Cara Atur Pin Gopay

Menggunakan dompet digital Gopay merupakan pilihan yang paling praktis dan mudah di era digital seperti sekarang ini. Apalagi kini penggunaan Gopay sudah sangat luas, bukan hanya sekedar untuk pembayaran pada aplikasi Gojek semata. Melainkan juga Gopay kini dapat dimanfaatkan sebagai alat pembayaran yang tersedia di berbagai merchant offline mitra Gopay.

Namun saat menggunakan Gopay, ketika kita melakukan pembayaran via Gopay atau transfer saldo, kita biasanya akan diminta menginputkan PIN untuk transaksi Gopay. Konsepnya tak jauh berbeda dengan PIN ATM. Karena biasanya, pihak Gopay pun menyarankan untuk mengubah PIN transaksi Gopay secara berkala. Ini juga bertujuan untuk sistem keamanan transaksi di aplikasi Gopay.

Read More

Review Tentang PIN Gopay

Personal Identification Number atau PIN merupakan kode rahasia untuk keamanan yang wajib diisi pada aplikasi Gojek saat memakainya untuk alat pembayaran. Tak hanya itu saja, biasanya PIN juga wajib dimasukkan saat memakai Gopay untuk transaksi transfer saldo maupun tarik tunai.

Apa Saja Fungsi PIN Gopay?

Fungsi PIN Gopay kurang lebih sama seperti fungsi PIN pada kartu ATM. PIN  ini adalah kode rahasia, dimana hanya dapat diketahui para penggunanya saja. Selain itu, biasanya PIN dijadikan untuk kode keamanan ketika melakukan pembayaran menggunakan Gopay maupun transfer saldo baik ke sesama atau ke dompet digital lain.

Terkait:  Cara Bayar Tokopedia Pakai GoPay

Berikut beberapa fungsi PIN Gopay yang wajib Kamu tahu :

  • Bisa transfer GoPay kepada pihak pengguna Gojek yang lainnya maupun transfer ke rekening bank.
  • Dapat melakukan transakai pembayaran untuk GoPulsa.
  • Bisa melakukan transaksi pembayaran pada Rekan Usaha Gopay.
  • Pembayaran transaksi di layanan GoTagihan.
  • Digunakan sebagai alat pembayaran memakai GoPay Lateri.
  • Membayar tagihan GoPayLater.

Cara Atur PIN Gopay

Cara Membuat PIN Gopay
Membuat PIN Gopay

Tutorial Membuat PIN Gopay

Sesudah mengetahui banyaknya fungsi PIN Gopay di atas, kini Kamu harus mengetahui bagaimana cara atur PIN Gopay dengan mudah. Kamu harus membuat PIN untuk keamanan akun Gopay miliki. Berikut ulasannya :

1. Masuk ke Menu Pengaturan

Langkah pertama, silahkan masuk ke dalam aplikasi Gojek. Pastikan dulu aplikasinya sudah aplikasi terupdate. Jika belum, silah update aplikasinya terlebih dahulu. Pada halaman utama, Kamu tinggal memilih menu Eksplor.

2. Membuat PIN Baru

Cara atur PIN Gopay selanjutnya, pilih opsi pasang PIN kemudian buat sebanyak 6 digit PIN yang baru, lalu pastikan Kamu menggunakan PIN yang gampang diingat.

3. Konfirmasi PIN yang Baru

Inputkan PIN baru sekali lagi yang sebelumnya sudah dibuat untuk konfirmasi.

4. Inputkan Kode OTP

Jika kedua PIN tersebut sudah cocok, biasanya Gojek akan langsung mengirimkan pesan kode OTP, Kamu tinggal inputkan kode OTP saja.

5. PIN Gopay Sudah Berhasil Dibuat

Kini PIN Gopay milikmu sudah berhasil dibuat serta diaktifkan menjadi fitur untuk keamanan akun Gopaymu.

Itulah 5 tahapan cara atur PIN Gopay yang dapat diikuti langkah-langkahnya dengan mudah dan praktis. Mengingat pentingnya PIN ini untuk bertransaksi, otomatis jangan sampai Kamu melupakan PIN tersebut. Bagaimana jika lupa PIN Gopay?

Cara Reset Ulang PIN Gopay

Sebagai solusi atasi lupa PIN saat transaksi di Gopyay, Kamu setidahnya harus memahami beberapa hal berikut, serta pastikan proses reset atau ganti PIN dapat dilakukan dengan benar dan lancar.

Terkait:  Cara Bayar Alfamart Pakai Gopay

Terkait hal di atas, paling tidak ada beberapa pertimbangan yang wajib diperhatikan supaya cara atur dan reset PIN Gopay dapat dilakukan tanpa gagal. Berikut ulasannya :

  • Pastikan aplikasi Gojek sudah terinstal di perangkat smartphone dan Hp dengan aplikasi versi terbaru.
  • Nomor ponsel yang dipakai masih aktif serta bisa menerima SMS berupa kode OTP.
  • Telah mempersiapkan 6 digit angka PIN Gopay yang baru.
  • Menggunakan jaringan internet yang stabil dan lancar.

Agar dapat mereset PIN Gopay yang lupa, Kamu harus memperhatikan hal di atas. Setelah itu, Kamu bisa melakukan penggantian PIN Gopay, melalu langkah-langkah berikut :

1. Buka Aplikasi Gojek

Cara yang dapat dilakukan pertama kali, silahkan buka Gojek Apps di perangkat hpmu dan pastikan Kamu telah menggunakan versi aplikasi terbaru baik di App Store maupun Play Store.

2. Memilih Menu Eksplor

Ketika aplikasi telah terbuka, Kamu bisa memilih opsi Eksplor di halaman utama. Sama seperti cara atur PIN Gopay diatas.

3. Memilih Menu Pengaturan

Jika sudah memasuki halaman ekspor, Kamu bisa lanjutkan proses dengan cara memilih opsi pengaturan.

4. Tap Opsi “Lupa PIN”

Dari sinilah fitur baru atasi lupa PIN Gopay sudah tersedia, Kamu tinggal melanjutkannya dengan tap opsi “Lupa PIN”.

5. Inputkan PIN yang Baru

Jika sudah, masukkan sebanyak 6 digit nomor PIN Gopay yang baru, lalu pastikan PIN Gopay tersebut gampang diingat.

6. Memasukkan Ulang PIN yang Baru

Langkah berikutnya, inputkan PIN Gopay ulang yang telah dibuat sebelumnya.

7. Inputkan Kode OTP

Apabila kedua PIN yang baru telah dimasukkan dengan benar, Gojek pun akan langsung mengirimkan sebanyak 6 digit OTP langsung ke nomor ponselmu. Sebaiknya pastikan nomor hpmu aktif serta dapat menerima pesan SMS. Ketika pesn SMS masuk, tinggal inputkan sebanyak 6 digit OTP.

Terkait:  Cara Jualan Makanan di Gojek

8. PIN Gopay Baru Berhasil Dibuat

Jika sudah mengikuti cara atur PIN Gopay untuk mereset PIN di atas, seharusnya Kamu sudah berhasil mengganti PIN Gopay di atas.

Cara Memakai Fitur Gopay

Jika Kamu sudah memahami cara atur PIN Gopay termasuk cara reset PIN Gopay, maka Kamu harus mengetahui cara memakai fitur Gopay. Berikut ini beberapa fitur Gopay yang bisa Kamu nikmati :

1. Isi Gopay

Ini adalah fitur untuk melakukan pengisian saldo Gopay lewat BCA OneKlik maupun cara lainnya yang digunakan untuk pengisian saldo.

2. Bayar

Ini adalah menu untuk mentransfer saldo Gopay yang Kamu miliki ke sesama pengguna Gopay maupun ke antara bank. Selain itu juga dilakukan untuk pembayaran yang dilakukan di toko online atau rekan usaha Gopay.

3. Tarik

Menu ‘Tarik’ dipakai untuk menarik saldo Gopay langsung ke rekening bank milikmu.

4. Mission

Kamu bisa melihat berbagai macam misi yang dapat dilakukan untuk memperoleh hadiah menarik dari Gopay.

5. Minta

Biasanya menampilkan QR Code Gopay untuk dapat menerima transfer yang dilakukan pengguna lain. Menu ini juga bisa digunakan untuk meminta saldo langsung lewat kontak.

6. Riwayat

Digunakan untuk mengecek riwayat transaksi.

7. Plus

Merupakan fitur untuk upgrade ke Gopay Plus secara gratis. Kamu akan memperoleh tambahan fasilitas menarik dari Gopay.

8. Pulsa

Memakai layanan Go Pulsa.

9. Promo

Di sini Kamu dapat mengecek berbagai informasi menarik mengenai promo Gopay serta ringkasan cashback yang berlangsung di Gopay.

10. Pengaturan

Di dalam menu pengaturan, Kamu bisa mengecek status upgrade ke akun Gopay Plus, dapat mengatur PIN Gopay, mengatur sistem pembayaran, melakukan pengaturan kartu debit bank BCA jika top up memakai BCA Oneklik. Selain itu, dapat melihat informasi terkait ketentuan layanan dari Gopay dan mengatur aplikasi apa saja yang terhubung pada Gopay.

11. PayLater

Merupakan salah satu fitur baru yang sangat memudahkan para pengguna aplikasi Gojek untuk bertransaksi. Di sini, Kamu dapat mengecek riwayat transaksi, membayar dan melihat tagihan serta memperoleh berbagai informasi mengenai PayLater.

Itulah beberapa fitur yang dapat digunakan lewat Gopay. Untuk mempermudah proses transaksi dan menikmati banyak fitur menarik dari Gopay, jangan lupa ikuti cara atur PIN Gopay di atas terlebih dahulu!

 

 

Related posts