Cara Cek Layar Oppo

Bagaimana Cara Cek Layar Oppo? Apakah sama dengan cara cek layar hp realme? Kenapa pengguna ponsel Oppo harus melakukan pengecekan layar?

Bicara soal smartphone atau ponsel pintar, tentunya hal ini masuk dalam kategori gadget yang saat ini tak bisa lepas dari siapapun. Sebagaimana kita tau, saat ini banyak sekali masyarakat yang melakukan aktivitas tanpa bisa lepas dari Gadget.

Bayangkan saja, mereka bisa melakukan chatting, berkirim pesan, mengirim email, memandangi sosial media hingga berjam jam, atau bahkan sekedar untuk melakukan searching di Google.

Hal inilah yang membuat para produsen atau vendor smartphone juga tak henti hentinya mengeluarkan produk baru dari ponsel pintar mereka. Seperti oppo misalnya.

Sudah bukan hal yang baru lagi sepertinya. Oppo memang dikenal memiliki produk smartphone yang sangat digandrungi pengguna. Bagaimana tidak? Secara, banyak pengguna yang rata-rata adalah wanita lebih memilih oppo, sebab hasil dan kualitas kamera nya baik.

Selain itu, sekarang kalian juga sudah bisa menikmati beragam fitur dan juga aplikasi bawaan oppo yang sangat membantu tiap aktivitas kalian. Maka dari itu, Oppo masih menjadi pilihan terbaik sampai saat ini.

Tapi bagaimana ketika pengguna yang memiliki atau baru saja membeli smartphone Oppo dalam kondisi second? Apakah akan terjadi penurunan kualitas hardware sehingga tidak sebaik pada saat pembelian awal? Tentunya kalau sekedar lecet atau baret pada LCD, hal ini sangat bisa dimaklumi.

Namun bagaimana jika ternyata LCD atau Layar dari HP Oppo yang kalian beli baik dalam kondisi baru atau Second mengalami masalah atau mengalami kerusakan? Tentunya hal ini sangat menyebalkan. Kalau sekedar retak sehabis jatuh, mungkin masih bisa dimaklumi, namun bagaimana jika ternyata Layar LCD nya memiliki kualitas yang buruk, atau tidak asli? Padahal, kalian membeli nya dalam kondisi baru.

Itulah mengapa saat ini kita harus lebih teliti terlebih dahulu sebelum membeli smartphone. Ada baiknya kita melakukan pengecekan yang lebih detail untuk mengetahui apakah ada kerusakan, ataupun part hardware yang tidak asli, terutama LCD.

Sebab apabila kita mendapati layar LCD yang tidak asli, tentu saja akan ada beberapa kerusakan ataupun kendala yang dialami. Seperti misalnya, LCD yang kurang responsif, sensitifitas yang menurun, sering terjadi ghost touch, atau bahkan delay ketika mengetik di keyboard. Tapi gak masalah.

Cara Cek Layar Oppo

Cara Cek Layar Oppo
Cek Layar Oppo

Dengan Cara Cek Layar Oppo berikut ini, kalian bisa melakukan pengecekan, untuk mengetahui kondisi kesehatan layar HP kalian, adapun cara caranya ialah.

Cara Cek Layar Oppo dengan Kode Rahasia

Pertama, kalian bisa menggunakan kode rahasia untuk melakukan pengecekan Layar Oppo kalian. Adapun maksud dari kode rahasia disini adalah sebuah kombinasi kode yang berguna untuk masuk ke Engginering Mode dari Oppo, untuk melakukan pengetesan hardware.

Caranya juga gak sulit kok.

  • Buka Aplikasi Telpon / Dial di hp Oppo kalian
  • Ketikkan Kode rahasia berikut
    • *#800# atau
    • *#807#
  • Tunggu sampai muncul tampilan Engginering Mode
  • Setelah itu, kalian bisa melihat beragam menu, disini kalian bisa mengklik pada tab Hardware Testing
  • Setelah masuk kedalam menu Hardware Testing¸pilih lagi menu Display untuk mengetahui kondisi Layar Oppo kalian

Atau jika kalian ingin memeriksa apakah layar hp Oppo kalian mengalami Dead Pixel, silahkan gunakan kode rahasia kedua (*#807#) dan kemudian pilih pada Automatic Testing lalu pilih Start Testing

Setelah itu, otomatis layar HP kalian akan berkedip beberapa kali, untuk mengetahui apakah ada dead pixel seperti cara cek layar HP Realme sebelumnya.

