Cara Agar Memori Tidak Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Abadikan setiap momen berharga kalian, ke dalam satu perangkat canggih dalam genggaman tangan. Ya, apalagi kalau bukan smartphone. Teknologi pintar yang berukuran mini serta mudah dibawa kemanapun ini, mampu menyimpan berbagai data penting di dalamnya. Kamu, bisa share ke device lain loh. Ini dia, cara agar memori tidak penuh tanpa menghapus aplikasi.

Tapi sebelum itu, mari kita ulas sedikit perbedaan antara memori internal dan eksternal yang sering kamu temukan di berbagai perangkat komunikasi maupun kamera. RAM, atau dikenal dengan Random Access Memory. Dimana, komponen satu ini sudah bersatu padu dengan hp atau gadget lainnya seperti laptop, komputer, dan lain-lain. Secara fisik dari luar tidak terlihat.

Pemasangan RAM ini, umumnya berada di dalam komponen mesin gadget. Otomatis, kalau kalian ingin melihatnya harus membongkat case atau bagian luarnya terlebih dahulu. Berbeda dengan memori ekternal atau lebih familiar dikenal dengan MicroSD. Tempat penyimpanan tambahan tersebut, dipasangnya dari luar perangkat. Kamu jadi tidak perlu khawatir, hp rusak.

Cara Agar Memori Tidak Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Agar Memori Tidak Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi
Cara Agar Memori Tidak Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Agar Memori Tidak Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Oppo

Buat kalian yang sedang menjadi pengguna dari brand Oppo, kamu juga bisa simpan data di hp tersebut dengan aman. Dianjurkan untuk melakukan back up secara berkala ke beberapa akun atau perangkat lainnya. Cara ini, bertujuan agar user tidak kebingungan saat file tersebut hilang atau terhapus. Lebih baik mencegah daripada bersedih bukan? Recovery ke G-Drvive.

Terkait:  Cara Cek HP Realme

G-Drive memang tidak memilki wujud fisik seperti halnya RAM atau memori eksternal lain yang bisa kalian sentuh secara langsung. Akan tetapi, software ini mampu menyimpan data di akun Google secara aman. Google inc. sendirilah yang merilisnya. Jadi, sudah terbukti bagus dan terpercaya. Kalau hp kalian tidak ada slot SD Card, bisa bantu dengan sebuah adapter.

Cara agar memori tidak penuh tanpa menghapus aplikasi di hp Oppo, dapat kamu lakukan melalui beberapa usaha. Bagaimanapun juga, memori kalian akan terisi penuh seiring waktu pemakaian smartphone. Oleh sebab itu, penting untuk lakukan pencegahannya sedari dini.

1. Memindahkan File ke Memori Eksternal

Sering melakukan browsing menggunakan smartphone Oppo kalian? siap-siap saja ada junk  atau file sampah yang masuk ke memori hp. Tenang, tidak perlu khawatir karena itu bukanlah virus yang dapat mengacaukan sistem pada perangkat. Akan tetapi, semakin banyak cache di dalam ponsel. Kemungkinan pemakaian ruang berlebih juga akan meningkat. Segera hapus!

  • Buka menu “Manajer Telepon” yang terdapat di hp Oppo
  • Klik opsi “Bersihkan Memori” pada halaman utama dari aplikasi cleaner tersebut
  • Tap  “Semua Data Cache Aplikasi” untuk mulai proses cara agar memoti tidak penuh tanpa menghapus aplikasi
  • Klik menu “Hapus” untuk menghapus cache pada ponsel
  • Tunggu sampai proses memindai atau scanning aplikasi berjalan sempurna
  • Cepat atau lamanya pemindaian, bergantung dari jumlah cache yang terdapa di hp Oppo kalian
  • Proses selesai.

2. Bersihkan Cache pada HP Oppo

Berbeda dengan kamu yang hpnya support dengan slot tambahan untuk meletakkan SD Card sebagai memori eksternal. Hal ini, dapat lebih meringankan beban kerja sekaligus RAM pada ponsel kalian. Namun, buat kamu yang ponselnya memang tidak menyediakan ruang tersebut. Masih ada alternatif lainnya, dengan memanfaatkan sebuah adapter. Bisa juga pakai flashdisk.

  • Mulai dengan masuk ke menu “Setelan” yang ada di ponsel kalian masing-masing
  • Klik menu “Penyimpanan” untuk melihat file mana yang sekiranya akan kamu pindahkan ke MicroSD
  • Pilih opsi “Kartu SD” > Transfer ke Kartu SD”
  • Kalian juga dapat mengaktifkan instruksi otomatis pada ponsel, dengan menggeser tombol “ON” pada file yang ingin dipindahkan langsung ke Kartu SD
  • Bila manual, klik satu-satu file yang akan kalian pindahkan. Kemudian, tekan tombol “Mulai Mentransfer”
  • Proses transfer akan berlangsung dalam beberapa saat
  • Pemindahan atau transfer file telah berhasil.
Terkait:  Cara Menghapus Virus di Android

Cara Agar Memori Tidak Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Samsung

Lain merek, beda juga cara penanganan dalam mengoperasikan ponselnya. Tapi, perlu kalian ketahui kalau hp jenis android pada dasarnya mirip. Hanya saja, penempatan dari pengaturan yang ada di dalamnya sedikit berbeda. Kamu tidak perlu khawatir. Ada tips yang ampuh untuk mengatasi permasalahan memori yang terdapat di hp Samsung. Berikut penjelasannya!

Cara agar memori tidak penuh tanpa menghapus aplikasi di hp Samsung, ada lebih dari satu tips yang bisa kalian terapkan secara langsung. Beberapa diantaranya, sama dengan apa yang biasa kamu temukan saat sedang search di kolom pencarian Google. Meskipun tampak cukup sederhana metodenya, kalau kalian praktekan dapat meningkatkan performa hp. Biar ngebut!

1. Melakukan Back up Secara Berkala

Metode satu ini terbilang sangat klasik. Upaya pencegahan untuk meminimalisir kejadian dan adanya data penting yang hilang dari memori, tentu menjadi hal krusial bagi setiap orang. Hal tersebut, dapat kalian siasati dengan melakukan backup file secara berkala. Smartphone atau ponsel pintar, pada dasarnya sudah dilengkapi dengan aplikasi Google. Nah, coba digunakan!

  • Buka menu “Setelan atau Settings” pada ponsel
  • Klik opsi “Google (Service & Preferences)” tunggu sampai kalian dialihkan ke pop up windows berikutnya
  • Pilih “Back up” > klik tombol “Back up now
  • Kalian dapat mengaturnya secara otomatis ketika ponsel terhubung dengan jaringan WiFi setelah pengisian baterai kurang lebih selama 2 jam
  • User juga bisa memilih pengaturannya dengan mengaktifkan back up menggunakan mobile data
  • Lihat notifikasi untuk melakukan pengecekan terhadap proses backing di ponsel
  • Tunggu sampai proses selesai.
Terkait:  Cara Cek RAM HP Samsung

2. Pindahkan Pemberitahuan Storage Full ke MicroSD

Biasakan untuk mengaktifkan posisi tombol notifikasi dalam kondisi “ON”. Hal ini penting, buat kalian yang jarang sekali melakukan pengecekan secara manual ke suatu aplikasi. Bukan berarti, kamu harus memposisikan pemberitahuannya pada semua apk. Pengguna bisa atur ke beberapa aplikasi saja yang dirasa penting dan sangat dibutuhkan. Simak caranya, berikut ini!

  • Masuk menu “Setelan” di smartphone
  • Pilih opsi “Apps & Notifications” > lihat di bagian “Manajer Pemberitahuan”
  • Klik salah satu atau beberapa aplikasi yang sudah terpasang di dalam ponsel
  • Contoh, aplikasi Whatsapp > Geser ke kanan untuk memposisikan tombol “ON” aktif
  • Aktifkan juga izin untuk menampilkan notifikasi dot
  • Jangan lupa pindahkan aplikasinya ke memori eksternal atau MicroSD
  • Nanti, kalau sistem mendeteksi ruang kosong yang tersisa tinggal sedikit, maka akan muncul pemberitahuan kepada user

3. Hapus Riwayat Obrolan pada Aplikasi Sosial Media

Tanpa kalian sadari, aplikasi sosial media seperti Instagram, TikTok, dan lain sebagainya itu, memang memberikan fasilitas berupa chat. Dimana, kalian dapat saling bertukar pesan mirip dengan Whatsapp, Telegram, Line, dan sejenisnya. Akan tetapi, ternyata hal tersebut memicu konsumsi penggunaan memori yang berlebih pada ponsel. Kamu, bisa back up ke G-Drive.

Kini, kalian sudah paham kan langkah seperti apa yang harus dilakukan dalam cara agar memori tidak penuh tanpa menghapus aplikasi. Bonusnya, ponsel kamu juga jadi bisa bekerja secara optimal loh… See you on the next topics. Enjoy your days and save your files! Bye..

 

Related posts