Cara Bayar Shopee Pakai ShopeePay

Bagaimana cara bayar Shopee pakai ShopeePay? Seperti apa prosess pembayaran dengan Shopeepay? Apa saja keuntungan menggunakan Shopeepay?

Berbicara soal metode pembayaran atau cara bayar pada sebuah Apikasi atau layanan, mungkin saat ini kita sudah banyak mengetahui jika hampir layanan seperti Online Shop memiliki ragam metode pembayaran.

Mulai dari bank transfer, melalui merchant seperti Indomaret dan Alfamart, Gopay, DANA, dan OVO, tak lepas juga salah satu Online Shop yang ramai digunakan seperti Shopee, juga ikut menghadirkan layanan Shopeepay.

Buat yang belum tau, Shopeepay sendiri merupakan salah satu metode pembayaran yang mana tak jauh berbeda dengan layanan Dompet digital seperti Gojek. Jika Gojek merupakan singkatan dari Gojek Payment, maka Shopeepay adalah Shopee Payment. Baik Gojek ataupun Shopeepay sendiri merupakan metode pembayaran yang mutlak, dan bisa digunakan diluar aplikasi tersebut.

Nah, sebelum bisa menggunakan Shopeepay, pengguna juga harus terlebih dahulu memiliki akun Shopee didalamnya, dan kemudian melakukan Top Up untuk melakukan pembayaran baik ketika mereka berbelanja di Shopee itu sendiri, ataupun mungkin mengujungi sebuah Coffee Shop atau merchant yang menerima pembayaran dengan Shopeepay.

Karena memang pengguna Shopeepay sendiri dinilai lebih efektif dan juga memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran. Sebab, pengguna hanya perlu melakukan Top Up ke akun Shopeepay mereka, dengan meggunakan beragam metode.

Tentunya hal ini bisa sangat mempermudah pengguna untuk berbelanja online. Sebab, ketika pengguna sudah melakukan top up saldo Shopeepay, maka mereka tak perlu lagi melakukan transfer atau pembayaran ke Shopee lewat ATM ataupun Indomaret, karena cukup mengubah metode pembayaran dengan menggunakan Shopeepay, maka otomatis saldo yang ada didalamnya akan terpotong sejumlah nominal produk yang dibeli.

Namun sayangnya, walaupun layanan Shopeepay sudah lama dihadirkan, masih saja ada pengguna Shopee yang mungkin tidak menggunakan layanan ini sebagai metode pembayaran. Padahal jika pengguna mengetahuinya, maka mereka bisa mendapatkan beragam promo menarik dengan menggunakan Shopeepay sebagai metode pembayaran.

Oleh sebab itulah kali ini kita akan membahas lebih lanjut soal Cara Bayar Shopee pakai Shopeepay, untuk kalian yang mungkin belum mengetahuinya. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut.

Cara Bayar Shopee Pakai ShopeePay

Cara Bayar Shopee Pakai ShopeePay
Bayar Shopee Pakai ShopeePay

Langlah1: Daftar Akun Shopee

Cara yang pertama adalah jelas sangat penting untuk kalian memiliki akun Shopee terlebih dahulu. Sebab, apabila kalian tidak memiliki akun Shopee, maka otomatis kalian tidak bisa menggunakan Shopeepay untuk melakukan pembayaran produk yang akan kalian beli.

Untuk itu, langkah pertama adalah kalian harus melakukan pendaftaran dengan data yang benar dan juga lengkap. Kalian bisa melakukan pendaftaran akun dengan mudah, baik melalu Aplikasi Shopee di perangkat Android ataupun iPhone kalian.

Cara daftarnya juga sangat mudah. Kalian bisa melakukan pendaftaran baik melalui nomor ponsel atau nomor telpon yang digunakan, atau bahkan menggunakan Email yang aktif, dan juga melakukan login otomatis baik melalui akun Google ataupun Akun Facebook.

Nah, perlu juga diingat ya sob, ketika kalian selesai melakukan pendaftaran, pastikan kalian juga sudah melakukan verifikasi melalui email dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS dengan nomor yang terdaftar. Gunanya adalah agar akun kalian bisa menggunakan fitur lengkap di Shopee, karena sudah terverifikasi dengan jelas.

