Cara Membersihkan Memori Internal

Cara Membersihkan Memori Internal

Tahukah kalian bagaimana cara membersihkan memori internal? Memori internal pada hp memiliki peranan penting sebagai media penyimpanan file di hp.

Memori internal adalah salah satu komponen yang ada di setiap perangkat smartphone baik yang menggunakan sistem operasi android maupun sistem operasi iOS. 

Read More

Fungsi dari memori internal adalah sebagai tempat penyimpanan sistem dan penyimpanan berbagai data. Mulai dari penyimpanan hasil download yang didapat dari internet, hasil jepretan kamera berupa foto-foto dan juga video, serta aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang sengaja di instal untuk kebutuhan pribadi atau urusan pekerjaan.

Setiap seri smartphone dengan merek apapun, tentunya memiliki standar masing-masing untuk ukuran kapasitas memori internal berdasarkan dari seri yang di edar kan di pasaran. Biasanya untuk ukuran kapasitas memori internal yaitu disesuaikan dengan harganya. Namun secara umum seri hp dibagi ke dalam kelas menengah ke bawah dan kelas menengah ke atas.

Semakin mahal harga hp smartphone, maka biasanya kapasitas memori internal akan semakin besar, sebaliknya jika harganya murah maka kapasitas memori internal dibekali dengan kapasitas yang seadanya.

Perbedaan Memori Internal dan Memori Eksternal

Memori internal dengan memori eksternal secara fungsi sama-sama untuk menyimpan berbagai data penting, namun jika dilihat lebih dalam ternyata ada perbedaannya. Berikut perbedaan antara memori eksternal dan internal :

1. Memori Internal

Memori internal lebih dikenal dengan tempat penyimpanan utama yang diakses langsung oleh prosesor. Fungsi utama memori internal tentunya sistem yang beroperasi bisa dijalankan dengan baik untuk membuka berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Untuk menjalankan kamera, maka sistem yang sudah berjalan pada memori internal akan mengakses kamera tersebut sehingga kamera bisa dijalankan dengan baik. Begitu juga dengan fitur-fitur lainnya yang ada pada HP.

Selain itu, memori internal bisa di gunakan untuk berbagai macam penyimpanan seperti dokumen pribadi, foto, video, data-data hasil download dari internet, dan masih banyak lagi. Namun kelemahan dari memori internal adalah jika HP dilakukan reset ulang karena sesuatu hal, maka data-data pribadi akan terhapus jika sebelumnya tidak dipindahkan.

2. Memori Eksternal

Memori eksternal adalah perangkat keras yang tersedia berbentuk microchip atau kartu berukuran kecil (MicroSD) untuk penyimpanan tambahan yang bersifat tetap. Ukuran dari memori eksternal bermacam-macam mulai dari belasan Giga Byte, puluhan Giga Byte, hingga ratusan Giga Byte tergantung dari kebutuhan pribadi.

Kelebihan dari memori eksternal adalah jika menyimpan data-data pribadi pada memori eksternal lalu HP kalian di reset maka datanya tidak akan ikut terhapus.

Namun kelemahannya adalah tidak semua HP kompatibel dengan salah satu memori eksternal, dengan begitu lebih baik pilih memori eksternal yang bersifat universal agar bisa dipakai pada berbagai HP.

Dampak Memori Internal Yang Jarang Dibersihkan

Mengingat pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai cara membersihkan memori internal, maka sebelumnya kalian perlu memahami dampak apabila memori internal jarang dibersihkan.

Hal tersebut bertujuan agar kalian selalu rajin membersihkan memori internal sebagai upaya optimalisasi kinerja ponsel. Berikut dampak jika memori internal jarang dibersihkan :

1. Mengurangi Kinerja HP

Jika memori internal tidak dibersihkan secara berkala, maka dampak yang akan terasa bagi pengguna adalah dapat mengurangi kinerja HP. Seperti yang telah diketahui bahwa saat ini HP Smartphone bisa dipakai untuk mengakses beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu, atau istilah nya adalah multi tasking.

Apabila memori internal tidak dibersihkan, maka dampaknya dapat mengurangi kinerja HP yang semula bisa multi tasking, menjadi hanya 1 aplikasi saja yang bisa di buka.

2. Performa HP Berkurang

Apabila HP sering nge-hang, maka bisa jadi memori internal HP kalian sudah penuh. Untuk menghindari hal tersebut kalian bisa segera menghapus file-file sampah dan file-file lainnya yang menyebabkan performa HP berkurang.

3. Tidak Bisa Instal Aplikasi

Jika kalian ingin instal aplikasi yang sangat dibutuhkan untuk kepentingan pribadi, apabila ternyata memori internal sudah penuh maka tidak akan bisa instal aplikasi tersebut.

Justru sistem akan memberikan opsi lainnya agar aplikasi tersebut bisa di instal yaitu dengan memberikan pilihan menghapus beberapa aplikasi yang sudah di instal sebelumnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, lebih baik menghapus file-file yang tidak diperlukan. 

Cara Membersihkan Memori Internal

Cara Membersihkan Memori Internal
Membersihkan Memori Internal Hp

Setelah memahami dampak yang terjadi apabila memori internal tidak dibersihkan. Selanjutnya yang kalian perlukan adalah mengetahui bagaimana cara membersihkan memori internal. Dengan tujuan agar ruang kosong pada memori internal lebih lega. 

Berikut cara membersihkan memori internal pada hp :

1. Menghapus atau Memindahkan File Foto dan Video

Secara umum, hasil dari jepretan kamera baik itu berupa file foto dan file video akan secara otomatis tersimpan pada memori internal. Jika sebelumnya settinggannya diubah ke penyimpanan eksternal mungkin bisa di skip cara ini. Akan tetapi, jika settingan tetap pada settingan default, lebih baik ikuti cara membersihkan memori internal hp untuk menambah ruang kosong pada memori internal :

  • Persiapkan terlebih dahulu beberapa peralatannya seperti perangkat tambahan (PC) dan kabel data.

  • Nyalakan PC untuk memulai memindahkan file-file foto dan video yang ada pada memori internal.

  • Berikutnya, sambungkan HP kalian ke PC dengan menggunakan kabel data.

  • Jika ada notifikasi mengenai tindakan yang akan dilakukan, pilihlah tindakan untuk mentransfer file dari HP ke perangkat lain.

  • Buka pada PC bagian explore lalu sorot pada bagian kiri tepatnya memori internal HP yang sudah terdeteksi pada PC.

  • Buka memori internal HP tersebut lalu pilihlah folder DCIM.

  • Semua file foto dan video ada pada folder tersebut, lalu pindahkan semua fotonya atau jika ingin di seleksi lakukan penyeleksian terlebih dahulu.

  • Setelah selesai, pindahkan file-file tersebut pada folder yang sudah disiapkan di PC.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka ukuran memori internal akan lebih kosong dibandingkan sebelumnya. Karena kalian sudah mentransfer file foto dan video ke perangkat lain.

Cara membersihkan memori internal hp selanjutnya yaitu jika kalian memang tidak benar-benar perlu file foto dan video dipindahkan ke perangkat lain. Maka caranya bisa langsung menghapusnya dari HP secara langsung.

2. Menggunakan Fitur Pembersih Bawaan

Setiap merek HP tentunya memiliki fitur ini, sehingga kalian tidak perlu mendownload aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan memori internal. Terutama membersihkan hp dari file-file sampah seperti cache, thumbnail, dan sebagainya. Ini cara membersihkan memori internal hp dengan fitur bawaan :

  • Buka fitur pembersih yang ada pada setiap seri HP. Biasanya fitur ini ada pada bagian file manager.

  • Lakukan scanning pada keseluruhan memori inernal untuk mendapatkan file sampah yang akan dihapus.

  • Tunggu beberapa saat hingga proses scanning selesai. Secara umum jika memori internal sangat jarang dibesihkan maka proses scaning akan berlangsung cukup lama. Namun sebaliknya, jika rajin membersihkan memori internal maka proses scanning akan berlangsung cepat.

  • Hapus file sampah dengan klik tombol pembersih yang tersedia.

Dengan melakukan beberapa langkah sederhana diatas, maka memori internal HP kalian akan tetap terjaga sehingga performa HP berjalan dengan baik. Silahkan lakukan cara membersihkan memori internal hp di atas secara rutin.

Related posts