Cara Cek Spek Hp Oppo

Bagaimana cara cek spek Hp Oppo? Ya, Oppo termasuk salah satu vendor smartphone yang sangat populer dan banyak disukai masyarakat Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat Oppo sendiri umumnya terkenal lewat sektor kamera HP-nya yang beresolusi cukup tinggi serta mampu menghasilkan foto berkualitas.

Di tanah air, pengguna smartphone Oppo kebanyakan didominasi kawula muda, mengingat banyak anak muda yang gemar melakukan sesi fotografi sehingga mereka kerap mencari ponsel yang memiliki kemampuan fotografi cukup handal.

Di awal pembelian, biasanya kita langsung tahu spesifikasi atau tipe HP yang hendak dibeli. Akan tetapi, beberpaa pengguna biasanya lupa dengan spesifikasi Hp sendiri sesudah digunakan dalam waktu cukup lama. Jika Kamu ingin mengecek spesifikasi lengkap Hp Oppo, ada beberapa cara cek spek Hp Oppo yang bisa Kamu coba di bawah ini!

Cara Cek Spek Hp Oppo

Cara Cek Spek Hp Oppo
Mengecek Spek Hp Oppo

Mengecek Spek Hp Oppo Lengkap

Jika Kamu ingin mengetahui spesifikasi Hp Oppo yang Kamu beli, maka ada beberapa panduan cara cek spek Hp Oppo yang bisa dicoba berikut!

1. Cek Spek Hp Oppo Lewat Stiker HP

Cara cek spek Hp Oppo yang pertama yaitu melalui stiker HP. Cara ini tergolong paling mudah dan simpel untuk dilakukan. Jadi, Kamu bisa mengecek spesifikasi lewat kotak atau dus Hp. Jadi, jangan pernah membuang kotak Smartphone-mu sebab ada banyak informasi detail mengenai spek yang dapat Kamu peroleh. Hal ini dikarenakan, pada stiker yang terdapat dalam kotak dus ada spesifikasi Hp Oppo milikmu. Kamu juga bisa menemukan tipe dan spesifikasi smartphone Oppo di bagian belakang Hp-mu.

2. Cek Spek Hp Oppo Lewat Menu “About Phone”

Menu “Abut Phone” adalah fitur yang sering terlihat pada semua smartphone, khususnya perangkat andrid. Seperti namanya, fitur “About Phone” tentu berisi tentang informasi detail Hp tersebut, seperti tipe Hp, build number, dan informasi lainnya.

Kamu bisa cek spek Hp Oppo melalui fitur tersebut yang tersedia di dalam menu settings atau pengaturan yang terdapat dalam Hp Oppo. Untuk lebih jelasnya, ikuti perintah di bawah ini :

  • Pertama-tama nyalakan Hp Oppo miilikmu.
  • Selanjutnya masuk ke “Settings” atau “Pengaturan” di Hpmu. Biasanya menu tersebut bisa langsung dilihat di bagian homescreen.
  • Kemudian Kamu bisa masuk ke fitur “About Phone”, tapi jika Hp Oppomu memakai layanan bahasa Indonesia, Kamu bisa cari dan silahkan pilih “Tentang Ponsel”.
  • Setelah itu, Kamu pun bisa melihat tampilan spesifikasi Hp Oppo dengan lengkap, seperti kapasitas RAM, nama perangkat, build number, penyimpanan internal dan lainnya.

3. Cek Spek Hp Oppo Memakai Aplikasi AIDA64

Kamu juga bisa mendownload aplikasi AIDA64 di Google Play Store untuk mengecek spek Hp Oppo yang Kamu miliki.  Caranya cukup simpel, setelah aplikasi AIDA64 terpasang di Hp-mu, silahkan buka aplikasi. Lalu pilih “System” dan di tampilan halaman awal “system” inilah Kamu akan memperoleh infrmasi tentang tipe dan jenis HP Oppo serta tampilan spesifikasi Hp Oppo-mu.

4. Cek Spek Hp Oppo Melalui Aplikasi Devcheck Hardware and System Info

Cara cek spek Hp Oppo berikutnya ialah memakai aplikasi Devcheck Hardware and System Info. Aplikasi ini memang menyediakan spesifikasi secara simpel tanpa ada penjelasan detail tiap-tiap komponen. Namun setidaknya, aplikasi ini sudah mewakili informasi yang Kamu ingin ketahui. Silahkan unduh aplikasinya di sini!

