Cara Split Screen Samsung

Cara Split Screen Samsung
Cara Split Screen Samsung

Membagi layar atauĀ split screen adalah aktivitas yang sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sering melakukanĀ multitasking lewat ponsel. Dengan adaya fitur ini memungkinkan kamu bisa menjalankan 2 aplikasi lewat satu layar ponsel. Menariknya, pengguna Samsung bisa coba caraĀ split screen Samsung dengan mudah.

Contoh aktivitasĀ split scree adalah ketika kamu menontonĀ streaming di Youtube sembari chat memakai WhatsApp. Selain itu, kamu juga dapat mengecek informasi lewat browser sembari mengedit dokumen lewat WPS. Jika ingin membelah layar ponsel Samsung dengan cara mengaktifkanĀ split screen, kamu bisa mencoba beberapa metode ini.

Cara Split Screen Samsung

Cara Split Screen Samsung
Cara Split Screen Samsung

Bagi pengguna hp Samsung dapat mengaktifkan fitur yang satu ini lewat Pengaturan dan Recent App. Sementara yang hpnya kurang mendukung dapat mencoba memakai aplikasi Split Screen Shortcut. Kamu bisa memilih salah satu metode di bawah ini :

1. Cara Split Screen Samsung Lewat Recent Apps

Untuk menjalankan dua aplikasi bersamaan, memakai fitur split screen atau layar belah merupakan pilihan yang terbaik. Seluruh pengguna bisa mengaktifkan lewatĀ recent app.Ā Begini langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi tertentu yang akan kamuĀ split screen.
  • Jika sudah, buka menu recent app caranya tekan tombolĀ menu.
  • Tekan ikon aplikasi di bagian atas, lalu tekanĀ buka dalam tampilan layar pisah.
  • Setelah itu, pilih aplikasi yang kedua dan muncul tepat di bagian bawah.
  • Selanjutnya, layar secara otomatis akan langsung terbagi dua.

Tepat di tengah layar, terdapat pembatas pada antar aplikasi, kamu dapat menggeser garis tersebut ke bawah atau ke atas jika ingin memperbesar atau memperkecil areanya.

2. Cara Split Screen Samsung Semua Aplikasi

Fitur yang satu ini umumnya hanya terbatas untuk beberapa aplikasi, antara lain Whatsapp, Facebook, Chrome, Youtube, Telegram dan lain sebagainya. Ada beberapa aplikasi yang memang tidak mendungĀ split screen seperti Samsung Members dan Instagram.

Terkait:  Cara Membuat Dynamic Island iPhone 14 Pro di Semua Android

Akan tetapi, ada beberapa tips supaya aplikasi yang tidak mendukung dapat memakaiĀ split screen. Begini caranya :

  • BukaĀ pengaturan atauĀ setting.
  • Tap pilihanĀ advanced features.
  • Jika sudah, tekanĀ Labs dan aktifkan pilihanĀ Multi Windows untuk semua aplikasi.

Apabila hp kamu tidak memiliki opsiĀ labsĀ bisa aktifkanĀ enable force activities to be resizable pada pilihanĀ developer options atauĀ opsi pengembang.

3. Multi Windows hingga Beberapa Aplikasi Menggunakan Pop View

Pop up view merupakan fitur interaktif biasanya yang ditampilkan di layar yang berbentukĀ bubble atau bulatan sebagai peanda aplikasi mempunyai pemberitahuan. Di samping itu,Ā pop up view juga memungkinkan kamu menyimpan lebih banyak jendela pada layar dengan bersamaan. Ini artinya ada 2 aplikasi atau lebih yang dibuka dalam waktu bersamaan :

  • Silakan bukaĀ setting atauĀ pengaturan ponsel Samsung.
  • Jika sudah, tekanĀ pengaturan lanjutan.
  • TekanĀ Multi Windows.
  • Selanjutnya aktifkan opsiĀ Pop View.
  • Lalu pilih aplikasi tertentu yang bisa menampilkan notifikasi dalam bentu balon di layar hp.
  • Namun tidak semua tool atau aplikasi, yang bisa diaktifkan yaitu yang mendukung layananĀ multi window.

Ketika kamu menonton Youtube dan ada pemberitahuan Whatsapp, selanjutnya akan terlihatĀ bubbleĀ notifikasi. Kamu hanya perlu mengklikĀ bubble dan otomatis jendela akan terbuka untuk melihat isi pemberitahuan langsung. Sehingga kamu dapat membalas pesan atau chat tanpa berpindah aplikasi.

Itulah beberapa langkah caraĀ split screen Samsung yang bisa kamu coba untuk aktivitas multitasking di perangkat Samsung milikmu. Bagaimana, mudah bukan?

Related posts