Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus secara tidak sengaja ataupun disengaja? Setiap file yang disimpan di suatu perangkat memiliki fungsi tertentu, tergantung dari pemilik perangkat tersebut. Beberapa diantaranya ada yang menyimpan file hanya untuk tujuan kenangan atau dokumentasi, ada pula untuk urusan pekerjaan kantor.

File-file tersebut ada yang disimpan dalam waktu yang lama, bahkan ada pula yang langsung dihapus dari perangkat. Dengan menghapus file-file secara rutin, membuat direktori penyimpanan lebih lega mengingat file-file atau berkas tersebut biasanya berukuran besar.

Namun tatkala menghapus file yang tidak digunakan, tidak jarang file-file yang masih digunakan ikut terhapus. Inilah yang membuat semua orang panik, dan akhirnya mencari cara mengembalikan file yang terhapus agar file tersebut bisa kembali dipergunakan. Terlebih jika file yang kalian hapus adalah data penting yang tidak bisa digantikan.

File terhapus bukan hanya karena kelalaian pengguna saja yang tidak sengaja menghapus file tersebut, tetapi juga dikarenakan ada masalah pada OS perangkat sehingga membuat perangkat harus dilakukan install ulang. Selain itu, penyebab lainnya juga bisa dikarenakan ada virus yang menyerang perangkat, sehingga membuat sebagian file rusak dan hilang.

Ada beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di PC atau laptop yang perlu kalian coba. Tujuannya, agar file terhapus dari perangkat kalian dapat dikembalikan seperti semula. Bagaimana jadinya jika file tersebut adalah file persentasi kalian untuk besok? Maka dari itu, simak tutorialnya di bawah!

Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus
Mengembalikan File yang Terhapus di PC

Tutorial Mengembalikan File yang Terhapus di PC

Jika kalian tidak sengaja menghapus file di PC atau laptop, maka kalian bisa mencoba cara mengembalikan file yang terhapus dengan beberapa metode berikut :

1. Mengembalikan File Terhapus Lewat Recycle Bin

Langkah pertama, kalian harus mencari file terhapus terlebih dahulu pada recycle bin. Recycle Bin merupakan direktori yang digunakan untuk menampung sementara file-file yang sudah dihapus. Dengan kata lain, saat kalian menekan delete, maka file yang terhapus tersebut masih bisa dikembalikan karena tidak terhapus permanen.

Tetapi file tersebut terlebih dahulu dipindahkan pada recycle bin. Selanjutnya akan menunggu selama 30 hari sampai file dihapus permanen oleh PC. Biasanya recycle bin bisa kalian temukan pada PC. Silahkan ikuti tutorial mengembalikan file terhapus di recycle bin berikut :

Cara 1 : Melalui Tombol Start

  • Silahkan klik start, lalu temukan settings untuk mengakses berkas yang kalian hapus pada recycle bin.

  • Tekan Personalization dan Themes. Kemudian cari desktop icons di samping kanan pada layar.

  • Cek dan pastikan recycle bin telah dicentang, dan tekan OK.
  • Buka menu recycle bin, lalu klik kanan berkas atau file yang akan kalian kembalikan, kemudian tekan restore.

  • Agar file tidak terhapus secara permanen dari menu recycle bin, sebaiknya klik kanan recycle bin lalu tekan properties. Centang kontak bertuliskan display delete confirmation dialog.

2. Melalui Restore Previous Versions

Cara mengembalikan file yang terhapus di PC selanjutnya selain lewat recicyle bin, kalian juga bisa mengaksesnya melalui restore previous versions. Ini adalah salinan folder dan file yang dibuat Windows Backup.

Ini tutorialnya :

  • Silahkan tekan File Explorer pada PC atau laptop kalian.
  • Selanjutnya klik folder atau file yang berisikan file terhapus.
  • Klik kanan folder tersebut.
  • Silahkan pilih opsi restore previous versions.
  • Selanjutnya tekan open dalam folder atau daftar file tersedia sebelumnya.
  • Tekan restore folder atau file yang ingin dipulihkan.

