Cara Backup Chat LINE

Bagaimana cara backup chat Line? Apakah kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga? Bisa melakukan backup Chat Line secara manual?

Smartphone saat ini tentu kita banyak sekali menemukan beragam aplikasi chatting yang bisa kita gunakan, berkomunikasi kepada pengguna smartphone lainnya atau bahkan keluarga, teman, dan juga pasangan kita. Bahkan dengan ragam aplikasi chat yang kita gunakan, kita juga bisa membuat grup chat, untuk mempermudah komunikasi dengan anggota yang lainnya.

Salah satu aplikasi chat yang paling populer saat ini adalah Line. Aplikasi asal Korea ini memiliki fitur yang sangat berguna untuk para penggunanya. Mulai dari adanya Line Square, line game, line Group, dan juga yang lainnya.

Berbeda dengan aplikasi chatting pada umumnya, line juga memiliki beragam fitur yang mungkin tidak kita temukan pada aplikasi chatting lain. Seperti misalnya tema dan juga stiker pada aplikasi Line, yang bisa kita dapatkan dengan melakukan pembelian lewat Line coin.

Walaupun begitu aplikasi lain juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara, panggilan video, dan juga grup call. Itulah mengapa saat ini, banyak sekali pengguna smartphone baik itu Android dan juga iOS, yang menggunakan aplikasi Line untuk berkomunikasi. Ditambah dengan adanya fitur line nearby, yang membantu pengguna mendapatkan teman baru di sekitar lokasi mereka.

Jika pada aplikasi chatting lain semisal Whatsapp dan juga telegram kita harus menambahkan teman melalui nomor ponsel, maka dengan menggunakan line kita bisa menambahkan teman dengan menggunakan ID Line, ataupun nomor telpon yang terdaftar di aplikasi Line.

Maka dari itu, kegiatan Chat kalian bisa lebih mudah dengan menggunakan Line. Namun, kadang ada saja pengguna Line yang mungkin sering bergonta-ganti HP, dan harus kembali masuk kedalam Aplikasi Line.

Sebenarnya, hal seperti ini sangatlah umum dan biasa dijumpai, namun kadang kadang, ada saja pengguna yang ketika berganti HP, mereka kehilangan history chat mereka, akibat tidak dibackup.

Memang, hal ini juga biasa terjadi ketika pengguna mengganti HP mereka untuk login. Tapi jika mungkin chat mereka ada yang penting, tentu saja hal ini bisa sangat merepotkan. Sebab, ketika chat Line tidak di backup, maka mereka tidak bisa melakukan Restore.

Cara Backup Chat LINE

Cara Backup Chat LINE
Backup Chat LINE

Untuk itu, buat kalian yang belum mengetahui cara backup chat LINE, kalian bisa menyimak artikel berikut ini, demi keamanan dan kenyamana kalian dalam menggunakan Aplikasi Line.

Cara Backup Chat Line lewat Google Drive

Kalau kamu sudah memiliki email Google, tentunya kamu sudah mengetahui salah satu layanan dari Google yang bernama Google Drive. Selain menjadi tempat untuk mengupload banyak file, google Drive juga bisa berguna untuk membackup Chat Line kalian. Caranya juga tidak terlalu sulit, karena kalian bisa melakukan backup ke Google Drive Melalui aplikasi lain itu sendiri. Caranya adalah

  • Buka aplikasi Line yang ada di perangkat Android atau bahkan iPhone kalian
  • Lalu klik pada icon titik tiga atau icon yang ada di bagian paling kanan aplikasi Line, lalu klik gambar icon setting, yang ada di pojok kanan atas
  • Lalu klik pada menu chat
  • Setelah itu klik pada backup and restore chat history
  • Pada menu dibawah kalian bisa mengatur email yang akan digunakan sebagai email Google Drive
  • Setelah kalian melakukan pengaturan pada Email, langkah terakhir adalah kalian bisa mengklik pada back up to Google Drive

Setelah itu kalian tinggal menunggu proses pembackupan selesai. Biasanya lama atau waktu dari proses backup ini, tergantung dari berapa banyak chat yang di backup.

Pastikan juga sisa penyimpanan Google Drive dari email yang kalian gunakan masih memiliki ruang yang cukup, sehingga tidak ada kegagalan pada saat proses backup.

Cara Backup Semua Chat Line Tertentu

Langkah selanjutnya adalah kalian bisa melakukan backup semua Chat Line untuk orang-orang tertentu. Biasanya cara ini dilakukan untuk mereka yang mungkin memiliki pasangan atau pacar. Tujuannya adalah sehingga mereka tidak kehilangan history dari chat mereka. Caranya juga tak jauh berbeda dengan cara melakukan backup, melalui Google Drive. Yaitu dengan

  • Masuk ke dalam aplikasi Line
  • Pilih chat yang akan di-backup
  • Ketika masuk kedalam conversation room, klik pada tombol dropdown atau garis segitiga ke bawah pada nama chat yang akan di-backup
  • Klik pada tombol chat settings
  • Dan kemudian pilih salah satu opsi yang bisa digunakan, baik itu back up as file text atau backup all

Untuk mempermudah proses backup chat, kalian bisa memilih opsi backup all. Sehingga semua chat kalian, akan terbackup dan tersimpan dalam format rar.

Dengan begitu kalian bisa melakukan restore atau bahkan membuka kembali history chat yang kalian lakukan, dengan orang-orang tertentu saja.

Jangan lupa untuk menyimpan file rar tadi, ke internal storage atau bahkan external storage yang ada di perangkat ponsel kalian. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kalian melakukan impor atau restore chat ketika dibutuhkan

Selain itu, dengan melakukan backup Chat Line, ini bisa menjadi salah satu cara agar kalian tidak kehilangan history chat pada saat berganti handphone, tentunya dengan melakukan restore chat agar semua history chat kalian kembali seperti semula.

Cara Restore Chat Line

Telah melakukan backup chat, kalian bisa melakukan restore ketika mungkin sudah mengganti handphone, namun tetap ingin Semua history chatnya kembali seperti sebelumnya. Caranya juga tak jauh beda dengan melakukan back up, kalian bisa melakukannya dengan aplikasi Line itu sendiri.

  • Buka aplikasi Line dan pastikan kalian sudah melakukan backup chat sebelumnya.
  • Setelah melakukan login pada aplikasi line di perangkat yang baru, kalian bisa masuk ke menu yang ada di paling kanan, yang memiliki icon titik tiga
  • Setelah itu klik pada icon setting yang ada di bagian pojok kanan atas, lalu pilih opsi chat
  • Pilih pada menu backup and restore chat history, kemudian pilih restore
  • Terakhir, kalian tinggal memilih akun Google yang sebelumnya digunakan untuk melakukan backup. Tunggu sampai proses restorannya selesai dan kalian bisa kembali melihat history chat yang sudah di backup tadi.

Dan untuk cara restore chat dalam bentuk rar ada khusus untuk orang tertentu ialah

  • Klik pada orang tertentu atau chat yang ingin direstore
  • Klik pada menu dropdown atau gambar segitiga ke arah bawah, kemudian pilih chat setting.
  • Selanjutnya pilih menu import chat, pilih file rar yang sudah di backup tadi.

Beberapa saat sampai proses restore chat selesai, kalian bisa melakukan restart pada aplikasi lain kalian.

Itulah tadi beberapa Cara Backup Chat Line yang bisa kalian coba, agar tidak kehilangan history chat, ketika berganti HP. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi