Cara Split Screen Samsung

Cara Split Screen Samsung
Cara Split Screen Samsung

Membagi layar atau split screen adalah aktivitas yang sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sering melakukan multitasking lewat ponsel. Dengan adaya fitur ini memungkinkan kamu bisa menjalankan 2 aplikasi lewat satu layar ponsel. Menariknya, pengguna Samsung bisa coba cara split screen Samsung dengan mudah.

Contoh aktivitas split scree adalah ketika kamu menonton streaming di Youtube sembari chat memakai WhatsApp. Selain itu, kamu juga dapat mengecek informasi lewat browser sembari mengedit dokumen lewat WPS. Jika ingin membelah layar ponsel Samsung dengan cara mengaktifkan split screen, kamu bisa mencoba beberapa metode ini.

Cara Split Screen Samsung

Cara Split Screen Samsung
Cara Split Screen Samsung

Bagi pengguna hp Samsung dapat mengaktifkan fitur yang satu ini lewat Pengaturan dan Recent App. Sementara yang hpnya kurang mendukung dapat mencoba memakai aplikasi Split Screen Shortcut. Kamu bisa memilih salah satu metode di bawah ini :

1. Cara Split Screen Samsung Lewat Recent Apps

Untuk menjalankan dua aplikasi bersamaan, memakai fitur split screen atau layar belah merupakan pilihan yang terbaik. Seluruh pengguna bisa mengaktifkan lewat recent app. Begini langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi tertentu yang akan kamu split screen.
  • Jika sudah, buka menu recent app caranya tekan tombol menu.
  • Tekan ikon aplikasi di bagian atas, lalu tekan buka dalam tampilan layar pisah.
  • Setelah itu, pilih aplikasi yang kedua dan muncul tepat di bagian bawah.
  • Selanjutnya, layar secara otomatis akan langsung terbagi dua.

Tepat di tengah layar, terdapat pembatas pada antar aplikasi, kamu dapat menggeser garis tersebut ke bawah atau ke atas jika ingin memperbesar atau memperkecil areanya.

2. Cara Split Screen Samsung Semua Aplikasi

Fitur yang satu ini umumnya hanya terbatas untuk beberapa aplikasi, antara lain Whatsapp, Facebook, Chrome, Youtube, Telegram dan lain sebagainya. Ada beberapa aplikasi yang memang tidak mendung split screen seperti Samsung Members dan Instagram.

Akan tetapi, ada beberapa tips supaya aplikasi yang tidak mendukung dapat memakai split screen. Begini caranya :

  • Buka pengaturan atau setting.
  • Tap pilihan advanced features.
  • Jika sudah, tekan Labs dan aktifkan pilihan Multi Windows untuk semua aplikasi.

Apabila hp kamu tidak memiliki opsi labs bisa aktifkan enable force activities to be resizable pada pilihan developer options atau opsi pengembang.

3. Multi Windows hingga Beberapa Aplikasi Menggunakan Pop View

Pop up view merupakan fitur interaktif biasanya yang ditampilkan di layar yang berbentuk bubble atau bulatan sebagai peanda aplikasi mempunyai pemberitahuan. Di samping itu, pop up view juga memungkinkan kamu menyimpan lebih banyak jendela pada layar dengan bersamaan. Ini artinya ada 2 aplikasi atau lebih yang dibuka dalam waktu bersamaan :

  • Silakan buka setting atau pengaturan ponsel Samsung.
  • Jika sudah, tekan pengaturan lanjutan.
  • Tekan Multi Windows.
  • Selanjutnya aktifkan opsi Pop View.
  • Lalu pilih aplikasi tertentu yang bisa menampilkan notifikasi dalam bentu balon di layar hp.
  • Namun tidak semua tool atau aplikasi, yang bisa diaktifkan yaitu yang mendukung layanan multi window.

Ketika kamu menonton Youtube dan ada pemberitahuan Whatsapp, selanjutnya akan terlihat bubble notifikasi. Kamu hanya perlu mengklik bubble dan otomatis jendela akan terbuka untuk melihat isi pemberitahuan langsung. Sehingga kamu dapat membalas pesan atau chat tanpa berpindah aplikasi.

Itulah beberapa langkah cara split screen Samsung yang bisa kamu coba untuk aktivitas multitasking di perangkat Samsung milikmu. Bagaimana, mudah bukan?

Related posts