Jangan lupa untuk mengisikan data lain yang juga penting, seperti Nama lengkap, alamat lengkap, dan juga nomor telpon yang bisa dihubungi agar mempermudah kurir dalam mengantarkan paket kalian sampai kerumah. Setelah itu barulah kita bisa masuk ketahap yang kedua, yakni

Langkah 2: Aktifkan Layanan Shopeepay

Untuk mengaktfikan layanan Shopeepay sendiri terbilang cukup mudah kok. Kalian hanya perlu menyiapkan KTP untuk metode verifikasi. Untuk caranya sendiri hanya bisa dilakukan di Aplikasi Shopee saja. Caranya

  • Buka Aplikasi Shopee
  • Klik pada menu Shopeepay yang ada ditampilan Home disebelah Koin Shopee
  • Setelah itu, aktifkan Shopeepay, agar kalian bisa menggunakan Shopeepay seperti biasa.

Setelah Shopeepay kalian aktif, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi data untuk Shopeepay, dengan menyertakan data diri berupa KTP dan foto Selfie dengan KTP. Langkahnya adalah

  • Setelah masuk kedalam menu Shopeepay, klik pada menu Verifikasi Shopeepay-mu sekarang
  • Lalu, foto identitas diri berupa KTP dan juga Foto Selfie memegang KTP dengan terlihat jelas.

Kemudian kalian bisa mengisikan data yang sekiranya masih kosong dan harus dilengkapi. Setelah itu, jika dirasa data sudah benar, langsung saja klik tombol Konfirmasi. Tunggu beberapa saat untuk mengetahui apakah status Shopeepay kalian sudah berhasil di verifikasi, atau belum. (maksimal 1×24 jam proses)

Langkah 3: Top Up Saldo Shopeepay

Walaupun status verifikasi masih berlangsung, kalian tetap bisa kok menggunakan Shopeepay seperti biasa. Kalian juga tetap bisa melakukan Top Up seperti biasa, untuk melakukan pembayaran ataupun berbelanja di online shope shopee.

Adapun untuk cara top up nya sendiri, kalian bisa menggunakan beragam cara, yakni dengan melalui bank transfer, indomaret, atau bahkan alfamart. Caranya

  • Buka Aplikasi Shopee, dan langsung saja klik menu Shopeepay (isi saldo sekarang)
  • Setelah itu, pilih menu Isi Saldo dan kalian akan diarahkan kedalam pilihan menu pembayaran
  • Klik salah satu metode yang paling sesuai, lalu klik pada KONFIRMASI

Terakhir, kalian akan melihat kode pembayaran atau kode top up shopeepay, dan kalian bisa langsung melakukan pembayaran dengan menggunakan layanan Bank Transfer menggunakan Virtual Account, atau melalui Indomaret, alfamart, dan iSaku dengan menggunakan kode transfer tadi.

Perlu diingat, untuk Minimal Saldo Top Up Shopeepay adalah 10.000.

Langkah 4: Ubah Metode Pembayaran dan Selesaikan Pembayaran dengan Shopeepay

Setelah prosess Top Up dilakukan, maka selanjutnya kita bisa langsung saja memilih produk yang akan dibeli nantinya. Kalian bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kalian, baik berdasarkan kategori, ataupun mencari produk yang memang diinginkan.

Setelah selesai, barulah kalian bisa menambahkan produk tersebut kedalam keranjang untuk memilih produk lain, ataupun langsung melakukan pembelian produk yang sudah dipilih tadi.

Barulah kalian akan diarahkan kedalam laman Check Out untuk melakukan pengecekan data, dan juga memilih metode pembayaran, dan juga nama serta Alamat penerima.

  • Klik pada barang yang akan dibeli
  • Klik pada tombol Bayar
  • Periksa semua data (nama, alamat, kuantiti produk, opsi pengiriman)
  • Klik pada menu Metode Pembayaran dan ganti menjadi Shopeepay
  • Jika sudah, klik pada tombol BUAT PESANAN
  • Tunggu sampai kalian diarahkan kedalam laman Shopeepay, lalu masukkan PIN Shopeepay, atau verifikasi Sidik Jari / Fingerprint

Terakhir, kalian akan melihat bahwa prosess pembayaran sudah selesai dilakukan. Dan setelahnya, kalian tinggal duduk manis, dan juga memantau progres barang kalian mulai dari DIKEMAS > DIKIRIM > SAMPAI TUJUAN.

Itulah tadi artikel tentang Cara Bayar Shopee pakai Shopeepay. Tentunya, dengan adanya artikel ini, besar harapan kami bisa membantu kalian dan juga mempermudah kalian dalam mengetahui tata cara penggunaan Shopeepay dalam berbelanja. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untukmu.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi