Cara Bayar Pajak Mobil Online

Cara Bayar Pajak Mobil Online

Bayar pajak mobil kini nggak perlu harus mengantri atau pergi ke kantor Samsat saja. Sebab kini Kamu bisa mencoba cara bayar pajak mobil online tanpa ribet dan lebih praktis. Proses pembayaran pajak kendaraan secara online pastinya sangat membantu, terlebih bagi Kamu yang punya kesibukan. Daripada tidak membayar pajak sama sekali, bisa-bisa kendaraan kena tilang.

Tak hanya kena tilang, telat saja membayar PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) bisa membuatmu kena denda, dengan jumlah yang bervariasi. Bahkan bisa di atas 25% dari jumlah pajak, umumnya tergantung dari lamanya telat membayar pajak.

Read More

Kini ada beberapa pilihan provinsi yang menawarkan pembayaran pajak secara online. Selain itu, ada juga layanan e-Samsat nasional sebagai jaringan elektronik Tim Pembina dari Samsat Nasional. Tujuannya demi mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak.

Mengecek Pajak Kendaraan di e-Samsat

Seperti yang sudah dibilang di atas, bahwa ada beberapa provinsi yang ada di Indonesia yang menyediakan website untuk mempermudah masyarakat mengecek PKB melalui sistem e-Samsat. Melalui fasilitas ini, Kamu dapat melihat masa berlaku dari nomor polisi kendaraan dan berapa jumlah pajak yang mesti dibayarkan. Cara melihat pajak mobil melalui e-Samsat sangat mudah, Kamu hanya perlu memasukkan nomor polisi dan KTP dari pemilik kendaraan. Untuk selanjutnya, Kamu dapat melihat seluruh informasi terkait pajak kendaraanmu dengan mudah, termasuk besarnya denda yang wajib dibayarkan.

Setelah cek pajak mobil online di alamat-alamat di atas, Kamu bisa melakukan pembayaran pajak mobil dengan cara bayar pajak mobil online.

Tempat Pembayaran Pajak Mobil

Pembayaran pajak merupakan sebuah kewajiban bagi warga Indonesia. Hal ini disebabkan dari pajak, pemerintah akan memperoleh pendapatan, untuk digunakan dalam kepentingan pembangunan negara. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu membayar pajak tepat waktu. Sekarang tak ada lagi alasan untuk tidak melakukan pembayaran pajak,. Karena Kamu ditawarkan banyak pilihan cara untuk melunasi pajak kendaraanmu. Di bawah ini ada beberapa tempat untuk pembayaran pajak yang dapat Kamu kunjungi, termasuk pembayaran STNK Online lewat minimarket.

1. Samsat Drive Thru

Kamu bisa melakukan cara bayar pajak mobil online di Samsat Drive Thru. Tentu saja dengan layanan drive thru ini membuatmu lebih cepat melakukan pembayaran pajak. Bahkan waktu yang diperlukan untuk membayar pajak kendaraan hanya 2menit saja.

Namun layanan Samsat Drive Thru ini baru tersedia di kota Jakarta. Oleh karena itu, bagi warga yang ada di daerah lain, harus lebih bersabar lagi.

2. Samsat

Samsat adalah singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, yang selalu menjadi tempat khusus pembayaran pajak mobil atau motor. Kamu bisa melakukan pembayaran pajak tahunan hingga penggantian STNK untuk 5 tahunan di Samsat.

3. Samsat Keliling

Tempat alternatif pembayaran pajak kendaraan bermotor lainnya ialah di dalam layanan Samsat Keliling. Biasanya layanan ini memakai mobil yang telah dimodif sedemikian rupa seperti halnya loket pembayaran.

Namun Kamu wajib melakukan pengecekan jadwal Samsat keliling terlebih dahulu. Silahkan cek langsung di akun sosial media yang tersedia di Samsat tiap-tiap wilayahmu. Jika sudah tahu, Kamu hanya perlu mendatangi Samsat Keliling. Umumnya, layanan ini tersedia di daerah yang selalu ramai penduduk serta gampang dijangkau.

