Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel

Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel
Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel

Cara menonaktifkan kartu telkomsel dapat menjadi solusi alternatif ketika kamu ingin mematikan atau menonaktifkan kartu telkomsel yang kamu pakai. Seperti sudah kamu ketahui, bahwa saat ini Kementrian Komunikasi dan Informasi sudah membuat peraturan bahwa setiap warga negara Indonesia wajib untuk melakukan peregristasian kartu SIM prabayar. Proses regristasi ini dapat menggunakan NIK ataupun nomor KK milikmu.

Setiap pengguna hanya diberikan batasan maksimal tiga kali untuk satu nomor KK dan NIK. Jadi jika NIK-mu sudah terdaftar pda tiga nomor SIM, maka kamu wajib untuk menonaktifkannya agar kamu bisa melakukan peregristasian menggunakan nomor telkomsel yang baru. Jika kamu masih belum tahu bagaimana cara untuk dapat menonaktifkan nomor telkomsel, maka bisa langsung membaca dan menyimak penjelasan pada artikel kali ini.

Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel

Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel
Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel

Sebenarnya cara menonaktifkan nomor telkomsel ini dapat kamu lakukan dengan berbagai metode dengan langkah-langkah yang sangat mudah dan praktis. Beberapa metode tersebut meliputi lewat SMS, dial up, hingga datang langsung ke Grapari. Dengan melakukan dan memperhatikan beberapa metode tersebut, tentu kamu akan secara otomatis bisa menonaktifkan kartu telkomselmu.

Selan itu kamu juga bisa menonaktifkan kartu telkomsel yang sudah hilang ataupun rusak. Adapun keuntungan lain ketika kamu berhasil menonaktifkan kartu telkomsel yang sudah tidak digunakan, yaitu kamu akan terhindar dari berbagai tindakan penyalahgunaan nomor. Jika kamu penasaran dengan bagaimana cara melakukan metode-metode tesebut, maka bisa langsung membaca penjelasan di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel Lewat Pesan Singkat Atau SMS

Metode pertama ini kamu bisa menggunakan pesan singkat atau SMS yang tentunya langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah sangat mudah dan tidak ribet. Jika kamu penasaran bagaimana cara untuk melakukan metode ini, berikut adalah penjelasam lebih lengkapnya.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah silahkan kamu membuka aplikasi menu perpesanan yang ada di perangkat ponsel kesayanganmu atau buka aplikasi SMS
  • Kemudian, kamu lanjutkan dengan mengetikkan pesan dengan format UNREG#NomorNIK
  • Jika sudah, maka segera kirim pesan tersebut ke nomor 444
  • Pastikan kamu mengirim pesan tersebut dengan menggunakan SIM card yang ingin kamu nonaktifkan
  • Tunggulah beberapa saat hingga konfirmasi status permohonan nonaktif kartu telkomsel berhasil dan kamu akan mendapatkan pesan balasan dai pihak telkomsel

Kamu tidak perlu menghawatirkan hal-hal lain setelah kamu mendapatkan pesan balasan tersebut, karena memang tidak ada langkah lebih lanjut setelah konfirmasi keberhasilan. Namun jika kamu penasaran, alangkah baiknya melihat SMS balasan tersebut dan mengikuti instruksi tambahan jika memang ada.

Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel Lewat Dial-up

Selain menggunakan pesan SMS untuk penonaktifan nomor telkomsel, kamu juga bisa menggunakan dial-up yang tentunya mempunyai langkah-langkah yang juga sangat mudah untuk dipahami dan dipraktekkan. Namun perlu kamu ingat, jika kamu menggunakan metode ini kamu harus memperhatikan bahwa kamu mempunyai pulsa yang mencukupi. Dial-up ini disebut dengan kode USSD. Berikut adalah penjelasan terkait bagaimana langkah-langkahnya.

