Cara Mengetahui Hp Support MHL

Mobile high definition link atau sering disingkat sebagai MHL merupakan sebuah fitur antar muka atau interface standar bagi perangkat android. Fitur ini memungkinkan perangkat android bisa mendistribusikan sinyal berbasis video digital ke dalam konektor USB. Namun tidak semua perangkat android disematkan fitur MHL. Oleh sebab itu, disini kita akan cek cara mengetahui hp support MHL.

Manfaat dari HP support MHL adalah dapat mengubah tampilan layar menjadi lebih lebar dibandingkan hanya tampilan dengan hp. Sebab perangkat yang dipakai ialah perangkat televisi dengan resolusi yang berbeda dari resolusi layar hp. Oleh sebab itu, wajar jika kebanyakan orang penasaran apakah perangkat hp mereka telah support MHL atau tidak mendukungnya sama sekali.

Pada dasarnya hampir semua HP android support MHL, namun bukan berarti kalian tidak mengeceknya sama sekali. Dengan begitu, kalian hanya perlu mengecek HP tersebut saja dengan beberapa langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Mengetahui Hp Support MHL

Cara Mengetahui Hp Support MHL
Tutorial Mengetahui Hp Support MHL

Tutorial Mengetahui Hp Support MHL

Cara mengetahui hp support MHL sebenarnya cukup mudah, kalian bisa menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi untuk mengeceknya. Supaya lebih jelas, silahkan ikuti panduannya di bawah ini :

Metode 1 : Mengetahui HP Support MHL Tanpa Menggunakan Aplikasi

Untuk mengecek apakah hp kalian support MHL atau tidak, kalian tidak perlu menggunakan aplikasi khusus. Karena ada beberapa tools yang memungkinkan kalian tetap dapat mengecek dukungan MHL pada perangkat android kalian. Simak tutorialnya ini :

1. Persiapkan Perangkat

Langkah cara mengetahui hp support MHL yang pertama adalah dengan mempersiapkan beberapa perangkat wajib terlebih dahulu. Berikut ulasannya :

  • HP yang akan di cek support MHL nya.
  • Perangkat komputer atauptop.

Selain kedua perangkat di atas, jangan lupakan juga kalian harus mempunyai koneksi internet stabil untuk membuka situs khusus cek MHL.

2. Buka Situs MHLtech.org

Selanjutnya tinggal akses link berikut www.MHLtech.org. Untuk membukanya tentu saja harus menggunakan browser, silakan pilih browser yang biasa kalian pakai, diantaranya seperti Google Chrome, Mozilla, dan lain sebagainya.

Situs ini bisa kalian gunakan secara gratis dan tanpa log in sama sekali, akan tetapi jika ingin fitur lebih, maka direkomendasikan untuk log in terlebih dahulu. Namun jika keperluan kalian hanya untuk mengecek apakah hp support MHL atau tidak, kalian tidak perlu login.

3. Cek Dukungan MHL

Berikut langkah-langkah dari penggunaan situs cek MHL di www.MHLtech.org :

  • Di halaman beranda situs tersebut, dapat terlihat MHL Devices yang dapat diakses untuk cek support MHL.
  • Karena kalian ingin cek HP suport MHL atau tidak, maka pilihlah menu ‘Mobile’.

  • Kemudian gulir sedikit ke bawah lalu pilihlah beberapa opsi dari ‘Narrow Your Results’.
  • Ada 3 opsi yang perlu di pilih, yaitu : Device Type, Device Brand, dan MHL Version.
  • Untuk opsi Device Type, pilihlah opsi ‘mobile’.
  • Lalu untuk opsi Device Brand, pilihlah brand dari HP kalian. Namun perlu diketahui pengecekan dengan menggunakan situs ini hanya terbatas pada beberapa brand tertentu saja, yaitu : Sony, Samsung, HTC, dan Fujitsu. Jika HP kalian di luar brand ini, maka tidak bisa mengecek MHL sama sekali.
  • Selanjutnya opsi terakhir adalah MHL version. Di mana di dalamnya hanya terdapat 2 pilihan saja yaitu : previous versions dan MHL 3. pilih salah satunya.
  • Setelah menentukan isian dari 3 opsi di atas, maka akan muncul hasilnya yang berada di bagian bawah.

Contoh hasil pencarian dengan menggunakan situs ini jika ingin mencari HP yang support MHL dari brand samsung dengan MHL version nya adalah MHL 3. Dengan begitu, yang tersedia dari brand Samsung yaitu :

  • Samsung Galaxy Note.
  • Samsung Galaxy EDGE

Metode 2 : Mengetahui HP Support MHL Dengan Menggunakan Aplikasi

Selain cara mengetahui hp support MHL tanpa aplikasi, kalian juga bisa memakai aplikasinya. Untuk cara ini, memungkinkan perangkat hp lainnya juga dapat dicek terkait dukungan MHL-nya. Jadi, apabila cara pertama tidak dapat kalian lakukan bisa menggunakan opsi yang kedua ini.

Untuk mencobanya, kalian perlu mendownload aplikasinya terlebih dahulu via Google Play Store. Untuk mengecek hp support MHL atau tidak tanpa aplikasi, silahkan coba tutorialnya berikut :

1. Download Aplikasi MHL Checker

Silahkan unduh aplikasi MHL Checker di Google Play Store dengan tutorial berikut :

  • Silahkan buka Google Play Store.
  • Sorot pada kolom pencarian.
  • Ketik nama aplikasinya yaitu : MHL Checker.

  • Akan muncul beberapa opsi hasil pencarian, klik aplikasi yang tersedia dengan nama yang sama sesuai keyword yang kalian tuliskan.
  • Setelah masuk pada halaman aplikasinya. Klik tombol install.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.
  • Apabila telah selesai hingga ada tulisan tombol ‘Buka’ pada halaman tersebut, maka aplikasi sudah terpasang pada perangkat HP dan sudah siap untuk menggunakannya.

2. Langkah-langkah penggunaan aplikasi MHL Checker

Setelah berhasil mengunduh aplikasi MHL Checker di perangkat hp kalian, selanjutnya kalian bisa menggunakan MHL checker Apps untuk mengecek support MHL pada hp kalian. Silahkan ikuti cara mengetahui hp support MHL berikut ini :

  • Buka aplikasi MHL Checker yang sudah terpasang pada perangkat HP.
  • Di halaman pertama dari aplikasi ini akan ada tombol ‘Check’. Silakan klik tombol tersebut.

  • Tunggu prosesnya beberapa saat hingga hasilnya akan ditampilkan di halaman.
  • Apabila HP kalian tidak support MHL, maka akan ada tulisan ‘this device don’t support MHL connection’.

  • Namun jika HP kalian support MHL, maka tampilannya akan memperlihatkan keterangan bahwa HP kalian support MHL.

Penggunaan MHL pada HP yang support MHL

Setelah mengecek HP kalian ternyata support MHL, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan untuk membantu menghubungkan hp ke TV. Peralatan yang perlu dipersiapkan hanya membutuhkan kabel atau adapter khusus sebagai konektor ke televisi.

Perlu kalian ketahui, bahwa konektor yang tepat untuk menghubungkan HP ke televisi adalah yang berjenis mikro USB. Selain itu juga, harus dilengkapi dengan port HDMI sebagai penghubung ke TV kalian.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah perangkat TV yang harus sudah mendukung fitur MHL. Karena akan percuma jika HP sudah support MHL, tapi TV kalian justru tidak support MHL sama sekali.

HP Tetap Terhubung Walau Tidak Support MHL

Fungsi hp yang mendukung MHL yaitu bisa terkoneksi dengan televisi. Walaupun demikian, bagi kalian yang HP-nya tidak support MHL masih tetap bisa menghubungkannya dengan cara lain. Namun yang terpenting adalah menggunakan alat khusus cable converter 3 in 1 dengan beberapa port, diantaranya HDMI, port USB, dan port USB Type C.

Setelah memiliki alatnya, untuk menghubungkannya tinggal menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Drongscreen. Kalian bisa mendapatkannnya di Google Play Store. Untuk pengaturannya, kalian bisa cek ulasan berikut :

  • Setelah aplikasinya terpasang pada HP android, selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  • Jangan lupa untuk mengaktifkan bluetooth.
  • Lalu pilih opsi pengembang pada menu settings.
  • Sambungkan antara HP dengan televisi dengan kabel yang tadi.
  • Kalian sudah bisa menikmati layar HP yang terkoneksi dengan layar televisi.

Itulah ulasan beberapa cara mengetahui HP support MHL dengan mudah yang bisa kalian praktekkan.

Related posts