3. Mengembalikan File Terhapus Memakai Fitur Undo Delete

Cara mengembalikan file yang terhapus di PC atau laptop selanjutnya adalah dengan mengandalkan fitur auto delete. Bisa dikatakan, ini adalah cara paling mudah dilakukan. Berikut langkahnya :

  • Ketika kalian sedang melakukan editing atau mengelola file pada file expplorer, misalnya sebuah gambar.
  • Tanpa di sengaja file gambar tersebut terhapus akibat kelalaian sendiri seperti menekan tombol delete tanpa disengaja pada keyboard.
  • Otomatis file gambar yang tidak sengaja terhapus tersebut akan masuk pada recycle bin.
  • Jika ingin mengembalikan file gambar tersebut, kalian cukup klik kanan di sembarang tempat pada direktori yang sama tempat file gambar berada.
  • Maka akan muncul beberapa opsi piihan, di antara opsi tersebut terdapat opsi ‘Undo Delete’.

  • Klik opsi Undo Delete cukup dengan sekali klik saja.
  • Maka, file gambar yang kalian hapus secara tidak sengaja akan kembali pada direktori penyimpanan sebelumnya.

Penting untuk diperhatikan bahwa fitur undo delete akan bekerja ketika laptop belum dimatikan. Apabila laptop dimatikan, maka fitur undo delete tidak dapat bekerja. Maka satu-satunya cara mengembalikan file terhapus adalah dengan masuk pada folder recycle bin seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.

4. Mengembalikan File yang Terhapus Dengan CMD

Kalian juga bisa mengembalikan file terhapus dengan memakai command prompt alias CMD. Ini tutorialnya :

  • Silakan masuk ke Command Prompt lewat CTRL+F atau search bar.

  • Lalu ketikkan CMD di dalam menu search bar. Kemudian klik kanan lalu tekan run as administrator.
  • Setelah itu, ketik tulisan chkdsk X:/f. Selanjutnya ganti X menggunakan nama drive direktori file terhapus disimpan.
  • Lalu ketik kode ATTRIB -H -R -S/S/D X:*.*. Ganti X menggunakan nama drive kalian. Maka proses recovery folder atau file yang terhapus bisa berlangsung sesudahnya.

Saat proses berlangsung, sebaiknya jangan memindah, menyimpan ataupun menghapus data apapun pada PC.  Tujuannya untuk mencegah agar berkas tersebut tidak saling tumpang tindih.

5. Mengembalikan File Yang Terhapus Dengan Menggunakan File History

Cara lainnya bisa dengan memakai file history. Namun perlu diketahui bahwa fitur ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows 10 saja. Untuk versi OS di bawahnya tidak bisa menggunakan metode ini.

Agar cara ini bisa berfungsi dengan baik, sebelumnya lakukan backup terlebih dahulu tujuannya agar file yang kalian simpan tidak hilang karena salah mengoperasikan. Berikut ulasannya :

  • Masuk ke Settings, tekan Update & Security. Lalu tekan lagi backup kemudian pilih opsi Add a Drive.
  • Silahkan pilih add a drive, kalian akan ditampilkan hard drive eksternal untuk penyimpanan cadangan atau backup.
  • Tekan hard drive eksternal atau partisi yang bisa dipilih.
  • Jika ingin melakukan backup berkala, tekan tombol yang ada di bawah tulisan automatically backup my files.
  • Untuk mengembalikan cadangan yang dibuat. Masuk ke search, lalu ketikkan opsi file history. Klik ikonnya.
  • Jika ingin mengembalikan folder, file maupun partisi sesuai keinginan. Tekan tombol restore di bawah Windows. 

6. Mengembalikan File Yang Terhapus Dengan Software Tambahan

Ada beberapa pilihan software yang dapat diandalkan untuk mengembalikan file yang terhapus, apalagi file nya sudah sangat lama terhapus. Maka tidak ada jalan lain selain menggunakan software tambahan supaya bisa mengembalikannya.

Salah satu rekomendasi software untuk mengembalikan file yang terhapus adalah software RECUVA, yang menawarkan versi berbayar dan versi gratis. Jika ingin fitur yang lebih lengkap bisa membeli lisensinya, namun jika ingin versi gratis pun masih bisa melakukan pengembalian data yang terhapus.

Itulah cara mengembalikan file yang terhapus pada laptop, baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi yang bisa kalian coba!

Related posts