Cara Membuat Bubble

Cara Membuat Bubble
Cara Membuat Bubble

Berawal dari bisnis yang dijalani oleh para pelaku UMKM, publik semakin dibuat tertarik untuk mencoba cara membuat bubble. Dimana, bubble ini termasuk ke dalam salah satu snack yang biasa disajikan sebagai topping tambahan di dalam minuman ataupun makanan. Tapi, tahukan kalian? Kalau pembuatan boba sendiri, sudah berlangsung sejak tahun 1980-an.

Namun, kehadiran pastinya sendiri masih menjadi perdebatan hangat di kalangan masyarakat negara Taiwan. Oleh sebab itu, banyak sekali kedai yang mengklaim dirinya sebagai pencetus ide boba tersebut. Dilansir dari Chowhound, diketahui kalau kedai bernama Chun Shui Tang yang berlokasi di daerah Taichung, Taiwanlah yang memiliki keterkaitan kuat terhadap boba.

Resep Bubble Tea

Kita beralih ke resep bubble tea. Pastinya, banyak sekali orang-orang yang berpikiran di awal kalau minuman yang dikenal dengan julukan Thai Tea ini berasal dari negara Thailand. Maka dari itu, disingkat menjadi Thai. Ya, kalian tidak salah, faktanya mengatakan demikian. Akan tetapi, letak persoalan dimulai saat minuman tehnya dimodifikasi dengan penambahan bubble.

Padahal, bubble tea asalnya dari negara Taiwan. Kedai Chun Shui Tang yang kala itu dikenal oleh warga sebagai tempat makan yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman di area Taichung tersebut. Terkenal dengan menu minuman populernya, yaitu bubble tea. Masih menggunakan teh susu biasa. Bukan seperti Thai tea, yang sebenarnya adalah jenis teh hitam.

Cara Membuat Bubble

Cara Membuat Bubble
Cara Membuat Bubble

Cara membuat bubble yang super enak dan kenyal. Bikin kreasi boba di rumah untuk penuhi cita rasa minuman yang akan kalian sajikan. Ingin tahu caranya? Langsung saja kalian simak penjelasan berikut! Dikutip dari channel Youtube Dapur Kiki. Perhatikan, bahan-bahannya:

-Bahan dasar untuk Mutiara Boba

  • 150 ml air mineral
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 15 gr coklat bubuk
  • 135 gr tepung tapioca (bisa kalian gunakan brand dari Alini atau Gunung Agung)
  • 50 gr gula aren/merah

-Bahan dasar untuk Saos pada Boba

  • 200 ml air mineral
  • 100 gr gula aren/merah
  • 100 gr gula pasir

Mulai yuk! Proses pembuatan untuk cara membuat boba tanpa nutrijel di atas. Pastikan bahan yang kalian butuhkan sudah lengkap semua. Check this out:

  1. Masukkan 50 gr gula merah, gula pasir, dan 150 ml air mineral ke dalam panci.
  2. Aduk-aduk ke-3 bahan tersebut dalam api sedang sampai semuanya larut.
  3. Saring air gula yang sudah dipanaskan, lalu masukkan campuran tepung tapioka dan coklat bubuk ke dalam teflon dengan menggunakan api kecil.
  4. Angkat adonan yang sudah terasa berat dan lengket tersebut, dan pindahkan ke alas yang sudah kalian taburkan dengan tepung tapioka.
  5. Uleni, sampai adonan boba benar-benar kalis dan tidak terasa lengket.
  6. Adonan dibentuk golongan panjang. Potong-potong menjadi beberapa bagian.
  7. Ambil satu potongan, lalu bentuk menjadi gulungan memanjang. Sedangkan sisa potongan yang belum dibentuk, tutup dengan plastik wrap agar tidak mudah kering.
  8. Potong-potong seukuran 0,7 cm atau kecil-kecil dari hasil gulungan panjang yang telah kalian bentuk.
  9. Bentuk bulatan pada setiap potongannya. Kemudian, letakkan di tempat yang sudah berisi tepung tapioka.
  10. Ayak hasil bulatan boba kalian, agar tidak ada yang menempel satu sama lain.
  11. Lanjutkan dengan mengayak bobanya kembali menggunakan saringan supaya tepung yang menempel di boba semakin berkurang.
  12. Masukkan ke dalam wadah, lalu simpan d dalam kulkas apabila kalian belum akan mengkonsumsinya.

Cara membuat boba instan sudah selesai kalian lakukan. Berikutnya, bisa dilanjutkan dengan cara membuat boba gula merah tersebut sampai siap dihidangkan ke dalam minuman atau makanan. Simak penjelasan selengkapnya, berikut ini!

Cara Membuat Boba

Cara membuat boba satu ini, berbeda ya dengan cara membuat bubble tiup. Karena antara ke-2 hal tersebut memiliki tujuan yang saling bertolak belakang. Dimana, kalau bubble pearl ini digunakan sebagai penambah rasa minuman agar lebih terasa nikmat. Ini dia, proses olah selanjutnya:

  1. Boba instan yang sudah kalian simpan, keluarkan dari kulkas. Di samping itu, kalian siapkan air sebanyak 500 ml dan didihkan di api besar.
  2. Masukkan boba ke dalam didihan air tersebut sambil diaduk-aduk. Tunggu sampai boba mengapung.
  3. Aduk-aduk boba yang sudah mengapung di api kecil. Lakukan kurang lebih selama 25 menit.
  4. Matikan kompor, lalu tutup panci berisi boba tersebut dalam kurun waktu 15 menit.
  5. Boba diaduk kembali, sambil disaring untuk memisahkan air dengan boba. Gunakan spatula agar proses penyaringannya lebih cepat.
  6. Setelah hanya tersisa boba di dalam saringan, kalian masukkan ke dalam air dingin sambil diaduk-aduk.
  7. Masukkan ke dalam saringan sampai butiran bobanya terlihat.
  8. Siapkan teflon, isi dengan bahan-bahan dasar saus boba, lalu dimasuk sampai air gula larut semua. Matikan kompor, dan saring air gula tersebut.
  9. Tambahkan bubble pearl ke dalam air gula yang sudah dimasukkan ke dalam teflon.
  10. Aduk-aduk keseluruhan bahan dalam api kecil hingga air menyusut hampir setengahnya. Matikan api, dan boba pearl kalian siap dihidangkan.

Tidak perlu lagi menambahkan pewarna makanan, karena warna dari bobanya sendiri sudah berwarna hitam. Berikutnya, kalian juga bisa mencoba cara membuat boba nutrijel.

Cara Membuat Boba dengan 3 Bahan

Resep kali ini, sangat pas buat kalian yang malas mempraktekan cara membuat boba dengan 3 bahan. Pasalnya, kalian cukup sediakan saja 2 bahan dasar untuk mengolah cara membuat boba nutrijel. Selengkapnya, simak di bawah ini:

  1. Sediakan 10 sendok makan tepung kanji, 1 bungkus nutrijell coklat 20 gr. Kemudian, aduk sampai tercampur merata.
  2. Lanjut dengan tambahkan 120 hingga 150 ml air panas ke dalam campuran bahan sebelumnya. Mulai lakukan pengadukan sampai adonan kalis dan tidak lengket.
  3. Ambil sejumput adonan, lalu bulat-bulatkan untuk membentuk boba
  4. Lumuri dengan tepung, adonan yang sudah dibentuk menjadi bola supaya tidak lengket.
  5. Ayak adonannya supaya tidak terlalu banyak tepung yang menempel di boba
  6. Masukkan boba ke dalam air panas yang ada di atas kompor dengan api besar.
  7. Setelah direbus sampai bobanya mengapung, masak selama 25 menit.
  8. Angkat, lalu tiriskan boba yang sudah direbus ke air dingin/ es.
  9. Masukkan gula merah secukupnya sampai mencair di atas teflon, lalu tambahkan dengan boba tanpa ditambahkan dengan air lagi.
  10. Setelah airnya menyusut, pindahkan boba ke wadah lainnya. Kalian bisa menambahkan susu uht cair dalam penyajiannya.

Voila! hidangan bubble dengan susu sudah siap kalian nikmati. Selain menggunakan susu uht, kalian juga bisa menambahkan boba ke dalam es krim, Thai Tea, ataupun minuman berasa lezat lainnya. Bahkan, dijadikan sebagai topping kue juga oke loh…

Cara membuat boba gula merah di atas, sangat cocok untuk memberikan kesan manis yang kuat pada minuman. Biasanya, rasa dari minuman yang dipadukan dengan boba gula merah memiliki rasa pahit atau cenderung kurang manis.

Sekian pembahasan mengenai cara membuat bubble di kesempatan kali ini. Baca juga artikel cara membuat butter cream untuk resep masakan lainnya. Semoga bermanfaat. See you, and bye bye!

Related posts