Cara Melacak Hp Vivo yang Hilang

Cara Melacak Hp Vivo yang Hilang

Hp Vivo merupakan salah satu produk smartphone terbaik yang harganya cukup terjangkau. Namun spek yang dimiliki oleh hp Vivo juga hampir menyaingi smartphone-smartphone kelas atas. Hp ini bahkan telah menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. Inilah kenapa, saat kehilangan Vivo, kalian pasti akan merasa panik. Coba cek cara melacak hp Vivo yang hilang!

Vivo termasuk vendor ternama yang ada di Indonesia. Pabrikan ini sebenarnya sudah cukup banyak meluncurkan hp-hp terbaik. Bahkan vivo disebut-sebut sebagai peringkat 5 besar vendor terbaik di Indonesia. Vivo memang sudah cukup terkenal bagi banyak orang, terlebih iklan produk Vivo cukup gencar.

Read More

Di Indonesia, Vivo telah menghadirkan banyak pilihan seri. Untuk seri yang termurah yaitu Vivo seri Y denggan harga Rp. 1 hingga RP. 2 jutaan. Bahkan beberapa, harganya ada yang dibanderol Rp. 3 jutaan.

Salah satu andalan produk Vivo yaitu seri V. Ini adalah seri yang sudah hadir lama di Indonesia, bahkan selalu ditunggu peluncurannya. Seri V seringkali dijadaikan andalan sebab biasanya marketing atau promosi seri V tersebut lebih besaar dibandingkan seri lainnya. Bahkan seri V seringkali membuat banyak orang menjadikannya sebagai ikon Vivo.

Cara Melacak Hp Vivo yang Hilang

Cara Melacak Hp Vivo yang Hilang
Melacak Hp Vivo yang Hilang

Antisipasi Hp Hilang yang Perlu Kalian Ketahui

Sebelum lanjut ke cara melacak hp Vivo yang hilang, alangkah baiknya kalian mengetahui beberapaa metode antisipasi yang harus dilakukan :

1. Pakai Kata Sandi

Kalian harus mengaatur kata sandi atau PIN yang kuat. Ingat, jangan pernah memakai susunan huruf atau angka yang gampang ditebak.

Apabila seseorang mengambil atau menemukan ponsel, maka hal yang dilakukan pertama kali ialah dengan membukanya memakai kode sederhana. Hal tersebut bisa menimbulkan beberapa masalah.

Jika ingin mengaktifkan kata sandi atau PIN di android, akses setting kemudian tekan security dan pilih Screen Lock pada bagian bawah device security. Selanjnutnya pilih pola kunci sesuai keinginan dan masukkan kode yang baru, baik berbentuk pola atau sandi.

Untuk pengguna iOS, kaliana bisa mengaktifkan kata sandi dengan cara buka settting dan tekan Face ID & Pasascode sesuaikaan perangkat dan aktifkan passcode lalu inputkan kata sandi yang baru.

2. Mengaktifkan Find My Device

Selanjutnya yaitu dengan menggunakan fitur Find My Device.Cara ini sangat berguna sekali bagi kalian yang kehilangan Hp Vivo karena bisa dengan mudah menemukan perangkat dari jarak jauh.

Selain menemukan perangkat, kalian juga bisa melakukan pengontrolan jarak jauh dengan menonaktifkan lalu menghapus data-data penting yang ada di Hp Vivo tersebut.

Karena Hp Vivo menggunakan sistem android, maka secara umum untuk mengaktifkan fitur Find My Device bisa dilakukan dengan masuk terlebih dahulu ke menu Settings, lalu pilih menu Security. Pada menu tersebut kalian tinggal pilih Find My Device dan diakhiri dengan mengaktifkan toggle.

3. Backup Semua Data Hp

Semua tipe dan jenis hp android mempunyai fitur penyimpanan yang berbeda. Jika android memiliki Google Drive, maka iOS memililki iCloud. Kalian bisa memanfaatkan Google Drive ketika mencadangkan semua data seperti dokumen, foto, atau video. Sementara bagi pengguna iPhone bisa mencadangkannya ke iCloud.

Silahkan lakukan backup semua data hp ke GDrive atau iCloud tergantung perangkat yang digunakan untuk keamanan.

