Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di Android

Telkomsel saat ini merupakan salah satu provider terkemuka di indonesia. Tak ayal jaringannya begitu kuat hingga sampai ke pelosok tanah air. Sehingga dengan kelebihannya yang berbagai wilayah yang tidak hanya di kota saja, membuat telkomsel banyak diminati pengguna smartphone. Bahkan kalian bisa coba cara mempercepat koneksi internet telkomsel di android.

Meskipun memiliki jaringan terluas hingga ke berbagai pelosok, namun tetap saja akses sinyal Telkomsel tidak selamanya baik. Hal inilah yang membuat Telkomsel mencari cara untuk mempercepat koneksi internet telkomsel agar mendapatkan kecepatan yang jauh lebih baik dan stabil. Maka dari itu, disini kita akan coba bahas cara mempercepat koneksi internet telkomsel di hp android agar bisalebih maksimal layanan internet dari telkomsel.

Kelebihan Telkomsel Dibandingkan Operator Lain

Sebelum membahas bagaimana cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di android, alangkah lebih baiknya mengetahui kelebihan telkomsel dibandingkan dengan operator lain terlebih dahulu. Tujuannya agar kalian yang belum menggunakan provider telkomsel lebih tertarik menggunakan telkomsel. Apa saja kelebihannya? Simak penjelasan singkat di bawah ini :

  • Memiliki akses jaringan terluas sampai ke pelosok indonesia, sehingga bagi kalian yang tinggal di pelosok akan merasa nyaman ketika menggunakan provider Telkomsel untuk internetan.
  • Standar jaringan yang digunakan Telkomsel merupakan standar jaringan dunia, sehingga kalian akan mendapatkan layanan jaringan terbarukan seperti 4,5 G LTE sampai jaringan minimal yaitu 3G .
  • Cukup banyak inovasi layanan dan produk-produk yang dikeluarkan Telkomsel yang menguntungkan pelanggannya. Dengan begitu, kalian tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk mengaktifkan paket tertentu baik itu paket internet atau paket telepon.
  • Layanan pelanggan yang siap sedia selama 24 jam non stop dengan pelayanan terbaik. Hal ini bisa memberikan solusi bagi kalian yang membutuhkan bantuan seputar layanan telkomsel.
  • Didukung dengan infrastruktur penunjang jaringan yang terus menerus melakukan pembangunan hingga ke pelosok terutama tower jaringan telkomsel. Tujuannya agar bisa menjangkau hingga jauh ke dalam pelosok negeri.

Bagaimana, cukup banyak kelebihan dari telkomsel bukan? Nah sekarang mari kita bahas mengenai cara mempercepat jaringan provider Telkomsel agar kalian bisa leluasa berselancar di internet.

Cara Mempercepat Koneksi Telkomsel Di Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di Android
Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di Android

Kebutuhan internet memang sangat penting terutama bagi orang-orang yang memiliki mobilitas hp yang tinggi, seperti untuk bekerja, untuk browsing dan lainnya, di samping hiburan semata. Namun kenyataannya, kondisi jaringan tidak selalu baik dan stabil. Ada saat-saat tertentu yang justru ketika kita benar-benar membutuhkan, ternyata kondisi sinyal buruk. Maka dari itu, kalian bisa mencoba cara mempercepat koneksi Telkomsel di android.

Mempercepat jaringan provider bertujuan agar kalian memperoleh akses internet yang lancar dan stabil tanpa terkendala masalah sinyal atau jarinyan lagi. Sebagai solusinya, kalian bisa coba beberapa langkah cara mempercepat koneksi telkomsel di android dengan tutorial berikut :

1. Jadikan Jaringan 4G LTE Sebagai Default

Perlu kalian ketahui bahwa kecepatan jaringan saat ini cukup beragam, yang paling terbaru dari jaringan yang sedang dikembangkan di Indonesia adalah jaringan 5G. Namun, untuk jaringan ini masih dalam tahap perkembangan dan tidak semua wilayah Indonesia mendapatkan layanan jaringan ini.

Oleh karena itu, cukup dengan mengandalkan jarigan 4G LTE sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk mempercepat jaringan telkomsel di android. Nah, bagi kalian yang belum mengaturnya, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Hp android dalam keadaan stadbye. Lalu masuklah pada menu settings.
  • Kemudian, pada menu settings, silakan pilih opsi Jaringan dan Internet. (untuk beberapa merek mungkin opsi ini bertuliskan ‘Jaringan’ saja).
  • Setelah masuk pada halaman jaringan dan inernet, pilih kartu sim telkomsel yang selalu digunakan untuk berinternet. Apakah diposisikan pada SIM 1 atau SIM 2.
  • Kemudian, pilihlah jenis jaringan pilihan yang digunakan.
  • Ada beberapa pilihan jaringan yang bisa kalian pilih, yaitu : 4G/3G/2G otomatis, 3G/2G otomatis, dan hanya 2G. Untuk mempercepat jaringan, tentu saja pilihlah opsi yang pertama yaitu 4G/3G/2G otomatis.
  • Dengan demikian, jaringan yang kalian pilih tersebut akan terus maksimal mendapatkan sinyal yang baik terutama untuk layanan 4G LTE.

2. Pergunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di android selanjutnya sangat mudah dilakukan terutama bagi kalian yang tidak terlalu menyukai mengatur jaringan sendiri. Ada beberapa aplikasi rekomendasi bagi kalian yang mencari aplikasi untuk mempercepat koneksi internet, yaitu Net Optimizer : Optimizer Ping, Connection Stabilizer Booster, Meteor Speed Test 4G 5G WiFi, dan lain sebagainya.

Agar kalian lebih mengenal aplikasi di atas, berikut akan dijelaskan tutorial penggunaannya dengan menggunakan aplikasi Net Optimizer : Optimizer Ping.

  • Install terlebih dahulu aplikasinya yang bisa kalian dapatkan pada Google Play Store.
  • Setelah terinstal, buka aplikasinya.
  • Untuk mengaktifkan aplikasinya, kalian hanya perlu klik ‘Activte’ pada halaman utama dari aplikasi ini.
  • Pada tab scanning, silaka pilih salah satu atau beberapa pengaturan sederhan untuk mempercepat koneksi internet di mana hanya klik tombol ‘Use It’ yang berada di sebelah kanannya.
  • Selain itu, aktifkan juga DNS agar jaringan menjadi lebih stabilk dengan klik terlebih dahulu tombol ‘Scan DNS’.

3. Pergunakan aplikasi Lite untuk Media Sosial yang Sering Digunakan

Kalian tentu sudah tahu bahwa setiap media sosial akan menyediakan 2 aplikasi, pertama untuk versi full nya dan yang kedua untuk versi lite.

Versi lite di sini berarti mengurangi penggunaan kuota internet sehingga ketika mengakses media sosial versi lite akan terasa ringan walaupun jaringan kurang begitu baik.

Ada beberapa media sosial yang menyediakan versi lite, seperti Facebook Lite, Instagram Lite, Line Lite, dan lain sebagainya. Bagi yang tidak ada versi lite nya, kalian bisa mengaturnya pada media sosial untuk meminimalisir penggunaan internet yang berlebihan. Seperti pada Whatsapp jika ada orang yang kirim video atau gambar, lakukan setting tanpa download otomatis.

Untuk Browser, cukup banyak versi lite yang bisa kalian pilih, seperti Mini Opera atau UC Browser Lite. Silakan pilih browser sesuai dengan keperluan kalian.

4. Gunakan Internet di Waktu Tertentu

Cara mempecepat koneksi internet Telkomsel di android selanjutnya adalah memakai internet seperlunya atau pada waktu tertentu. Provider manapun, termasuk provider telkomsel selalu memiliki jam-jam tertentu di mana jaringan internet sedang sibuk. Umumnya jaringan sibuk adalah waktu siang hari, sore, dan menjelang malam hingga pukul 21.00. setelah itu, hingga waktu pagi hari internet akan terasa kencang tanpa ada hambatan sekalipun.

Nah, bagi kalian yang khusus ingin download game atau sebuah film dengan berukuran besar, lebih baik pergunakan waktu khusus ketika jaringan sedang sepi. Maka proses download akan terasa lebih cepat dari biasanya dan tentunya akan menghemat waktu berinternet.

Karena waktu malam merupakan waktu yang cocok untuk memaksimalkan jaringan telkomsel, maka bagi kalian yang ingin melakukannya bisa sekalian mengaktifkan paket midnight agar hemat biaya.

Sebenarnya , tidak ada cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di android secara khusus, yang ada kalian hanya perlu mengantisipasi akses jaringan internet yang lambat. Semoga bermanfaat!

Related posts