Mengecek Hp Oppo Asli atau Palsu

Selain cara cek spek Hp Oppo di atas, penting juga untuk mengetahui keaslian Hp Oppo yang Kamu pakai atau beli dengan beberapa cara berikut :

1. Cek Keaslian Hp Oppo Lewat IMEI di Kode USSD

Untuk mengecek IMEI Oppo lewat kode USSD, ada beberapa langkah yang bisa Kamu lakukan berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka aplikasi telepon atau phone di Smartphone Oppo-mu.
  • Kemudian Kamu bisa mengetikkan kode dial phone *#06#.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan nomor IMEI Hp Oppo-mu.

Cara ini bisa dikatakan sebagai cara umum yang kerap dipakai untuk Hp android. Selain itu, pengecekan IMEI juga bisa dijadikan ke dalam salah satu cara cek spek Hp Oppo khususnya untuk mengetahui keaslian Hp Oppo.

2. Cek Keaslian Hp Oppo Memakai Kode Rahasia

Seperti kita ketahui, kode rahasia memang dimiliki oleh setiap smartphone dengan kode yang beragam. Sama halnya pada Hp Oppo, memerlukan kode rahasia guna menyimpan data dan menu pada smartphone tersebut.

Adapun cara yang bisa Kamu lakukan ialah dengan menekan kode rahasia *#6776# di layar ponselmu. Dengan menggunakan panggilan tersebut, maka Kamu bisa mengecek keaslian smartphone Oppo milikmu.

Biasanya ketika kode rahasia yang Kamu panggil tadi merespon, langsung muncul menu tentang aplikasi dan software yang terdapat pada Hp Oppo. Di bagian atas terdapat menu “Model” yang biasanya berisi sebuah nomor. Nah, nomor inilah yang dapat Kamu catat untuk melanjutkan proses berikutnya. Lalu, buka web browser di Hp dan silahkan lakuka pencarian memakai nomor mdel tadi.

Adapun caranya, cukup ketik : Oppo (spasi) Nomor Model lalu pilih “Tombol Pencarian”. Selanjutnya, Kamu akan langsung diberikan berbagai referensi tentang Hp Oppo. Silahkan cek di tampilan body Smartphone lalu samakan dengan produk-produk yang ada di laman pencarian.

3. Cek Keaslian Hp Oppo di Menu Engineer Mode

Oppo telah dibekali oleh Chipset Mediatek, karenanya HP ini biasanya mempunyai fitur bernama Engineer Mode. Dimana mode tersebut membuat penggunanya bisa mengecek hardware, jenis dan daya baterai, serta bagian lainnya.

Adapun untuk memasuki mode tersebut sangat mudah, Kamu hanya perlu menekan kode *#800# lewat menu telepon di Hp Oppo-mu. Sesudah masuk ke menu engineer mode ini, silahkan pilih salah satu bagian tertentu yang akan dicek. Adapun menu yang dapat dijadikan acuan ialah baterai.

Lewat menu engineer mode ini biasanya Kamu akan mendapat informasi tentang kondisi baterai. Pada HP abal-abal biasanya kualitas baterainya akan terlihat rusak saat dicek memakai fitur engineer mode ini.

4. Cek Keaslian Hp Oppo Lewat Sistem Operasi

Sistep operasi dalam Hp Oppo umumnya bernama Color OS. Sama seperti Hp Xiaomi dengan MIUI yang dimilikinya, Touchwiz OS dari Samsung dan Flyme OS dari Meizu.

Dimana tiap-tiap HP mempunyai sistem operasi yang telah tertera lewat berbagai macam media. Oleh karena itu, saat Kamu menjumpai Hp Oppo dijual dengan harga sangat miring, lebih baik cek OS-nya.

Adapun untuk mengidentifikasinya mudah sekali, saat membeli smartphone Oppo baru umumnya versi OS yang digunakan ialah versi terbaru. Oleh karena itu, saat membeli perangkat Oppo murah sebaiknya cek lagi OS yang dimilikinya. Untuk mengeceknya, Kamu bisa melihatnya lewat menu pengaturan dan masuk ke “About Phone” atau “Tentang Hp”.

Baik cara cek spek Hp Oppo maupun cek keaslian Hp Oppo, keduanya penting sekali untuk diketahui. Entah itu bagi Kamu yang baru akan membeli Hp Oppo ataupun yang sudah memiliki HP Oppo. Dengan mengetahui spesifikasi detail Hp Oppo yang Kamu genggam, secar aotomatis Kamu bisa mengetahui kemampuan atau performa HP Oppo-mu!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019