Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang

Google Play Store merupakan aplikasi penting yang diluncurkan Google yang memungkinkan para pengguna untuk mengunduh berbagai macam aplikasi dan game di android. Jadi, jika kalian ingin mengunduh aplikasi-aplikasi pihak ketiga, seperti aplikasi navigasi, game, m banking, e-book, aplikasi streaming film dan masih banyak lagi. Namun bagaimana jika aplikasi Google Play Store hilang? Oleh karena itu, disini kita akan membahas cara mengembalikan play store yang hilang.

Fungsi Google Play Store

Fungsi Google Play Store adalah sebagai tempat berkumpulnya aplikasi yang bisa diinstall, seperti menginstall aplikasi sosial media, baik itu Twiter, Facebook dan lainnya. Menariknya, Google Play Store sudah mempunyai sebanyak 82 miliar lebih unduhan yang juga menawarkan hingga lebih dari 3,5 juta aplikasi dari berbagai jenis, mulai dari Game, eBook, aplikasi, dan film.

Read More

Kalian bahkan bisa memberikan rating dan ulasan pada aplikasi, sebab rating dan ulasan penting diberikan untuk keperluan pengembangan aplikasi.

Penyebab Play Store Hilang Pada Hp Android

Ketika Google Play Store hilang, tentu saja kalian tidak dapat mengunduh aplikasi yang kalian perlukan. Selain itu, ada beberapa faktor penyebab Google Play Store hilang yang perlu kalian ketahui berikut ini :

1. HP Eror

Faktor pertama penyebab Play Store hilang pada hp yaitu terjadinya malfungsi akibat pembaruan sistem yang tidak sempurna. Sebagai contoh, ketika sedang proses instalasi sistem, hp tiba-tiba dimatikan secara paksa dan terjadi malfungsi atau eror.

Terkait:  Cara Install Playstore di STB Indihome

Biasanya hp eror akan menyebabkan sebagian sistem di dalamnya tidak berfungsi,bahkan bisa saja Google Play Store bisa menghilang pada menu android.

2. HP Terkena Virus

Penyebab Google Play Store hilang lainnya adalah hp android terkena virus dan menyerang sistem android. Hal inilah yang menyebabkan ada beberapa aplikasi yang tidak bisa digunakan dan bahkan menghilang begitu saja. Aplikasi tersebut bisa terjadi pada Google Play Store, sehingga kalian akan kesulitan mengunduh aplikasi akibat tidak ada Google Play Store.

3. Stock ROM Tidak Support

Mungkin penyebab ini sangat kecil terjadi, karena kenyataannya setiap merek hp yang menggunakan sistem operasi android sudah dilengkapi stock ROM yang kompatibel dengan hp android. Namun untuk berjaga-jaga jika Play Store tiba-tiba hilang bisa mencurigai faktor penyebabnya yaitu salah satunya adalah stock ROM yang tidak support.

Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang

Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang
Tutorial Mengembalikan Google Play Store yang Hilang

Setelah mengetahui apa saja penyebab Google Play Store menghilang, kalian juga harus mengetahui cara mengembalikan play store yang hilang. Simak ulasannya berikut :

1. Restart HP

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara restart hp. Tujuan dari restart hp tentu saja dapat mengembalikan sistem dengan cara memuat ulang sistem dalam mengatasi eror pada hp. Berikut ulasannya :

  • Silahkan tekan tombol yang terletak di samping body hp.
  • Lalu akan muncul tombol virtual di mana kalian harus memilih antara restart dan matikan hp.
  • Karena tujuannya adalah restart hp, maka pilihlah opsi restart hp.

  • Biarkan hp kalian melakukan proses restart sampai menyala kembali.
  • Sekarang cobalah cek aplikasi Google Play Store, apakah sudah muncul atau tetap hilang.
  • Apabila sudah tersedia kembali, maka kalian tidak perlu mencoba cara mengembalikan Google Play Store lainnya.

