Cara Melihat Screen Time Samsung

Cara Melihat Screen Time Samsung

Pentingnya mengetahui cara melihat screen time Samsung adalah sebuah keharusan. Melalui fitur  atau aplikasi untuk melihat screen time ini, kalian bisa mengetahui berapa lama berhadapan atau menggunakan smartphone. Fitur ini selain berguna bagi orang dewasa juga kerap digunakan untuk mengatur pemakaian gadget pada anak-anak.

Smartphone memang sudah menjadi suatu kebutuhan bagi banyak orang. Bahkan kini, tidak hanya orang dewasa saja yang menggunakan hp untuk mobilitas, melainkan juga anak-anak. Namun sebenarnya, hp tidak hanya memberikan dampak positif saja tetapi juga memberikan dampak negatif.

Read More

Mengenal Fitur SOT (Screen On Time)

Apa itu fitur SOT (Screen Time)ini adalah fitur yang digunakan untuk mengetahui lamanya waktu pengguna memakai perangkat gadget. Biasanya hp telah dibekali oleh fitur yang digunakan untuk mengecek SOT, sebenarnya fitur ini tidak hanya pada hp Samsung melainkan hampir di semua merk ponsel.

Screen time sebenarnya paling sering dipakai untuk menegcek lamanya waktu bermain game. Biasanya fitur ini menunjukkan pemakaian hp Samsung dalam jangka waktu tertentu.

Sebenarnya cara melihat screen time Samsung sangat mudah, karena kalian hanya perlu menggunakan fitur bawaan yang dibekalinya. Akan tetapi, jika masih kurang begitu puas, bisa memakai aplikasi tambahan. Sebab, ada banyak pilihan aplikasi untuk mengecek screen time.

Fasilitas screen time pada Samsung dapat kalian temukan lewat hp yang didukung oleh ONE UI, baik itu yang terbaru maupun yang lama. Ini artinya, kalian yang masih menggunakan hp Samsung lama sekalipun tetap dapat melihat screen time.

Cara Melihat Screen Time Samsung

Cara Melihat Screen Time Samsung
Tutorial Melihat Screen Time Samsung

Di bawah ini ada 2 pilihan cara melihat screen time Samsung, baik memakai fitur bawaan dari pabrik maupun aplikasi tambahan. Simak kedua metodenya berikut ini :

1. Memakai Fitur Bawaan dari Samsung

Melalui fitur bawaan yang disematkan pada perangkat Samsung untuk mengecek screen time, tentu saja kalian tidak perlu repot memakai tambahan aplikasi ketiga. Caranya cukup dengan memakai fitur bawaan untuk dapat mengetahui lamanya kalian selaku pengguna untuk memakai hp.

Dengan cara melihat screen time Samsung, maka kalian mempunyai batasan waktu yang cukup untuk menggunakan hp. Berikut ulasannya :

  • Silahkan masuk ke Settings perangkat hp Samsung.
  • Setelah itu, pilih device care jika ingin memulainya.
  • Jika sudah, hp secara otomatis melakukan pemindaian.
  • Selanjutnya, kalian akan melihat screen time di ponsel.
  • Di samping itu, kalian juga dapat melihat mana saja aplikasi yang banyak dipakai tepat di bawahnya.

Dengan cara melihat screen time Samsung di atas, kalian bisa mengecek detail apa saja aplikasi yang sering digunakan. Tujuan dari fitur Samsung tersebut yaitu untuk mengecek lamanya para pengguna memakai hpnya.

2. Memakai Aplikasi Parental Control

Selain menggunakan fitur bawaan, kalian juga bisa mencoba cara melihat screen time Samsung dengan memakai aplikasi.  Salah satunya adalah Parental Control yang digunakan dalam membatasi pemakaian hp untuk anak.

Apabila kalian ingin membatasi pemakaian hp untuk diri sendiri juga bisa mengandalkan aplikasi Parenal Control.  Caranya cukup dengan menginstal aplikasi kemudian buka, serta batasi pemakaian hp melalui menu yang tersedia. Untuk mengecek screen time, sebaiknya buka aplikasi dan pilih screen time.

Aplikasi Parental Control dipaka untuk melakukan pembatasan pemakaian hp sera dapat digunakan untuk mengecek pemakaian aplikasi. Adapun perbedaannya dari fitur bawaan yaitu aplikasi ini memiliki tampilan yang lebih bagus. Selain itu juga mempunyai tambahan fitur menarik dan lengkap.

