Cara Cek Layar Hp Xiaomi

Cara Cek Layar Hp Xiaomi

Apakah Kamu berencana membeli hp Xiaomi dalam waktu dekat? Jika ya, tahukah Kamu apa saja spek hp yang wajib dicek pada hp Xiaomi? Ya, jawabannya adalah layar. Jangan salah, layar adalah komponen terpenting yang wajib Kamu perhatikan. Jika abai memperhatikan kondisi layar, bisa-bisa layar ponselmu rusak dan Kamu tidak bisa memakai hpmu sebagaimana mestinya. Lalu, gimana sih cara cek layar hp Xiaomi?

Seperti kita ketahui, bahwa saat ini untuk model perangkat hp terbaru biasanya memakai jenis layar sentuh (touchscreen) yang sangat rentan saat digunakan. Komponen ini juga sangat penting di perangkat smartphone, karena seluruh aktivitas atau proses dapat dilakukan hanya lewat usapan jari di layar. Oleh sebab itu, Kamu harus memperhatikan kondisi layar hp Xiaomi terlebih dulu sebelum membelinya. Selain mengecek layar, penting juga  mengecek kerusakan komponen lain dengan cara cek kerusakan hp Xiaomi. Terutama untuk pembelian hp second ya!

Mengenal Tipe Layar LCD Hp Xiaomi

Biasanya perangkat Xiaomi memakai jenis layar In Place Switching, atau disingkat layar IPS untuk perangkat hp kelas mid-range. Layar tipe ini biasanya mempunyai sudut pandang dan tampilan yang lebih baik dibandingkan layar berjenis TFT.

Tipe layar IPSsendiri telah diterapkan oleh Xiaomi untuk perangkat mid-range, diantaranya pada Xiaomi Redmi 2/3/4 atau Redmi Note 2/3/4. Belum lagi, banyak orang berpendapat jika tipe layar IPS sendiri memakai daya baterai lebih hemat dibandingkan TFT. Sehingga ikut berkontribusi membuat baterai lebih tahan lama.

Selain kelas mid range, Xiaomi juga menggunakan layar IPS pada produk smartphone high range, baik itu Mi 6, Mi 5, Mi4 atau lainnya. Adapun alasannya, mengingat harga tipe layar jenis ini lebih terjangkau dengan kualitas yang tak kalah bagus.

Cara Cek Layar Hp Xiaomi

Cara Cek Layar Hp Xiaomi
Tutorial Cara Cek Layar Hp Xiaomi

Tutorial Cara Cek Layar Hp Xiaomi

Sejauh ini ada 3 metode pengecekan layar hp xiaomi yang bisa kamu lakukan sendiri,tanpa harus pergi ke konter untuk memeriksa kondisi layar. Metode-metode ini dapat digunakan, baik untuk mengecek hp Xiaomi lamamu atau Ketika Kamu ingin membeli hp Xiaomi second. Jika ingin lebih jelasnya, silahkan simak tutorial cara cek layar hp Xiaomi berikut :

STEP 1 : Cek Layar Hp Xiaomi Dengan Cara Manual

Adapun maksud dari cara manual ini ialah Kamu bisa mengecek layarnya langsung melalui tampilan fisik layar. Jadi, cara manual ini dapat dilakukan pertama kali sebelum Kamu memilih cara lainnya. Tujuan cek fisik layar ialah agar semua fungsi pada tipe layar touchscreen dapat berfungsi baik. Kelemahan layar yang kondisinya retak misalnya, dapat mengakibatkan hilangnya tingkat sensitivitas layar.

Kita tahu bahwa harga layar hp Xiaomi cukup mahal. Jadi daripada harus menggantinya di masa mendatang, sebaiknya cek kondisi fisik hp yang akan Kamu beli secara detail dan teliti.

Nah, biasanya masalah kerusakan layar hp Xiaomi, tidak jauh dari hal-hal dibawah ini :

1. Layar Pecah

ini merupakan kerusakan berat yang tidak mungkin dipaksakan menggunakannya. Maka dari itu, jika kamu memiliki perangkat Xiaomi yang kondisi layarnya pecah, maka Kamu terpaksa harus mengganti layar dengan yang baru.

Layar pecah bisa jadi akibat benturan keras pada perangkat, atau bisa juga akibat terlindas sesuatu yang berat. Jadi tugasmu disini ialah lakukan pengecekan secara menyeluruh pada perangkat hp Xiaomi, supaya kerusakan dapat dideteksi lebih dini.

2. Layar Retak

Retak mungkin masih bisa di akali dengan memaksakan menggunakan hp tersebut, karena retak masih tergolong jenis kerusakan ringan dibandingkan dengan layar pecah. Jika Kamu menemukan ada retak-retak di layar hp, sebaiknya segera memakai pelindung layar berkualitas tinggi. Dengan demikian, selain mencegah agar retaknya tidak melebar kemana-mana, Kamu juga bisa mengantisipasi terjadinya benturan di kemudian hari.

