Cara COD di Tokopedia

Belanja kebutuhan harian tanpa perlu keluar rumah? Mudah kok. Langsung saja lihat produknya di platform online. Kamu bisa membelinya dengan cara COD di Tokopedia. Pasti praktis dan dijamin harganya murah. Tersedia flash sale setiap harinya. So, tunggu apalagi. Segera checkout keperluanmu. Temukan juga hadiah tambahan berupa voucher yang dapat di tap di kotak undian.

Aktifkan notifikasi aplikasinya, agar kamu selalu mendapatkan update informasi dari Tokopedia. Ikutin juga setiap acara atau live yang muncul di took kesayanganmu. Siapa tahu nih, kalian bisa beruntung mendapatkan hadiah berupa potongan harga gila-gilaan sampai dapat produk secara gratis. Metode pembayaran beragam, mulai dari kartu debit, e-wallet, kartu kredit, sampai COD.

Read More

Tokopedia sendiri merupakan salah satu perusahaan berbasis teknologi yang menyediakan lapak untuk para pebisnis di Indonesia. Mulai dari pengembangan dan pengelolaan tokonya dapat user lakukan secara online. Selain bisa membantu berikan kenyamanan dan keamanan untuk seller dan customer. Pihaknya juga telah membangun kerjasama dengan badan-badan keuangan resmi.

Cara COD di Tokopedia

Cara COD di Tokopedia
Cara COD di Tokopedia

Cara COD di Tokopedia untuk Pembeli          

Cash on delivery sendiri merupakan, salah satu metode pembayaran alternatif yang bisa dipakai oleh pembeli untuk checkout produk yang akan dibeli. Selain tidak perlu repot harus top up isi  dari e-wallet atau mencari mesin ATM terdekat, kalian juga bisa merasa aman. Soalnya, barang bisa langsung dicek kelengkapannya setelah kamu bayar secara tunai. Customer jadi tenang.

Cara COD di Tokopedia untuk pembeli. Ikuti instruksi selengkapnya agar kamu tahu bagaimana langkah-langkah yang tepat ketika paket datang. Sebelum itu, kalian dapat melakukan pelacakan atau tracking melalui akun Tokopedia masing-masing. Hal ini, dapat  meminimalisir situasi saat kurir datang, dan kamu kebetulan sedang tidak berada di lokasi. Simak prosedurnya di bawah ini.

  1. Siapkan sejumlah uang tunai yang disesuaikan dengan nominal bayar “Pesanan”
  2. Serahkan uang tunai tersebut ke kurir terlebih dahulu
  3. Pastikan kurir telah melakukan konfirmasi menerima pembayaran yang dilakukan oleh “Penerima”
  4. Buka pesanan di depan kurir (opsional) untuk memastikan isi paket yang diantarkan sesuai dengan pesanan kalian
  5. Bila tidak sesuai, kalian dapat meminta refund ke pihak Tokopedia atau toko secara langsung melalui aplikasi
  6. Serahkan kembali “Paket” yang telah kalian terima kepada kurir untuk segera dikembalikan ke gudang
  7. Silahkan kalian kirimkan bukti kerusakan atau ketidaksesuaiaan barang yang diterima melalui video unboxing yang telah direkam sebelumnya
  8. Tunggu verifikasi dari pihak Tokopedia atau admin toko terkait.
Terkait:  Cara Bebas Ongkir Tokopedia

Selain video, kalian juga dapat mengirimkan tanda bukti virtual melalui foto. Akan tetapi, wajib untuk melampirkan hasil rekaman saat pertama kali paket dibuka dari kemasannya. Hal tersebut, dimaksudkan agar tidak ada manipulasi keluhan terkait barang yang rusak atau tidak sesuai dari pesanan. Bila kalian unboxing setelah kurir pergi, pengembalian barang ditanggung pembeli.

Pastikan terlebih dahulu kamu menerima instruksi lebih lanjut dari pihak admin toko saat hendak mengirimkan kembali paketan yang tidak sesuai ke gudang. Tambahkan ulasan atau komentar di kolom “Alasan” ketika mengajukan pengembalian barang atau dana. Kalau kalian memilh untuk dikembalikan dalam bentuk uang. Biasanya refund diberikan melalui penambahan saldo e-wallet.

 Cara COD di Tokopedia 2022

Batasan atau kurun waktu pengembalian atau pembatalan transaksi yang telah dilakukan pembeli akan diproses paling lambat 2×24 jam. Proses tersebut, berlangsung hanya saat di hari kerja saja. Hari libur nasional tidak dihitung sebagai waktu untuk refund transaksi. Pengembalian dana ini, dapat ditransfer ke perbankan yang ada di tanah air. Selain dikembalikan ke saldo e-wallet akun.

Cara COD di Tokopedia 2022 tidak hanya berlaku bagi customer atau pelanggan saja. Melainkan para penjual (seller) juga wajib mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus mereka lakukan untuk mengaktifkan fitur bayar di tempat tersebut. Supaya kalian dapat lebih memahami lagi apa yang harus dilakukan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

Langkah Mudah Aktifkan Fitur COD Seller

Hal-hal yang perlu kalian lakukan, diantaranya adalah:

  1. Masuk ke akun toko online kalian di Tokopedia melalui perangkat PC/laptop/komputer
  2. Pilih menu “Pengaturan Toko” bukan Pengaturan Admin
  3. Ketuk opsi pilihan berikutnya, yakni “Layanan” yang terdapat di deretan tab sebelah kanan dari tulisan “Template Balasan”
  4. Muncul dua pilihan, diantaranya ada “Tukar Tambah, dan Bayar di Tempat”
  5. Kalian centang pada bagian kotak persyaratan dan ketentuan yang tersedia di pilihan “Bayar di Tempat”
  6. Secara otomatis, fitur bayar di tempat toko kalian sudah aktif. Selamat!
Terkait:  Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI

Ada lagi keuntungan yang bisa kalian langsung rasakan sebagai pemilik toko online. Ya, apabila tokomu sudah muncul pilihan untuk bisa mengaktifkan layanan “Kurir Rekomendasi”. Artinya, pembeli dapat memilih sendiri kurir yang akan mengantarkan paket miliknya. Rekomendasi ini, pastinya sudah didukungjuga dengan penggunaan fitur bayar di tempat atau COD.

Pilihan jasa pengantaran paket yang telah disediakan oleh pihak Tokopedia, diantaranya mulai dari JNE, SiCepat, Antareja, serta Lion Parcel. Berikut beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh pihak pembeli apabila dirinya hendak mengajukan retur atau pengembalian barang kepada penjual. Ini dia penjelasan selengkapnya:

  • Proses pengembalian atau retur, akan diproses apabila pembeli belum membuka isi paket yang ada di kemasan. Penerima paket dapat langsung memberitahukan pengembaliannya ke kurir. Seller bisa mengajukan klaim refund biaya produk bila tidak ada informasi dari pembeli dalam jangka waktu 8×24 jam
  • Kerusakaan yang terjadi selama proses pengiriman barang atau dalam perjalanan, semua ditanggung oleh pihak asuransi. Persentasenya yaitu 100%. Termasuk apabila produk itu hilang ketika proses pengantaran barang berlangsung
  • Ongkir atau Ongkos Kirim pengembalian, akan ditanggung sepenuhnya oleh Tokopedia. Sehingga, seller tidak perlu lagi mengeluarkan biaya sepeserpun.

Makanya, kalian yang merasa ragu terhadap produk yang akan datang ke lokasi tujuan sebagai pihak pembeli. Alangkah baiknya, menggunakan bantuan tambahan dari pihak asuransi. Apabila kamu tidak mencentang kolom asuransi, otomatis biaya retur barang akan ditanggung oleh salah satu pihak sesuai kesepakatan. Umumnya, ongkir ditanggung oleh pihak penerima atau customer.

 

Syarat-syarat Aktifkan Fitur COD

Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

  • Produk-produk yang telah memenuhi persyaratan dan ketentuan dari Tokopedia, secara otomatis akan langsung terdaftar dalam layanan “Bayar di Tempat”
  • Pengiriman produk atau barang, wajib menggunakan bantuan dari kurir SiCepat saat . Penjual juga harus menempelkan label pengiriman di bagian kemasan paket yang hendak dikirimkan ke lokasi tujuan
  • Proses pengiriman maupun pembelian dari barang yang akan dikirimkan wajib memenuhi kebijakan dari fitur COD atau bayar di tempat.
Terkait:  Cara Jualan Pulsa di Tokopedia

Keuntungan yang diperoleh oleh seller melalui layanan bayar di tempat tersebut, salah satunya adalah pembeli dengan akun palsu atau fiktif secara otomatis akan terblokir. Langsung diproses oleh pihak Tokopedia penyeleksiannya. So, penjual jadi tetap aman meskipun barang dibayarnya saat diterima oleh penerima paket.

Sekian pembahasan mengenai cara COD di Tokopedia pada kesempatan kali ini. Semoga info yang disampaikan dapat bermanfaat. See you on the next awesome topics. Have a nice days, and bye bye!

Related posts