Tutorial Melacak Hp Vivo yang Hilang

1. Melacak Hp Vivo yang Hilang dengan Find My Device

Bagi pemilik Vivo yang sedang mencari hp yang hilang, kalian bisa langsung menggunakan aplikasi My Device yang sudah diaktifkan sebelumnya. Cara ini efektif dilakukan bagi pengguna Vivo Y71, Y65, Y53, V5, hingga Vivo V9 :

  • Silahkan pinjam hp milik tetangga, keluarga atau teman. Selain itu, kalian juga bisa memakai PC atau laptop.
  • Untuk melacak ponsel yang hilang, download lalu pasang Find My Device di Play Store.
  • Bagi yang memakai perangkat PC atau laptop, buka peramban lebih dahulu lalu masuk ke web resmi dari Find My Device.
  • Setelah itu, silahkan login menggunakan akun Google alias Gmail yang akunnya sama seperti akun hp Vivo yang hilang.
  • Jika sudah berhasil, silahkan tunggu pelacakan posisi hp Vivo kalian saat ini di akun dan temukan lokasi hp Vivo tersebut.
  • Di aplikasi, akan ditampilkan peta posisi keberadaan hp terakhir kali.
  • Ada 3 fitur menarik yang bisa dipakai sesaat sesudah hp Vivo terlacak. Kalian bisa menderingkan hp tersebut dalam jarak jauh, bisa juga dengan mereset data-data di hp tersebut kemudian menghapusnya. Ada lagi fitur pengunci perangkat supaya tidak dapat diakses orang lain.

2. Melacak Hp Vivo yang Hilang via WA

Cara melacak hp Vivo yang hilang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Metode ini sangat mudah, kalian hanya perlu mengikuti proses pelacakan hp Vivo via WhatsApp berikut :

  • Buka WhatsApp dan cari nomor atau kontak yang sedang kalian cari keberadaannya.
  • Ketuk kontak yang dicari, silahkan masuk ke dalam opsi ruang chat atau percakapan.
  • Klik ikon attach atau lampiran, selanjutnya akan muncul pilihan seperti galeri, dokumen, kontak, kamera dan lokasi. Silahkan pilih di bagian lokasi lalu share lokasi terkini kalian.
  • Ketuk opsi ‘Bagikan Lokasi Terkini’, selanjutnya akan muncul informasi lanjutan di kotak yang tersedia. Silahkan tekan ‘Lanjut’.
  • Setelah itu, akan ditampilkan kontak berisikan pilihan jangka waktu. Silahkan pilih waktu untuk berbagi lokasi, dengan waktu paling lama adalah 8 jam. Tekan ‘berikutnya’.
  • Kalian akan masuk ke ruang chatting kembali. Setelah itu, akan ditampilkan lokasi yang tetlah kalian bagikan ke kontak hp Vivo yang hilang.
  • Tekan lokasi yang telah dibagikan, pada kotak opsi, silahkan pilih ‘melihat lokasi ini’.
  • Jika sudah, lokasi yaang dikirimkan akan ditampillkan di ponsel penerima lokasi. Secara otomatis ponsel penerima akan mengetahui keberadaan atau lokasai kalian.
  • Klik ‘arah’ lalu masuk ke dalam Google Maps. Nantinya, Google Maps akan langsung mengarahkaan kalian untuk menerima lokasi keberadaan ponsel yang hilang.

3. Melacak Hp Vivo yang Hilang Ketika Kehabisan Daya

Cara melacak hp vivo yang hilang dengan WhatsApp bisa dilakukan jika hp dalam kondisi menyala. Lalu, bagaimana apabila hp vivo kalian kehabisan daya baterai dan mati? maka bisa mencoba langkaah pelacakan berikut :

  • Masuk ke dalam Google Maps, tekan pilihan garis tiga di samping kiri bagian atas.
  • Tekan pilihan segitiga kecil tepat di samping kanan.
  • Pilih ‘Tambahkan akun’.
  • Ketik akun email yang sudah terdaftar di perangkata hp vivo yang hilang, dan tekan ‘selanjutnya’.
  • Masukkan password dan username.
  • Tekan ‘Saya Setuju’.
  • Pililh ikon segitiga kecil di samping kanan atas.
  • Tekan ‘Linimasa’.
  • Klik OK.

Jika sudah selesai, kalian akan ditampilkan lokasi dan posisi hp kalian berada di layar maps.

Mengalami kejadian hp yang hilang tentu bukan hal menyenangkan, apalagi jika hp tersebut harganya cukup mahal. Jadi, jangan tunggu lama untuk mempraktekkan cara melacak hp Vivo yang hilang di atas!

 

Related posts