Cara Isi Saldo Dana di Alfamart

Cara Isi Saldo Dana di Alfamart

Salah satu metode yang digunakan kebanyakan orang untuk mengisi saldo akun Dana, yaitu dengan cara isi saldo dana di Alfamart. Hal ini dikarenakan, pengisian saldo Dana melalui Alfamart sangat praktis dilakukan. Selain Alfamart, kamu juga bisa mengisi saldo dana di minimarket lainnya.

DANA merupakan salah satu produk atau layanan dompet digital yang menawarkan banyak kemudahan untuk bertransaksi. Dompet digital juga dapat dijadikan tempat tempat untuk menyimpan uang berbentuk digital. Sehingga bisa menjadi alternatif yang dapat dipilih untuk pembayaran, jika kamu lupa membawa dompet.

Read More

Namun kamu harus tahu bahwa minimal isi saldo Dana di Alfamart harus Rp. 50 ribu. Untuk penjelasan biaya layanan dan nominal top up di Alfamart, kamu bisa cek ulasannya di bawah ini!

Nominal Isi Saldo di Alfamart

Nominal pengisian saldo Dana di Alfamart sendiri memiliki batas maksimal, yaitu batas maksimal top up Dana kurang dari Rp. 10 juta. Namun hal tersebut bukan masalah besar, sebab seringkali orang melakukan top up seperlunya.

Sementara  itu, nominal isi saldo Dana melalui Alfamart sebesar Rp.50 ribu dengan top up maksimal Rp. 500 ribu. Oleh sebab itu, tentukan jumlah nominal isi saldo Dana di Alfamart terlebih dahulu.

Biaya Layanan atau Admin

Biasanya untuk melakukan top up Dana di Alfamart, kamu akan dikenakan biaya tambahan atau biaya admin/layanan. Biaya layanan top up Dana di Alfamart mulai dari Rp. 1.500 hingga Rp. 2.500 untuk tiap transaksinya.

Cara Isi Saldo Dana di Alfamart

Cara Isi Saldo Dana di Alfamart
Tutorial Isi Saldo Dana di Alfamart

Tutorial Isi Saldo Dana di Alfamart

Sebenarnya cara isi saldo Dana di Alfamart sangat mudah, sebab yang akan memproses top up Dana adalah kasir di Alfamart. Kamu hanya perlu menginformasikan nomor hp yang terdaftar saja. Namun, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan berikut ini :

1. Masuk ke Aplikasi Dana

Cara pertama, silahkan buka dan masuk ke aplikasi Dana melalui smartphone. Pastikan kamu mengetahui nomor hp yang terdaftar, silahkan catat atau ingat-ingat nomor tersebut.

2. Datangi Gerai Alfamart

Setelah memastikan nomor yang terdaftar pada aplikasi Dana, cara isi saldo Dana di Alfamart selanjutnya yaitu dengan mendatangi gerai Alfamart. Metode ini juga sama seperti kamu ingin mengisi saldo di minimarket lainnya.

3. Beritahukan Nomor Terdaftar di Dana ke Kasir

Jika sudah tiba di Alfamart, silahkan beritahukan pada kasir bahwa kamu akan melakukan top up Dana di Alfamart. Silahkan berikan nomor hp yang terdaftar,bisa melalui catatan atau langsung disebutkan saja.

4. Bayar Sesuai Top Up

Cara isi saldo Dana di Alfamart selanjutnya, kamu cukup mengklik opsi ‘Bayar’, dan bayar sesuai dengannominal tagihan top up beserta biaya layanannya.

Kenapa Isi Saldo Dana di Alfamart Gagal?

Jika kamu sudah melewati serangkaian cara isi saldo Dana di Alfamart sesuai cara di atas, tapi ternyata gagal. Maka kamu harus tahu beberapa penyebab isi saldo Dana tidak dapat dilakukan, berikut ini :

1. Sistem DANA/Alfamart Error

Salah satu faktor yang mungkin terjadi yang menyebabkan gagal isi saldo Dana yaitu, bisa jadi sistem DANA atau justru sistem di Alfamart yang sedang error. Oleh sebab itu, kamu tidak bisa melakukan pengisian saldo. Sehingga kamu tidak bisa memakai cara ini.

2. Aplikasi DANA Belum Update

Penyebab isi saldo Dana di Alfamart gagal lainnya yaitu, kamu masih memakai versi aplikasi yang lama. Oleh karena itu, sistem Dana tidak dapat diggunakan.

3. Akun Belum di Upgrade

Untuk mendapatkan layanan yang lebih banyak, tentu saja kamu harus upgrade dari akun DANA biasa ke akun DANA premium.

Bagaimana Cara Mengatasi Gagal Isi Saldo DANA di Alfamart?

Jika kamu sudah mengetahui faktor penyebab top up Dana gagal di Alfamart, maka kamu bisa mencari solusinya. Kamu bisa mencoba beberapa solusi di bawah ini agar transaksi top up saldo Dana dapat dilakukan di Alfamart :

1. Memastikan Sistem Sedang Normal

Solusi pertama, pastikan terlebih dahulu sistem dalam kondisi normal, karena apabila ada yang error maka kamu tidak dapat melakukan top up Dana. Misalnya saja, jika sistem Alfamart yang mengalami gangguan atau error, maka transaksi secara otomatis tidak dapat dilakukan.

Begitu pula dengan error pada sistem aplikasi Dana, tentu saja bisa mempengaruhi top up saldo Dana. Oleh sebab itu, tugasmu harus menunggu sampai sistem kembali normal, baru selanjutnya bisa melakukan isi saldo atau top up.

2. Update Aplikasi DANA versi Terbaru

Jika alasan tidak dapat melakukan top up karena aplikasi DANA yang digunakan masih versi lama, maka kamu harus mengupdate aplikasi DANA ke versi terbaru. Melalui versi terbaru DANA, tentu saja kamu sudah bisa menikmati semua layanan dan fitur yang ditawarkan DANA.

Hal tersebut juga berlaku untuk mengisi saldo, sitem yang digunakan tentu akan memakai sistem baru dan tentunya lebih baik dari segi layanannya.

3. Upgrade Akun DANA ke Premium

Solusi terakhir yang bisa dilakukan yaitu dengan upgrade ke akun DANA Premium. Jika kamu mengupgrade akun ke premium, tentu saja secara otomatis proses pengisian saldo DANA menjadi lebih mudah.

Bagaimana Jika Ternyata Saldo Top Up Dana Tidak Masuk?

JIka saldo top up Dana tidak masuk meskipun proses berhasil, sebaiknya kamu menghubungi layanan customer service dari DANA dan cari penyebab serta slusinya. Maka dari itu, jika kamu melakukan top up DANA di Alfamart pastikan untuk selalu menyimpan resi atau struk bukti pembayaran top up.

Dengan begitu, jika kamu mengalami masalah saat proses top up, maka kamu lebih mudah membuktikannya bahwa kamu sudah melakukan pengisian saldo Dana namun saldo tidak bertambah.

Jika ingin menghubungi layanan Customer Service Dana, kamu bisa melakukannya lewat berbagai macam cara, salah satunya melalui nomor layanan nomor 1500-445. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengiriman pesan ke pihak Dana lewat aplikasi.

Caranya adalah tekan opsi ‘Menu Saya’ dan masuk ke ‘Pusat Bantuan’. Silahkan gulir layar lalu lihat opsi ‘Hubungi Kami’. Nah, dari menu tersebut kamu akan menemukan 2 opsi. Opsi pertama adalah ‘Chat via WhatsApp’ yang secara otomatis akan membawamu ke akun WhatsApp DANA Care pada nomor +62 819-1150-0045.

Sementara pilihan kedua yaitu ‘Kirim Pesan’ apabila ingin menghubungi dan melakukan pengisian formulir.

Untuk layanan WhatsApp Dana secara resmi sebenarnya hampir mirip seperti FAQ pada aplikasi DANA, ketika kamu membuka chat WhatsApp. Maka kamu akan ditampilkan beberapa pilihan yang akan ditanyakan.

Kamu hanya perlu memilih yang akan diketahui, contohnya jika ingin melakukan pengisian saldo namun tidak masuk, maka silahkan pilih 3 yang berisi ‘Topup belum masuk’.

Kesimpulan

Melakukan cara isi saldo Dana di Alfamart memang memiliki banyak kemudahan, karena kamu tidak perlu repot-repot mengikuti prosesnya. Sebab proses pengisian saldo langsung dilakukan oleh kasir. Jika ternyata ada kendala dalam pengisian saldo, kamu tetap bisa mengikuti langkah-langkah di atas!

Related posts