3. Layar Longgar

Cara cek layar hp Xiaomi selanjutnya, misalnya Kamu menemukan kondisi layar longgar di perangkatmu. Biasanya layar hp yang longgar bisa disebabkan hpmu sering terjatuh. Jika hal ini terjadi, Kamu dapat memperbaikinya ke konter hp langsung. Biasanya pihak konter akan memberikan perekat agar layar hp lebih kuat.

Jangan biarkan kondisi ini terlalu lama, sebab antara bodi dengan layar hp, biasanya memiliki kabel penghubung. Sedikit saja kabel tersebut terkelupas, maka bisa jadi layar hpmu tidak memunculkan gambar.

4. Perubahan Warna Pada Layar

Jika warna pada layar hpmu kurang tajam, atau justru hanya satu warna saja yang mendominasi layar keseluruhan, biasanya ini disebabkan oleh adanya masalah pada software atau hardware. Biasanya warna yang mendominasi tersebut adalah warna cokelat dan kuning. Sebaiknya cek kondisi layar secara detail.

STEP 2 : Cek Layar Hp Xiaomi Melalui Kode DIal

Cara cek layar hp Xiaomi yang kedua dapat dilakukan jika cara manual sudah Kamu coba. Hl ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya kerusakan di bagian software-nya. Biasanya kerusakan pada komponen di baigan layar akan terdeteksi otoamtis dan Kamu bisa menentukan mana komponen yang harus diganti.

Biasanya setiap konter memakai kode rahasia tertentu untuk mengecek kondisi layar hp saat mereka hendak menerima hp bekas. Jadi, pihak konter dapat memperkirakan harga beli yang tepat.

Kode rahasia ini sebenarnya tak hanya berlaku untuk pengecekan layar hp saja, tetapi juga untuk pengecekan fitur-fitur di dalamnya. Misalnya saja, mengecek kondisi microfon, speaker hp, uji kekuatan jaringan, Bluetooth, dan lainnya.

Terutama untuk mengecek layar ponsel, diperlukan pengecekan 2 elemen penting, diantaranya mengecek touchscreen pada layar dan warna dasar, supaya tingkat sensitivitas pada layar dapat diketahui.

Berikut ulasan cara cek layar hp Xiaomi memakai kode dial up :

1. Buka Hp Xiaomi dan Pilih Dial Up

Buka hp xiaomi yang akan kamu test, pada homescreen, lalu pilih menu dial.

2. Tekan Kode Dial Up

Setelah itu, ketikkan kode ini : *#*#4636#*#*, lalu mulai saatnya pengujian kondisi hp. Ada beberapa menu yang akan muncul, seperti informasi telepon, statistik penggunaan dan wifi information.

3. Pilih Menu Informasi Telepon dan Menu Color

Masuklah ke menu informasi telepon, karena disana letak semua komponen yang akan kamu uji. Lalu pilihlah menu Color dan cukup ikuti instruksinya.

4. Masuk ke Pengetesan Warna

Pengetesan warna secara umum terdiri atas 3 komponen warna dasar diantaranya Red, Green dan Blue. Apabila warna yang ditampilkan ternyata telah sesuai dengan petunjuk yang tertera pada layar, maka hp xiaomi milikmu dalam keadaan baik-baik saja. Namun jika warnanya berubah dan berbeda dari petunjuk yang ada, ini menandakan adanya komponen yang rusak.

5. Kembali ke Menu Awal

Setelah selesai melakukan pengetesan terhadap warna, selanjutnya kembali ke menu awal agar kamu bisa mengecek sensitivitas layar.

6. Masuk ke Menu Touchscreen Edge

Masuklah ke menu Touchscreen Edge atau Touch Sensor, kemudian akan muncul motif garis-garis dan kotak-kotak di layar dengan polla tertentu.

Biasanya, bentuk kotak-kotak tersebut jika disentuh warnanya akan berujpa antara warna hijau atau warna biru. Jika seandainya tidak terjadi perubahan warna saat Kamu menyentuhnya, maka kemungkinan besar tingkat sensitivitas hpmu sedang bermasalah.

STEP 3 : Cek Layar Hp Xiaomi Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Apabila kamu masih bingung dengan cara yang kedua, kamu bisa saja menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tujuannya agar pengecekan layar dipandu langsung oleh pihak ketiga, sehingga kamu bisa mengetahuinya dengan cepat. Dengan begitu, Kamu bisa memutuskan langkah selanjutnya jika hp Xiaomi yang Kamu cek bermasalah.

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan seperti aplikasi Touchscreen Test,  Aplikasi Display Tester, Aplikasi Multi Touch Screen dan Aplikasi Dead Pixrls Test and Fix.

Semua aplikasi tersebut bisa dibilang yang paling unggul diantara lainnya karena selain user friendly, aplikasi-apikasi tersebut juga sangat informatif. Dalam cara cek layar hp Xiaomi ini, Kamu tinggal pilih aplikasinya saja.

 

 

 

Related posts