Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan

Selain memperhatikan operating system, dalam penggunaan smartphone juga harus memperhatikan ruang penyimpanan. Adapun salah satu fungsi penyimpanan yang ada pada smartphone adalah untuk memberikan ruang khusus untuk menjalankan aplikasi bawaan dan aplikasi lainnya. Saat ruang penyimpanan sudah full biasanya membuat kinerja smartphone menjadi berat. Inilah kenapa kalian harus tahu cara membersihkan ruang penyimpanan.

Pada beberapa smartphone, biasanya akan tersedia slot tambahan memori eksternal untuk menyimpan berbagai macam file atau untuk menyimpan hasil install aplikasi yang bukan bawaan. Karena begitu pentingnya ruang penyimpanan, maka tidak sedikit smartphone yang menambahkan slot khusus untuk microSD.

Read More

Jenis Ruang Penyimpanan Smartphone

Ada 2 jenis ruang penyimpanan smartphone yang perlu kalian ketahui, yaitu ruang penyimpanan internal dan ruang penyimpanan eksternal. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyimpan berbagai macam file yang dibutuhkan oleh penggunanya. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan kedua jenis ruang penyimpanan yang ada pada smartphone :

1. Ruang Penyimpanan Internal

Ruang penyimpanan internal adalah ruang penyimpanan berdasarkan setelan pabrik yang tersemat sebagai spesifikasi smartphone itu sendiri. Biasanya secara umum ruang penyimpanan sudah dalam skala Gigabyte. Bahkan untuk smartphone tertentu bisa mencapai puluhan gigabyte hanya untuk ruang penyimpanan internal. Tentu saja seri yang menyediakan ruang sebesar itu adalah pada smartphone premium dengan harga cukup fantastis.

2. Ruang penyimpanan eksternal

Ruang penyimpanan eksternal biasanya bisa dimasukkan pada slot khusus yang berada di samping kiri/kanan smartphone dekat dengan kartu selulernya. Penambahan ukuran ruang penyimpanan eksternal biasanya dalam bentuk microSD.

Kemampuan sebuah smartphone ketika akan menyisipkan microSD tergantung dari spesifikasinya, karena ada yang hanya bisa dimasukkan microSD hanya 64 GB, 128 GB, bahkan ada juga bisa disisipka microSD di atas 128 GB.

Perkembangan teknologi saat ini tentu saja membutuhkan ruang penyimpanan yang besar untuk menyimpan berbagai macam file penting. Hal ini mengingat smartphone bukan hanya untuk melakukan panggilan telepon maupun SMS saja, namun lebih diarahkan agar orang saat ini bisa lebih produktif hanya dalam 1 genggaman smartphone saja.

Permasalahan Ruang Penyimpanan Yang Perlu Diketahui

Permasalahan pada ruang penyimpanan biasanya akan timbul apabila ruang penyimpanan internal ataupun ruang penyimpanan eksternal sudah dipakai lebih dari 80 %. Hal tersebut akan memaksa kalian untuk menghapus satu atau beberapa file yang tentunya akan sangat merugikan.

Penghapusan file tersebut memang bisa menyelesaikan masalah ruang penyimpanan yang sudah penuh, akan tetapi tentu saja kalian akan kehilangan file penting tersebut. File penting yang dimaksudkan bisa berupa dokumen-dokumen, lagu-lagu kesukaan, hingga video yang yang telah dibuat atau film-film yang telah didownload sebelumnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, tentu saja kalian perlu melakukan berbagai cara untuk membersihkan ruang penyimpanan agar aktifitas kalian bisa kembali produktif.

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan
Membersihkan Ruang Penyimpanan

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya bahwa ruang penyimpanan yang telah mencapai lebih dari 80 % akan memaksa kalian untuk menghapus file-file penting atau aplikasi yang harus dihapus. Namun, hal ini bisa diminimalisir tanpa harus menghapusnya karena begitu banyak cara yang bisa kalian lakukan.

Adapun beberapa cara membersihkan ruang penyimpanan bisa dengan memindahkan file-file penting kedalam perangkat lain, menghapus file sampah yang tidak diperlukan, hingga memaksimalkan penggunaan ruang memori eksternal agar ruang penyimpanan internal bisa aman dari pemakaian yang tidak terlalu penting.

