Cara Membayar Iuran BPJS Tercepat Tanpa Tunggu Lama

Cara Membayar Iuran BPJS

Bagaimana cara membayar uang BPJS? Lantas, dengan metode apa saja pembayaran iuran BPJS dapat dilakukan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak pembahasannya dalam artikel ini!

Pengertian BPJS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS, tersedia dalam bentuk layanan kesehatan maupun ketenagakerjaan. Dengan menggunakan lembaga ini, maka peserta yang mengikuti program BPJS kesehatan maupun BPJS ketenagakerjaan akan terjamin hidupnya di masa yang akan datang.

Sebenarnya BPJS bisa langsung dikelola oleh perusahaan guna mempermudah karyawannya dalam mendapatkan jaminan, namun ada juga warga negara Indonesia yang harus membayar secara manual.

Mungkin untuk BPJS ketengakarjaan akan di tanggung pembayaran bulanannya oleh perusahaan terkait. Selain itu, ada pula BPJS kesehatan yang ditanggung pemerintah maupun dengan membayar mandiri jika bukan termasuk karyawan.

Cara Membayar Iuran BPJS

Cara Membayar Iuran BPJS
Tutorial Membayar Iuran BPJS

Cara membayar iuran BPJS sendiri sangat mudah, hal tersebut dikarenakan untuk mempermudah para peserta BPJS dalam melakukan pembayaran iuran BPJS.

Kalian akan disuguhkan 4 metode pembayaran sekaligus untuk memberikan pilihan tentang cara yang paling mudah untuk dilakukan. Jadi, bagi kalian yang harus membayar iuran BPJS secara mandiri, bisa mncoba beberapa metode di

1. Menggunakan ATM Bank yang Tertentu

Cara membayar iuran BPJS yang pertama adalah dengan membayar melalui ATM bank pilihan. Ada 3 jenis bank yang bisa digunakan untuk membayar iuran bulanan untuk pembayaran BPJS kesehatan, yaitu Bank BRI, Bank BNI, dan Bank Mandiri.

Caranya sangat mudah dilakukan, yang terpenting kalian harus mengetahui kode pembayaran untuk setiap bank yang ditunjuk. Adapun kode pembayaran yang dimaksud di antaranya :

  • Bank BRI, kode pembayaran 88888.
  • Bank BNI, kode pembayaran 88888, dan
  • Bank Mandiri, kode pembayaran 89888.

Kode tersebut selanjutnya bisa kalian masukkan berikut dengan 11 digit angka nomor virtual yang berada pada kartu BPJS kalian. Untuk lebih jelasnya, simak salah satu contoh pembayaran BPJS kesehatan melalui ATM Bank Mandiri.

  • Pastikan agar ATM merupakan ATM khusus untuk Bank Mandiri.
  • Masukan kartu ATM ke dalam mesin ATM dengan benar.
  • Tunggu hingga layar menunjukkan menu baru. Kalian cukup pilih menu ‘Bayar/Beli’.
  • Lalu pilih menu selanjutnya, yaitu menu ‘Lainnya’.
  • Lanjutkanlah dengan memilih opsi khusus untuk pembayaran BPJS.
  • Berikutnya pilihlah sesuai dengan status keanggotaan kalian, di sana ada 2 pilihan di antaranya BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakejaan. Pilihlah BPJS Kesehatan.
  • Setelah muncul tampilan baru, tekan pilihan ‘individu’ karena kalian akan membayar BPJS kesehatan yang bersifat perorangan. Jangan pilih menu ‘Badan Usaha’ karena menu tersebut untuk pembayaran iuran karyawan pada perusahaan.
  • Pada layar, masukkan kode pembayaran tadi ditambahkan dengan 11 digit angka yang terdapat pada kartu BPJS kesehatan kalian.
  • Apabila pengisian nomor-nomor tersebut dirasa sudah benar, selanjutnya pilihlah opsi ‘Benar’.
  • Langkah selanjutnya, kalian tinggal memasukkan jumlah bulan yang akan dibayar. Caranya adalah, jika ingin membayar hanya untuk 1 bulan maka masukan angkat 1, jika ingin 2 bulan sekaligus maka masukan angka 2 pada kolom yang telah disediakan.
  • Apabila sudah menentukan bulan pembayarannya, tekan ‘Benar’.
  • Terakhir, akan muncul konfirmasi mengenai pembayaran. Jika sudah yakin maka tinggal tekan ‘Ya’.

Cara pembayaran pada ATM BRI maupun ATM BNI sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pembayaran BPJS kesehatan pada ATM Mandiri. Yang paling penting adalah harus tahu kode pembayarannya agar proses pembayaran bisa berhasil.

