Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Samsung

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Samsung

Cara menampilkan kecepatan internet di Samsung bisa kalian lakukan dengan beberapa metode. Jika mengetahui kecepatan internet pada hp Samsung, maka kalian dapat mengetahui berapa kecepatan maksimal serta kecepatan minimal dalam suatu jaringan. Cek informasi selengkapnya disini!

Fitur Kecepatan Jaringan Harus Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk menampilkan kecepatan jaringan pada layar HP Samsung saat ini belum tersedia. Oleh karena itu, kalian harus download beberapa aplikasi yang bisa menampilkan kecepatan internet pada status bar di layar utama HP Samsung.

Read More

Umumnya setelah download aplikasi khusus untuk menampilkan kecepatan internet, maka akan diperlihatkan pada status bar yang berada di bagian atas layar. Dengan menunjukkan kecepatan internet, maka kalian bisa mengetahui apakah di jaringan tersebut cukup kuat untuk menonton streaming, bermain game online, atau mungkin download file yang berukuran besar.

Bagi kalian yang memiliki HP Samsung dan baru pertama kali menggunakan HP tersebut, maka kecepatan internet tidak akan muncul pada status bar. Tetapi kalian harus memunculkan kecepatan internet secara manual dengan download beberapa aplikasi rekomendasi yang sangat bagus untuk HP Samsung.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Samsung

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Samsung
Tutorial Menampilkan Kecepatan Internet di Samsung

Cara menampilkan kecepatan internet di Samsung dapat menggunakan beberapa aplikasi yang dapat kalian download via Google Play Store. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui kecepatan internet hp dengan mudah. Ada beberapa aplikasi yang bisa kalian pilih untuk menampilkan kecepatan internet pada hp Samsung, berikut ini :

Metode 1 : Menggunakan Internet Speed Meter

Aplikasi pertama yang bisa kalian download pada HP Samsung adalah Internet Speed Meter. Aplikasi ini merupakan salah satu rekomendasi terbaik untuk melihat status kecepatan internet pada HP Samsung yang sedang digunakan.

Ada banyak pilihan fitur menarik yang bisa kalian gunakan dalam aplikasi ini. Ssehingga dengan menggunakan aplikasi Internet Speed Meter, kalian tidak hanya memanfaatkan fitur untuk mengecek kecepatan internet saja, melainkan berbagai fitur lainnya sesuai kebutuhan.

Berikut beberapa tahapan cara menampilkan kecepatan internet di Samsung menggunakan aplikasi Internet Speed Meter, berikut ini :

1. Memunculkan Insternet Speed Meter pada Status Bar :

  • Ddownload terlebih dahulu aplikasinya di Google Play Store. Caranya adalah saat masuk pada halaman Google Play Store, klik pada kolom pencarian, lalu tuliskan nama aplikasinya : Internet Speed Meter.
  • Setelah itu, klik aplikasi tersebut dan lakukan download aplikasi agar aplikasinya terpasang pada HP Samsung.
  • Apabila sudah terpasang, selanjutnya tinggal buka aplikasinya.
  • Jika pada saat masuk ada perizinan yang harus di setujui, maka pilihlah setujui semua agar aplikasi bisa mengakses HP Samsung dengan maksimal.
  • Pada apiikasi, masuk pada opsi pengaturan dan pilihlah opsi ‘Floating Widget’.
  • Pada bagian ‘enable widget’, pilihlah On agar widget bisa aktif.

2. Memunculkan Internet Speed Meter pada Jendela Notifikasi

  • Masih pada aplikasi yang sama, setelah masuk pada halaman utama dari aplikasi Internet Speed Meter, masuk ke menu Pengaturan.
  • Di menu pengaturan, cukup pilih menu ‘Notification’.
  • Selanjutnya silakan pilih ‘Enable Notification’ dalam posisi On.

Cukup mudah mengoperasikannya bukan? Jika kalian ingin mencoba aplikasi ini bisa langsung download di Google Play Store.

Jika kalian ingin lebih yakin dengan aplikasi Internet Speed Meter, berikut akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kekuangan aplikasi ini sehingga kalian bisa yakin untuk download aplikasinya.

Kelebihan Aplikasi Internet Speed Meter

Beberapa kelebihan menggunakan aplikasi ini, di antaranya :

  • Bisa melihat kecepatan internet, baik dengan menggunakan jaringan pribadi atau menggunakan jaringan Wifi.
  • Mampu melakukan modifikasi widget dengan cara mengubah warna, ukuran, maupun tata letak widget.
  • Bisa menampilkan kecepatan internet baik pada status bar atau pada notifikasi HP Samsung.
  • Fitur floating widget bisa ditaruh di mana saja sesuai dengan keinginan.
  • Ada fitur yang bisa digunakan untuk mengukur tes kecepatan ineternet.
  • Bisa dengan mudah memantau kuota yang digunakan pada aplikasi yang sedang digunakan.
  • Adanya statistik akumulasi penggunaan kuota internet.
  • Tidak perlu mengguakan root, karena aplikasi ini bisa langsung di instal dari Google Play Store.

Kekurangan Aplikasi Internet Speed Meter

Kekurangan dari aplikasi Internet Speed Meter, di antaranya :

  • memiliki cukup banyak iklan yang mengganggu, kecuai jika mengubah ke aplikasi berbayar dengan membayar berdasarkan harga premium.
  • Selalu muncul notifikasi untuk meminta rating penilaian yang akan menilai rating di Google Play Store.

Itulah cara melihat status kecepatan internet dengan menggunakan Internet Speed Meter. Dengan begitu banyaknya kelebihan, sepertinya masalah kekuangan tidak akan terlalu berpengaruh.

Metode 2: Menggunakan NetSpeed Indicator

Cara menampilkan kecepatan internet di Samsung berikutnya yaitu dengan menggunakan NetSpeed Indicator. Aplikasi ini sangat bagus untuk di coba karena memiliki beberapa fitur yang menarik. Lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Download terlebih dahulu aplikasinya dari Google Play Store.
  • Masuk pada kolom pencarian yang ada di bagian atas dengan menuliskan nama aplikasi yang dimaksud : NetSpeed Indicator.
  • Setelah berhasil di download, aplikasi tersebut akan langsung terinstal pada HP Samsung.
  • Izinkan semua perizinan yang akan muncul sebelum masuk pada halaman utama aplikasi tersebut.
  • Setelah masuk pada halaman utama aplikasinya, pilih beberapa pengaturan yang ada di dalamnya hingga notifikasi untuk status kecepatan internet melalui aplikasi ini bisa muncul di layar utama.
  • Jika ingin mengatur satuan kecepatan, kalian bisa mengatur mengenai satuan kecepatan yang bisa di tampilkan pada status bar dengan menggunakan satuan paling kecil yaitu bytes.

Cukup mudah dilakukan jika kalian ingin mencoba aplikasi yang satu ini, karena tampilan antar muka yang sederhana dan menarik.

3. Internet Speed Meter lite

Jika kalian sebelumnya sudah diperkenalkan dengan aplikasi Internet Speed Meter, kali ini akan dijelaskan mengenai aplikasi Internet Speed Meter Lite. Istilah dari lite ini merupakan versi sederhana dari versi berbayar seperti yang telah dijelaskan tutorialnya.

Adapun yang ditampilkan pada Internet Speed Meter versi Lite ini sangat sederhana, yaitu hanya menunjukkan berapa kuota internet pada hari ini dan beberapa hari ke depan. Dengan begitu, bisa mencapai rincian pemakaian kuota hinga 30 hari terakhir.

Bila kalian berminat untuk mencoba aplikasi ini, simak penjelasannya di bawah ini :

  • Karena Internet Speed Meter Lite berbeda dengan Internet Speed Meter, maka kalian perlu mendownload aplikasi ini terlebih dahulu.
  • Untuk mendownloadnya seperti biasa agar masuk pada Google Play Store terlebih dahulu dan lakukan pencarian pada kolom pencarian dengan ketik : Internet Speed Meter Lite.
  • Ukuran file nya hanya 1,5 MB saja sehingga proses download dan instal tidak akan membutuhkan waktu lama.
  • Setelah terinstal, tinggal buka aplikasinya.
  • Kalian langsung disuguhkan rincian statistik penggunaan kuota internet baik menggunakan seluler maupun wifi.
  • Begitupun dengan status bar yang secara otomatis akan menunjukkan kecepatan internet dari aplikasi ini.

Dengan 3 pilihan aplikasi di atas, kalian bisa memilih salah satu cara menampilkan kecepatan internet di Samsung dengan mudah. Silahkan pilih aplikasi yang paling ringan dan tentu saja menawarkan banyak kelebihan.

 

Related posts