Cara Membuat Tulisan Tebal di WA

WhatsApp memungkinkan kalian dapat mengirimkan chat dengan tulisan dari berbagai format, mulai dari tulisan tebal, miring dan lainnya. Dengan variasi format tulisan seperti ini, memudahkan kalian saat hendak mengirimkan chat penting atau pengumuman penting. Tahukah kalian, bagaimana cara membuat tulisan tebal di WA?

Berbicara mengenai perpesanan singkat pada WA (singkatan dari Whatsapp), ternyata WA memiliki fitur unik untuk membuat tulisan menjadi lebih menarik. Diantaranya dapat menebalkan huruf pada suatu kalimat atau menebalkan huruf hanya satu kata saja.

Tujuan dari menebalkan huruf tentu saja sebagai tanda untuk mempertegas sesuatu yang sedang dibicarakan melalui pesan singkat. Dengan demikian, membuat inti dari pesan tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada orang lain.

Bagi kalian yang ingin mencoba menebalkan huruf, kata, atau kalimat yang akan di sampaikan pada orang lain baik itu melalui pesan pribadi atau dalam grup. Silahkan pelajarilah cara membuat tulisan tebal di WA yang akan di bahas berikut ini!

Cara Membuat Tulisan Tebal Di WA

Cara Membuat Tulisan Tebal di WA
Tutorial Membuat Tulisan Tebal di WA

Metode 1 : Menggunakan Kode Huruf Tebal Pada WhatsApp

Untuk membuat tulisan yang kalian tulis menjadi tebal di WhatsApp, kalian bisa mengikuti tutorial cara membuat tulisan tebal di WA. Dengan cara hanya meletakkan sebuah tanda bintang/asterisk (*) pada kedua sisi teks, yaitu : *teks*. Sebagai contoh :

  • Jika ingin menebalkan satu huruf

    format menebalkan satu huruf saja yaitu : *huruf*

    Contoh : *A*. maka seketika itu huruf A akan menjadi tebal : A.

  • Jika ingin menebalkan satu kata

    Untuk menebalkan satu kata tulisan saja, tuliskan format berikut : *kata*

  •  

    Contoh : *rumah*. Maka tulisan rumah akan berubah menjadi tebal yaitu : rumah

  • Untuk menebalkan satu kalimat

    Kalian bisa menebalkan satu kalimat pada chat WhatsApp, melalui format berikut :*kalimat kalimat*

    Contoh : *jangan lupa hari ini kumpul jam 10.00!*. Maka tulisan rumah idaman akan berubah menjadi tebal yaitu : jangan lupa hari ini kumpul jam 10.00!

Ada informasi penting terkait penebalan huruf pada Whatsapp yang perlu kalian ketahui :

  1. Selain menebalkan huruf, format tersebut yang di awali dengan bintang (*) dan diakhiri dengan bintang (*) berlaku juga untuk angka-angka dan simbol. Namun tidak berlaku dengan stiker maupun gambar.
  2. Untuk membuat satu paragraf menjadi huruf tebal semua, maka kalian harus membuat paragraf terlebih dahulu, lalu di awal paragraf berikan tanda bintang (*) dan di akhir paragraf di tandai dengan tanda (*).
  3. Tidak bisa menebalkan lebih dari satu paragraf, artinya kalian hanya bisa melakukan penebalan kembali untuk paragraf berikutnya dengan di awali bintang (*) dan di akhiri pula dengan bintang (*). Hal tersebut terjadi karena setelah tekan enter, maka format penebalan tidak bisa digunakan.

Jika dilihat dari cara membuat tulisan tebal di WA dan ketentuannya di atas, rasanya kalian tidak akan sulit untuk membuat huruf tebal. Selanjutnya, tinggal mengirimkan pesan tersebut ke pengguna yang kalian inginkan.

Metode 2 : Menggunakan Block Text WhatsApp

Selain cara membuat tulisan tebal di WA menggunakan format di atas, kalian juga bisa dengan menggunakan block text WhatsApp. Sebenarnya metode ini justru lebih mudah, sebab kalian hanya perlu memblock teks pesan, kemudian kalian akan ditampilkan menu membuat huruf atau tulisan tebal. Selanjutnya cukup pilih tebal.

 

Jika menu tebal tersebut dipilih, dengan otomatis tulisan langsung berubah menjadi huruf tebal. Metode ini sebenarnya sangat simpel, tapi tidak sedikit pengguna WA yang masih belum mengetahuinya. Kalian bisa buktikan sendiri dengan mempraktekkannya sekarang!