  • Pertama, silahkan kamu membuka menu panggilan secara default pada perangkat ponsel kesayanganmu
  • Kemudian, silahkan kamu ketik *444# dan lakukan panggilan dengan menggunakan kartu SIM yang ingin kamu nonaktifkan
  • Begitu proses selesai load, maka akan muncul beberapa menu pilihan layanan kartu telkomsel di layer ponsel. Jangan bingung, karena kamu langsung bisa memilih opsi nomor tiga yang bertuliskan UNREG
  • Kamu tinggal memasukkan 16 digit nomot NIK dan tekan kirim
  • Jika sudah selesai, layer ponselmu akan menunjukkan pesan konfirmasi bahwa proses penonaktifan kartu telkomsel sudah berhasil kamu lakukan. Ingat, jangan langsun ditekan kembali begitu kamu selesai memasukkan NIK, ya.

Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel Lewat Kantor Graprari dan Customer Service

Cara menonaktifkan kartu telkomsel selanjutnya adalah dengan langsung mendatangi kantor grapari yang terdekat dengan lokasi rumahmu. Kamu juga bisa melakukannya melalui bantuan customer service telkomsel. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamui kuti.

  • Pertama, silahkan kamu mendatangi kartor grapari yang terdekat dengan lokasi rumahmu. Kamu bisa juga menghubungi customer service dengan memanggil 188 dari handphone
  • Jika sudah, maka silahkan kamu menyampaikan keinginanmu untuk menonaktifkan kartu telkomsel yang diinginkan. Namun sebelum ini, diharapkan kamu sudah menyediakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sepeti KTP dan KK
  • Jika sudah, maka kamu akan diberikan nomor customer service jika kamu memilih datang ke graprari. Namun jika kamu memilih mendatangani atau menelpon CS maka kamu akan dibantu untuk pengisian formulir yang sudah disediakan
  • Tunggulah beberapa saat sampai proses penonaktifan kartu telkomselmu sudah berhasil dilakukan.

Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel Yang Sudah Mati

Jika kamu menemukan kondisi kartu telkomselmu tiba-tiba tidak ada sinyal atau tidak bisa digunakan, berarti kartu telkomselmu sudah melewati masa berlaku atau masa tenggang. Hal tersebut berarti bahwa kartu telkomselmu sudah tidak dapat digunakan lagi alias sudah hangus.

Untuk kondisi yang seperti ini, maka kamu tidak perlu menonaktifkan kartu telkomsel milikmu. Mengapa demikian? Karena data atau nomor NIK yang sudah terdaftar secara otomatis sudah dihapus di database Kominfo.

Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel Yang Sudah Hilang

Kondisi atau peristiwa ponsel kesayangan hilang memang kerap tejadi di luar perkiraanmu. Meskipun demikian, sayangnya kartu SIM telkomsel yang ada pada HPmu tersebut tetap aktif dan dapat digunakan jika memang sudah ditemukan oleh orang lain. Maka dari itu, kamu harus segera menonaktifkannya.

Hal yang penting harus kamu lakukan adalah memutuskan koneksi ataupun memblokir seluruh aplikasi keuangan seta belanja digital yang masih terhubung dengan nomor telkomsel tersebut. Selanjutnya, kamu bisa segera mendatangi grapari yang dekat dengan lokasi rumahmu. Lalu kemudian, silahkan kamu meminta nomor customer service untuk melakukan nonaktif pada nomor telkomselmu tersebut.

Cara Menonaktifkan Nomor Telkomsel Yang Rusak

Selain kartu telkomsel sudah kadaluwarsa dan hilang, SIM Card juga bisa mengalami kerusakan. Hal ini tentu dikarenakan chip pada kartu sudah tidak lagi terbaca akibat terlalu seing dilepas-lepas atau bergesekan secara kasar. Jika kamu mengalami hal ini, maka kamu bisa melakukan nonaktif kartu telkomsel dengan layanan-layanan berikut ini.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara menonaktifkan kartu telkomsel itu snagat mudah untuk dilakukan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memilih salah satu metode yang sudah disebutkan di atas. Namun jika kamu masih betah dengan menggunakan nomor telkomselmu sekarang, maka alangkah baiknya jika kamu memastikan nomor tersebut masih tetap aktif. Salah satu caranya adalah mengisi pulsa ataupun paket data.

Itulah yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat membantu menjawab kebingunganmu saat ingin menonaktifkan nomor telkomselmu. Selamat mencoba!

Related posts