Cara Melihat FUP Indihome

Cara melilhat FUP Indihome dapat dilakukan sebagai upaya agar kalian lebih bijak mengakses internet, sekaligus menjaga supaya kualitas internet dari IndiHome tetap stabil. FUP merupakan singkatan dari Fair Usage Policy. Lantas, apa yang dimaksud dengan FUP?

FUP Indihome

FUP (Fair Usage Policy) merupakan sebuah pengaturan yang telah ditetapkan pada paket  Indihome unlimited. Fungsi FUP yaitu menurunkan akses kecepatan layanan internet ketika pengguna Indihome telah melewati limit penggunaan kuota internet.

Read More

Bahkan provider internet yang ada di Indonesia telah menetapkan kebijakan dan ketentuan FUP berbeda pada paket penjualannya. Paket internet Indihome yang ditawarkan telah mempunyai batas pemakaian yang wajar, dengan batas penggunaan yang juga berbeda.

Ada 2 batas FUP pada setiap pilihan paket internet Indihome. Apabila batas FUP yang pertama telah dilewati, akan terjadi penurunan kecepatan internet 25% dari semula. Jadi, jika kalian telah menghabiskan kuota melebihi batas pemakaian yang diberikan Indhome, kecepatan internet maksimal yang kalian dapat hanya 75% saja sesudah FUP pertama dilewati.

JIka batas FUP yang kedua sudah dilewati, maka kecepatan akan turun kembali dari 75%. Maksimal batas kecepatan internet dari Indihome, apabila batas FUP yang kedua telah dilewati, yaitu kecepatannya akan turun hingga 60%. Jadi, kecepatan akses internet maksimal ketika melewati batas penggunaan FUP yang kedua yaitu hanya 40%-nya saja.

Batas pemakaian FUP internet unlimited Indihome berlaku setiap bulan, jadi apabila di bulan ini kalian telah melewati batas FUP. Ini artinya, untuk memperoleh kecepatan akses internet normal lagi di IndiHome, maka harus menunggu lagi bulan depan.

Terkait:  Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome

Batas Pemakaian FUP Indihome

Berikut ini batas pemakaian FUP untuk paket unlimited Indihome, berikut ini :

1. FUP 10 Mbps

Pengguna akan mendapatkan batas FUP hingga 300 GB untuk paket Indihome 10 Mbps. Akan tetapi, di tahun 2022 pihak Telkom telah memberikan bonus sebesar 50GB, jadi batas FUP bertambah menjadi sebesar 350 GB. Jika pemakaian internet Indihome sudah mencapai 350GB, akan terjadi penurunan kecepatan internet hingga 75% atau sekitar 7.5 Mbps. Selanjutnya, apabila penggunaan internet di atas 400GB akan diturunkan lagi menjadi 4 Mbps atau 40%.

2. FUP 20 Mbps

Pada paket Indihome dengan kecepatan 20 Mbps, maka batas FUP-nya sampai 500GB. Setelah melewati 500GB,kecepatan internet menurun menjadi 75% atau 15 Mbps. Selanjutnya, jika penggunaan internet telah mencapai 800 GB, kecepatan akan diturunkan kembali menjadi 40% atau 8 Mbps.

3. FUP 30 Mbps

Untuk batas penggunaan wajar paket Indihome kecepatan 30 Mbps, sebesar 700 GB. Sesudah melewati 700 GB, maka kecepatan internet turun menjadi 75% atau sekitara 22,5 Mbps. Kemudian, jika sudah mencapai 1200GB, kecepatan diturunkan lagi menjadi 12 Mbps.

4. FUP 40 Mbps

Batas FUP pada paket Indihome 40 Mbps yaitu 900 GB. Jika sudah mencapai 900GB, kecepatan internet turun lagi menjadi 30 Mbps. Kemudian jika sudah melewati 1600GB, akan diturunkan kembali kecepatannya hingga menjadi 15 Mbps.

5. FUP 50 Mbps

Kalian bisa mendapatkan batas FUP 1200GB jika berlangganan paket Indihome dengan kecepatan 50Mbps. Jika sudah melewati 1200 GB, kecepatan akses internetnya akan diturunkan hingga 37,5 Mbps. Sesudah mencapai 2000GB, kecepatan akan diturunkan kembali jadi 20 Mbps.

6. FUP 100 MBps

Untuk paket internet 100 Mbps sendiri mencapai 2000 GB. Jika sudah melewati batas FUP, kecepatan internet menurun jadi 50 Mbps.  Namun kalian harus tahu bahwa tidak ada kesempatan FUP kedua pada paket ini. Sehingga kecepatan internet terus stabil di 50 Mbps sesudah melewati FUP tersebut.

