Cara Deak Akun Instagram

Cara Deak Akun Instagram

Meskipun menggunakan media sosial menyenangkan karena cukup menghibur dikala senggang, tapi tak sedikit orang yang justru merasa risih atau mungkin jenuh memakai media sosial. Sampai akhirnya mereka ingin menonaktifkan akun media sosial mereka, seperti halnya menonaktifkan Instagram. Maka dari itu, disini kita akan membahas cara deak akun Instagram, untuk menonaktifkan akun Instagram.

Namun sebelum Kamu mengikuti cara deak akun Instagram, Kamu harus tahu dulu apakah ingin menonaktifkan akun IG sementara ataukah permanen. Menghapus akun IG permanen dapat dilakukan apabila Kamu sudah tak mau lagi memakai media sosial Instagram sama sekali. Tentu saja, menghapus akun IG permanen berbeda dari nonaktif akun IG sementara. Dimana kedua hal tersebut memberikan dampak berbeda.

Read More

Hapus Akun IG Permanen atau Sementara?

Apabila Kamu menghapus akun IG permanen, bisa membuat akun Instagrammu berikut video,foto, profil, tanda like dan komentar tak bisa dipulihkan lagi seperti sebelumnya. Sementara itu, jika hanya menonaktifkan IG sementara, biasanya video,foto, profil, like maupun komentar akan tersembunyi sementara waktu. Jadi, semuanya masih bisa kembali lagi setelah mengaktifkan akun IG kembali.

Mengingat cara deak akun Instagram permanen bisa membuat data tak bisa dipulihkan. Lalu, Instagram merekomendasikan supaya Kamu mendownload semua data terlebih dahulu sebelum melakukan deaktivasi akun IG. Dimana proses pengunduhan data perlu dilakukan sebelum Kamu menghapus akun IG permanen. Sebab data pengguna tak bisa didownload lagi dari IG ketika akunmu sudah dihapus.

Download Data Akun Instagram

Jika Kamu ingin mengunduh data akun IG terlebih dahulu sebelum menghapus akun Instagram, maka Kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu. Download data tersebut ke komputer atau Hp. Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka Instagram, baik itu lewat aplikasi atau situs web.
  • Kemudian cari ‘Pengaturan’ yang berikon gear.
  • Ketuk ‘Privacy & Security, ‘Reguest Download’, dan ‘Data Download’.
  • Inputkan akun email, selanjutnya Kamu akan langsung dikirimkan link untuk mendownload data akun IG milikmu lanjutkan dengan mengetikkan kata sandi akun IG.
  • Pihak Instagram selanjutnya akan mengirimkan tautan ke dalam data IG milikmu dalam waktu 48 jam. Kamu bisa mengeceknya dengan subjek ‘Your Instagram Data’.
  • Tekan ‘Download Data’.

Terlebih dahulu, pastikan pesan yang diterima adalah benar dari Instagram.

Cara Deak Akun Instagram

Cara Deak Akun Instagram
Tutorial Deak Akun Instagram

Tutorial Deaktivasi Akun Instagram

Setelah Kamu mempertimbangkan apakah ingin menonaktifkan akun IG secara permanen ataukah sementara, selanjutnya bisa coba cara deak akun Instagram. Kamu bisa pilih metode deaktivasi akun Instagram sesuai kebutuhan, berikut ulasannya :

Metode 1 : Deak Akun Instagram Permanen

Jika Kamu sudah yakin ingin menonaktifkan akun IG permanen dengan berbagai macam pertimbangan, maka Kamu bisa melakukan tutorial cara deak akun Instagram permanen di bawah ini :

1. Buka Instagram Apps

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan adalah silahkan buka dan masuk ke akun IG lewat aplikasi di perangkat smartphone.

2. Akses Menu Profil

Jika sudah, masuk ke menu ‘Profile’ di sebelah kanan bagian bawah.

3. Pilih Menu Setting

Silahkan pilih ikon garis tiga di sebelah kanan bagian atas, kemudian pilih ‘Pengaturan’.

4. Tekan Bantuan

Langkah cara deak akun Instagram permanen selanjutnya, tekan ‘Bantuan’ kemudian pilih ‘Pusat Bantuan’. Dengan begitu, Kamu akan langsung dialihkan dan di bawa ke Pusat Bantuan pada Instagram.

5. Pilih Kelola Akun

Di dalam tampilan tersebut, Kamu bisa memilih opsi nomor 2 ‘Mengelola Akun’.

6. Menghapus Akun

Langkah selanjutnya, jika sudah mengelola akun Instagram, Kamu bisa langsung tekan ‘Hapus Akun’.

7. Pilih Nomor 2

Setelah itu, Kamu akan mendapatkana beberapa pertanyaan, silahkan tap opsi terkait cara menonaktifkan akun IG.

8. Masuk ke Link Deak Akun

Gulir layar ke bawah, kemudian tap link url yang tertaut di dalam opsi ‘Hapus Akun’.

 9. Pilih Alasan Deak Akun

Di dalam tampilan selanjutnya, Kamu bisa memilih alasanmu ingin menonaktifkan akun Instagram permanen.

10. Inputkan Sandi Instagram

Setelah itu, Kamu tinggal menginputkan kata sandi IG di kolom yang ada.

11. Hapus Akun IG Permanen

Langkah terakhir, silahkan pilih ‘Hapus Akun Secara Permanen’. Selanjutnya di layar hp akan terdapat pemberitahuan jika proses deaktivasi sudah berhasil.

Metode 2 : Deak Akun Instagram Sementara

Jika Kamu tidak berniat menonaktifkan akun Instagram secara permanen, maka Kamu bisa mencoba cara deak akun Instagram sementara. Akan tetapi, untuk metode ini langkahnya berbeda. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut :

1. Masuk ke Instagram Browser

Silahkan masuk dan buka IG lewat browser di perangkat smartphone.

2. Pilih Edit Profile

Jika sudah masuk ke akun Instagrammu, pilih ‘profile’ kemudian tekan ‘Edit Profile’

3. Nonaktifkan Akun IG Sementara

Setelah itu, gulir layar ke bawah kemudian pilih opsi Nonaktifkan Akun Instagram Sementara.

4. Pilih Alasan

Langkah berikutnya, Kamu tinggal memilih alasan untuk deak akun Instagram sementara, kemudian isi kolom kata sandi atau password. Setelah itu, pilih ‘Akun IG Dinonaktifkan Sementara’.

5. Akun Instagram Sudah Berhasil Dinonaktifkan

Jika sudah mengikuti langkah-langkah cara deak akun Instagram di atas, Kamu pun sudah sukses menonaktifkan akun Instagram sementara.

Menghapus Akun Instagram Jika Lupa Password

Jika Kamu ingin menghapus akun IG tapi lupa kata sandi, maka Kamu bisa mencoba metde yang akan Kami bagikan di bawah ini. Biasanya jika lupa password akun IG, Kamu harus mereset password terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah mereset password IG adalah sebagai berikut :

  • Silahkan buka browser Instagram.com, jika Kamu memakai PC atau laptop, sementara jika memakai smartphone bisa membuka aplikasi IG.
  • Pada layar login, Kamu bisa ketuk ‘Lupa Kata Sandi’.
  • Jika sudah, inputkan akun emailmu yang digunakan untuk mendaftarkan Instagram.
  • Silahkan masukkan akun email di kolom yang tersedia.
  • Ketuk opsi ‘Kirim Link Masuk’.
  • Kemudian buka akun email yang telah dimasukkan sebelumnya.
  • Kamu bisa mencari email masuk dari Instagram dengan subjek yang tertulis ‘reset password’.
  • Silahkan buka akun email lalu klik tautan tadi. Selanjutnya Kamu pun akan langsung dibawa menuju layar untuk pembaruan password. 
  • Setelah itu, masukkan password yang baru pada kolom bertuliskan ‘new password’ lalu ulangi kembali di kolom konfirmasi.
  • Tekan OK, kemudian atur ulang password.
  • Jika sudah selesai, Kamu pun telah berhasil mengganti password. Selanjutnya, Kamu bisa menghapus akun IG sesuai langkah-langkah di atas.

Kesimpulan

Dengan melakukan cara deak akun Instagram, kini Kamu bisa kembali fokus beraktivitas tanpa harus disibukkan dengan melakukan aktivitas di Instagram. Karena bermain di media sosial memang memerlukan banyak waktu. Seperti melihat IG Story orang lain, melihat akun gosip, dan lain sebagainya. Sehingga jika Kamu sudah kecanduan Instagram maka Kamu bisa mengabaikan tugas-tugas dan pekerjaanmu.

Oleh sebab itu, Kamu harus menonaktifkan akun Instagram baik sementara ataupun secara permanen sesuai kebutuhanmu dengan cara deak akun Instagram di atas. Namun sebelumnya, pastikan semua data yang ada di Instagram sudah didownload terlebih dahulu untuk dibackup.

 

Related posts