Cara Daftar SMS Banking BCA

Demi memanjakan para nasabahnya, bank BCA terus melakukan pembaruan terhadap fasilitas dan layanannya. Salah satunya dengan kehadiran layanan SMS Banking BCA. Melalui SMS Banking BCA, Kamu dapat mengakses seluruh informasi terkait layanan bank BCA melalui hp. Oleh sebab itu, Kami akan membagikan cara daftar SMS Banking BCA yang dapat Kamu nikmati layanannya tanpa harus mengunduh aplikasi atau tanpa perlu kuota internet.

SMS Banking BCA menawarkan berbagai macam kemudahan, sebab cukup dengan cara mengirimkan instruksi khusus lewat SMS, Kamu dapat melakukan banyak pilihan transaksi finansial.

Apa Saja Keunggulan SMS Banking BCA?

Sebelum kita membahas cara daftar SMS Banking BCA, Kamu wajib memahami kelebihan menggunakan SMS Banking BCA berikut ini :

1. Lebih Efisien

Transaksi finansial memakai layanan SMS banking tentu saja lebih aman dan terjaga, sebab semua datanya dapat dihapus dengan mudah. Di samping itu, saat menggunakan transaksi SMS Banking Kamu bisa terbebas dari yang namanya koneksi internet yang tidak stabil dan mati listrik.

2. Lebih Fleksibel

Dengan nasabah dapat melakukan transaksi dengan prakis dan mudah kapanpun dan dimanapun Kamu berada.

Terkait:  Cara Daftar Mobile Banking BCA

3. Bisa Menggunakan Semua Jenis Kartu SIM

Keunggulan SMS Banking lainnya ialah dapat melakukan layanan perbankan, hanya perlu dari rumah dan tanpa perlu mencari gerai ATM terdekat atau ke kantor BCA. Kamu bisa melakukannya kapan pun selama 24 jam penuh. Asalkan wilayah tersebut sudah ter-cover oleh sinyal operator kartu SIM yang dipakai. Di samping itu, Kamu juga harus mempunyai pulsa reguler.

Kekurangan Menggunakan Layanan SMS Banking BCA

Walaupun mempunyai kelebihan, tetapi fitur SMS Banking BCA juga menawarkan beberapa kekurangan. Ini dia kekurangannya :

1. Tarif Lebih Mahal

Jika Kamu menggunakan layanan SMS Banking, biasanya Kamu akan dikenakan biaya tambahan untuk administrasi guna melakukan transaksi SMS Banking. Tarif yang dibebankan sebesar Rp. 500.

2. Kurang Fleksibel

Transaksi menggunakan layanan SMS Banking BCA bisa dibilang tidak fleksibel karena keterbatasan pengelolaan terhadap transaksi keuangan. Karenanya tidak bisa melakukan berbagai transaksi keuangan sekaligus.

3. Resiko Terjadinya Penyadapan

Dengan kecanggihan teknologi menjadikan beberapa operator memiliki metode yang dapat dipakai untuk melakukan penyadapan SMS, seperti copy dan forward SMS.

Ketentuan dan Syarat Daftar SMS Banking BCA

Sebelum membahas cara daftar SMS banking BCA, ada beberapa persyaratan yang harus Kamu lakukan ialah sebagai berikut :

  • Kartu ATM Bank BCA
  • Minimal memiliki pulsa Rp. 5 ribu.
  • Mempunyai nomor ponsel aktif.
  • Memiliki rekening bank BCA.

Cara Daftar SMS Banking BCA

Cara Daftar SMS Banking BCA
Mendaftar SMS Banking BCA

Tutorial Daftar SMS Banking BCA

Setelah mengetahui ketentuan melakukan registrasi SMS Banking BCA, Kamu harus mengikuti langkah-langkah cara daftar SMS Banking BCA berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan kunjungi gerai ATM Bank BCA.
  • Kemudian inputkan kartu ke mesin ATM, kemudian masukkan PIN ATM yang terdiri dari 6 digit.
  • Di halaman awal, Kamu tinggal ketuk ‘Daftar e-Banking’ atau ‘Autodebet’.
  • Sesudah itu, Kamu tinggal memilih opsi SMS BCA.
  • Lalu, inputkan nomor ponsel yang akan dipakai.
  • Selanjutnya Kamu akan mendapatkan SMS berbentuk kode OTP. Tapi, pastikan dulu hpmu mempunyai pulsa agar dapat menerima SMS.
  • Inputkan kode OTP di kolom yang telah tersedia.
  • Silahkan ikuti perintah berikutnya dan selesaikan tahapan cara daftar SMS Banking BCA.
  • Kemudian mesin akan langsung mengeluarkan bukti pendaftaran SMS banking bank BCA dari slot mesin ATM BCA.
Terkait:  Cara Cek Angsuran BCA Finance

Cara Melakukan Aktivasi SMS Banking BCA

Setelah mengikuti cara daftar SMS Banking BCA di atas dan sukses mendaftarkan layanan SMS banking, selanjutnya tinggal ikuti langkah aktivasi layanan SMS Banking BCA.

Proses aktivasi ini berfungsi agar seluruh fitur transaksi dapat Kamu gunakan dalam layanan SMS Banking BCA. Adapun langkah-langkah aktivasi layanan SMS banking BCA berikut ini :

  • Silahkan kunjungi kantor unit Bank BCA yang terdekat.
  • Setelah itu, Kamu tinggal mengambil nomor antrian layanan Customer Service.
  • Kemudian Kamu tinggal menunggu giliran saja. Setelah itu, Kamu pun akan diminta datang ke meja Customer Service bank BCA.
  • Silahkan serahkan syarat-syarat dokumen yang dibutuhkan seperti buku rekening, struk bukti pendaftaran, informasi terkait nomor ponsel yang terdaftar dan kartu ATM.
  • Selanjutnya tunggu beberapa lama, kemudian petugas pun akan langsung memproses layanan aktivasi SMS Banking BCA.
  • Kemudian, Kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa layanan SMS Banking BCA tersebut telah sukses diaktifkan.
  • Kini layanan SSMS Banking bank BCA sudah dapat dipakai.

Tips Aman Bertransaksi Menggunakan SMS Banking

Kamu juga wajib memahami tips aman bertransaksi memakai SMS Banking BCA. Berikut ulasannya :

1. Mendownload SMS Bankking

Sebaiknya hanya mendownload layanan SMS Banking yang didapat dari akun bank resmi yang bersangkutan.

2. Memperhaikan Beberapa Hal Ini

Ketika memakai smartphone untuk bertransaksi perbankan melalui SMS banking, maka Kamu perlu menjaga kerahasiaan data terkait kode akses, dan PIN untuk pengaman validasi. Selain itu,  pastikan pula setiap selesai bertransaksi harus log out dari layanan SMS Banking BCA.

3. Harus Lebih Waspada

Sebagai langkah untuk meningkatkan kewaspadaan, sebaiknya ganti PIN dan kode akses SMS Banking dengan cara berkala memakai kombinasi huruf atau angka yang unik serta sulit ditebak pihak lain.

Terkait:  Cara Daftar UTBK

Layanan SMS Banking BCA

Ada beberapa layanan SMS Banking BCA yang bisa Kamu lakukan. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut :

1. Pengecekan Informasi Saldo

Untuk pengecekan informasi saldo, Kamu tinggal ketikkan format SMS : SALDO(spasi)kode akses. Lalu kirim ke 69888.

2. Pengecekan Mutasi Rekening

Jika Kamu ingin mengecek mutasi rekening BCA, maka formatnya akan berbeda. Caranya ketikkan format SMS : MUTASI(spasi)kode akses (spasi)nomor rekening. Baru kemudian kirim ke nomor 69888. Adapun contohnya yaitu ketik : MUTASI  1234 011231234.

3. Informasi Kurs

Untuk pengecekan informasi kurs, Kamu bisa mengetikkan format SMS berikut : KURS (spasi) 3 digit kode mata uang (spasi) kode akses. Kemudian kirimkan ke nomor 69888.

4. Informasi Mengenai Limit Kartu Kredit

Untuk mengecek informasi tentang limit kartu kredit, Kamu bisa mengetikkan format SMS ketik : LIMIT (spasi) kode akses (spasi) nomor kartu kredit.

5. Pembelian Pulsa

Kamu juga bisa melakukan pembelian pulsa dengan layanan SMS Banking BCA. Untuk format pembelian pulsa memakai SMS Banking BCA, tinggal ketik : PULSA (Spasi) nominal pulsa (spasi) kode akses. Laku kirimkan ke nomor 69888.

6. Menghapus Registrasi Informasi Kartu Kredit

Sementara itu, jika ingin menghapus pendaftaran informasi kartu kredit. Adapun formatnya ialah ketik : UNREG(spasi)KK(Spasi)Kode Akses(spasi) Nomor Pelanggan/Kartu Kredit.

Bagi Kamu pengguna layanan operator Telkomsel, Indosat, attau XL, maka Kamu dapat bertransaksi dengan SMS Banking lewat kode dial up di *222# dan 141#. Sementara itu, tarif menggunakan SMS Banking BCA sendiri dimulai dari harga Rp. 500 hingga Rp. 1.620. Tarif tersebut biasanya akan langsung dipotong menggunakan sisa pulsa reguler yang Kamu miliki. Sehingga jika pulsamu kurang atau tidak mencukupi, SMS Banking BCA tidak dapat dilakukan alias gagal. Oleh sebab itu, Kamu harus melakukan pengisian pulsa terlebih dahulu.

Demikian ulasan tentang cara daftar SMS Banking BCA, ketentuan, dan kelebihan kekurangan yang bisa Kamu dapatkan dengan menggunakan layanan SMS Banking BCA. Semoga bermanfaat!

 

Related posts