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan cara membersihkan ruang penyimpanan pada smartphone dibawah ini :

1. Memindahkan File Penting ke Perangkat Lain

Ada cara yang paling mudah dilakukan agar ruang penyimpanan bersih dari file-file yang sudah kalian download. Caranya adalah dengan memindahkan file-file tersebut pada perangkat lain seperti pada komputer/laptop yang memiliki kapasitas penyimpanan sangat besar. Berikut cara membersihkan ruang penyimpanan di smartphone :

  • Persiapkan terlebih dahulu perangkat lainnya seperti komputer, dan jangan lupa kabel USB sebagai penghubung utama antara smartphone dengan komputer.
  • Hubungkan smartphone dengan komputer menggunakan kabel USB, pastikan agar pengaturan pada smartphone bisa digunakan untuk transfer file.
  • Setelah itu, masuk pada menu eksplore pada komputer dan cari perangkat smartphone untuk membuka memori internal/eksternal yang bisa dibuka melalui komputer.
  • Jika sudah masuk pada memori penyimpanan, kalian bisa muiai memindahkan file-file penting seperti dokumen yang ada pada folder dokumen, lagu pada folder music, dan video yang tersiman pada folder video.
  • Untuk file-file lainnya bisa masuk pada folder agar bisa mendapatkan file yang akan dipindahkan dari smartphone ke komputer.
  • Pilihlah file yang akan kalian pindahkan tersebut dengan memilih salah satu atau beberapa file, lalu pindahkan kedalam komputer.
  • Setelah semuanya selesai maka lihatlah ruang penyimpanan smartphone kalian sudah kembali normal dan bisa digunakan kembali untuk menyimpan file baru.

Salah satu kelebihan dari cara pertama ini adalah, kalian tetap bisa membuka file-file tersebut dengan mudah namun melalui komputer.

2. Menghapus File Sampah yang Tidak Diperlukan

Cara membersihkan ruang penyimpanan lainnya adalah bisa menghapus file-file sampah yang tidak dibutuhkan. Adapun file sampah yang cukup besar memakan memori penyimpanan adalah file cache yang selalu ada ketika membuka aplikasi tertentu.

Caranya bisa dengan cara manual dengan masuk satu per satu aplikasina melalui menu settings. Namun bagi kalian yang ingin cara sederhana namun efektif lebih baik menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi file sampah agar benar-benar terhapus dari smartphone kalian.

Sebagai reklomendasi bagi kalian yang membutuhkan aplikasi pembersih sampah yaitu CCleaner, cleaner for android dan AVG Cleaner. Sebagai contoh tutorial penggunaannya yaitu pada AVG Cleaner, dengan cara :

  • Install terlebih dahulu aplikasi AVG Cleaner yang bisa didapatkan dari Google Play Store bagi pengguna android atau bisa melalui Apps Store jika menggunakan iPhone.
  • Setelah aplikasinya terinstal, buka aplikasi tersebut lalu pilih izinkan semua jika pada saat membuka aplikasi membutuhkan perizinan.
  • Pada halaman beranda dari aplikasi AVG Cleaner, kalian diwajibkan untuk scanning seuruh ruang penyimpanan.
  • Apabila sudah semua di scan, maka langkah terakhir adalah dengan cara menghapus semua file sampah.
  • Setelah selesai, maka ruang penyimpanan smartphone kalian bisa digunakan untuk mengisi file lainnya.

3. Memaksimalkan microSD

Perbandingan antara ruang penyimpanan internal dengan ruang penyimpanan eksternal dilihat dari fungsinya justru lebih penting ruang penyimpanan internal karena sistem yang menggerakkan smartphone sepenuhnya menggunakan ruang penyimpanan internal.

Karena begitu pentingnya ruang penyimpanan internal, maka sebaiknya kalian harus benar-benar menjaga agar kapasitas berada di bawah 60 % karena berhubungan dengan performa smartphone.

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan ruang penyimpanan eksternal berupa microSD untuk menyimpan berbagai file penting. Dengan begitu, ruang penyimpanan internal kalian bisa aman dari segala file yang telah kalian download.

Dengan cara membersihkan ruang penyimpanan di smartphone, bisa membuat performa smartphone kalian lebih baik lagi untuk diajak berselancar. Kalian bisa lebih leluasa saat menggunakan smartphone untuk bermain game atau lainnya.

Related posts