Cara Dengerin Spotify Bareng

Cara Dengerin Spotify Bareng

Aplikasi streaming musik saat ini memang banyak digemari. Karena aktivitas mendengarkan lagu termasuk hobi yang paling sering dilakukan oleh hampir semua orang. Salah satu aplikasi streaming musik yang bisa Kamu coba adalah Spotify. Tak hanya mendengarkan musik sendirian, dengan Spotify Kamu juga bisa mendengarkan musik bareng teman lewat fitur ‘Group Session’ dari Spotify. Jika Kamu mau tahu cara dengerin Spotify bareng temen lewat fitur ini, simak dan baca terus artikelnya ya!

Melirik Aplikasi Spotify

Menjadi sebuah layanan streaming lagu digital, Spotify telah menawarkan banyak fitur menarik. Kamu bisa mendengarkan banyak pilihan lagu, mulai dari lagu lokal hingga internasional. Bahkan pilihan lagu yang ditawarkan di Spotify sendiri sangat lengkap.

Namun pada aplikasi yang satu ini, Kamu sebenarnya tak hanya dapat menikmati musik, tetapi juga bisa sambil bernyanyi mengikuti musik melalui lirik yang tersedia. Spotify juga menyuguhkan fitur podcast yang memungkinkanmu bisa mendengarkan obrolan menarik dari para seleb atau orang terkenal.

Belum lama ini, Spotify memperkenalkan fitur menarik bernama fitur Group Session. Fitur ini memungkinkan Kamu bisa mendengarkan podcast atau musik bersama teman-teman.

Apa Itu Fitur Group Session Spotify?

Group Session Spotify adalah fitur terbaru dari Spotify yang memungkinkan penggunanya dapat mendengarkan lagu secara bersama-sama dengan pengguna lainnya. Misalnya saja, saat Kamu mendengarkan lagu favorit keluarga atau teman saat berada di rumah juga dapat mendengarkan lagu/podcast yang sedang didengarkan bersamaan lewat perangkat masing-masing.

Akan tetapi, fitur ini juga pasalnya memungkinkanmu untuk mendengarkan lagu bersamaan dalam jarak jauh bersama teman atau pengguna Spotify. Jadi, jika Kamu mempunyai teman beda negara atau kota sekalipun, Kamu masih dapat menikmati lagu bersam-sama dengan temanmu di waktu yang bersamaan. Fitur ini juga dapat dipakai sampai 5 pengguna sekaligus.

Namun untuk melakukan cara dengerin Spotify bareng ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna Spotify premium saja.

Perbedaan Spotify Gratis dan Premium

Jika dilihat secara umum, pada aplikasi Spotify Kamu sudah bisa mendengarkan podcast dan musik dengan gratis. Akan tetapi, jika ingin menikmati tambahan fitur-fitur menarik, Kamu tentu harus mengupgrade akun ke Spotify premium. Namun Kamu harus tahu dulu, perbedaan antara Spotify premium dengan gratisan terlebih dulu berikut ini :

1. Spotify Gratisan

Ada beberapa fitur menarik yang bisa Kamu nikmati menggunakan akun Spotify gratis, diantaranya :

  • Kualitas musik yang dapat Kamu dengarkan melalui akun Spotify gratisan hanya sampai berkualitas high.
  • Kamu akan melihat iklan yang muncul setiap saat ketika sedang mendengarkan lagu.
  • Hanya dapat memutar dan memilih lagu di playlist tertentu.
  • Kamu hanya dapat menikmati lagu ketika perangkat Hpmu terkoneksi ke internet.
  • Untuk melakukan straming musik/lagu ketika sedang berada di luar negeri, Kamu hanya memiliki batasan waktu 14 hari saja.

2. Spotify Premium

Berbeda dengan akun Spotify gratisan, Spotify premium memungkinkanmu dapat menikmati fitur-fitur unggulan dari Spotify, seperti di bawah ini :

  • Ketika bepergian atau melakukan travelling ke luar negeri, Kamu bisa melakukan streaming lagu di Spotify kapan pun tanpa batasan waktu.
  • Dapat memutar dan memilih lagu sesuai keinginan.
  • Bisa mengatur kualitas lagu sampai ke very high.
  • Dapat menikmati lagu tanpa harus terkoneksi internet.
  • Tidak akan terganggu oleh adanya iklan yang setiap saat muncul saat streaming.

Karena Kamu ingin mencoba cara dengerin Spotify bareng dan untuk mendapatkan akses mendengarkan lagu bareng teman harus upgrade ke premium terlebih dahulu. Jadi, Kamu wajib upgrade akun dari Spotify biasa ke premium dengan langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini!

Cara Upgrade Akun Spotify ke Premium

Jika ingin upgrade akun Spotify ke premium, pastikan dulu Kamu sudah mempersiapkan dananya. Adapun biayanya sendiri bisa dibayar lewat metode pembayaran apapun, jika pembayaran lewat ATM sekitar Rp. 50 ribu, sedangkan melalui pulsa Rp. 55 ribu. Berikut tutorialnya :

  • Pertama-tama, Kamu bisa mengunjungi situs web dari Spotify, silahkan cari ‘Spotify Official Website’.
  • Jika sudah, ketuk opsi ‘Lihat Paket’.
  • Lalu pilih paket tergantung kebutuhan, selanjutnya tekan ‘Dapatkan Premium’.
  • Namun jika belum, umumnya Kamu akan diminta membuat akunnya terlebih dahulu. Jika sudah, silahkan lanjutkan ke metode pembayaran.
  • Kamu tinggal mengisi data pembayaran, baru kemudian tekan ‘Mulai Spotify Premium’, untuk pembayarannya sendiri bisa melalui pulsa, kartu ATM, maupun kartu kredit. Silahkan ikuti sesuai perintah, sebab setiap opsi pembayaran instruksinya akan berbeda. Biasanya Kamu akan langsung diarahkan ke metode pembayaran pilihanmu.
  • Setelah itu, isi kelengkapan data pribadi, setelah itu masuk ke akun Spotify seperti biasa. Namun pastikan dulu pembayarannya sudah selesai dilakukan.
  • Apabila Kamu membayar memakai kartu kredit, maka Kamu wajib mempunyai kartu kredit dari Visa, Mastercard, atau kartu kredit yang lainnya dengan dukungan pembayaran ke aplikasi Spotify.

Bagaimana, mudah kan upgrade ke Spotify Premium? Kini Kamu pun sudah leluasa dapat menikmati fitur Group Session dari Spotify. Untuk mendengarkan lagu di Spotify bareng teman, Kamu tinggal ikuti cara dengerin Spotify bareng lewat fitur Group Session di bawah ini!

Cara Dengerin Spotify Bareng

Cara Dengerin Spotify Bareng
Tutorial Cara Dengerin Spotify Bareng Teman

Tutorial Dengerin Spotify Bareng Teman Jarak Jauh

Oke, jika akun Spotify-mu sudah di upgrade ke akun premium, Kamu kini sudah bisa menikmati fitur Group Session di Spotify. Berikut ini langkah-langkah cara dengerin Spotify bareng teman lewat Group Session :

  • Silahkan buka Spotify dan masuk ke akunmu.
  • Lalu putar lagu favoritmu.
  • Ketuk ikon berbentuk seperti ponsel di sebelah kiri bagian bawah layar pada lagu.
  • Gulir layar ke bawah, tekan ‘Start Session’ dan mulai mendengarkan lagu favorit bersama-sama.
  • Kamu bisa mengajak kawanmu untuk melakukan scan code atau undang mereka ke Spotify melalui copy link atau pesan teks, dan kirimkan langsung ke temanmu. Pastikan temanmu sudah upgrade ke Spotify Premium ya!
  • Jika sudah, Kamu dapat mendengarkan lagu bersama teman-temanmu meskipun dalam jarak jauh.
  • Jika ingin mengakhiri sesi ini, Kamu tinggal ketuk ikon ‘perangkat hp’ sebelumnya di samping kiri bagian bawah layar, tekan ‘end session‘.

Adapun biasanya, orang yang diundang dapat memilih opsi untuk mendengarkan lagu lewat perangkat mereka atau orang tersebut sendiri, atau mendengarkan lewat perangkatmu.

Kuota yang Dibutuhkan Untuk Mendengarkan Spotify

Ada beberapa pengguna yang bertanya, apakah aplikasi ini menghabiskan banyak kuota? Maka jawabannya tidak, sebab Spotify sendiri hanya memungkinkanmu untuk mendengarkan musik saja. Di samping itu, Kamu juga dapat menkonfigurasi pengaturannya berdasarkan penggunan lewat pilihan streaming quality.

Contohnya saja, untuk kualitas streaming yang tertinggi atau very high, kuota rata-rata yang dihabiskan sebanyak 150 MB untuk 1 jam. Sementara, kualitas tinggi atau high,biasanya akan memakan rata-rata kuota sebesar 70 MB selama 1 jam full nonstop. Sedangkan pada kualitas normalnya,biasanya aplikasi Spotify hanya menghabiskan kuota 40 MB selama 1 jam.

Itulah ulasan tentang cara dengerin Spotify bareng teman melalui fitur Group Session di Spotify, dan cara untuk mengupgrade layanan ke Spotify premium.

 

Related posts