Terkait:  Cara Beli WiFi ID

Mengingat Indihome menerapkan sistem batas FUP di semua layanan paket internet, tentu kalian wajib menghemat kuota supaya kecepatan internetnya tidak turun. Untuk mengantisipasinya, kalian harus tahu cara melihat FUP Indihome agar bisa mengeceknya secara berkala.

Cara Melihat FUP Indihome

Cara Melihat FUP Indihome
Tutorial Melihat FUP Indihome

Jika kalian ingin mengecek batas pemakaian FUP Indihome, maka ada beberapa cara melihat FUP Indihome yang dapat dilakukan berikut ini :

1. Melihat FUP Indihome via Aplikasi My Indihome

Bagi pengguna iPhone dan android, kalian bisa memakai aplikasi MyIndihome untuk mengecek FUP Indihome. Berikut langkah-langkah cara melihat FUP Indihome via Hp :

  • Download MyIndihome via App Store bagi pengguna iPhone dan Play Store via android.
  • Lakukan pendaftaran atau membuat akun di My Indihome terlebih dahulu, apabila kalian belum mempunyai akunnya, tekan Register.
  • Sesudah mempunyai akun, silahkan login atau masuk ke akun tersebut, caranya dengan tekan login. Setelah itu, akan masuk ke verifikasi OTP, silahkan masukkan nomor telepon atau Hp yang dipakai ketika register. Selanjutnya, tunggu sampai muncul SMS OTP dan inputkan kode verifikasi OTP. Jika sudah, kalian bisa langsung masuk ke beranda MyIndihome.
  • Tekan opsi tiga titik di sebelah kanan pada bagian atas kolom internet.
  • Klik Lihat Penggunaan. Selanjutnya, akan ditampilkan pemakaian internet dari mulai tanggal 1 sampai sekarang. Cocokkan dengan batas FUP yang sudah dijelaskan di atas. Kini, kalian dapat menentukan apakah akses internet telah melebihi batas FUP ataukah belum.
  • Tekan tombol silang dan tutup informasi pemakaian internet.

Menurut informasi, sayangnya untuk versi aplikasi MyIndihome sekarang ternyata informasi batas penggunaan FUP tidak ada lagi. Namun untuk mendapatkan keterangan lebih lengkap bisa mencoba website My Indihome.

Terkait:  Cara Login Indihome

2. Melihat FUP Indihome Lewat Website Resmi

Cara melihat FUP Indihome selanjutnya adalah melalui website MyIndihome dengan informasi terkait batas FUP lebih jelas. Caranya sebenarnya sama seperti cara di atas, hanya saja kalian mengaksesnya lewat situs web.

  • Buat situs web resmi di Indihome.co.id.
  • Silahkan daftar atau buat akun baru jika kalian belum mempunyai akun MyIndihome. Cukup dengan tekan Daftar Akun, kemudian ikuti alur registrasinya sampai selesai.
  • Masuk ke MyIndihome, caranya tekan Masuk di samping kanan bagian atas. Kemudian inputkan email atau nomor hp kalian dan tekan login. Silahkan inputkan kod OTP untuk verifikasi yang dikirim langsung ke nomor hp kalian. Selanjutnya,kalian bisa langsung login.
  • Tekan lihat detail di samping kanan pada kotak bertuliskan layanan yang anda miliki.
  • Pilih Lihat Penggunaan di bagian internet. Selanjutnya, akan lanagsung tampil penggunaan Indihome yang digunakaan sampai bulan ini. Ada juga informasi mengenai batas penggunaan FUP paket internet kalian.

3. Melihaat FUP Indihome Melalui SMS

Selain melalui aplikasi dan website MyIndihome, kalian juga dapat mengecek FUP Indihome lewat SMS. Berikut ulasannya :

  • Buka SMS di hp yang biasa dipakai untuk pengiriman SMS.
  • Tekan pesana baru dan ikuti format ini : ISP(spasi)nomorID atau ISP(sspasi)IH(Spasi)kodeareaa+nomorteleponlayananIndihome.

Namun terkadang ada kasus dimana ketika penggunaan internet belum sampai batas pemakaian di atas, akan tetapi kecepatan menurun, jangan heran. Karena kebijakan dari  FUP Indihome sendiri bisa berubah setiap waktu. Untuk mengetahui tentang status FUP pada paket internet lebih akurat, sebaiknya langsung menghubungi layanan Customer Service.

Kalian bisa menghubungi layanan CS lewat Twitter, Fanspage Facebook, serta telepon ke nomor 147. Untuk menghubungi lewat FB, silahkan cek akun resmi dari Indihome. Kemudian tanyakan mengenai status FUP lewat chat.

Semua cara melihat FUP Indihome di atas dapat dilakukan untuk mengecek FUP internet Indihome agar kalian bisa lebih bijak menggunakan paket internet Indihome.

 

Related posts