Aplikasi Pembatasan Screen Time Lainnya

Selain Parental Control, kalian juga dapat menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini di samping untuk cara melihat screen time Samsung juga membatasi screen time. Berikut daftar aplikasinya :

1. Moment

Ini adalah aplikasi untuk mengukur lamanya waktu yang kalian habiskan hanya untuk menggunakan ponsel serta aplkasi apa saja yang paling banyak dibuka. Selanjutnya, aplikasi yang satu ini memiliki sesi pelatihan tertentu yang ditujukan untuk membantu membangun kebiasaan lebih baik.

2. Space

Aplikasi Space, memungkinkan kalian dapat mengendalikan hp kalian. Melalui aplikasi ini, kalian dapat melihat pencapaian serta mendapatkan berbagai macam penghargaan pada aplikasi, contohnya seperti lencana telah memenuhi tujuan batasan waktu kalian. Karena dengan aplikasi ini, pengguna dapat melihat kemajuan dan dapat menghabiskan sedikit waktu saja menggunakan hp setiap harinya.

3. ZenScreen

Jika terus menerus menggunakan hp mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur. Maka penting sekali untuk mendownload aplikasi Zenscreen. Sesudah menghabiskan sebanyak 10 menit pada hp kalian di pagi hari, maka aplikasi ini bisa memaksa kalian menghabiskan waktu 20 menit tanpa hp.

Bahkan kalian bisa menetapkan waktu tenang, batas liburan serta waktu tidur. Kalian juga dapat melihat mana saja aplikasi yang paling banyak dipakai hingga berjam-jam.

Mengenal Bahaya Screen Time Terhadap Anak

Jika kalian memiliki anak-anak yang gemar bermain gadget, maka penting sekali mengetahui bahaya screen time terhadap anak. Berikut dampaknya :

  • Kemampuan kognitif menurun
  • Membuat anak sulit untuk berkonsentrasi
  • Dapat menghambat perkembangan dan kemampuan berbahasa.
  • Mudah frustasi
  • Sulit empati

Oleh sebab itu, mengingat pengaruhnya yang buruk bagi si kecil, kalian sebaiknya membatasi screen time pada anak dengan aplikasi di atas.

Tips Agar Screen Time Pada Anak Berkualitas

Untuk usia di atas 2 tahun, kalian diperbolehkan untuk memberikan fasilitas screen time dalam waktu yang terbatas. Asalkan, kalian tetap mengawasi si kecil saat bermain smartphone. Berikut cara agar screen time pada anak tetap berkualitas.

1. Menemani si Kecil Saat Screen Time

Disarankan agar orang tua selalu menemani si kecil serta mengajaknya untuk mengobrol. Contohnya saat menonton acara Youtube Kids di ponsel, kalian bisa menanyakan apa yang ditonton anak, dan berikan pertanyaan lain terkait apa yang ditonton si kecil.

2. Mengetahui Apa yang Mereka Tonton

Tentu saja, orang tua harus mengetahui apa saja yang ditonton oleh anak saat bermain gadget atau hp. Hindari konten-konten dewasa yang bisa merusak moral dan perilaku anak, seperti konten kekerasan atau pornografi. Hal ini juga berlaku ketika mereka bermain game, pastikan tidak memberikan pengaruh yang buruk kepada si kecil.

Sebagai solusinya, kalian bisa mengalihkan pada game-game edukatif untuk mendukung kecerdasan si kecil.

3. Lakukan Kegiatan Menarik

Walaupun sebenarnya screen time tidak dilarang, namun interaksi langsung dan aktivitas fisik dengan si kecil serta mengajaknya bersosiaslisasi justru lebih baik. Kalian bisa membuat rutinitas supaya anak bermain secara outdoor atau di luar ruangan supaya tubuh mereka tetap bergerak.

Tidak sedikit orang tua merasa khawatir dengan pemakaian gadget atau screen time pada anak. Sebenarnya jika digunakan secara bijak, kalian bisa memanfaatkannya untuk dijadkan media belajar dalam melatih ketangkasan anak dan kemampuan kognitifnya.

Asalkan orang tua mengetahui cara melihat screen time Samsung bagi pengguna Samsung, dan batasi penggunaannya agar tidak memberikan dampak yang buruk bagi si kecil saat bermain game. Hal ini juga berlaku bagi kalian yang ingin membatasi penggunaan ponsel.

 

Related posts