Cara Mengatasi Hp Xiaomi Fastboot

Para pengguna Xiaomi mungkin sudah tahu tentang mode fast boot. Ini merupakan tools yang diluncurkan pada Android SDK sebagai alternatif instalasi recovery maupun update. Banyak pengguna yang panik ketika tidak sengaja mengakses mode fastboot ini. Namun jangan khawatir, disini kita bisa mencoba cara mengatasi hp Xiaomi fastboot dengan mudah.

Ketika memasuki fastboot mode, biasanya layar Xiaomi menjadi diam dan hanya terlihat logo Xiaomi pada layar. Dalam mode fastboot tersebut layar hp tidak dapat dijalankan dengan baik, karena hanya memperlihatkan tampilan logo saja.

Read More

Biasanya kondisi mode fastboot muncul bisa juga disebabkan oleh pengguna tanpa sengaja mengakses recovery mode di hp. Sebenarnya mode fastboot memiliki fungsi sama seperti recovery mode.

Mode Fastboot

Mode fastboot bisa disimpulkan sebagai sebuah tools pada sistem perangkat android dengan fungsi untuk melakukan flash partisi di android, memperbarui firmware, recovery, dan yang lainnya. Hal tersebut dapat dilakukan melalui perintah lewat command prompt pada PC maupun lewat terminal perangkat androd.

Fastboot juga bisa dikatakan sebagai protokol untuk flash ulang partisi hp android.

Faktor Penyebab Xiaomi Masuk ke Fastboot

Ada beberapa faktor penyebab yang membuat hp Xiaomi mengalami fastboot. Bisa saja, kalian tidak sengaja menekan kombinasi tombol dari power dan volume ke bawah saat ponsel baru dinyalakan, jadi kalian secara tidak langsung masuk ke dalam mode fastboot. Namun kemungkinan lainnya juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut :

  • Akses rooting perangkat gagal.
  • Update MIUI atau ROM mengalami kegagalan.
  • Firmware android atau MIUI/ROM mengalami gagal muat, karenanya sistem mengalihkan pada mode fastboot.
  • Masalah saat melakukan pengisian daya hp.
Terkait:  Cara Hapus Channel Youtube

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Fastboot

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Fastboot
Tutorial Mengatasi HP Xiaomi Fastboot

Ada beberapa alternatif cara mengatasi Hp Xiaomi fastboot yang dapat kalian lakukan berikut ini :

1. Tombol Power

Cara mengatasi hp Xiaomi fastboot yang pertama ialah dengan menggunakan tombol power. Metodenya kalian hanya perlu memakai kombinasi tombol saja, berikut ulasannya :

Tekan dan Tahan Tombol Power
  • Tekan power sekitar 8-10 detik lamanya, ketika hp xiaomi kalian masuk ke mode fastboot.
  • Tahan sampai perangkat Xiaomi kalian mati.
  • Maka hp selanjutnya akan langsung memproses reboot dengan otomatis.
  • Selanjutnya fastboot akan langsung hilang, hp kalian akan kembali seperti sedia kala.

2. Kombinasi Tombol Volume + Power

Selain hanya menekan tombol power, kalian juga dapat menggunakan kombinasi tombol volume dan power. Melalui kombinasi kedua tombol ini, para pengguna bisa keluar dari mode fastboot.

Tombol Kombinasi Volume Down dan Power
  • Ketika hp kalian memasuki fastboot, silahkan tekan tombol volume down + Power.
  • Lalu tahan sampai proses restart.
  • Setelah itu, kalian akan ditampilkan logo Xiaomi MI, selanjutnya lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Selanjutnya hp akan langsung loading otomatis, kalian hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai.
  • Selamat, kini hp kalian sudah kembali normal dan keluar dari mode fastboot.

3. Melepas Baterai

Apabila hp Xiaomi kalian masih memakai baterai model lama, mungkin cara ini bisa dilakukan. Tapi jika masih menggunakan hp dengan baterai tanam pada smartphone terbaru, maka metode ini tidak dapat bekerja.

Melepas Baterai Hp Xiaomi

Jika kebetulan baterai hp Xiaomi kalian masih bisa dilepas pasang, silahkan lepas terlebih dahulu baterai Xiaomi dan pasangkan lagi sesudahnya.

Ketika hp Xiaomi masih mati, kalian bisa menekan tombol power. Sehingga kalian bisa keluar dari mode fastboot.

4. Memakai Perintah CMD

Cara mengatasi hp Xiaomi fastboot selanjutnya yaitu dengan memakai perintah CMD. Metode ini dapat dipakai apabila semua metode di atas masih belum bekerja. Opsi ini mengharuskan kalian memakai PC atau laptop untuk menjalankan perintah CMD atau Command Prompt.

Menggunakan CMD

Metode ini sebenarnya termasuk ampuh, tapi seebelumnya ada beberapa perangkat yang mesti dipersiapkan. Beberapa diantaranya laptop atau komputer, kabel USB, dan hp Xiaomi kalian yang telah diaktifkan menggunakan USB Debugging.

Terkait:  Cara Cek Kerusakan Hp Xiaomi

Jika sudah mempersiapkan, kalian hanya perlu memastikan PC kalian sudah memiliki data criver ADB Fastboot. Namun jika belum memilikinya, kalian bisa menginstallnya. Lalu ikuti tutorialnya berikut :

  • Klik kanan pada file ADB Fastboot kemudian tekan extract here.
  • Setelah itu masuk ke dalam folder tersebut.
  • Sambungkan hp Xiaomi kalian menggunakan kabel data.
  • Pada folder ADB fastboot, klik kanan dan klik pilihan Open Command Windows Here. 
  • Setelah itu, akan ada tampilan Command Prompt, ketik tulisan Fastboot devices dan enter.
  • Kalian hanya perlu mengetikkan perintah untuk fastboot reboot, lalu tekan enter.
  • Silahkan tunggu sampai  hp Xiaomi kalian selesai melakukan restart.

Dari 4 cara mengatasi hp Xiaomi fastboot di atas kalian bisa memilih cara paling work sesuai kondisi dan kebutuhan.

Kenali Masalah Pada Hp Xiaomi Sebelum Terlambat

Setiap orang tentu tidak ingin mengalami masalah pada perangkatnya. Begitupun pada pemilik hp Xiaomi. Jika kalian ingin hp Xiaomi dalam kondisi baik-baik saja dan awet sampai bertahun-tahun. Kalian perlu tahu beberapa masalah yang sering terjadi pada hp Xiaomi berikut :

1. Baterai Cepat Boros Ketika Tersambung ke Wifi

Kalian mungkin pernah merasa jika baterai hp Xiaomi kalian boros ketika tersambung pada wifi, meskipun sinkronisasi email telah dimatikan. Tidak hanya sinkronisasi email saja, saat tersambung ke jaringan Wifi, hp Xiaomi juga selalu melakukan backup rutin ke MiCloud. Inilah yang menjadi penyebab kenapa baterai ponsel Xiaomi menjadi cepat boros saat tersambung ke Wifi.

Sebagai solusinya, aklian bisa keluar dari akun Mi atau Mi Account, agar tidak melakukan proses backup kembali. Silahkan masuk pada Mi Account, kemudian tekan sign out.

2. Tidak Memiliki Recovery Setting

Sebenarnya adanya recovery setting di perangkat android berperan penting sekali. Fitur ini dapat dipakai untuk update sistem, wipde data, dan backup dengan mudah. Namun setiap hp Xiaomi keluaran 2016 biasanya tidak memiliki recovert setting. Mengingat semua hp Xiaomi yang terbaru bootloader-nya sudah di lock.

3. Tidak Munculnya Kontak WhatsApp

Apabila kontak WhatsApp kalian tidak ada dalam smartphone Xiaomi, maka jangan khawatir. Biasanya hal tersebut terjadi akibat kalian tidak mengizinkan Whatsapp mengakses kontak kalian. Jika hal ini terjadi, kalian bisa masuk ke Security dan pilih Permissions, dan cari aplikasi Whatsapp. Lalu berikan ceklis di pilihan contact.

Terkait:  Cara Hapus Akun Gmail

4. Aplikasi Keamanan Bermasalah

Biasanya aplikasi keamanan difungsikan untuk mengosongkan cache, cookies, virus maupun file sampah yang lainnya. Selain itu, fungsi lain dapat dipakai untuk manajmen aplikasi.

Jika fitur bawaan tersebut bermasalah, para pengguna Xiaomi tentu merasa tidak maksimal membersihkan cache. Meskipun masih memiliki opsi lain melalui instalasi aplikasi cleaner atau pembersih dari Play Store.

Setiap perangkat android memang memiliki masalah yang berbeda-beda, asalkan kalian tetap melakukan perawatan pada hp, maka tidak akan ada masalah yang berarti mengancam hp Xiaomi kalian. Hal ini juga berlaku ketika hp Xiaomi mengalami fastboot. Kalian hanya perlu melakukan cara mengatasi hp Xiaomi fastboot tanpa perlu khawatir!

Related posts