4. Minimarket

Cara bayar pajak mobil online juga dapat dilakukan di minimarket. Ada 2 minimarket di Indonesia yang melayani proses pembayaran pajak, diantaranya Alfamart dan Indomaret. Meskipun demikian, hanya beberapa wilayah saja yang menetapkan kebijakan untuk membayar pajak langsung di minimarket. Ada beberapa daerah yang telah menerapkan pembayaran pajak di minimarket, seperti Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Cara Bayar Pajak Mobil Online

Cara Bayar Pajak Mobil Online
Panduan Cara Bayar Pajak Mobil Online

Panduan Cara Bayar Pajak Mobil Online

Setelah cek pajak mobil online, kini Kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara bayar pajak mobil online berikut ini :

1. Bayar Pajak Mobil Online di ATM

Kamu bisa melakukan cara ini di ATM dengan catatan nama rekening beserta pemilik kendaraan bermotor harus sama.

  • Cara yang pertama, kunjungi gerai ATM terdekat.
  • Setelah itu, pilih ‘Bayar’ kemudian pilih ‘Menu Lainnya’.
  • Langkah berikutnya, pilih ‘Pajak atau Penerimaan negara’.
  • Lalu pilih e-Samsat.
  • Selanjutnya tinggal memasukkan nopol (nomor polisi), silahkan ikuti petunjuk di mesin ATM. Biasanya seri huruf diubah ke dalam angka. Contohnya saja B 2345 ABC, jadi 2345010203.
  • Lakukan pembayaran PKB.
  • Setelah berhasil membayar pajak, pastikan untuk menyimpan struk pembayaran pajak yang Kamu lakukan lewat ATM.

2. Bayar Pajak Mobil Online di Aplikasi Samsat Online Nasional

Ada beberapa panduan cara bayar pajak mobil yang bisa dilakukan di aplikasi Samsat Online Nasional, diantaranya :

  • Silahkan download dan instal Samsat Online Nasional Apps di perangkat Smartphone, baik lewat Play Store maupun App Store.
  • Kemudian buka aplikasi, selanjutnya tekan ‘Mulai’.
  • Pilih ‘Pendaftaran’.
  • Setelah itu, pilih setuju jika Kamu menyutujui syarat dan ketentuan yang tertera.
  • Silahkan isi semua data yang diperlukan, seperti NIK/Nomor KTP, Nomor Rangka kendaraan, email, nomor hp, dan Nomor Polisi atau NRKB.
  • Lalu pilih ‘Lanjutkan’.
  • Jika ditemukan, maka hasilkan akan ditampilkan pada layar info tentang data kendaraan.
  • Ingat, kode pembayaran hanya berlaku 2 jam saja dari pendaftaran.
  • Tekan ‘Setuju’ untuk melanjutkan pembayaran.
  • Silahkan salin kode pembayaran untuk mempermudah pembayaran pajak mobil online.

3. Bayar Pajak Mobil Online di Indomaret

Cara bayar pajak mobil online selanjutnya ialah di Indomaret. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa masih belum semua wilayah/propvinsi mengaplikasikan pembayaran pajak melalui sistem ini. Dimana metode ini, bisa dipakai bagi Kamu yang tinggal di provinsi Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Ini dia tahapan-tahapannya :

  • Persiapkan data STNK, NIK serta nomor hp.
  • Silahkan informasikan ke kasir di Indomaret jika Kamu ingin melakukan pembayaran pajak.
  • Selanjutnya, kasir pun akan meminta nomor mesin mobil, nomor plat hingga nomor hp.
  • Apabila semuanya sudah lengkap, nominal pajak berikut biaya admin akan ditampilkan.
  • Jika sudah membayar pajak, Kamu pun selanjutnya akan mendapatkans truk bukti pembayaran berikut SMS menggunakan link bitly berisi ERI (Electronic Registration Identification) dari pihak Polri.
  • Ketuk link bitly, selanjutnya Kamu akan ditampilkan gambar berupa e-TBKP sebagai bukti pelunasan yang dilengkapi barcode.
  • Silakan simpan resi pembayaran untuk dijadikan bukti sah, selanjutnya Kamu bisa mencetak bukti tersebut di kantor kepolisian.

Nah, itulah 3 cara bayar pajak mobil online yang dapat Kamu pilih tergantung layanan yang bisa diakses. Bagaimana, mudah bukan?

 

Related posts