Cara Berjualan di Amazon

Cara Berjualan di Amazon

Jika Kamu penggila belanja online, pasti sudah tahu kan dengan e-commerce terkemuka di dunia, Amazon? Ya, Amazon adalah perusahaan ritel e-niaga yang terkenal di dunia. E-Commerce terkemuka ini telah menawarkan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari, seperti elektronik, kometik, kebutuhan dapur, hingga layanan online yang berlaku di seluruh dunia. Bisa dibilang Amazon sebagai syurganya penggila belanja online dan penjual sekaligus. Kenapa? Karena cara berjualan di Amazon untuk seller sekalipun sangat mudah.

Bukan tak mungkin jualanmu bisa meraup untuk besar-besaran di Amazon. Mengingat popularitasnya sudah tak diragukan lagi, jadi wajar jika berjualan di Amazon bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan sayap bisnismu hingga ke pasar global.

Read More

Jadi, jika Kamu ingin menembus pasar internasional, maka Amazon bisa menjadi media yang tepat untuk berjualan. Untuk pemula sekalipun, Kamu bisa mengikuti cara berjualan di Amazon dengan mudah asalkan sesuai dengan ketentuan berjualan di Amazon itu sendiri.

Apa Saja Keuntungan Berjualan di Amazon?

Amazon adalah platform e-Commerce raksasa yang sudah terkenal hingga di seluruh dunia. Karena menawarkan akses berjualan secara global inilah, Amazon seolah memberikan angin segar bagi para pengusaha untuk mempromosikan produknya lebih luas lagi. Ini dia keuntungan berbisnis online dengan berjualan di Amazon :

1. Mendatangkan Lebih Banyak Lagi Pelanggan

Sebagai online shop pertama sekaligus terbesar yang ada di dunia, maka sudah pasti Amazon memberi keuntungan besar untuk para penggunanya, terutama bagi para penjual di Amazon. Amazon bahkan sukses meraup keuntungan dengan mencetak 20 ribu penjualan melalui perbandingan barang 0,01% yang dijual.

Nilai fantastis ini, telah membuktikan bahwa Amazon adalah situs e-commerce besar yang bisa memberi peluang menggiurkan bagi para penjual dalam menghasilkan laba penjualan tinggi. Hal ini rasanya wajar, mengingat setiap hari ada saja customer yang berkunjung dan membeli barang-barang yang mereka inginkan.

2. Menghasilkan Laba Lebih Besar

Sejalan dengan keuntungan point pertama, secara otomatis dengan banyaknya customer yang berkunjung dan peluang pembelan customer lebih besar, dampaknya bisa meningkatkan laba usahamu. Jika dibandingkan platform e-commerce lokal, Amazon sudah tentu menjadi pilihan e-commerce yang tepat jika Kamu ingin meraup keuntungan yang lebih tinggi. Namun tentu saja, ada trik-trik khusus untuk dilakukan para penjual agar memperoleh laba lebih besar dari hasil penjualan produk di Amazon.

3. Meningkatkan Kredibilitas Toko

Menariknya lagi, dengan berjualan di Amazon memungkinkan tokomu lebih dipercaya dan lebih kredible di mata pelanggan. Karena secara tak langsung, Amazon ikut meningkatkan kualitas dari brand produk jualanmu sebagai pemilik akun.

Bukan tanpa alasan, wajar rasanya karena hal tersebut dipengaruhi oleh nama besar dari Amazon itu sendiri. Bahkan tingkat kredibilitas e-commerce ini juga telah mendunia. Uniknya, berdasarkan penelitian, Sebagian besar masyarakat yang ada di Amerika Serikat, mereka akan memeriksa barang incaran mereka terlebih dahulu di Amazon. Jika produk tersebut ternyata tidak ada, calon pelanggan kemungkinan besar tak akan membelinya lewat platform lain.

Dengan banyaknya keuntungan yang didapat, tentu jangan ragu lagi memilih e-commerce Amazon sebagai tempatmu untuk berjualan. Bukan tak mungkin penjualanmu menjadi lebih laris dengan berjualan di Amazon. Asalkan, Kamu tetap konsisten berjualan produk-produk berkualitas, meningkatkan layanan dengan baik, hingga tidak mengecewakan customer. Oleh karenanya, mengembangkan sayap bisnis berjualan online di Amazon adalah pilihan ideal.

