Cara Gadai BPKB Motor

Cara Gadai BPKB Motor
Cara Gadai BPKB Motor

Seseorang yang melakukan transaksi pembelian suatu unit kendaraan. Orang tersebut  pasti akan mendapatkan BPKB kendaraan tersebut. Mau itu kendaraan roda dua, atau roda empat. Selain itu, surat tersebut juga dapat kalian manfaatkan untuk mempraktekan cara gadai BPKB motor. Ya, bisa dijadikan sebagai jaminan konkret, dan legal di berbagai perusahaan finansial.

Karena termasuk ke dalam salah satu surat berharga. Makanya, ketika ada pemilik kendaraan yang kehilangan BPKB. Dirinya, harus mengeluarkan sejumlah uang rupiah dalam nominal yang cukup besar. Kurang lebih, sekitar Rp 375.000 untuk kendaraan mobil. Sedangkan bagi pemilik unit motor, kisaran biayanya mencapai Rp 225.000. Memiliki selisih Rp 150.000.

Pengertian BPKB Motor dan Kegunaannya

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman resmi polri.go.id, BPKB memiliki arti sebagai surat atau buku yang penerbitannya dilakukan secara resmi oleh badan pertahanan negara. Ini, adalah salah satu tanggung jawab yang dimiliki oleh Polri. Terutama, di bagian Satuan Lalu Lintas. Oleh karena itu, surat tersebut memiliki kekuatan hukum yang kuat di dalamnya.

Fungsinya sendiri, tidak lain yaitu sebagai tanda bukti yang sah dari kepemilikan sebuah unit kendaraan. Dalam kasus kali ini, kita akan membahas kendaraan roda dua atau motor. Kalau manfaat untuk negara, yakni sebagai media pengontrol agar pemerintah dapat mengetahui ada berapa banyak kendaraan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Bisa untuk penyelidikan.

Cara Gadai BPKB Motor

Cara Gadai BPKB Motor
Cara Gadai BPKB Motor

Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Sudah tahu kan sekarang? Seberapa penting seseorang memiliki BPKB ketika dirinya sudah memiliki kendaraan. Makanya, jangan sampai kamu tidak mendapatkan surat tersebut saat kendaraannya sudah diterima. Periksa kelengkapan surat maupun tanda bukti hasil transaksi. Baik berupa nota, ataupun dengan menerima BPKB serta STNK yang aktif. Butuh pinjaman?

Cara gadai BPKB motor di Pegadaian. Menggadaikan atau memberikan jaminan kepada satu lembaga tempat pemberi pinjaman uang ini, dapat kalian lakukan ke berbagai lembaga. Salah satunya, bisa melalui Pegadaian. Kredit, nantinya akan diberikan kepada nasabah yang sudah mematuhi peraturan dari sistem gadai  yang berlaku. Uang yang dipinjamkan, harus dibayar.

Persyaratan Gadai BPKB Motor

Buat kalian yang memiliki permasalah finansial, baik itu untuk keperluan konsumtif maupun produktif. Kamu, dapat meminta bantuan dari salah satu lembaga pinjaman keuangan yang kini sudah menjadi anak perusahan dari Bank BRI. Meskipun statusnya bukan sebagai bagian dari BUMN. Tetapi, sebanyak 1 lembar sahamnya masih milik Pemerintah Indonesia.

Berikut adalah beberapa persyaratan yang perlu kalian perhatikan ketika ingin melakukan praktek cara gadai BPKB motor di lembaga Pegadaian. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini! Dikutip dari laman resmi sahabatpegadaian.com.

  1. Barang fisik yang akan digadai atau dijadikan sebagai jaminan, yaitu kendaraan motor harus dibawa saat melakukan pengajuan
  2. Membawa kelengkapan dokumen, seperti fotokopi KTP pribadi dan pasangan
  3. Menyertakan surat keterangan tempat tinggal (bila ada)
  4. Menyerahkan surat keterangan kerja/ izin praktek kerja/ serupa
  5. Selain itu, menyertakan juga STNK serta BPKB bukti kepemilikan kendaraan
  6. Pastikan motor dapat beroperasi dengan baik.

Alur Cara Pengajuan Pinjaman di Pegadaian

Inilah, langkah-langkah yang harus kamu lakukan saat hendak melakukan pinjaman uang tunai ke lembaga Pegadaian. Contoh kasus kali ini, barang jaminan yang digunakan adalah kendaraan roda dua atau motor. Ikuti tahapannya:

  1. Mempersiapkan dan membawa seluruh dokumen persyaratan di atas
  2. Silahkan langsung kunjungi kantor ataupun cabang Pegadaian terdekat di area tempat tinggal kalian
  3. Melengkapi formulir pengajuan peminjaman di Pegadaian
  4. Melampirkan semua berkas persyaratan yang telah dipersiapkan sebelumnya
  5. Pihak petugas Pegadaian akan segera memverifikasi, serta melakukan survey kepada pihak nasabah untuk mengkonfirmasi besar nominal pinjaman
  6. Bila pinjaman yang diajukan sudah diverifikasi dan disetujui, nasabah tinggal datang ke kasir untuk menerima uang dari Pegadaian.

Pengajuan Gadai di Pegadaian Secara Online

Selain melakukan pengajuan melalui kantor atau cabang Pegadaian terdekat, nasabah juga dapat mengajukan permohonannya melalui daring. Apa saja tahapannya? Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Unduh dan lakukan registrasi diri kalian di aplikasi Pegadaian
  2. Setelah memiliki akun, masuk ke laman utama
  3. Klik menu “Pembiayaan”
  4. Lanjutkan dengan ketuk opsi “Pembiayaan Multiguna”
  5. Masukkan “Jumlah Pembiayaan” atau nominal peminjaman
  6. Tentukan “Jangka Waktu” pembayaran
  7. Isi “Informasi Rincian Jaminan” sebagai info tambahan
  8. Klik tombol “Konfirmasi” untuk pengajuan pembiayaan pinjaman
  9. Permohonan “Pembiayaan” kamu telah berhasil.

Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI

BRI, sebagai salah perbankan yang dinaungi secara langsung oleh pemerintah Indonesia. Hal tersebut, membuat perusahaan selalu menyediakan berbagai macam produk dan layanan yang dapat membantu kesejahteraan masyarakat tanah air. Program pinjaman yang diadakan oleh perusahaan, bisa diikuti oleh semua golongan. Programnya, dikenal KKB BRI Refinancing.

Cara gadai BPKB motor di Bank BRI. Nasabah yang merasa dirinya sedang kesulitan dalam urusan ekonomi. Kalian bisa memanfaatkan layanan pinjaman yang telah disediakan oleh BRI. Selain dengan memberikan jaminan berupa surat tanah atau rumah. Ternyata ada juga pengajuan dengan memberikan jaminannnya dalam bentuk BPKB. Begini cara selengkapnya:

1. Mendatangi Kantor BRI Terdekat

Pengajuan kredit melalui bank, jarang sekali yang menyediakannya secara online. Sebagian besar nasabah, diharuskan untuk datang secara langsung ke kantor cabang Bank BRI terdekat. Hal ini, dilakukan supaya pemohon dapat diberi pertanyaan terkait identitas diri dan lainnya. Usahakan melakukan kunjungannya, saat waktu operasional kerja kantor kredit berlangsung.

2. Menunggu Antrean

Beritahukan kepada petugas satpam, keperluan apa yang kalian ingin lakukan di kantor BRI tersebut. Supaya, kamu diarahkan ke counter yang tepat. Kalau saat itu ada nasabah lain yang sedang melakukan proses pengajuan kredit. Maka, kemungkinan kalian akan disuruh untuk mengambil nomor antrean dahulu. Simpan dengan baik nomor antreannya, sebelum dipanggil.

3. Lakukan Pengajuan Pinjaman ke Petugas BRI

Cara gadai BPKB motor melalui Bank BRI ini, dapat kalian sampaikan setelah berhadapan langsung dengan petugas yang mengurus urusan pinjaman. Serahkan nomor antrean nasabah. Lalu, secara umum petugas tersebut akan memberikan beberapa pilihan pinjaman. Kalau menggunakan jaminan BPKB, maka disarankan untuk mengikuti program simpanan Kupedes.

Target nasabahnya sendiri, yaitu para pelaku usaha mikro-menengah. Sedangkan besar biaya bunga pinjaman, terhitung dari 4,61% hingga 6,65% di setiap tahunnya. Lalu, plafonnya sendiri bisa mencapai angka 80% dari jumlah keseluruhan harga kendaraan yang diajukan.

4. Menyerahkan Kelengkapan Berkas Persyaratan Pinjaman

Pastikan sebelum melakukan pengajuan, kalian telah mempersiapkan kondisi motor dalam keadaan terbaik. Supaya, petugas dapat menaksir nilai dari kendaraan nasabah. Kesiapan dari dokumen juga bisa menjadi pertimbangan verifikasi pihak bank. Adapun berkas yang perlu kamu persiapkan, diantaranya KTP pasangan (suami dan istri), KK (Kartu Keluarga), NPWP.

Masih ada lagi, kalian juga harus membawa Surat Keterangan Usaha, materai, BPKB, dan STNK kendaraan. Disamping itu, pemohon harus sudah berada minimalnya usia 21 tahun dan statusnya menikah di KTP. Kalau masih ada yang ingin ditanyakan, kamu dapat melakukan konsultasi gratis dengan petugas counter BRI yang bertugas.

Sekian pembahasan terkait cara gadai BPKB motor kali ini. Baca juga informasi cara gadaikan BPKB di Pegadaian. See you on the next topics. Have a nice days, and bye bye…

Related posts