Cara Memperbaiki Kloset Mampet dengan 6 Metode Ampuh

Cara Memperbaiki Kloset Mampet
Cara Memperbaiki Kloset Mampet

Masalah kloset mampet biasanya terjadi ketika saluran pembuangan pada kloset mengalami penyumbatan. Kondisi air kloset yang tidak mau turun juga tentu membuat penghuni rumah tidak nyaman, apalagi jika ada tamu yang berkunjung. Sebagai solusinya, kamu bisa coba cara memperbaiki kloset mampet dengan mudah disini!

Cara Memperbaiki Kloset Mampet

Cara Memperbaiki Kloset Mampet
Cara Memperbaiki Kloset Mampet

Penyumbatan pada kloset dapat mengeluarkan aroma bau yang tidak sedap, sudah pasti membuat kita merasa tidak nyaman. Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan kloset mampet, terutama disebabkan oleh seringnya membuang sampah berupa pembalut, tisu atau lainnya.

Jika ingin lebih simpel, kita memang bisa memanggil jasa sedot WC hanya saja harus siap-siap mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Namun jangan khawatir, karena kamu bisa mencoba cara memperbaiki kloset mampet dengan cara berikut :

1. Cara Memperbaiki Kloset Mampet dengan Membersihkan atau Ganti Flapper

Valve Flapper valve adalah katup yang membuka aliran air ke dalam mangkuk kloset saat flush. Jika flapper valve kotor, aus, atau rusak, itu dapat mengganggu aliran air dan mengakibatkan kloset mampet.

Bersihkan flapper valve dengan hati-hati memakai air bersih dan sikat lembut. Namun apabila flapper valve terlalu aus atau rusak, ganti dengan yang baru.

2. Cara Memperbaiki Kloset Mampet dengan Cek Water Fill Level

Water fill level adalah tingkat air di dalam tangki kloset yang mempengaruhi kekuatan flush. Pastikan bahwa water fill level diatur dengan benar. Untuk mengatur water fill level, cari mekanisme pengatur di dalam tangki kloset dan sesuaikan pengaturan. Tujuannya agar tingkat air sesuai dengan petunjuk produsen yang direkomendasikan.

3. Gunakan Campuran Air Panas dan Deterjen

Tuangkan campuran air panas dan deterjen ke dalam mangkuk kloset. Biarkan campuran tersebut meresap selama beberapa jam atau semalam. Kemudian, gunakan sikat toilet untuk membersihkan dan flush kloset. Metode ini dapat membantu melarutkan kerak atau sisa-sisa yang mungkin menghambat aliran air.

4. Gunakan Plunger

Plunger adalah alat yang dapat membantu membersihkan sumbatan pada saluran pembuangan kloset. Pastikan kloset memiliki air yang cukup di dalamnya, kemudian tempatkan plunger di atas lubang saluran pembuangan, dan tekan dengan kuat beberapa kali.

Gerakan naik-turun yang energik akan membantu menciptakan tekanan yang cukup untuk menghilangkan mampet. Setelah beberapa kali mencoba plunging, coba flush kloset untuk melihat aliran air telah pulih kembali.

5. Gunakan Produk Pembersih Kloset

Ada banyak produk pembersih kloset yang tersedia di pasaran. Belilah salah satunya, kemudian ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan dengan teliti.

Biasanya, cukup dengan cara menuangkan sedikit saja produk pembersih kloset ke mangkuk kloset dan biarkan selama beberapa waktu sebelum flush. Produk ini dapat membantu melarutkan kerak, kotoran, dan sumbatan dalam saluran pembuangan.

6. Panggil Jasa Sedot WC

Sudah mengikuti cara di atas, tapi tetap tidak berhasil? Jika ya, solusi terakhir yang bisa kamu ambil adalahd engan memanggil jasa sedot WC. Meskipun harus mengeluarkan budget berlebih, namun jasa sedot WC sangat ampuh untuk mengatasi kloset yang mampet secara profesional.

Kamu bisa memilih salah satu cara memperbaiki kloset mampet di atas sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang kamu alami. Selain dengan tips di atas, pastikan kamu melakukan perawatan yang baik dan pemeliharaan rutin. Tujuannya agar kloset dapat tetap bekerja dengan baik sekaligus dapat terhindar dari masalah kloset mampet di masa depan!

 

Related posts