Cara Mengisi DANA Lewat ATM BRI

Cara Mengisi DANA Lewat BRI
Cara Mengisi DANA Lewat BRI

Cara mengisi DANA lewat ATM BRI tergolong sangatlah mudah, asalkan kamu sudah paham akan langkah-langkahnya. Sebagai salah satu penyedia layanan dompet digital di Indonesia, DANA memang didesain khusus untuk melayani setiap transaksi baik secara nontunai ataupun secara digital tanpa harus menggunakan kartu. Dengan adanya hal tersebut, membuat DANA mempunyai nilai lebih karena dapat dijalankan secara cepat, praktis, dan disertai dengan kemanan terjamin.

Ada banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan DANA. Salah satunya, kamu tidak perlu membawa uang tunai untuk melakukan transaksi pembelian hingga transfer uang. Akan tetapi jika saldonya habis, maka kamu bisa menggunakan cara mengisi DANA lewat ATM BRI seperti yang ada pada penjelasan artikel ini.

Cara Daftar Akun DANA

Sebelum kita membahas tentang cara mengisi DANA lewat ATM BRI, alangkah baiknya jika mengetahui bagaimana cara daftar akun DANA. Mengutip dari situs resmi DANA, bagi kamu yang belum pernah sama seklai menggunakan DANA dan ingin membuat akun DANA, maka bisa mengikuti enam langkah cepat sebagai berikut:

  1. Unduh Aplikasi DANA

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi DANA secara gratis. Pengunduhan ini dapat kamu lakukan melalui google play ataupun appp store.

  1. Aktivasi Akun

Setelah kamu berhasil memasang DANA pada perangkat handphone kesayanganmu, maka selanjutnya adalah lakukan aktivasi dengan mengikuti semua petunjuk yang sudah ada, seperti masukkan nomor telepon, kode OTP, dan lain sebagainya.

  1. Unggah KTP Untuk Akun Premium

Apabila kamu ingin meningkatkan status akun DANA yang kamu miliki, maka silahkan untuk mengubahnya menjadi akun premium. Sebagai pengguna, kamu akan diminta untuk mengunggah foto wajahmu dan KTP sebagai kartu identitas.

  1. Verifikasi Wajah

Seluruh data ataupun informasi yang kamu masukkan saat pendaftaran akun DANA premium, akan disimpan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe. Tujuan hal tersebut adalah untuk verifikasi dan metode autentikasi wajah terhadap pemintaan akun premium pengguna DANA.

  1. Tunggu Persetujuan DANA

Perlu kamu ketahui bahwa persetujuan ataupun penolakan pendaftaran akun DANA merupakan kewenangan dari perusahaan pembuat DANA. Hal tersebut dilakukan dengan memperhatikan ketentuan hukum berserta peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia

  1. Pengguna Menjamin Kebenaran Data

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan sebagai pengguna yang melakukan pendaftaran akun DANA adalah menjamin kebenaran serta keakuratan semua data yang disampaikan. Mengapa demikian? Sebab data pengguna nantilah yang digunakan untuk verifikasi premium DANA.

Cara Mengisi DANA Lewat ATM BRI

Cara Mengisi DANA Lewat ATM BRI
Cara Mengisi DANA Lewat ATM BRI

Bagi kamu yang sudah penasaran tentang bagaimana mengisi ulang saldo DANA melalui ATM BRI, maka berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu gunakan.

  • Pertama, silahkan kamu masukkan kartu ATM BRI mu terlebih dahulu.
  • Jangan lupa untuk memasukkan PIN kartu ATM BRI yang sudah kamu buat.
  • Jika sudah berhasil memasukkan sandi ATM BRI, maka silahkan kamu pilih transaksi lain
  • Jika sudah, kamu akan dihadapkan pada berbagai tampilan menu dan silahkan kamu pilih pembayaran
  • Setelah itu, pilih tombol lainnya dan pilih BRIVA
  • Masukkan kode BRIVA Untuk kode BRIvanya adalah 8881
  • Pastikan bahwa kamu sudah benar memasukkan kode BRIVA diikuti dengan nomor yang tertera pada akun DANA milikmu
  • Pilih benar dan klik ya untuk menyelesaikan proses pengisian saldo DANA
  • Tunggulah beberapa saat notifikasi isi saldo DANA via BRI sudah selesai

Itulah langkah-langkah yang dapat kamu gunakan ketika ingin mengisi saldo DANA melalui ATM BRI. Jika proses sudah selesai, jangan lupa untuk mengambil kartu ATM dan menyimpannya dengan baik.

Cara Mengisi DANA Lewat BRImo

Selain melalui ATM BRI, kamu juga bisa mengisi ulang saldo DANA melalui BRImo. Untuk langkah-langkahnya juga sangat mudah untuk kamu pahami dan ikuti. Berikut adalah penjelasannya.

  • Pertama, silahkan kamu login atau masuk ke aplikasi BRImo terlebih dahulu
  • Setelah itu, kamu klik menu BRIVA
  • Pilihlah sumber DANA nomor rekening
  • Lanjutlah dengan mengklik nomor BRIVA baru
  • Isi kode BRIVA sesuai dengan nomor handphone milikmu
  • Kemudian pilih lanjut dan masukkan nominal DANA yang ingin kamu isi. Untuk hal ini pastikan bahwa semuanya benar agar proses pengirimannya berhasil
  • Tunggulah notifikasi pengisian saldo DANA via BRI

Apabila kamu ingin memastikan apakah saldo DANA sudah berhasil diisi ulang, maka silahkan cek kembali saldo di aplikasi DANA. Waktu yang diperlukan untuk hal ini adalah 1 kali 24 jam.

Cara Mengisi DANA Lewat BRI Internet Banking

Apabila kamu merasa dua metode di atas masih tergolong ribet, maka kamu bisa menggunakan metode terakhir ini. Berikut adalah langkah mudah lewat layanan internet bangking untuk mengisi ulang saldo DANA milikmu.

  • Pertama, silahkan kamu membuka halaman https://ib.BRI.co.id/ib-BRI/ pada browser yang ada pada handphone milikmu
  • Selanjutnya masukkan id dan pasword
  • Bukalah menu pembayaran dan pilihlah menu BRIVA
  • Silahkan kamu isi kolom kode bayar dengan menggunakan nomor BRIVA
  • Jika sudah, maka kliklah OK
  • Selanjutnya, isilah nominal DANA yang ingin kamu isi
  • Kliklah kirim
  • Isilah password internet bangking BRI yang kamu miliki
  • Apabila sudah merasa benar, maka pilih kirim
  • Tunggulah beberapa saat hingga notifikasi top up DANA via BRI muncul

Penyebab Mengisi DANA Lewat BRI Gagal

Tidak semua pengisian saldo DANA melalui ATM BRI berhasil dilakukan, tetapai terkadang beberapa pengguna juga mengalami kegagalan saat mengirim saldo DANAnya. Berikut ini adalah penyebab-penyebab yang harus kamu ketahui.

  1. Salah Memasukkan Nomor DANA

Penyebab yang paling fatal dilakukan pengguna DANA ketika mengisi saldo adalaha salah memasukkan nomor DANA. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu lebih teliti memasukkannya dan mengeceknya kembali agar proses pengiriman saldo dapat berjalan lancar.

  1. Adanya Gangguan Sistem

Gagalnya proses pengiriman saldo ke DANA juga dapat disebabkan adanya gangguan pada sistem atau server dari bank BRI. Tak hanya itu saja, hal ini juga dapat disebabkan adanya kerusakan pada mesin ATM BRI, contohnya gangguan pada jaringan sehingga kamu tidak dapat melakukan transaksi.

  1. Saldo Tidak Cukup

Sebelum memutuskan pergi ke ATM BRI terdekat guna mengisi saldo DANA, alangkah baiknya jika kamu mengecek terlebih dahulu jumlah saldo BRI yang kamu miliki. Jangan sampai saat proses pengiriman saldo, muncul pemberitahuan bahwa saldo yang kamu miliki tidak cukup.

  1. Telah Melampaui Batas Transaksi Harian

Hal ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa isi saldo DANAmu lewat BRI gagal. Perlu kamu ketahui, bahwa setiap kartu ATM BRI mempunyai batas untuk melakukan transaksi harian. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu mengetahui batas transaksi harian pada ATM bank BRI.

Itulah penjelasan 3 cara mengisi DANA lewat ATM BRI yang dapat kamu pahami dan coba sendiri. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasanmu dan membantumu ketika ingin isi ulang saldo DANA. Apabila kamu ingi tahu metode isi ulang DANA lainnya, yuk simak artikel kami lainnya!

 

 

Related posts