang sudah dibayar, termasuk bunga dan denda.

Sebelum mengajukan permintaan untuk menonaktifkan akun Kredivo, pastikan bahwa kamu sudah memenuhi persyaratan dengan melunasi hutang dan tagihan. Adanya tuggakan yang tidak dibayarkan akan menyebabkan skor BI checking milikmu buruk. Hal ini dapat menimbulkan kesulitan saat kamu hendak melakukan pinjaman ke bank di kemudian hari.

Cara Menonaktifkan Kredivo

Cara Menonaktifkan Kredivo
Cara Menonaktifkan Kredivo

Kamu bisa menonaktifkan Kredivo melalui aplikasi. Namun, karena tidak terdapat fitur untuk menutup akun, maka kamu harus menghubungi customer service.

Berikut cara menonaktifkan Kredivo lewat aplikasi:

  • Buka aplikasi Kredivo pada ponselmu
  • Login menggunakan username dan password
  • Tap menu Akun pada kanan bawah
  • Pada menu akun Kredivo, tap menu FAQ
  • Selanjutnya, gulir layar ke bawah hingga menemukan menu Perlu Bantuan
  • Pilih salah satu cara untuk menghubungi CS Kredivo
  • Kirimkam pesan berisi pengajuan permintaan penghapusan akun Kredivo
  • Jika pesan lama mendapatkan respon, maka kamu bisa menggunakan menu Hubungi
  • Selanjutnya, tap Panggilan Telepon
  • Sampaikan pada customer service yang menerima panggilan bahwa kamu ingin menutup akun Kredivo
  • Ikuti instruksi dari customer service

Penghapusan akun Kredivo akan diproses oleh customer service. Apabila semua tagihan dan hutang sudah lunas, proses penghapusan akan lancar tanpa masalah.

Menonaktifkan Kredivo lewat Call Center

Selain melalui aplikasi, kamu bisa menghubungi call center secara langsung untuk mengajukan penutupan akun. Berikut caranya:

  • Lakukan panggilan ke nomor 0807-1-573348
  • Setelah customer service merespon, sampaikan bahwa kamu hendak menghapus akun Kredivo
  • Sebutkan username atau email yang terdaftar pada akun Kredivo
  • Tunggu beberapa saat untuk customer service memeriksa data akunmu
  • Jika kamu sudah melunasi semua hutang dan tagiha, maka customer service akan segera membantu proses penghapusan akun serta seluruh informasi dalam akunmu

Menonaktifkan Kredivo lewat Email

Opsi lain untuk mengajukan permintaan menghapus akun Kredivo ialah melalui email. Berikut caranya:

  • Pertama-tama, buka email melalui aplikasi maupun browser
  • Klik Buat Email baru
  • Pada bagian Ke, tuliskan alamat [email protected]
  • Pada bagian subjek, tuliskan permohonan penutupan akun Kredivo
  • Selanjutnya, pada badan email tuliskan bahwa kamu hendak menutup akun Kredivo, sertakan alasannya. Setelah itu,
  • Sertakan juga username dan password akun Kredivo yang hendak ditutup
  • Tunggu balasan dari Kredivo

Apabila akun kamu terbukti tidak memilki tunggakan dan sudah melunasi seluruh tagihan, maka Kredivo akan segera memproses penghapusan akun

Untuk akun Kredivo yang sudah tidak aktif selama 2 tahun, penghapusan akun akan terjadi secara otomatis. Jadi, jika akunmu sudah lama tidak terpakai, maka kamu bisa langsung logout dari aplikasi lalu meng-unistal.

Alasan Menonaktifkan Kredivo

Kredivo memberikan solusi instan dan mudah untuk mengatasi kebutuhan anggaran mendadak. Opsi untuk membayar nanti dan pembayaran secara cicilan memang sangat memudahkan bagi para pengguna. Akan tetapi, kemudahan tersebut dapat berakibat kurang baik apabila pemakaiannya tidak bijak.

Berikut beberapa alasan pengguna menutup akun Kredivo:

  • Tidak Ingin Terjerat Pinjaman

Sebagaimana layanan pinjaman lain, Kredivo juga membebankan bunga bulanan dan denda jika terjadi pelanggaran. Pemakaian layanan yang kurang bijak dan tidak berhati-hati justru bisa mengakibatkan pengguna terjerat kesulitan finansial. Beberapa orang memilih menonaktifkan akun Kredivo karena tidak ingin memikirkan tagihan setiap bulan.

  • Suku Bunga Memberatkan

Kredivo menyediakan layanan pinjaman dengan berbagai kemudahan. Namun, jika dibandingkan dengan bank atau lembaga keuangan lain, suku bunga pinjaman dari Kredivo termasuk besar. Sehingga bagi pengguna yang merasa keberatan, biasanya memilih untuk berhenti menggunakan layanan dan menonaktifkan akunnya.

  • Tindak Kejahatan Digital

Aplikasi pinjaman online sering kali menjadi target tindak kejahatan digital. Bentuk kejahatan ini dapat bermacam-macam, seperti penipuan, pemerasan, dan penyalahgunaan identitas untuk kejahatan lain. Pengguna dapat memilih menonaktifkan atau menghapus akun Kredivo untuk menghindari terkena dampak merugikan dari kejahatan.

Itulah cara menonaktifkan Kredivo. Aplikasi layanan pinjaman online ini memang dapat menawarkan solusi dana secara cepat dan aman. Namun, penggunaan Krediivo disertai dengan risiko tersendiri.

Pada akhirnya, manfaat suatu aplikasi tergantung pada pengguna. Jika pengguna memakai layanan dengan bijak, maka ia bisa memperoleh manfaat yang menguntungkan. Sedangkan, bagi pengguna yang kurang hati-hati, kemudahan dari layanan Kredivo bisa mengarah pada kebiasaan konsumtif yang membuat pengguna mengalami kesulitan nantinya.

Related posts