2. Melalui Autodebet

Ini adalah cara membayar iuran BPJS paling mudah, kalian tidak perlu repot-repot lagi mengikuti prosedur dan langkah-langkah di atas, karena saldo kalian di rekening bank akan langsung terpotong untuk membayar BPJS. Jika ingin mengaktifkan metode ini, kalian harus menghubungi layanan BPJS terdekat dan beritahukan kepada Customer service di kantor BPJS, bahwa kalian ingin menggunakan pembayaran metode autodebet.

Apabila telah aktif, maka nantinya setiap bulan pada tanggal tertentu saldo pada rekening kalian akan terpotong secara otomatis. Untuk mengantisipasi agar terhindar dari denda akibat telat bayar, maka menjelang tanggal pemotongan untuk pembayaran bulanan BPJS kesehatan, harap saldo rekening kalian harus terisi terlebih dahulu.

Secara detil, akan dijelaskan cara pendaftaran autodebet untuk pembayaran iuran bulanan BPJS kesehatan.

Tahap 1 : Persyaratan Daftar Autodebet

Sebelum pergi ke kantor cabang terdekat, kalian harus mempersiapkan terlebih dahulu sejumlah dokumen sebagai syarat-syaratnya, diantaranya :

  • KTP asli bagi peserta yang memiliki nomor rekening bank BRI, Bank Mandiri, atau Bank BNI.
  • Kartu Keluarga asli.
  • Nomor kepesertaan yang bisa ditunjukkan kartu BPJS nya.
  • Alamat email aktif.
  • Rekening bank yang aktif dengan membawa buku tabungan sebagai buktinya.

Tahap 2 : Mendatangi Kantor Cabang BPJS

  • Datang ke kantor cabang BPJS terdekat.
  • Setelah di kantor cabang, hubungi langsung customer service dan sampaikan keinginan untuk mengaktifkan autodebet pembayaran BPJS.
  • Isilah formulir yang diberikan oleh customer service untuk selanjutnya akan di proses oleh pihak BPJS.

Biaya pendaftaran yang dibebankan oleh BPJS kepada peserta yaitu hanya Rp. 2.500. Sementar jika kalian ingin mendaftarkan autodebet secara langsung untuk keluarga, misalnya 4 peserta sekaligus, maka biaya yang dibebankan adalah Rp. 10.000.

3. Melalui Indomaret

BPJS kesehatan bekerja sama dengan Indomaret terkait pembayaran iuran BPJS kesehatan agar peserta BPJS bisa dengan mudah melakukan pembayaran. Berikut langkah cara membayar iuran BPJS di Indomaret :

  • Pastikan agar kartu BPJS dibawa pada saat pergi ke Indomaret. Atau jika tidak dibawa, maka nomor BPJS bisa di tulis pada secarik kertas.
  • Datanglah ke gerai indomaret terdekat yang berada di sekitar rumah kalian.
  • Bawalah sejumlah uang sesuai dengan pembayaran bulannya. Namun kalian harus membawa uang tambahan dengan jumlah Rp. 2.500 yang digunakan untuk pembayaran BPJS khusus bagi kategori kelas 2.
  • Kasir akan menanyakan nomor BPJS kalian, berikan nomor BPJS nya.
  • Tunggu beberapa saat hingga kasir akan meminta sejumlah uang untuk pembayarannya.
  • Berikan uangnya lalu ambil struk pembayaran sebagai bukti bahwa kalian telah membayar iuran BPJS melalui indomaret.

4. Melalui Kantor Pos

Cara selanjutnya bisa mendatangi kantor pos terdekat. Kalian tidak perlu bingung untuk mendatangi kantor pos karena di setiap kecamatan sudah berdiri kantor pos. Oleh karena itu, bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS kesehatan.

Fungsi kantor pos sendiri ada banyak, mulai dari jasa pengiriman barang, pembayaran iuran BPJS, hingga pembayaran cicilan kredit bisa dilakukan. Maka dari itu, jika kalian kebetulan hendak melakukan pengiriman barang di kantor pos, kalian bisa sekaligus melakukan pembayaran iuran BPJS di kantor pos.

Caranya sangat mudah, cukup memberitahukan tujuan kalian untuk membayar BPJS ke staf yang bertugas. Kemudian bayar iuran sesuai yang tertera atau yang ditagihkan.

Itulah cara membayar iuran BPJS yang bisa kalian lakukan, sebenarnya ada 2 cara lagi yang bisa kalian coba yaitu internet banking dan SMS Banking. Kedua cara ini bisa kalian lakukan jika sudah mengaktifkan layanan iBanking dan SMS banking. Meskipun demikian, jika belum mengaktifkannya, kalian masih bisa menggunakan cara di atas.

 

Related posts