Cara Format Kartu SD di HP Samsung

Baru-baru ini, Samsung mengeluarkan sedikit bocoran terkait produk barunya, yaitu Samsung Galaxy Watch5. Tampilan yang lebih elegan, serta dilengkapi dengan resolusi lebih tinggi. Disamping itu, teknologi render 3D mampu membuat perangkat memperlihatkan dua model yang berbeda dari setiap sudutnya. Cari tahu juga, cara format kartu SD di HP Samsung.

Seperti smart watch pada umumnya, Galaxy Watch5 juga dapat dihubungkan dengan device lain seperti smartphone. Salah satunya, ya produk Android keluaran Samsung. Tahukah kamu, kalau belum lama ini rumornya perusahaan asal negara Korea Selatan tersebut juga sedang melakukan uji coba. Teknologi tersebut adalah One Beta 5.0 untuk basis sistem Android 13.

Read More

Definisi Kartu SD & Fungsinya

Kartu SD atau singkatan dari Secure Digital, dapat diartikan sebagai kartu atau alat tambahan yang dapat dimasukkan ke dalam perangkat lain. Contohnya, ponsel, laptop, PC, kamera, dan masih banyak lagi. Tersedia dalam berbagai ukuran dan merek ternama yang sering kalian temukan di berbagai platform online shopping. Dijual secara bebas dengan harga terjangkau.

Fungsi yang dimiliki oleh kartu SD sendiri, yaitu sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data yang kalian inginkan. Biasanya, hal tersebut dilakukan agar memori internal perangkat masih tersedia ruang kosong banyak. Kegunaan lainnya, dapat dipindahkan dengan mudah ke perangkat lain tanpa perlu menggunakan kabel USB. Praktis, karena bisa dilepas pasang.

Cara Format Kartu SD di HP

Cara Format Kartu SD di HP Samsung
Cara Format Kartu SD di HP Samsung

Cara Format Kartu SD di HP Samsung J2 Prime

Produk HP Samsung J2 Prime, memiliki spesifikasi yang cukup lengkap pada masanya. Bila dibandingkan dengan saat ini, tentu belum mampu memenuhi kebutuhan para pengguna yang terbilang sangat aktif menggunakan ponsel di kegiatan hariannya. Dimana, RAMnya sebesar 1,5 GB dengan kapasitas baterai 2600 mAh. Sudah tidak diproduksi lagi, namun ada slot SD.

Terkait:  Cara Duplikat WA di HP Samsung

Cara format kartu SD di HP Samsung J2 Prime. Buat kalian para pemilik smartphone klasik ini, pasti akan merasa sedikit tertinggal oleh perkembangan teknologi yang ada. Kalau kamu ingin menjual Micro SD  yang biasa dipasangkan ke perangkat. Ikuti langkah-langkah berikut, untuk permudah proses penghapusan data secara menyeluruh dengan cepat:

  1. Buka menu “Pengaturan” pada Samsung J2 Prime
  2. Sebelumnya, periksa kembali apakah Micro SD sudah terpasang atau belum
  3. Lanjutkan dengan memilih “Pemeliharaan Perangkat”
  4. Laman berikutnya, pilih “Penyimpanan atau Storage
  5. Kalian pilih “Pengaturan Penyimpanan” yang ada di pojok kanan atas layar
  6. Ketuk pilihan “Kartu SD”
  7. Cara format kartu SD di HP Samsung, dengan klik “Format”
  8. Biarkan sampai proses format yang sedang berlangsung, berhenti secara otomatis.

Apabila terjadi kesalahan saat di tengah-tengah proses format berjalan. Maka, kalian perlu bantuan dari perangkat lain. Yaitu, dengan menggunakan perangkat PC atau laptop. Selain itu, kamu juga harus memastikan terlebih dahulu bahwa sistem yang tertanam di dalam device kompatibel dengan berbagai tipe smartphone. Bila masih gagal, kemungkinan SD Card rusak.

Selain cara format kartu SD di HP Samsung yang perlu kalian ketahui. Kamu juga harus tahu apa saja ciri-ciri ketika kartu SD butuh untuk dilakukan format. Kira-kira apa sajakah tanda-tanda yang dimaksud? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

  • Beberapa data, seperti file, aplikasi, foto, dan lainnya. Sulit untuk dihilangkan dengan cara manual
  • Data yang tersimpan di dalam SD Card tidak dapat terdeteksi dengan baik
  • Terpapar oleh malware atau virus yang sulit dibersihkan dari dalam kartu SD
  • Ada file atau data lainnya yang tersimpan secara sembunyi
  • Kartu SD hendak dijual ke pihak lain.
Terkait:  Cara Cek Sensor Samsung

Cara Format Kartu SD di HP Samsung A50

Series lawas lainnya hasil garapan dari perusahaan Samsung, yakni A50. Rilis di tahun 2019, membuatnya paling canggih pada masa itu. Dimana, teknologi layarnya sudah menggunakan Amoled. Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur water resistant. Kapasitas memorinya, 4 GB dengan Android 9.0 Pie. Karena masih favorit, makanya masih terus diproduksi oleh pabrik.

Cara format kartu SD di HP Samsung A50. Lawas, tapi berkelas. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan kecanggihan yang terdapat di dalam ponsel tersebut. Karena sudah lebih canggih, makanya cara formatnya juga sedikit berbeda dari J2 Prime. Dikutip dari channel Youtube GSM DIY, inilah langkah-langkah selengkapnya:

  1. Mulai dengan masuk ke “Settings”
  2. Ketuk opsi “Device Care”
  3. Pilih “Storage”
  4. Laman “Storage” muncul > klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar
  5. Pilih opsi “Storage Settings”
  6. Tap “SD Card” > Pilih “Format”
  7. Pop-up windows, klik “Format SD Card Now”
  8. Diamkan beberapa saat, sampai proses formatting selesai.

Format Kartu SD di HP Samsung A12

Berikutnya, masih di series A dari produksi HP Samsung. Tetapi, kali ini kita akan beralih untuk membahas A12. Kalau kamu sebagai pengguna mengalami kesulitan untuk menghapus file yang tersembunyi atau ingin dihapus. Segera lakukan format pada kartu memori. Dikutip dari hardreset.info. Begini cara menghapus data secara keseluruhan di kartu SD A12:

  1. Lihat terlebih dahulu daftar “Aplikasi” yang terpasang di ponsel
  2. Klik menu “Pengaturan” > ketuk opsi “Storage”
  3. Scroll ke bawah untuk menemukan opsi “Format”
  4. Lakukan langkah berikutnya, sesuai petunjuk di layar
  5. Periksa isi dari notifikasi yang muncul (bila ada)
  6. Tap ulang pilihan “Format SD Card”
  7. Ikuti kembali instruksi yang terdapat di layar HP A12
  8. Setelah selesai, cek apakah seluruh data di SD Card sudah terhapus.
Terkait:  Cara Format Kartu SD

Namun, apabila pengaturan notifikasi pada ponsel Samsung kalian nonaktifkan. Cara format kartu SD di HP Samsung, dapat kalian lakukan kembali setelah melepaskan kartu SD dari perangkat. Kemudian, lanjutkan dengan memilih opsi “Hapus Semua” agar proses format dapat berlangsung hingga akhir.

Standar dari Kartu SD

Seperti yang telah kita ketahui, kartu memori atau SD Card ini terbagi menjadi beberapa jenis. Apa sajakah jenis tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya:

Macam-Macam Kartu SD Kapasitas
SDHC Melebihi 2 GB sampai dengan 32 GB
SD Sebesar 2 GB, serta kurang dari 2GB
SDUC Melebihi 2 TB sampai dengan 128 TB
SDXC Melebihi 32 GB, serta mencapai 2 TB

Standar dari kartu SD sendiri, merupakan sutu batasan dari perkembangan yang terjadi pada kartu SD dengan versi terbarunya. Dimana model terbaru tersebut, menghadirkan kecepatan, serta kapastitas yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya. Buat kalian yang mengincar SD Card dengan jenis SDUC, kemungkinan besar dapat kamu temukan di platform belanja.

Hanya saja, besar kemungkinan ketersediaan produknya tidak seperti jenis lainnya. Kalian yang akan membeli produknya, harus menunggu pre-order, karena jumlah produk yang ada di pasaran cukup limit. Selain sudah bisa dipastikan harganya sangat mahal. Tingkat security atau keamanna dari penyimpanan datanya juga jauh lebih baik. Lihat sepsifikasi perangkat!

Itulah beberapa pembahasan terkait cara format kartu SD di HP Samsung pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat. See you on the next topic. Have a great days, and keep health. Bye bye…

Related posts