Beberapa Format Lainnya Selain Format Tebal

Sebenarnya Whatsapp menyajikan fitur untuk membuat tulisan menjadi lebih menarik, tidak hanya dapat menebalkan teks saja. Namun masih ada beberapa format lainnya yang bisa kalian gunakan untuk kata atau kalimat. Berikut formatnya :

1. Format Miring

Format miring sama halnya pada Microsoft Word bergaya italic. Bentuk tulisan ini cocok jika digunakan untuk istilah asing yang hendak di sampaikan kepada orang lain melalui pesan singkat WA. Kalian cukup meletakkan sebuah garis bawah (underscore) di awal dan akhir sebuah tulisan saka (_). Untuk membuatnya cukup mudah, yaitu :

  • Untuk memiringkan satu huruf

    Format memiringkan satu huruf saja yaitu : _huruf_

    Contoh : _A_. maka seketika itu huruf A akan menjadi miring, yaitu : A

  • Jika ingin memiringkan satu kata

    Format memiringkan kata yaitu : _kata_

    Contoh : _rumah_. Maka tulisan rumah akan berubah menjadi miring yaitu : rumah

  • Memiringkan satu kalimat

    Jika kalian ingin memiringkan kalimat yaitu : _kalimat kalimat_

    Contoh : _jangan lupa kumpul jam 10.00_. Maka tulisan rumah idaman akan berubah menjadi miring yaitu : jangan lupa kumpul jam 10.00.

Membuat Tulisan Unik di WhatsApp

2. Format Coret

Penggunaan format coret sangat berguna bagi kalian yang ingin mengoreksi tulisan yang telah dikirim sebelumnya, karena ada kesalahan dalam mengetik. Jadi, selain dengan dihapus, alian juga dapat mencoret tulisan tersebut. Untuk formatnya cukup mudah, cukup menyisipkan simbol tilde pada awal kalimat dan di akhiri dengan simbol tilde di akhir kalimat (~). adapun contohnya bisa kalian lihat di bawah ini :

  • Mencoret satu kata

    format mencoret satu huruf saja yaitu : ~huruf~

    Contoh : ~A~. maka seketika itu huruf A akan menjadi tercoret, yaitu : A

  • Mencoret satu kata

    format mencoret kata yaitu : ~kata~

    Contoh : ~rumah~. Maka tulisan rumah akan berubah menjadi tercoret yaitu : rumah

  • Mencoret satu kalimat

    Format mencoret kalimat yaitu : ~kalimat kalimat~

    Contoh : ~rumah idaman~. Maka tulisan rumah idaman akan berubah menjadi tercoret yaitu : jangan lupa kumpul jam 10.00

3. Format Monospace

Format selanjutnya adalah format monospace. Bagi yang belum mengetahui arti dari monospace adalah sebuah huruf yang ukurannya melintang huruf dan karakternya sama lebar secara horizontal.

Sederhananya, tulisan monospace adalah tulisan yang hurufnya sama seperti tulisan pada mesin tik. Bagi yang ingin menggunakan tulisan monospace, maka format yang harus kalian tulis di awal dan di akhir tulisan yaitu dengan menggunakan simbol backtics (‘’’). contohnya bisa kalian lihat di bawah ini :

  • Monospace satu huruf

    Pada format monospace satu huruf, kalian cukup ketikkan format : ‘’’huruf‘’’

    Contoh : ‘’’A‘’’. maka seketika itu huruf A akan menjadi monospace, yaitu : A

  • Monospace satu kata

    Jika ingin membuat format monospace kata yaitu : ‘’’kata‘’’

    Contoh : ‘’’rumah‘’’. Maka tulisan rumah akan berubah menjadi monospace yaitu : rumah

  • Monospace satu kalimat

    Untuk monospace kalimat yaitu : ‘’’kalimat kalimat‘’’

    Contoh : ‘’’rumah idaman‘’’. Maka tulisan rumah idaman akan berubah menjadi monospace yaitu : rumah idaman

Sampai saat ini rasanya wajar jika WhatsApp masih menjadi aplikasi perpesanan yang banyak digunakan dan diandalkan, terutama bagi kalian yang sering menggunakan aplikasi chatting. Hal ini dikarenakan Whatsapp menawarkan banyak fitur, meskipun kini sudah ada saingan terberatnya, yaitu Telegram.

Namun, masih ada beberapa fitur yang mungkin belum bisa kalian temukan pada Telegram. Untuk cara membuat tulisan tebal di WA dan telegram juga berbeda. Semoga bermanfaat!

Related posts