2. Pergunakan Antivirus

Salah satu penyebab Google Play Store yang hilang adalah adanya kemungkinan perangkat hp terkena virs. Untuk mengantisipasinya, kalian bisa mengunduh aplikasi antivirus terlebih dahulu. Bagi kalian yang kebingungan terkait cara mendapatkan atau menginstal antivirus di android, sementara Google Play Storenya hilang, maka alternatifnya bisa melalui browser untuk membuka Google Play Store. Langkah-langkahnya cukup mudah, yaitu :

Terkait:  Cara Extract File RAR

  • Setelah masuk pada halaman Google Play Store, langkah selanjutnya yaitu tinggal mencari antivirusnya saja.
  • Contoh aplikasi antivirus rekomendasi untuk scanning virus pada hp android yaitu : AVG Antivirus & Security.
  • Jika sudah ketemu aplikasinya, masuk ke halaman instalasi, selanjutnya klik tombol ‘install’.
  • Biarkanlah proses instalasinya sampai selesai, sampai aplikasi antivirus terpasang di hp.
  • Selanjutnya tinggal lakukan porses scanning pada hp dengan menggunakan AVG Antivirus.
  • Setelah proses scanning selesai, sekarang tinggal hapus virus yang terdeteksi di dalamnya.
  • Tutup aplikasi antivirus tersebut, lalu lihat di deretan menu utama, maka kalian akan melihat aplikasi Google Play Store.

3. Perbarui OS Android

Cara mengembalikan play store yang hilang selanjutnya adalah dengan melakukan update OS android ke versi terbarunya.  Biasanya jika ada aplikasi yang kurang atau hilang, maka akan dikembalikan secara otomatis ke menu utamanya. Namun jika ingin update OS, sebaiknya hati-hati karena jika salah sedikit saja bisa menyebabkan sistem operasi gagal di pasang dan hp menjadi eror.

Langkah-langkah untuk memperbarui OS android setiap merek hp berbeda, namun intinya tetaplah sama biasanya masuk terlebih dahulu pada menu settings. Berikut cara memperbarui OS android, berikut ini :

  • Buka menu settings terlebih dahulu.

 

  • Selanjutnya scroll sedikit ke bawah dan temukan menu System.
  • Lalu sorot di bagian bawah pada opsi Update System.
  • Lakukan update OS apabila tersedia pada halaman berikutnya.
  • Biarkan proses download update OS terlebih dahulu dan kemudian sistem akan secara otomatis instal update nya sendiri.
  • Apabila sudah selesai, lihat pada menu-menu utama, di antara menu utama tersebut pasti akan muncul kembali aplikasi Google Play Store.

4. Install Google Play Store Pihak Ketiga

Kalian juga bisa menginstall ulang Google Play Store secara manual. Cara ini cukup efektif dilakukan agar Google Play Store bisa muncul kembali. Hanya saja yang membedakannya adalah Google Play Store tersebut merupakan hasil instalasi sendiri dengan menggunakan APK yang tersedia dari situs-situs download aplikasi di luar Google Play Store.

Terkait:  Cara Login Play Store

Salah satu penyedia apk Google Play Store yaitu website www.apkpure.com, www.androidapksfree.com, atau bisa juga didapatkan dari situs www.apkmirror.com.

Sebenarnya masih banyak situs penyedia selain ketiga contoh di atas, silakan kalian cari di situs pencarian Google agar pencarian website yang menyediakan apk Google Play Store bisa semakin luas.

5. Reset Hp

Factory Reset atau reset hp merupakan proses mengembalikan sistem ke pengaturan pabrik atau pengaturan awal. Melalui reset hp, maka hp kalian akan kembali lagi seperti ketika baru pertama kali membeli ponsel baru. Dengan begitu, Google Play Store yang hilang bisa kembali.

Namun kalian harus tahu bahwa jika melakukan factory reset, seluruh           alian akan hilang. Akan tetapi, data yang terdapat dalam kartu SIM tetap aman apabila kalian mengeluarkan SIM Card terlebih dahulu sebelum reset hp.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengembalikan Google play Store yang hilang di atas, maka jika kalian mengalami hal yang sama tidak perlu khawatir lagi. Kalian hanya perlu mengikuti salah satu cara yang tepat agar Google Play Store bisa kembali seperti semula dan berfungsi pada perangkat kalian.

Related posts