Lalu, bagaimana cara berjualan di Amazon? Sebelumnya, ada beberapa persiapan toko online yang harus kamu pertimbangkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Berjualan di Amazon

Cara Berjualan di Amazon
Berjualan di Amazon Sampai Sukses

Persiapan Berjualan di Amazon

Untuk memulainya, ada dua paket yang perlu kamu ketahui yang ditawarkan oleh Amazon saat hendak berjualan di e-commerce ini. Ini dia pilihan paketnya :

1. Paket Individu

Paket individu akan dikenakan biaya sebesar 0,99 dolar untuk setiap item yang terjual ditambah oleh biaya penjualan tambahan yang ke semuanya tergantung dari kategori produk. Sederhananya, setiap kali pembeli membeli barang yagng kamu jual, maka kamu juga akan dikenakan biaya sebesar 0,99 dollar. Selain itu, ditambah dengan biaya lainnya tergantung dari kategori barang yang kamu jual.

2. Profesional

Paket ini cukup mahal dibandingkan dengan paket individu, karena Kamu akan dikenakan biaya senilai 39,99 dolar setiap bulan, ditambah dengan biaya penjualan lainnya. Namun keuntungannya, dengan memilih paket profeional ini memungkinkan online shop milikmu akan diperluas Kembali, mulai dari fitur inventaris yang ditingkatkan serta dari sisi promosinya.

Kelebihan paket profesional ini adalah selain kamu bisa mencantumkan produk jualan ke dalam kategori tambahan, Kamu pun bisa beriklan di Amazon serta dapat mengelola produk secara massal di Amazon.

Tahapan Berjualan di Amazon

Ada beberapa tahapan cara berjualan di Amazon yang harus Kamu praktekkan, berikut ini :

1. Pembuatan Akun Penjual di Amazon

Jika sudah memilih paket yang Kamu inginkan, selanjutnya Kamu bisa membuat akun penjual di Amazon. Adapun persyaratan yang harus kamu penuhi adalah sebagai berikut :

  • Nomor rekening bank aktif.
  • Kartu kredit.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Informasi pajak resmi yang dikeluarkan oleh negara.
  • Nomor telepon aktif.

Ikuti petunjuknya dengan benar Ketika melakukan registrasi akun sebagai penjual. Setelah Kamu terdaftar sebagai penjual, langkah selanjutnya kamu bisa dengan mudah mengakses ke seller central. Nah, darisana Kamu bisa dengan mudah melakukan edit barang pada panel kontrol pada akun penjualan kamu.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan edit produk termasuk rincian produk dan mengelola cara pembayaran untuk buyer yang akan membeli barang lewat online shop-mu di seller central.

Kamu harus tahu bahwa ada 2 kategori penjual berdasarkan kepentingannya di Amazon, yakni penjual individu dan perusahaan. Bagi kamu yang hanya berniat untuk membuka toko online sendiri, maka yang harus kamu pilih adalah sebagai penjual individu.

2. Pembayaran di Amazon

Cara berjualan di Amazon berikutnya ialah memahami pilihan metode pembayaran di Amazon. Jika nanti barangmu laku terjual, maka pihak Amazon akan mentransfer penghasilannya ke dalam akunmui dengan menggunakan kartu kredit atau debit. Amazon saat ini menerima Visa, Mastercard dan Amex. Oleh karena itu, pastikan Kamu mempunyai salah satunya. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan pembayaran online seperti menggunakan Paypal.

3. Melakukan Verifikasi Diri

Langkah terkahir untuk membuat toko online adalah dengan verifiksi data secara lengkap. Cek Kembali apakah nama perusahaan atau nama sendiri yang ditulis sudah benar pengejaannya saat membuat online shop untuk perusahaan.

Selain itu, pastikan agar alamat dan informasi penagihan sudah benar, sehingga kedepannya tidak terjadi masalah apapun. Karena jika hal tersebut terjadi, maka kamu harus menghubungi layanan Customer Service Amazon untuk memproses adanya kesalahan data yang tentunya memerlukan waktu lebih lama.

4. Upload Produk di Amazon

Cara berjualan di Amazon berikutnya sesudah memverifikasi data diri, Kamu tinggal mengunggah produk di Amazon. Silahkan, masukkan dan upload produk jualanmu di laman seller center lengkap dengan harga dan informasi barang tersebut. Jika sudah selesai, produkmu akan langsung ter-publish  secara online.

Langkah selanjutnya Kamu tinggal menunggu dan terus cek apakah ada calon pembeli yang membeli produkmu di Amazon. Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, pastikan pelayananmu harus fast respons.

Bagaimana, cara berjualan di Amazon di atas cukup praktis kan? Kamu harus konsisten berjualan di Amazon dan tingkatkan pelayananmu agar customer semakin percaya dengan toko online-mu di Amazon. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts