Cara Mengecek Tipe Hp Vivo

Kebutuhan akan hp saat ini memang tidak bisa diabaikan. Bukan hanya sekedar untuk komunikasi semata, kini hp juga menjadi syarat wajib bagi para karyawan. Karena akses absensi di perusahaan seringkali menggunakan aplikasi fingerprint lewat ponsel. Inilah yang membuat pabrikan ponsel terus berjaya, termasuk Vivo. Tahukah kalian bagaimana cara mengecek tipe hp Vivo?

Mengetahui Tipe Hp Vivo, Pentingkah?

Mengetahui tipe perangkat Vivo termasuk hal penting apalagi jika kalian hendak membeli vivo bekas. Jika kalian mengetahui jenis atau tipe smartphone Vivo yang ingin dibeli, maka kalian bisa mengetahui spesifikasi lengkap dari perangkat tersebut.

Read More

Mungkin banyak yang menyepelekan hal ini, tapi tahukah kalian bahwa ada banyak manfaat dengan mengetahui tipe atau seri hp Vivo? Beberapa diantaranya dapat dijadikan acuan untuk mengganti part, menjual perangkat, mengetahui harga beli dan flashing.

Karena setiap model hp mempunyai spesifikasi berbeda, dan inilah fungsinya tipe hp. Tipe hp bisa dikatakan sebagai perwakilan spek yang sudah dikemas ke dalam sebuah nama. Di dalamnya biasanya terdapat informasi penting terkait detail hp. Karena jika kalian ingin mengetahui spesifikasi hp, maka perlu mengetahui model atau jenis hpnya terlebih dahulu.

Cara Mengecek Tipe Hp Vivo

Cara Mengecek Tipe Hp Vivo
Tutorial Mengecek Tipe Hp Vivo

Tutorial Mengecek Tipe Hp Vivo

Mengingat pentingnya mengetahui tipe hp VIvo untuk menerapkan custom ROM atau flash ulang smartphone, agar tidak terjadi kondisi yang tidak kalian inginkan, maka kalian wajib tahu cara mengecek tipe hp Vivo berikut :

1. Melalui box kemasan

Cara mengecek tipe hp Vivo yang pertama adalah dengan melihat box kemasan hp saat pembelian HP Vivo. Kelebihan dari membeli HP Vivo baru yaitu bisa langsung melihat tipe HP pada box kemasan, tanpa harus masuk pada pengaturan atau cara lainnya untuk mengetahui tipe HP.

 

Namun demikian, bukan berarti kalian tidak dapat melakukan cara serupa pada hp second, sebab jika kalian membeli hp tersebut dari toko terpercaya biasanya akan dilengkapi oleh box kemasan. Adapun kelebihan dari box kemasan ini adalah menyajikan berbagai macam informasi HP Vivo, mulai dari tipe HP dan spesifikasi di dalamnya. Sehingga tanpa kalian membuka sistem hp sekalipun, sudah bisa mengecek tipe hp Vivo yang akan kalian beli.

Yang paling utama jika hendak membeli HP second adalah cek kelengkapan di dalam box kemasannya mulai dari buku petunjuk, charger, headphone (bila ada) dan juga yang paling penting adalah kartu garansi. Apabila kelengkapan tersebut ada yang kurang, bisa ajukan komplain kepada penjual dan meminta untuk menurunkan harga sedikit di bawah dari harga yang mereka tentukan.

2. Melalui Menu Settings

Apabila HP Vivo yang akan dibeli tidak memiliki box kemasan dengan alas an sudah hilang, maka Langkah yang paling sederhana adalah dengan masuk pada menu settings. Caranya cukup mudah, silakan ikuti Langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka menu settings terlebih dahulu.

  • Selanjutnya gulir sedikit demi sedikit ke bawah hingga menemukan opsi ‘More Settings’.
  • Lalu di opsi tersebut, pilih Kembali opsi lanjutan yaitu ‘About Phone’.
  • Di halaman about phone, kalian akan mengetahui berbagai maca informasi telepon. Untuk mengetahui tipe HP maka yang harus dilihat yaitu pada bagian Model atau Model Number.
  • Apabila keterangan tidak muncul, silakan masuk pada opsi ‘Software Information’.

3. Menggunakan Aplikasi

Cara mengecek tipe hp Vivo lewat aplikasi baru bisa dilakukan apabila kalian sudah membeli hp Vivo tersebut. Jadi, jika kalian belum membelinya, secara otomatis cara ini tidak dapat dilakukan. Tentu saja karena penjual tidak akan berkenan untuk mengizinkan calon pembelinya menginstall aplikasi di hp mereka terlebih dahulu sebelum membelinya.

Kalian bisa melakukan metode ini, apabila penasaran dengan tipe hp Vivo yang kalian miliki. Sebaiknya pergunakan aplikasi khusus karena kalian bisa mengecek informasi tentang perangkat secara detail melalui aplikasi pihak ketiga. Rekomendasi aplikasi yang dapat dipilih untuk mengecek tipe smartphone adalah CPU-Z atau AIDA64.

Aplikasi 1 : CPU-Z

  • Install aplikasi CPU-Z yang bisa didapat dari Google Play Store.

  • Setelah aplikasinya terpasang, buka aplikasi tersebut dan izinkan untuk mengakses semua data di dalamnya.
  • Jika sudah terbuka, silakan masuk pada bagian ‘Device’.
  • Setelah masuk pada halaman tersebut, maka kalian bisa melihat tipe HP Vivo beserta dengan informasi lainnya.

Aplikasi 2 : AIDA64

  • Install aplikasi AIDA64 pada android yang bisa didapatkan pada Google Play Store.

  • Selanjutnya apabila sudah terpasang pada HP Vivo, lanjutkan untuk membukanya.
  • Di halaman utama dari aplikasi in,i kalian akan melihat tipe HP Vivo berikut informasi spek perangkat lainnya.

Beberapa informasi lainnya yang perlu diketahui :

  • Cores : adalah jumlah core atau inti dari system android.
  • Architecture : adalah nama desain dari prosesor yang dapat mempengaruhi kemampuan maupun limitasi dalam system.
  • Revision : di dalamnya berisi informasi versi dari CPU dan bisa melihat apakah CPU HP Vivo sudah terbaru atau yang sudah using.
  • Process : merupakan ukuran gap yang ada pada semikonduktor pada CPU. Artinya semakin kecil gap tersebut maka menandakan CPU yang trepasang merupakan CPU yang lebih modern.
  • Clock Speed : menunjukkan banyaknya data yang dapat diproses setiap detiknya. Semakin tinggi nilai angkat tersebut, maka data yang diproses semakin banyak.

4. Menggunakan Kode Dial

Cara mengecek tipe hp Vivo selanjutnya, bisa dilakukan memakai kode dial. Metode ini tentu saja tidak harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Kalian bisa menggunakan kode dial ke nomor *#06#. Untuk metode ini, kalian bisa mengecek nomor IMEI hp Vivo tersebut, baru dari IMEI bisa tahu tipe hp Vivo yang kalian beli.

  • Buka menu panggilan.
  • Pada halaman menu tersebut, masukkan nomor *#06# lalu tekan dial.

  • Tunggu beberapa saat hingga nomor IMEI muncul pada layer HP Vivo.

  • Catat nomor IMEI tersebut lalu masukkan pada situs resminya dengan alamat : www.Vivo.com/id/support/IMEI
  • Di halaman web tersebut, akan ada kotak kosong yang dapat diisi dengan nomor IMEI hp Vivo.
  • Setelah mengisinya, klik centang setuju yang berada tepat di bagian bawah sebagai dasar bahwa kalian menyetujuai bahwa Vivo mengumpulkan dan menggunakan nomor IMEI untuk mengatutentikasi perangkat yang kalian cek keasliannya.
  • Setelah itu, klik tombol ‘Kirim’.
  • Tunggu beberapa saat hingga website merespon permintaan kalian.
  • Kemudian pada website, akan ad informasi mengenai telepon termasuk di dalamnya tipe HP Vivo.

Selain dapat mengecek tipe hp vivo, kalian juga bisa mengecek keaslian hp Vivo tersebut melalui kode IMEI yang tertera.

5. Memakai Kode #12580369#

Cara mengecek tipe hp Vivo ini bisa dilakukan jika cara nomor 4 dirasa lebih ribet. Karena kalian hanya ingin tipe hp Vivo, bisa langsung ketikkan kode dial ke #12580369#. Melalui kode dial ini, kalian dapat mengecek semua informasi terkait software dan hardware pada perangkat Vivo kalian.

Silahkan coba salah satu cara mengecek tipe hp Vivo di atas dengan mudah untuk semua tipe hp Vivo dan semoga berhasil!

Related posts