Dan jika dirasa sudah baik baik saja, langsung saja tekan tombol Exit untuk keluar dari Engginering Mode.

Cara Cek Layar Oppo secara Manual

Cara kedua bisa dikatakan lebih mudah dari cara sebelumnya. Tentu cara ini memerlukan kejelian untuk melihat kondisi Layar Smartphone dengan mata telanjang. Kalian bisa melakukan cara ini berkali kali, sampai benar benar yakin apakah ada kerusakan yang terjadi atau tidak.

Pertama – Posisikan smartphone kalian dalam kondisi Mati / Power Off

Kedua – Nyalakan Smartphone kalian, dan perhatikan ketika logo Android / Oppo Muncul, jika terlihat ada garis horizontal tipis berwarna hitam atau merah, maka bisa dipastikan Layar LCD kalian bermasalah

Terakhir – Ulangi langkah tersebut sampai benar benar yakin, bahwa LCD kalian tidak bermasalah.

Cara ini bisa kamu lakukan ketika mungkin ponsel mu dalam kondisi habis terjatuh, dan untuk memastikannya selain melihat apakah ada garis horizontal berwarna merah, kalian juga bisa melihat apakah ada garis vertikal berwarna merah, atau juga melihat tiap sudut layar untuk memeriksa apakah ada kecacatan pada LCD atau tidak.

Cara Cek Layar Oppo dengan Aplikasi Dead Pixel

Cara ketiga adalah kamu bisa menggunakan Aplikasi Dead Pixel, yang mana dikhususkan untuk memeriksa kerusakan seperti Dead Pixel pada Layar LCD kalian.

Aplikasi ini juga bisa mendeteksi secara otomatis, apabila ada kerusakan pada Layar LCD kalian, terlebih pada HP Oppo.

Caranya adalah:

  • Jalankan aplikasi Google Play Store diperangkat kalian
  • Cari Aplikasi Dead Pixel, lalu klik Install
  • Setelah selesai, jalankan aplikasi tersebut seperti biasa.
  • Lalu, tap pada layar smartphone kalian secara acak dan tiap tap yang kalian lakukan akan menampilkan warna yang berbeda.
  • Jika terjadi kerusakan, maka Aplikasi ini akan mendeteksi dan juga memberitahukan kalian apabila ada kebocoran warna dan kerusakan lain.

Aplikasi Dead Pixel akan menampilkan warna-warna yang sempurna ketika ponsel kalian baik-baik saja, namun, apabila warna yang ditampilkan tidak sempurna, maka bisa jadi layar smartphone kalian bermasalah.

Cara Cek Layar Oppo dengan Menu Setting

Terakhir, kalian bisa menggunakan aplikasi Setting / Pengaturan bawaan dari Oppo. Cara ini pun juga terbilang sangat mudah, sebab kalian tidak perlu menginstall Aplikasi tambahan apapun.

Pertama – Masuk ke menu Pengaturan / Settings pada ponsel Oppo kalian

Kedua – Pilih pada menu Suara dan Getaran

Ketiga – Lalu, geser tingkat volume ke paling besar

Ketika kalian melakukan penggeseran volume dan suara yang keluar semakin besar, maka itu tandanya LCD kalian baik baik saja. Tetapi, apabila ketika slider volume dibesarkan ke angka maksimal namun suara yang keluar tetap sama saja¸maka bisa dipastikan ada kerusakan pada LCD ataupun Touchscreen kalian.

Jika hal ini terjadi, maka kamu bisa melakukan klaim garansi ke Oppo apabila masih berlaku. Namun jika tidak, kamu bisa mengeluarkan sedikit biaya untuk melakukan penggantian LCD ke Services Center Oppo terdekat.

Dengan mencoba beberapa Cara Cek Layar Oppo diatas, tentunya ini tak hanya berguna untuk mengecek keaslian LCD saja, melainkan juga untuk mengetahui kerusakan pada LCD, terlebih untuk pengguna Oppo yang mungkin sudah lama.

Sekian untuk informasi kali ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi