Cara Cancel Gofood

Cara Cancel Gofood

Salah pilih makanan yang dipesan di Gofood? Atau salah dalam menentukan jumlah item yang Kamu tentukan? Tenang saja, pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara cancel Gofood yang aman dan mudah sehingga Kamu bisa memesan ulang Gofood sesuai dengan keinginanmu.

Seperti yang telah diketahui bersama, Gofood adalah salah satu menu yang ditawarkan oleh Gojek. Setiap orang yang terdaftar dan tergabung di Gojek bisa membeli makanan secara online. Makanan tersebut akan dikirimkan oleh driver langsung ke alamat yang dituju.

Cara pembayaran Gofood pun sangat mudah, Kamu bisa bayar kontan ketika makanan tersebut sampai di tangan pelanggan, atau bisa menggunakan transfer bank. Bahkan yang tidak kalah menarik adalah bisa membayar dengan menggunakan Gopay. Periksalah beberapa voucher yang bisa Kamu pergunakan agar pembelian makanan pada Gofood bisa lebih murah. Selain itu, Kamu juga bisa mencoba cara mendapatkan voucher Gofood.

Cara Cancel Gofood

Cara Cancel Gofood
Cara Membatalkan Pesanan Gofood

Bagaimana Cara Cancel Gofood?

Membatalkan pesanan Gofood sejatinya memang tidak bisa dihindari jika salah dalam order makanan, cancel itu sebenarnya bisa dilakukan pembeli atau bisa saja dari resto karena stok makanannya habis. Namun apapun kasusnya, semuanya bisa ditangani dengan cara cancel Gofood dan tidak akan dikenakan penalti akibat cancel makanan.

Metode 1 : Cara Cancel Gofood Untuk Gofood Super Partner

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cancel Gofood bisa dlakukan oleh siapa saja tergantung dari kondisi yang terjadi. Kali ini akan dibahas terlebih dahulu cara cancel Gofood jika dilihat dari kacamata mitra usaha Gofood super partner.

Adapun prosedur cancel Gofood bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Gobiz sesaat sebelum mengantarkan makanan. Namun apabila ingin cancel Gofood sedangkan makanan sudah diantar berarti sudah tidak bisa dibatalkan. Adapun langkah-langkahnya ialah berikut ini :

  • Sebelum cancel Gofood, harap perhatikan alasan penyebab cancel berdasarkan dari beberapa poin yang tertera pada layar dan harap disesuaikan dengan kejadian sebenarnya.
  • Ketika masuk pada laman rincian pemesanan tepatnya ada order details, Kamu klik Batal atau Cancel.
  • Setelah itu, Kamu pilih alasan yang tepat berdasarkan apa yang terjadi alasan dibalik pembatalan pesanan.
  • Jika sudah memilih salah satu dari beberapa poin alasan tersebut, Kamu cukup Batalkan Pesanan yang ada di bagian bawah.

Adapun rincian poin yang dimaksudkan diantaranya adalah :

  • Menu telah habis, artinya jika pelanggan memesan makanan pada restoran yang dimaksud ternyata stok makanan tersebut telah habis. Kamu sebagai mitra Gofood bisa menandainya dengan klik poin tersebut dan klik konfirmasi.
  • Restoran tutup, artinya jika kebetulan restoran pada hari tersebut tutup maka klik ‘Ya, Tutup Restoran’. Tujuannya adalah untuk menghindari pelanggan mencari makanan di restoran yang Kamu kelola. Selain itu, tujuannya agar semua pesanan yang masuk bisa di tolak secara otomatis oleh sistem.
  • Alasan lainnya, artinya jika Kamu memiliki alasan lain kenapa restoran yang di kelola tidak buka. Ini artinya diluar 2 alasan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Metode 2 : Cara Cancel Gofood Bagi Driver Gofood

Bukan hanya mitra Gofood saja yang bisa cancel makanan ketika pelanggan akan membeli makanan di restorannya, seorang driver Gofood pun bisa cancel makanan ketika ada pelanggan yang ingin membeli di restoran pilihannya.

Beberapa alasan perlu dipikirkan matang-matang bagi seorang driver jika ingin membatalkan pesanan pelanggan, karena pengaruhnya bisa dibilang sangat penting. Sebab imbasnya bisa mengurangi nilai dari driver itu sendiri.

