Cara Cek Masa Aktif Kartu 3

Selaku pengguna provider Tri (3) pengguna harus mengetahui Masa Aktif Kartu mereka. Oleh karena itu cara cek masa aktif kartu 3 berikut ini bisa kamu lakukan agar kartumu tidak masuk dalam masa tenggang.

Sebagaimana kita tau, kartu SIM Card yang biasa kita gunakan memang memiliki peran penting dalam penggunaan ponsel sehari-hari. Dengan adanya SIM Card, pengguna bisa melakukan komunikasi seperti telpon, SMS, atau bahkan melakukan komunikasi lain melalui Aplikasi Chat yang membutuhkan sambungan Internet saja.

Nah, masa aktif ini ditentukan dari seberapa sering kalian mengisi pulsa, dan seberapa banyak pulsa yang kalian isi. Biasanya, tiap nominal memiliki batasan masa aktif yang berbeda. Maka dari itu, usahakan kamu melakukan pengecekan secara berkala.

Sebab ketika kartumu sudah melewati masa aktif, maka ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan, seperti

  • Tidak bisa melakukan panggilan telfon
  • Tidak bisa mengirim pesan SMS
  • Kuota Internet (yang aktif) tidak bisa digunakan
  • Dan lain sebagainya

Meskipun begitu, ketika pengguna kartu 3 mungkin sudah melewati batas masa aktif dari SIM Card yang digunakan, pihak provider memberikan sebuah keringanan. Yakni tambahan 30 hari untuk pengguna melakukan pengisian ulang pulsa.

Apabila pengguna yang sudah melewati masa aktif tidak melakukan pengisian ulang pulsa selama masa tenggang, maka kartu tidak akan bisa digunakan kembali atau mengalami pemblokiran.

Dan alhasil, kalian harus mengunjungi services center untuk melakukan pengaktifan kartu agar bisa digunakan kembali atau juga mengganti kartu lama dengan kartu yang baru, namun tetap dengan nomor yang lama.

Tentu kalian tak ingin kan, apabila nomor yang biasa digunakan untuk urusan pekerjaan semisal telpon, sms, whatsapp akhirnya terblokir, dan orang orang lain tidak bisa menghubungi kalian.

Oleh karena itu, Cara Cek Masa Aktif Kartu 3 berikut ini bisa kamu coba untuk mengetahui apakah kartu kalian memliliki masa aktif yang masih lama, atau sudah akan berakhir. Yaitu dengan:

Cara Cek Masa Aktif Kartu 3

Cara Cek Masa Aktif Kartu 3
Cek Masa Aktif Kartu 3

Cara Cek Masa Aktif Kartu 3 Lewat SMS

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan Aplikasi perpesanan / SMS yang biasa ada disetiap ponsel, baik itu Android, iPhone, atau bahkan ponsel lain yang belum masuk dalam kategori smartphone. Caranya

  • Buka aplikasi Perpesanan kalian
  • Buat sebuah pesan baru, dan ketikkan INFO <spasi> DATA
  • Kemudian, kirim pesan tersebut ke nomor operator 3, yakni 234

Tunggu beberapa saat, sampai akhirnya kalian mendapatkan balasan SMS dari operator yang berisikan informasi seputar sisa pulsa, masa aktif, sisa kuota, dan lain sebagainya.

Cara Cek Masa Aktif Kartu 3 Lewat Kode USSD

Cara kedua juga hampir dengan cara pertama, hanya saja perbedaannya adalah dari segi aplikasi yang digunakan. Jika cara pertama menggunakan Aplikasi SMS, maka cara ini menggunakan Aplikasi Telpon / dial phone.

Tentunya, cara ini juga bisa dipakai pada ponsel Android, iOS, dan juga yang belum masuk dalam jajaran smartphone. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka Aplikasi Telpon / dial phone di perangkat kalian
  • Jalankan kode USSD yang bisa digunakan, yakni *111*1#
  • Tekan tombol Call / Panggil seperti biasa

Tunggu beberapa saat, dan biasanya akan muncul pop up yang juga menampilkan nomor 3 kalian, dan juga sisa masa aktif kartu 3, dan juga sisa kuota internet yang masih berlaku (jika ada).

