Cara Mengatasi Telegram Pending

Kalian pengguna Telegram di smartphone, mungkin akan merasa kesal jika saat benar-benar diperlukan ternyata kalian tidak bisa mengirimkan pesan karena pending. Jika masalah ini terjadi, kalian bisa coba cara mengatasi Telegram pending dengan mudah disini.

Istilah pending biasanya merujuk pada kondisi gagal mengirimkan gambar, video atau pesan teks di Telegram. Ketika file atau pesan di Telegram terkirim biasanya akan langsung muncul ikon centang tepat di samping kanannya.

Read More

Akan tetapi, pada saat pending biasanya bukan ikon centang yang bisa kalian lihat melainkan akan terlihat ikon jam yang menandakan adanya masalah loading pada Telegram.

Penyebab Telegram Pending

Ada beberapa faktor penyebab Telegram mengalami pending, berikut ini :

1. Recent Apps Terlalu Banyak

Ketika terlalu banyak recent apps pada hp kalian, maka hal ini bisa menyebabkan Telegram mengalami pending. Recent App adalah jumlah aplikasi berjalan di waktu bersamaan. Sehingga membuat performa smartphone lebih berat, karenanya menimbulkan banyak masalah, seperti Telegram lemot dan tidak connect.

2. Koneksi Bermasalah

Penyebab paling mungkin yang dialami saat Telegram pending adalah koneksi intenret bermasalah. Biasanya, koneksi yang tidak stabil bisa menyebabkan Telegram terus connecting, sehingga akibatnya gagal mengirimkan chat, mengirim file atau data dan gagal saat memutar video.

3. Aplikasi Telegram Masih Belum di Update

Telegram pending bisa juga dikarenakan aplikasi ini masih belum dilakukan update. Jika aplikasi Telegram kalian tidak diupdate segera, bisa menimbulkan beberapa masalah, seperti Telegram connecting.

4. Menumpuknya File Cache

Menumpuknya file cache pada hp dapat mengakibatkan Telegram pending. File sampah atau cache seringkali diabaikan para pengguna smartphone. Kalian harus tahu bahwa file cache yang menumpuk bisa berpengaruh pada kinerja hp sekaligus dapat menyebabkan berbagai bug.

Cara Mengatasi Telegram Pending

Cara Mengatasi Telegram Pending
Tutorial Mengatasi Telegram Pending

Untuk mengantisipasi masalah pending pada aplikasi Telegram, kalian dapat mencoba beberapa cara mengatasi Telegram pending di bawah ini :

1. Koneksi Internet Harus Stabil

Koneksi Internet Harus Stabil

Untuk mengatasi masalah pending akibat koneksi internet tidak stabil, kalian bisa mengoptimalkan koneksi internet supaya tetap stabil dengan tujuan agar Telegram tidak pending. Silahkan ikuti panduan cara mengatasi Telegram pending di bawah ini :

  • Selalu Dalam Jaringan 4G

Pastikan akses internet yang selalu diterima hp kalian adalah jaringan 4G. Silahkan masuk ke pengaturan dan tekan pilihan jaringan. Dalam opsi ini, pastikan untuk memilih jaringan 4G. Sehingga sinyal di hp kalian akan tetap mencari jaringan 4G.

  • Berada di Lingkungan dengan Koneksi Internet Stabil

Saat mengirimkan pesan atau chat Telegram, pastikan kalian ada di area yang jaringan internetnya baik. Tujuannya agar bisa mengirimkan pesan Telegram dengan lancar tanpa hambatan. Kalau bisa, cari akses jaringan wifi jika memang sinyal data seluler di tempat kalian kurang begitu bagus.

2. Hapus Cache Telegram

Mengingat kalian sering memakai aplikasi Telegram, maka cache pada aplikasi Telegram bisa saja menumpuk. Jika tidak rajin membersihkannya bisa sampai giga byte terutama bagi yang sering download file yang cukup besar. Sebagai solusinya, hapus cache Telegram dengan cara berikut :

  • Buka aplikasi Telegram seperti biasa.
  • Selanjutnya masuk pada menu utama dengan klik ikon tiga garis horizontal di ujung sebelah kiri atas.
  • Lalu masuk pada menu pengaturan (ikon roda bergerigi).

  • Di halaman pengaturan, sekarang tinggal tekan pilihan Data dan Penyimpanan.

  • Lalu di halaman berikutnya pilih Pemakaian Penyimpanan.
  • Di halaman Pemakaian Penyimpanan, tekan ‘Bersihkan Cache’.

Untuk cache, bisa kalian pilih opsi pembersihan sesuai dengan keingina. Biasanya disana akan tertera cache pada bagian Foto, Video, Dokumen, Pesan suara dan video, stiker animasi, dan berkas lainnya. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.

3. Update Telegram ke Versi Terbaru

Biasanya setiap periode tertentu, telegram selalu memperbarui teknologinya ke yang lebih maju, mulai dari performa, meminimalisir dan menghilangkan bug pada telegram versi sebelumnya, atau bisa juga memasukkan fitur terbaru. Jika ada telegram versi terbarunya, maka teknologi pada Telegram lama tidak akan diprioritaskan oleh sistem pada Telegram, karena sudah ada versi terbarunya.

Kalian bisa mengecek versi update Telegram terbaru dengan mengeceknya di Google Play Store :

  • Buka Google Play Store terlebih dahulu.
  • Pada halaman utama Play Store, sorot pada gambar profil di sudut kanan atas lalu klik gambar profilnya.
  • Di halaman profil, selanjutnya tinggal pilih opsi ‘kelola aplikasi & perangkat’.
  • Di halaman berikutnya, akan ada informasi mengenai update aplikasi. Silakan klik tulisan ‘lihat detail’ di halaman tersebut.
  • Coba cari aplikasi telegram untuk mengecek versi update-nya.
  • Jika aplikasi Telegram sudah ada versi update, tekan tombol update di samping kanan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses update selesai.
  • Selanjutnya kalian tinggal mencoba memakai aplikasi Telegram yang sudah di update.

4. Pertahankan Grup atau Channel seperlunya saja

Bagi kalian yang senang mengeksplorasi grup maupun channel di telegram. Ketika mengetik komunitas di kolom pencarian, maka akan muncul grup dari komunitas tersebut. Secara tanpa sadar kalian mengikuti komunitasnya dengan bergabung pada grup yang ada di telegram karena merasa satu visi atau satu hobi.

Mungkin satu atau dua grup Telegram/channel tidak berarti apa-apa bagi performa hp kalian. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika ada puluhan channel yang kalian ikuti. Hal ini tentu saja, bisa mengurangi performa Telegram, sebab karena kalian harus memiliki jaringan internet kuat untuk menerima pesan grup yang jumlah anggotanya ribuan.

Belum lagi dengan banyaknya data berupa foto, video, dan dokumen yang akan tersimpan secara otomatis dan membutuhkan jaringan kuat. Maka dari itu, hapus grup Telegram yang tidak begitu penting. Silahkan coba cara mengatasi Telegram pending dengan menghapus grup Telegram berikut ini :

  • Masuk terlebih dahulu pada aplikasi telegram.
  • Sekarang, lihatlah pada halaman depan grup-grup yang tersedia di telegram kalian.
  • Pilihlah salah satu atau beberapa untuk menghapus grup yang tidak terlalu penting.
  • Tekan cukup lama pada grup tersebut, maka akan muncul beberapa perintah. Salah satunya perintah ‘hapus grup’ dengan ikon seperti tong sampah yang berada di bagian atas.
  • Klik ikon tersebut, maka akan ada jendela pop up sebagai konfirmasi lanjutan apakah yakin akan menghapus grup atau membatalkannya. Jika ingin menghapus grup, berarti klik Tinggalkan Channel. Namun jika ingin membatalkannya, silakan tekan tulisan Batal.

5. Restart HP

Bisa jadi telegram tidak terkirim karena ada malfungsi pada sistem hp kalian. Untuk mengatasi hal ini, lebih baik hp di restart terlebih dahulu. Selanjutnya, kalian bisa mempergunakannya lagi dan mencoba mengirim pesan pada telegram. Ikuti cara restart hp berikut ini :

  • Posisilkan hp berada dalam keadaan standbye, dan hindari jika ada aplikasi yang masih terbuka.
  • Tekan tombol power yang ada di bagian body hp.
  • Akan muncul perintah apakah ingin mematikan hp atau hanya sekadar ingin restart hp saja. Karena tujuannya ingin restart hp, berarti pilih opsi tersebut.
  • Secara otomatis hp akan restart dan Kembali normal dalam keadaan standbye.
  • Sekarang tinggal coba Kembali mengirimkan pesan melalui aplikasi perpesanan telegram.

Itulah 5 cara mengatasi Telegram pending yang bisa kalian coba agar kalian bisa menggunakan aplikasi Telegram kembali untuk beraktivitas atau berkomunikasi.

Related posts