1. Cancel Gofood Untuk Driver Gofood

Nah, apabila kenyataannya terpaksa harus membatalkan pesanan, prosedurnya sudah ditentukan oleh manajemen Gojek, tujuannya agar driver Gofood aman dari pengurangan nilai. Lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah cara cancel Gofood bagi driver Gofood berikut :

  • Pelanggan meminta mengantarkan makanan pada restoran yang ingin dibeli makanannya.
  • Lalu, Gojek mendatangi restoran yang sudah ditunjuk oleh pelanggan tersebut. pastinya Kamu akan klik tombol ‘Udah Di Resto’.
  • Setelah itu, lakukan konfirmasi ulang untuk meyaknkan pelanggan bahwa Kamu sudah berada di resto tersebut dengan klik tombol ‘Udah’ yang ada di bagian bawah. Ingat, ini hanya sekedar konfirmasi ulang yang muncul pada layar dan tidak perlu menghubungi customer service Gojek untuk menanyakan muncul laman konfirmasi.
  • Kemudian akan muncul laman order. Disana ada beberapa tombol diantaranya tombol Cancel, tombol Bantuan, atau tombol Lanjut. Karena Kamu akan membatalkan orderan tersebut, maka klik Cancel.
  • Piihlah salah satu alasan pada poin-poin alasan yang tertera di layar hp Kamu.
  • Jika sudah memilih salah satu alasannya, Kamu tinggal klik Kirim yang berada di bagian bawah.
  • Dengan begitu, pembatalan pesanan telah berhasil Kamu lakukan.

2. Alasan Pembatalan Pesanan Driver

Adapun beberapa alasan pembatalan pesanan bisa dijelaskan berikut ini :

  • Order fiktif, artinya Kamu meyakini bahwa yang order makanan merupakan akun palsu.
  • Customer terlalu jauh, artinya jika Kamu tidak sanggup mengantarkan makanan dari resto ke lokasi pelanggan maka Kamu berhak membatalkan pesanannya.
  • Motor mogok, artinya apabila ada kendala pada kendaraan yang digunakan untuk mengantarkan makanan maka berhak membatalkannya.
  • Customer tidak dapat dihubungi, artinya jika pesanan sedang diproses, namun Kamu tidak berhasil menghubungi customer baik itu lewat chat atau yang lainnya, maka driver berhak membatalkannya.
  • Lainnya, artinya jika ada hal-hal lain diluar penjelasan diatas maka silahkan Kamu tuliskan alasannya secara manual dan ketuk tombol ‘Kirim’.

Metode 3 : Cara Cancel Gofood Oleh Pelanggan

Cara cancel Gofood oleh pelanggan ini adalah ditujukan bagi seorang pelanggan yang tidak ingin melanjutkan orderan makanannya dengan alasan tertentu. Akan tetapi yang perlu Kamu ketahui adalah, selalu hati-hati dalam memilih makanan yang akan Kamu beli karena berhubungan langsung dengan pemilik resto dan driver Gofood itu sendiri. Adapun langkah-langkahnya bisa Kamu ikuti dibawah ini  :

  • Pada menu pesan, silahkan klik bagian chat yang berada di bagian bawah.
  • Lalu beritahukan kepada driver bahwa Kamu akan melakukan pembatalan pesanan dengan alasan yang wajib Kamu isi.
  • Alasan-alasan tersebut akan muncul dalam bentuk poin-poin dengan cara swipe layar dari bawah ke arah atas.
  • Silahkan untuk melanjutkan dengan cara klik ‘Batalkan Pesanan’ yang berada di bagian paling bawah pada menu order.

Adapun beberapa alasan yang wajib Kamu pilih ketika muncul di layar adalah :

  • Jika ingin mengganti alamat pengantaran, artinya jika Kamu secara mendadak ingin mengganti alamat tujuan maka harus dibatalkan terlebih dahulu.
  • Untuk mengubah metode pembayaran, artinya Kamu akan mengganti metode pembayaran karena metode yang sebelumnya dipilih bermasalah.
  • Ingin mengubah pesanan, artinya Kamu salah membeli orderan makanan dan ingin mengganti makanan yang akan Kamu beli.
  • Sulit berkomunikasi dengan driver, artinya jika antara Kamu dengan driver sulit berkomunikasi satu sama lain, maka Kamu berhak membatalkan pesanan tersebut.

Bagiamana, cukup mudah dilakukan bukan? Jadi intinya pihak restoran, pihak driver, dan pelanggan bisa membatalkan pesanan sesuai dengan cara cancel Gofood sesuai kondisi yang dialami. Harap diingat bahwa pembatalan pesanan bisa saja merugikan orang lain. Oleh karena itu, sebaiknya pikirkan matang-matang saat membatalkan orderan di Gofood.

 

Related posts