Cara Cek Masa Aktif Kartu 3 Lewat Aplikasi

Cara ketiga ini dikhususkan untuk pengguna smartphone Android ataupun iOS. Cara ini membutuhkan kamu untuk menginstall Aplikasi dari Tri yang memang dikhususkan untuk para pelanggannya. Yakni Bima+

Nah, untuk cara penggunannya juga sangatlah mudah.

  • Jika kamu belum memiliki aplikasi Bima+, maka kamu bisa langsung mengunduhnya di Google Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS / iPhone
  • Setelah aplikasinya terinstall, lakukan login seperti biasa dengan menggunakan Nomor 3 ataupun Email dan Password

Setelah berhasil masuk, dihalaman awal dari Aplikasi Bima+, kalian bisa langsung melihat seluruh detail informasi dari kartu kalian.

Mulai dari nomor 3, sisa pulsa, sisa masa aktif, atau bahkan sisa kuota internet yang kalian miliki. Dengan kemudahan yang ditawarkan aplikasi Bima+, kalian juga bisa langsung melakukan pemebelian paket Internet ataupun melakukan pengisian ulang pulsa untuk menambah masa aktif kartu 3 kalian.

Cara Cek Masa Aktif Kartu 3 Lewat Pengisian Pulsa

Sebagaimana kita tau, bertambahnya masa aktif sendiri dipengaruhi oleh seberapa sering kalian melakukan pengisian pulsa. Semakin besar nominal pengisian pulsa yang kamu isi, maka semakin lama juga masa aktif yang ditambahkan, sehingga cara ini bisa terus aktif menggunakan kartu 3 sampai masa aktif yang sudah ditentukan.

Untuk itu, kalian bisa melakukan pengisian ulang pulsa dengan minimal nominal 10.000 atau bahkan lebih. Namun, untuk lebih baiknya lagi kalian bisa melakukan pengisian pulsa dengan nominal 50.000 setiap bulannya.

Karena biasanya setelah pengisian pulsa, kalian akan menerima sms yang menginfokan bahwa kalian sudah berhasil melakukan pengisian pulsa dan akan tertera informasi masa aktif kartu sampai tanggal, bulan, atau tahun berapa. Sehingga kalian bisa mengetahui kapan masa aktif nya berakhir.

Cara Cek Masa Aktif Kartu 3 Lewat Panggilan Telpon

Cara terakhir adalah cara yang paling mudah kalau menurut kami. Maksud melakukan panggilan disini adalah, ketika kalian mungkin memiliki sisa pulsa, kalian bisa melakukan panggilan ke teman kalian yang mungkin memiliki nomor lain selain 3.

Sebab, ketika kalian melakukan panggilan, biasanya kalian akan menerima SMS yang diawali dengan kalimat awal Sisa pulsa anda adalah …. Dan akan berakhir pada …. Silahkan lakukan pengisian ulang untuk tetap bisa menggunakan kartu 3.

Nah, dari sinilah kalian bisa mengetahui masa aktif kartu kalian, dan tentunya kamu tinggal melakukan pengisian ulang pulsa seperti biasa, agar masa aktif kartu 3 terus bertambah.

Sedikit tips untuk terus menambah masa aktif kartu selanjutnya adalah ketika kalian mungkin biasa membeli paket internet 3 dengan langsung membayar sejumlah uang, maka kalian bisa mengubah kebiasaan ini dengan mengisi pulsa terlebih dulu.

Misal kalian ingin membeli paket internet seharaga 40.000, maka kalian bisa membeli pulsa sebesar 50.000 terlebih dulu, dan baru kemudian membeli paket internet dari 3 dengan metode pembayaran melalui pulsa. Dan biasanya, cara ini bisa kamu temukan ketika melakukan pembelian pulsa melalui Kode USSD ataupun Aplikasi.

Sekian untuk infromasi Cara Cek masa Aktif kartu 3, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan bisa menjadi salah satu cara untuk tetap bisa memantau masa aktif kartu agar tidak masuk dalam masa tenggang akibat tidak mengisi pulsa.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi