Cara Menghapus Draft di Instagram

Cara menghapus draft di Instagram sebenarnya tidaklah sulit. Jika kamu pengguna aktif Instagram dan sering menggunakan aplikasi media sosial ini untuk memposting konten maka kamu sudah tidak asing dengn draft Instagram.

Dengan menggunakan draft ini kamu bisa mengedit terlebih dahulu konten yang akan kamu unggah di Instagram, lalu menyimpannya di draft sebelum memutuskan untuk mengunggahnya di akun Instagram. Menyimpan di draft ini sangat berguna untuk seorang konten kreator yang sering mengunggah konten di Instagram.

Read More

Jika sudah terlalu banyak draft di Instagram dan kamu bingung mengenai cara untuk menghapusnya, maka artikel yang satu ini cocok untuk kamu ikuti langkah-langkah. Sebab akan dibahas mengenai cara untuk menghapus draft di aplikasi Instagram.

Cara Menghapus Draft di Instagram

Cara Menghapus Draft di Instagram
Cara Menghapus Draft di Instagram

Saat kamu akan mengunggah postingan di aplikasi Instagram dan tidak jadi menguploadnya maka akan ada pilihan untuk menyimpan bahan postingan tersebut sebagai draft yang nantinya akan bisa diupload dikemudian hari.

Misalnya jika kamu sudah merekam stories di aplikasi Instagram, namun kamu tidak ingin mengunggahnya maka file tersebut akan secara otomatis masuk ke draft apabila kamu memilih opsi simpan di draft.

Cara untuk menghapus draft di Instagram sebenarnya tidak sulit, namun sedikit tersembunyi. Jadi pengguna Instagram yang belum tahu, bisa kebingungan untuk menghapus file yang sudah masuk ke draft Instagram baik itu berupa video ataupun foto.

Namun kamu bisa menyimak penjelasan pada artikel ini mengenai langkah-langkah untuk menghapus draft di aplikasi media sosial Instagram baik di Insta Story, di post Instagram, maupun di Reels. Simak penjelasannya dan ikuti langkah-langkahnya.

Terkait:  Cara Download Foto di IG Tanpa Aplikasi

1. Cara Menghapus Draft di Instagram Story

Jika kamu sering merekam atau mengambil foto melalui kamera Instagram menggunakan filter-filter yang ada tentu sudah tidak asing. Apabila saat selesai mengambil gambar dan ingin keluar akan ada notifikasi ingin menyimpan foto atau vdieo di draft atau tidak.

Saat kamu memilih untuk menyimpan, maka foto atau video yang telah kamu ambil itu akan muncul di draft dan nantinya bisa muncul saat kamu hendak membuat postingan IG.

Apabila kamu merasa draft Instagram Story milikmu sudah banyak dan ingin menghapusnya. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah pada metode pertama untuk membersihkan draft di aplikasi Instagram ini.

Langkah untuk melakukannya juga cukup mudah, berikut ini penjelsan untuk membersihkan draft Insta Story simak!.

  • Pertama-tama kamu bisa membuka aplikasi Instagram yang ada di handphone milikmu.
  • Apabila sudah masuk ke aplikasi Instagram, maka langkah berikutnya adalah pada halaman utama kamu bisa memilih menu Profil.
  • Lalu kamu dapat menekan tombol New Post atau yang memiliki ikon (+) yang terletak dibagain atas Profil.
  • Kemudian kamu masuk ke menu Drafts.
  • Setelah itu pilih menu Draft untuk menampilkan konten yang sebelumnya telah tersimpan.
  • Jika sudah kamu bisa memilih opsi Manage, lalu pilih tombol Edit.
  • Setelahnya akan ada halaman Discard yang nantinya kamu akan diminta untuk memilih mana draft konten yang akan kamu hapus secara permanen.
  • Selesai, draft postingan di Instagram akan terhapus permanen.

Itu dia cara pertama jika kamu ingin membersihkan draft yang berada pada bagian story Instagram. Seperti yang kamu tahu jika draft adalah penyimpanan yang bersifat sementara, jadi jika kamu menghapus file yang ada di draft maka file tersebut akan seacra otomatis terhapus secara permanen.

Jadi sebelum kamu memilih untuk menghapus draft kamu perlu memastikan jika konten itulah yang benar-benar ingin kamu hapus. Karena jika sudah terhapus maka tidak akan bisa dipulihkan.

Terkait:  Cara Ngefollow IG

2. Cara Menghapus Draft di Instagram Untuk Reels

Metode berikutnya adalah untuk kamu pengguna Instagram yang ingin menghapus draft dari reels yang sebelumnya kamu buat dan edit di Instagram, namun belum jadi terupload di akun Instagram milikmu.

Langkah-langkah untuk melakukan penghapusan file video Reels Instagram juga tidak kalah mudah dengan langkah untuk membersihkan draft Instagram Story.

Namun apabila kamu kamu belum mengetahui langkah-langkahnya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini. Simak penjelasannya :

  • Langkah pertama adalah buka aplikasi Instagram yang ada diponsel mililikmu.
  • Setelah itu maka kamu bisa menuju ke halaman profil Instagram yang berisi mengenai informasi akun Instagram milikmu.
  • Lalu langkah berikutnya adalah kamu bisa memilih menu Draft.
  • Jika sudah maka kamu dapat memilih file Reels yang mana yang ingin kamu hapus draftnya.
  • Apabila kamu sudah memilih maka kamu dapat klik menu Select.
  • Kemudian kamu bisa tab menu Discard.
  • Setelah itu akan muncul notifikasi, dan apabila kamu masih ingin lanjut untuk menghapus draft dari video Reels yang kamu pilih maka kamu bisa klik Discard.
  • Selesai.

Itulah metode kedua yang bisa kamu coba jika kamu ingin menghapus draft yang ada di akun Instagram. Namun cara kedua ini dapat kamu lakukan apabila kamu ingin membersihkan video Reels yang sebelumnya tersimpan secara otomatis di draft.

Jika kamu ingin mencari cara untuk menghapus draft yang berasal dari feed ataupun post Instagram yang tidak jadi kamu upload dan tersimpan di draft maka kamu bisa mengikuti cara ketiga yang akan dibahas berikut ini.

3. Cara Menghapus Draft di Instagram Posts

Selanjutnya draft yang paling banyak dimiliki oleh pengguna Instagram selain Instagram Story adalah draft posts atau feed. Sebab jika kamu sudah mengedit konten yang ingin kamu posting di Instagram namun ternyata tidak jadi maka konten tersebut akan masuk ke draft.

Terkait:  Cara Membagikan Postingan Story Instagram

Draft ini juga sering digunakan oleh konten kreator untuk memudahkan mereka membuat draft terlebih dahulu sebelum mengupload konten. Jadi jika ingin mengunggah konten yang mereka inginkan, tidak perlu lagi memilih foto dan membuat caption lagi.

Namun apabila kamu ingin menghapus draft yang sebelumnya kamu buat, maka kamu bisa membersihkannya dengan mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut ini:

  • Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi Instagram.
  • Pastikan jika kamu sudah melakukan log in ke akun Instagram yang draft posts-nya ingin kamu hapus.
  • Setelahnya maka pada halaman utama kamu dapat memilih ikon (+) atau New Post.
  • Setelah itu kamu klik menu Draft.
  • Lalu kamu bisa memilih menu Manage.
  • Jika sudah klik ikon Pensil.
  • Langkah berikutnya adalah pilihlah foto atau video yang terdapat pada draft dan ingin kamu hapus.
  • Selanjutnya untuk menghapus draft tersebut maka kamu dapat tab tombol Discard atau hapus.
  • Selesai.

Itu dia metode jika kamu ingin menghapus draft di bagian posts Instagram apabila kamu merasa sudah tidak membutuhkan draft tersebut lagi. Sebelum kamu memutuskan untuk membersihkan draft yang telah kamu pilih pastikan jika kamu sudah memilih draft yang benar.

Sebab draft yang sudah kamu hapus atau discard maka akan terhapus secara permanen dan tidak akan bisa dipulihkan kembali. Jadi pastikan jika kamu sudah benar-benar ingin menghapusnya.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara menghapus draft di Instagram. Kamu bisa mengikuti cara yang sesuai dengan jenis draft di Instagram yang ingin kamu hapus. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Related posts